Jenis Bunga Cempaka

Jenis Bunga Cempaka Beserta Manfaat Bunga Cempaka Lengkap!!

Diposting pada

Jenis Bunga Cempaka Beserta Manfaat Bunga Cempaka Lengkap!!_ Bunga cempaka, salah satu jenis bunga yang sangat terkenal dan memiliki mitos dibalik namanya. Bunga cempaka ini banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini biasa ditemukan di Asia Tenggara, Asia Selatan, Cina Selatan.

Jenis Bunga Cempaka

Jika Anda berada di Indonesia tanaman ini bisa Anda temukan di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan juga di Maluku.

Ada berbagai jenis bunga cempaka yang ada di Indonesia dan tentunya masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Apa saja jenis bunga krisan?


Jenis Bunga Cempaka

  • Cempaka Putih

Cempaka Putih

Di Indonesia bunga cempaka putih jenis ini kadang disebut juga bunga kantil. Saat bunganya masih dalam masa kuncup, bunga ini terlihat cantik dengan warna kehijauan. Setelah mekar, warnanya berubah menjadi putih.

Bunga jenis ini, dalam bahasa latin disebut Michelia alba, memiliki warna cabang abu-abu. Ada pula bulu halus di dahan, seperti di pohon cempaka lainnya. Daunnya berisi daun individu dengan warna hijau muda. Ketinggian tumbuhan berbunga Cempaka Putih bisa mencapai 30 meter.

Yuk Baca Juga: Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer


  • Cempaka Kuning

Cempaka Kuning

Krisan kuning adalah bunga paling harum di antara semua jenis krisan. Makanya, jenis Cempaka Kuning ini banyak digunakan sebagai bahan pengharum. Kita bisa mencium aroma bunga bahkan dari jauh.

Biasanya tanaman ini bisa ditemukan di daerah setinggi 25 meter. Daun pohon cempaka kuning berbentuk lonjong dan lonjong, berwarna hijau muda dan ujung daunnya runcing.

Baca Juga: Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah


  • Cempaka Merah

Cempaka Merah

Jenis cempaka ini cukup sulit ditemukan di Indonesia, sehingga bunga cempaka merah tidak sepopuler bunga cempaka putih atau kuning. Aromanya sangat khas dan bentuknya cantik serta menarik untuk dilihat. Bunga ini dikenal sebagai magnolia merah.

Jenis chrysolite ini unik dibandingkan dengan jenis chrysolite lainnya. Bunga ini hanya memiliki waktu berbunga yang singkat yaitu sekitar 2 jam. Dalam 2 jam tersebut kita bisa melihat bunga krisan merah yang sempurna. Bunganya akan layu setelah 2 jam. Bunganya tidak langsung gugur, tapi bentuknya berubah seperti bunga cempaka biasa.

Baca Juga:

6 Jenis Bunga Aglaonema Lengkap Dengan Cara Penanamanya


  • Cempaka Ungu

Cempaka Ungu

Krisan ungu memiliki nama latin Magnolia liliifllora, dan krisan ungu juga dikenal dengan sebutan magnolia ungu. Warna ungu cerah tidak kalah cantik dari ketiga jenis bunga krisan lainnya. Aroma Chrysolite Purple juga sangat harum.

Bunga krisan ungu biasanya mekar di awal musim hujan. Tanaman krisan ungu mudah disesuaikan dan tumbuh di mana saja. Hanya saja tanaman ini hanya bisa tumbuh maksimal di dataran tinggi. Suhu yang tepat untuk menanam bunga krisan ungu berada pada kisaran 20 hingga 26 derajat Celcius.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!


Manfaat Bunga Cempaka

Manfaat Bunga Cempaka

Selain digunakan untuk keperluan pernikahan atau kematian, bunga krisan memiliki manfaat lain, lho. Cempaka juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional karena mengandung alkaloid Mikelarbina dan Lirodenina yang berfungsi sebagai diuretik dan ekspektoran.

Dengan kandungan chrysolite, bunga ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.


  • Mengatasi Perut Kembung

Pernahkah Anda kembung? Saat perut terasa penuh dan sesak, bahkan perut Anda terlihat lebih besar atau kembung. Itu tentu membuat kita tidak nyaman. Sampai-sampai muncul gejala berupa kentut berlebihan, sendawa, dan perut terasa mual. Baca Juga: Cara Menanam Bluberry dan Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan

Ternyata bunga krisan bisa mengatasi masalah gas ini. Masak saja bunga cempaka putih beserta kulit jeruk keprok, jahe, dan kapulaga. Rebus dengan 700 ml air dan masak dengan bahan-bahan tersebut hingga air tersisa sekitar 300 ml. Kemudian saring, agar endapan tidak terhalang, dan minum selagi masih hangat.


  • Menghilangkan Bau Badan

Apakah Anda memiliki masalah bau badan? Pasti buruk, bukan? Tidak hanya membuat Anda tidak nyaman, tetapi juga membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Bau badan biasanya muncul karena kita sering melakukan aktivitas seperti jarak jauh atau olahraga. Bau badan disebabkan oleh bakteri atau kuman yang bercampur dengan kekeringan, atau bisa juga pakaian yang kita kenakan.

Untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, Anda bisa mencoba menggunakan bunga krisan. Caranya sangat sederhana, kamu cukup mandi dengan air mendidih yang terbuat dari bunga cempaka. Dengan aroma floral yang kuat, bau badan Anda bisa hilang dan larut.


  • Mengatasi Radang Saluran Pernapasan

Radang saluran udara adalah gangguan saluran udara. Jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan akut atau yang kita ketahui tentang ISPA.

ISPA dapat terjadi karena infeksi tenggorokan, sinus, saluran udara, atau paru-paru. Infeksi yang terjadi biasanya disebabkan oleh virus, meskipun bakteri juga dapat menyebabkan penyakit ini.

Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan pencegahan untuk mencegah terjadinya ISPA. Jika Anda sudah melihat tanda-tanda peradangan saluran napas, coba obati dengan bunga krisan.

Ambil saja sekitar 15 gram daun Cempaka Putih atau bunga kantil, 15 gram bunga lili atau lili dan 5 gram kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan. Rebus semua bahan dengan 500 ml air dan rebus hingga tersisa 200 ml air rebusan. Minum rebusan tersebut secara rutin selagi masih hangat.


  • Mengatasi Keputihan

Keputihan dapat terjadi pada wanita mana saja, dan yang menyebabkannya adalah infeksi virus, jamur, dan bakteri parasit yang terdapat di sekitar organ kewanitaan. Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan peradangan pada area eliminasi dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bunga Cempaka Putih. Ambil 30 gram Cempaka Putih, 60 gram Jali yang telah dibasahi lembut, dan 15 gram kulit delima.

Rebus semua bahan menjadi satu, angkat dari kompor setelah mendidih dan minum selagi hangat.


  • Mengatasi Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan ketika jaringan sinus di hidung tersumbat oleh bakteri, virus, dan jamur. Penyumbatan biasanya berupa cairan sehingga terjadi peradangan dan dapat berujung pada infeksi.

Jika ingin menggunakan bunga krisan untuk mengatasinya, ambil saja 30 gram bunga krisan lalu masak bersama jahe, daun mint, dan bawang putih. Rebus semua bahan dengan 800 ml air. Kemudian minum secara rutin setiap dua hari sekali.


  • Mengatasi Vertigo

Apa kamu tahu pusing? Tahukah Anda, penyakit di mana mereka yang terkena menderita gangguan keseimbangan. Terjadinya ketidakseimbangan tersebut disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan di telinga bagian dalam.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bunga krisan, tinggal masak bunga cempaka putih kering. Kemudian minum secara teratur sampai rasa sakit yang Anda rasakan hilang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Bunga Cempaka Beserta Manfaat Bunga Cempaka Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: