Cara Menanam Bluberry dan Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan

Diposting pada

Cara Menanam Bluberry dan Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan -Cara menanam blueberry Tanaman blueberry masih termasuk dalam keluarga vaksin dengan subfamili Cyannococcus. Diyakini bahwa tanaman ini berasal dari Amerika Utara. Blueberry tumbuh subur di daerah subtropis. Blueberry berwarna putih kehijauan atau putih kebiruan dan rasanya manis. Bentuknya bulat dengan diameter kira-kira. 5-16 mm dan memiliki mahkota di ujung buah. Blueberry juga tumbuh dalam kelompok, dengan masing-masing batang terdiri dari beberapa blueberry.

Tanaman blueberry saat ini ditanam di berbagai negara di dunia. Termasuk petani Indonesia, banyak yang sudah mengatasinya. Blueberry, termasuk tanaman impor dengan nilai ekonomi tinggi. Harga buah per gram juga sangat mahal. Blueberry diyakini dapat mencegah perkembangan sel kanker, penyakit arteri koroner dan stroke. Daripada membeli blueberry selangit, lebih baik kita tanam sendiri!


Cara Menanam Bluberry

  • Persyaratan Tumbuh

Tanah yang digunakan untuk tumbuh harus sepenuhnya terkena sinar matahari dan tanah di tanah harus dikeringkan dengan baik. Tanaman blueberry tumbuh dengan baik di tanah dengan pH sekitar 4,5 hingga 4,8. Jika pH tanah terlalu asam, pengapuran dapat dilakukan jika perlu. PH tanah dapat diperiksa setahun sekali.


  • Penyerbukan Blueberry

Blueberry memiliki bunga jantan dan betina di pohon, sehingga proses penyerbukan tidak menjadi masalah. Namun, jika ada beberapa varietas blueberry dalam satu bidang, Anda dapat melakukan penyerbukan silang untuk menghasilkan blueberry dengan varietas blueberry baru yang lebih baik.


  • Penananam Blueberry

Blueberry mempunyai akar yang sempit dan lebar, tanam dibikin lebar, dan kedalaman lubang dapat disesuaikan dengan ketinggian media tanam jika tanaman tersebut berasal dari pembibitan tanaman blueberry.

Campurkan tanah subur yang kaya akan bahan organik dengan gambut atau tanah gambut yang terbuat dari lumut dengan perbandingan 50:50. Jarak tanam yang ideal untuk menanam blueberry adalah antara 1,8 m dan 3 m.


  • Pemberian Mulsa

Letakkan jerami mulsa setebal 10 cm – 15 cm di permukaan sendok tanam agar kelembaban tanah tetap terjaga dan pertumbuhan gulma dapat dikendalikan.


  • Pengairan

Air disuplai secara teratur sehingga tanah tetap lembab, tetapi tidak terlalu kuat sehingga tanah jenuh dengan air.


  • Pemupukan Tanaman

Agar tanaman blueberry Anda tumbuh dan berbuah, Anda perlu menggunakan pupuk yang sesuai. Pemupukan dapat dilakukan beberapa kali selama pertumbuhan tanaman. Fase pertama pembuahan dengan hingga 2 ons NPK 12-4-8 ditaburkan pada jarak 30 cm di sekitar pangkal batang tanaman blueberry. Jika tanaman menguning setelah pemberian pupuk, Anda dapat mengatasinya dengan 1 ons amonia sulfat.

Tahap kedua pemupukan dilakukan dengan beradaptasi dengan pertumbuhan segmen daun. Waktu yang ideal adalah pertumbuhan tunas daun kedua dan ketiga. Pupuk yang digunakan adalah NPK 12-4-8 dengan dosis 4 ons. Setelah itu, pemupukan lebih lanjut dilakukan sesuai dengan penampilan daun dan jumlah yang ditetapkan. Misalnya, hingga 6 ons pupuk diberikan pada fase kemunculan daun keempat, hingga 8 ons pada fase kemunculan daun kelima, dan hingga 10 ons pupuk ketika fase daun keenam digunakan.


  • Perlindungan Dari Hama

Setelah buah muncul, buah harus dilindungi atau dibungkus langsung dengan jaring nilon sehingga buah tidak dimakan oleh hama burung.


  • Pemanenan Blueberry

Untuk mencapai kualitas blueberry yang baik, panen dilakukan 4 – 6 hari setelah buah benar-benar membiru.


Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan


  • Tangkal Radikal Bebas

Buah asam ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi karena mengandung kandungan antosianin yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan menetralisir radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan. Komponen lain dari blueberry, yaitu fitonutrien, juga mencegah akumulasi radikal bebas. Radikal bebas diserap oleh zat-zat ini dan dibuang bersama dengan kotoran dan keringat.


  • Hindari Obesitas

Blueberry rendah kalori, jadi Anda bisa makan buah ini tanpa takut menjadi gemuk. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk toppers yang melakukan program diet.

Bahan dalam buah keluarga berry ini, seperti polifenol, juga bisa mempercepat penurunan berat badan.


  • Menurunkan Kolesterol

Senyawa pterostilbene dalam blueberry dapat merangsang protein reseptor yang ditemukan dalam sel. Protein ini berperan penting dalam menurunkan kolesterol. Selain blueberry, mereka juga mengandung pektin tinggi.

Serat yang larut dalam air dapat mengikat kolesterol. Kolesterol jahat berkurang dan digantikan oleh kolesterol HDL yang baik (high density lipoprotein).


  • Jaga Kesehatan Jantung

Tanaman ini memiliki kandungan anthocyanin yang bisa membantu melebarkan dan membuat pembuluh darah lebih elastis. Dengan memperluas pembuluh darah, tekanan darah berkurang, yang berarti jantung kurang stres.


  • Meredakan Nyeri Otot

Setelah pelatihan, blueberry adalah buah yang paling cocok untuk dimakan. Buah ini dapat memperbaiki dan mencegah peradangan pada otot yang kaku. Blueberry juga bisa mengobati rasa sakit dan meningkatkan kekuatan otot.


  • Mengurangi Risiko Alzheimer

Antioksidan dalam blueberry dapat meningkatkan daya ingat sehingga mencegah Alzheimer. Alzheimer adalah gangguan otak yang menyebabkan kehilangan memori. Secara umum, penyakit ini menyerang orang tua.


  • Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Blueberry mengandung banyak bahan aktif, yaitu zat anti lengket. Konten ini dapat mencegah bakteri Escherichia coli (E. coli) menempel pada dinding kandung kemih.


  • Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat yang lainnya dari blueberry adalah bisa menurunkan gejala diabetes. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan blueberry 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.


  • Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi adalah penyakit yang sering terjadi dan bahkan dapat memicu stroke. Dengan makan blueberry, fungsi pembuluh darah meningkat dan menurunkan tekanan darah sistolik.


  • Mencegah Kanker

DNA sangat rentan terhadap kerusakan akibat polutan atau radikal bebas. Tingginya tingkat antioksidan dalam blueberry dapat menetralkan zat penghancur DNA. Kerusakan DNA dapat menyebabkan kanker dan bahkan penuaan.


  • Meningkatkan Konsentrasi dan Ingatan

Satu studi menemukan bahwa orang yang tidak mengonsumsi jus blueberry mengurangi kinerja hingga 20%. Seorang peneliti menemukan bahwa blueberry dapat merangsang oksigen dan aliran darah ke otak, menjaga pikiran tetap aktif.


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di sini juga, blueberry dapat meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi.


  • Menjaga Kesehatan Mata

Makan blueberry dapat mencegah masalah mata seperti miopia, katarak atau infeksi retina. Buah ini mengandung antioksidan yang disebut karotenoid dan senyawa lain yang baik untuk kesehatan mata.


  • Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat blueberry untuk menghindari flek hitam, keriput, selulit dan masalah kulit lainnya. Blueberry mengandung banyak vitamin C, yang dapat membentuk kolagen untuk mengencangkan dan meremajakan kulit.


  • Memelihara Kesehatan Tulang

Blueberry mengandung fosfor, kalsium dan vitamin K. Kandungan tersebut sangat bagus bagi kesehatan tulang sebab bisa meningkatkan kepadatan tulang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Bluberry dan Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

8 Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana di Rumah

Panduan Cara Menanam Wortel Dengan Hidroponik,Keuntungan dan Kelebihan serta Kekurangannya

9 Cara Menanam Jambu Air Dalam Pot Agar Cepat Berbuah!

Tips Cara Menanam Labu Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan serta Kecantikan

32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman!