Jenis Bunga Sakura

Mengenal 10 Jenis Bunga Sakura yang Sangat Indah Di Pandang

Diposting pada

Mengenal 10 Jenis Bunga Sakura yang Sangat Indah Di Pandang_ Bunga sakura adalah bunga nasional Jepang yang mekar di musim semi dari akhir Maret hingga akhir Juni. Ada banyak jenis pohon sakura di Jepang.

Bunga sakura merupakan simbol penting bagi masyarakat Jepang, seringkali dikaitkan dengan aspek kehidupan, kematian, dan wanita. Mereka adalah simbol untuk mengekspresikan ikatan antara orang-orang dan menjadi metafora untuk fitur kehidupan yang tidak diketahui. Jika ingin mengetahui cara menanam bunga sakura bisa klik disnini.

Sebagian besar jenis pohon sakura merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis pohon sakura, mulai dari warna hingga bentuk kelopaknya, yang memiliki ciri dan keindahan tersendiri. Di sini kami menjelaskan beberapa bunga sakura yang umum di Jepang.


Bunga Sakura Edo-higanzakura

Bunga sakura jenis Edo-higanzakura merupakan jenis sakura dengan ukuran bunga yang relatif kecil. Bunganya berwarna merah muda pucat. Jenis pohon sakura ini adalah induk dari pohon sakura Somei Yoshino. Varietas ini merupakan varietas ceri dengan umur yang panjang.

Ada pohon jenis ini di Prefektur Gifu yang usianya mencapai 1.500 tahun. Pohon itu ditanam pada abad ke-6 oleh seorang kaisar bernama Keitai. Bunga sakura Edohigan biasanya mekar pada akhir Maret atau awal April saat kondisi cuaca berubah.

Ada dua tempat di mana kamu bisa melihat keindahan bunga sakura Edohigan, yaitu Taman Sumiyoshi di Prefektur Gifu. Tempat kedua ada di Yamanashi, dengan pohon sakura yang diperkirakan berumur hampir 1800 tahun dengan nama Yamataka Jindakai Zakura.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Bunga Adenium Besarta Gambar Terlengkap!!


  • Bunga Sakura Kanzan

Bunga Sakura Kanzan

Sakura Kanzan adalah bunga dari varietas Yaezakura, yaitu bunga sakura dengan kelopak ganda atau kelopak lebih dari lima kelopak. Sakura Kanzan terkadang memiliki kelopak hingga 30-50 dalam satu bunga. Kelopaknya berwarna merah muda.

Bunga sakura ini biasanya mekar pada akhir April. Sebelum bunga yang sedang mekar berguguran ke tanah, daun pohon sakura ini mulai bertunas kecoklatan. Saat musim bunga sakura Somei Yoshino berakhir, keindahan bunga sakura Kanzan yang bermekaran penuh dimulai.

Baca Juga: 23 Jenis Bunga Terindah yang Harus Kalian Tahu Terlengkap!

Satu tempat di mana Anda bisa melihat bunga sakura Kanzan di sebelah Jepang adalah Amerika Serikat. Untuk lebih spesifiknya, Anda bisa melihat bunga sakura ini di Washington. Pada tahun 1903 sakura jenis ini diperkenalkan di Amerika. Sekarang Amerika memiliki festival bunga sakura tahunan yang bisa Anda hadiri.


  • Bunga Sakura Ichiyo

Ichiyo adalah jenis bunga sakura yang memiliki lebih dari lima kelopak pada satu bunga. Biasanya kelopak bunga terdiri dari sekitar 20-30 kelopak. Bunganya berwarna pink pucat dengan perpaduan daun hijau yang terlihat segar.

Bunga jenis ini biasanya mekar pada pertengahan April dan saat mekar sempurna Anda bisa melihat pesona bunga sakura memenuhi pohon hingga terlihat lebat. Anda bisa melihat bunga ini di hampir semua taman dan tempat umum di Jepang.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Bunga Bougenville Terlegkap dengan Gambar


  • Bunga Sakura Kanhizakura

Bunga Sakura Kanhizakura

Bunga sakura ini terkenal karena tampilannya yang berbeda dengan bunga sakura lainnya. Jenis sakura ini adalah bunga sakura asli Taiwan. Bunga sakura Kanhizakura berbentuk lonceng dengan bunga yang melengkung ke bawah.

Bunga ini tidak mekar sempurna dan memiliki lima kelopak untuk satu bunga. Warna bunga sakura ini adalah merah jambu gelap. Bunganya biasanya mekar pada bulan Januari dan puncaknya pada awal Februari, khususnya di Gunung Yaedak.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!

Gunung Yaedak adalah salah satu gunung di Okinawa. Gunung ini adalah tempat terbaik untuk melihat bunga sakura Kanhizakura dan jumlahnya ada ribuan. Ceri ini adalah varietas ceri yang populer di Okinawa. Anda juga bisa melihat bunga sakura ini di Pulau Honshu.


  • Bunga Sakura Kikuzakura

Bunga Sakura Kikuzakura

Kikuzakura adalah sejenis sakura yang terkenal dengan bentuknya yang seperti pom-pom. Kikuzakura sendiri memiliki arti bunga sakura, hal ini dikarenakan bentuknya yang juga menyerupai bunga krisan. Ada 80-130 kelopak di setiap bunga yang bermekaran.

Bunganya memiliki warna pink lembut berpadu dengan daun besar. Pada jenis bunga sakura ini, baik bunga maupun kuncup daunnya tumbuh secara bersamaan. Selain itu, ukuran daunnya jauh lebih besar dari pohon sakura lainnya.

Baca Juga: Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah

Bunga ini biasanya mulai mekar pada akhir April dan berakhir pada awal Mei. Bunga jenis ini bisa kamu lihat di taman atau kebun yang ada di Tokyo. Di Jepang bunga ini juga dikenal sebagai jenis bunga yang mekar lebih lambat.


  • Bunga Sakura Ukon

Bunga Sakura Ukon

Jika Anda bisa melihat bunga sakura dengan warna pink yang lembut, kali ini sakura jenis ini memiliki warna bunga yang berbeda. Jenis ceri Ukon berwarna putih dengan sentuhan kuning lembut. Ukon sendiri berarti kunyit dalam bahasa Jepang.

Bunga sakura Ukon sendiri termasuk dalam spesies bunga sakura Yaezakura karena bunga dari bunga sakura Ukon memiliki lebih dari lima kelopak dalam satu bunga. Jumlah kuntum bunga ganda ini berkisar 15-20 kuntum tiap kuntumnya.

Baca Juga: Jenis Bunga Cempaka Beserta Manfaat Bunga Cempaka Lengkap!!

Jenis sakura ini biasanya mekar pada pertengahan April saat kamu berada di Tokyo. Di Tokyo, Anda bisa melihatnya di Kebun Raya Koishikawa dan Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Selain di Tokyo, juga bisa dilihat di Kanagawa dan Osaka.


  • Bunga Sakura Somei Yoshino

Bunga Sakura Somei Yoshino

Jenis sakura Somei Yoshino adalah yang paling populer di Jepang. Sakura Yoshino ini memiliki warna kelopak yang sangat pink pucat sehingga bunganya terlihat seperti putih. Jenis bunga sakura ini memiliki satu bunga dengan 5 kelopak di setiap bunganya.

Sakura Yoshino merupakan jenis bunga yang tumbuh sangat cepat. Bunga sakura ini dengan cepat menutupi seluruh pohon saat bunganya mekar sebelum kuncup daun muncul. Bunga ini sangat bagus untuk pesta melihat bunga karena ukurannya.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer

Jika Anda ingin melihat bunga-bunga ini mekar penuh, Anda bisa datang ke Kyushu pada akhir Maret, dan jika Anda berada di Tokyo, Anda bisa melihatnya di akhir April. Tempat terbaik untuk melihat bunga ini adalah Taman Hirosaki di Prefektur Aomori, di mana pohon sakura ditanam sejak tahun 1882.


  • Bunga Sakura Kawazuzakura

Bunga Sakura Kawazuzakura

Jenis bunga sakura ini berasal dari kota kecil Kawazu di Semenanjung Izu. Bunga sakura Kawazuzakura berwarna merah jambu dan terdiri dari lima kelopak dalam satu bunga. Ukuran bunganya juga cukup besar, dan jenis bunga ini mekar lebih awal.

Sakura Kawazuzakura mekar pada awal Februari di awal Februari. Tidak seperti bunga sakura lainnya, bunga sakura ini bisa bertahan hingga sebulan setelah mekar sebelum akhirnya gugur. Ada juga Festival Bunga Sakura di Kota Kawazu yang biasanya dimulai pada awal Februari

Baca Juga: Mengenal Jenis Bunga Matahari Cantik Lengkap Beserta Gambar

Ada beberapa tempat menarik dimana Anda bisa melihat jenis bunga sakura ini saat sedang mekar. Pertama adalah Jembatan Celana Bashi dan daerah sekitarnya. Tempat kedua adalah pemandian air panas Odokori Onsen Kikut. Titik ketiga ada di belakang pemandian air panas.


  • Bunga Sakura Yamazakura

Bunga Sakura Yamazakura

Bunga sakura Yamazakura memiliki khasiat yang mirip dengan sakura Yoshino. Hanya saja sakura jenis ini memiliki ukuran bunga yang jauh lebih kecil, namun jumlah kelopak bunganya sama. Yamazakura sendiri merupakan pohon sakura liar yang banyak dijumpai di Jepang.

Jika ingin melihat keindahan jenis bunga sakura yang satu ini bisa datang ke kawasan Yoshinoyama. Yoshinoyama sendiri merupakan daerah pegunungan tempat banyak varietas Yamazakura ditanam. Tempat ini sendiri adalah tempat terbaik untuk melihat jenis bunga ini.

Baca Juga: Jenis Bunga Tulip Tercantik Di Dunia Beserta Gambar Lengkap

Selain di lereng Gunung Yoshinoya, kamu juga bisa melihat jenis bunga sakura ini di Kuil Kogonji di Kota Akiruno, Tokyo. Bunga Yamazakura biasanya mulai mekar lebih awal dari bunga sakura lainnya. Mereka biasanya mekar pada pertengahan Maret hingga awal April.


  • Bunga Sakura Shidarezakura

Bunga Sakura Shidarezakura

Shidarezakura adalah sejenis bunga sakura yang biasa dikenal sebagai pohon sakura menangis. Nama itu terekam karena bentuk pohon sakura dengan cabang yang menjuntai. Jenis bunga sakura ini memiliki dua jenis bunga, satu dengan lima kelopak dan satu lagi memiliki lebih dari lima.

Baca Juga: Jenis Bunga Krisan Beserta Gambar dan Sejarah Bunga Krisan

Bunga sakura yang terkenal dari jenis ini adalah Miharu Takizakura di Prefektur Fukushima. Pohon sakura ini telah tumbuh menjadi ukuran yang sangat besar selama seribu tahun. Jenis bunga sakura ini terlihat indah saat mekar dengan sempurna.

Shidarezakura biasanya mekar pada awal April dan memiliki umur panjang. Apakah Anda ingin melihat bunga sakura bermekaran? Maka Anda harus datang ke Festival Bunga Sakura Kakunodate. Anda dapat melihatnya di distrik samurai Kakunodate dan di tepi Sungai Hinokinai.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal 10 Jenis Bunga Sakura yang Sangat Indah Di Pandang semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: