32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman!

Diposting pada

32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman! – Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia, selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah, beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah kalian lebih nyaman.

Tak ada satupun obat nyamuk di indonesia yang benar-benar ampuh dan aman, prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN dan tidak ada racun yang benar-benar aman.

Bukan hanya berguna untuk menambah estetika bagi rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya, ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga, berbicara mengenai serangga, pastinya kamu tidak asing dengan serangga yang bernama nyamuk, nyamuk sudah sering ada di sekitar kita atau dalam kata lain musuh bebuyutan.

Menggunakan tanaman tertentu kamu dapat melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah, ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat kamu gunakan dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah, tanaman-tanaman ini telah lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk, bahkan membunuhnya, mari kita simak lebih dalam mengenai beberapa tanaman pengusir nyamuk pilihan Kania di bawah ini!

Gigitan nyamuk tidak hanya menimbulkan rasa gatal pada kulit, namun juga beresiko menyebarkan penyakit seperti DBD dan malaria, tapi bukan hanya itu, lebih celakanya lagi, DBD dan malaria berpotensi menyebabkan kematian dan pantas saja banyak orang yang berusaha mati-matian mengusir nyamuk menggunakan obat semprot atau lotion pengusir nyamuk, sayangnya penggunaan bahan kimia ini lama-lama akan menimbulkan penyakit serius lainnya bagi manusia.


Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman!

Saat memasuki musim penghujan bisanya akan banyak gerombolan nyamuk yang bertamu ke rumah-rumah tanpa permisi, keberadaan nyamuk ini sangat menganggu, terlebih ketika menjelang tidur, pasti tidak sedikit orang yang kesulitan tidur akibat gigitan nyamuk, untuk mengatasi hal ini dapat dengan cara alami yakni memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Tanaman yang dapat mengusir nyamuk memang mempunyai alasan tersendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil lain, seperti lalat, tidak menyukainya, kebanyakan karena aroma yang dihasilkan begitu menyengat sehingga membuat nyamuk pergi.

Ada banyak jenis tanaman yang membuktikan dapat mengusir nyamuk, tanaman ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak jaman dahulu, jauh sebelum adanya obat nyamuk, mereka biasanya menanamnya di sekeliling rumah atau menggosokkan daunnya ke tubuh mereka, penggunaan tanaman anti nyamuk juga lebih sehat untuk keluarga kita, pasalnya obat nyamuk yang beredar saat ini mengandung bahan kimia yang berbahaya jika sampai tertelan

Ada banyak sekali jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat dipelihara di dalam ataupun luar rumah (indoor dan outdoor), beberapa mungkin sudah familiar di telinga kalian, akan tetapi ada juga yang tidak, untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak beberapa nama tumbuhan pengusir nyamuk yang akan kami sebutkan berikut ini.


  1. Serai Wangi

Tanaman sereh wangi mempunyai beberapa kegunaan, salah satunya berpotensi untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan merehabilitasi lahan-lahan kritis, tanaman sereh wangi terutama batang dan daun dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal sebagai obat nyamuk semprot, minyak serai wangi sebagai hasil produksi berguna sebagai bahan bio-aditif bahan bakar minyak.

Tanaman sereh wangi mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal, zat sitronelal ini dapat membunuh nyamuk karena memiliki sifat racun kontak (aroma), yang membuat nyamuk kehilangan cairan secara terus-menerus.


  1. Lemon Balm

Seperti namanya, tanaman ini mampu menghasilkan aroma lemon yang segar ketika dihirup, segar bagi manusia, tetapi dibenci oleh nyamuk, nektar bunganya adalah favorit kupu-kupu sehingga ketika bunganya yang berwarna putih tumbuh, kupu-kupu akan berdatangan, kebun yang harum dan dikerumuni oleh kupu-kupu cantik, pemandangan yang indah, bukan?

Untuk membuat pekarangan kalian bebas nyamuk sekaligus beraroma segar, lemon balm ini pas menjadi pilihan, selain itu, daun tanaman ini juga cocok digunakan sebagai penyedap rasa, lemon balm yang dapat tumbuh hingga setinggi 80-100 cm ini dikenal dapat tumbuh dengan cepat, kalian pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menikmati manfaatnya.


  1. Catnip

Sebelum dijadikan tanaman pengusir nyamuk catnip sudah lebih populer sebagai tanaman untuk memancing kucing supaya lebih aktif dalam keseharian, catnip ini mengandung minyak nepetalactone yang ditakuti nyamuk, minyak ini juga disebut-sebut lebih ampuh daripada zat kimia diethyl-meta-toluamide.

Tanamlah catnip di area taman karena tanaman pengusir nyamuk ini dapat tumbuh tinggi, kamu pun harus rutin memangkasnya agar taman tetap terlihat rapi, bagi kamu yang memelihara kucing, bersiaplah melihat mereka menjadi lebih aktif di siang hari karena tanaman ini.


  1. Marigold

Pada daerah guatemala dan meksiko, terdapat salah satu bunga atau tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yaitu marigold, masyarakat Indonesia sering menyebut tanaman dengan bunga tai ayam karena warnanya yang serupa dengan kotoran ayam.

Meskipun begitu, tanaman marigold nyatanya masih banyak ditanami di area pinggir jalan sebagai tanaman hiasan, agar tanaman marigold dapat bekerja secara efektif dalam mengusir nyamuk, usahakan untuk menanamnya di pekarangan rumah atau di dalam pot supaya aroma semerbak dari tanaman tersebut dapat menyebar ke seluruh penjuru rumah.


  1. Daun Selasih

Selasih adalah tanaman yang dikenal berkhasiat sebagai obat tradisional dan pengusir nyamuk melalui aroma yang dihasilkannya, sifat tanaman ini yang tahan terhadap sinar matahari membuatnya cocok ditanam di luar ruangan, di lain sisi, ukuran tanaman saat dewasa yang hanya berkisar 50-60 cm membuatnya juga cocok diletakkan di dalam ruangan.

Untuk kalian yang ingin perlindungan total dari nyamuk baik di luar ataupun di dalam ruangan, tanaman selasih dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk kalian, kalian hanya tinggal menaburkan biji atau benihnya di atas tanah yang gembur dan menyiramnya setiap hari, tanpa perawatan khusus lainnya, kalian yang masih pemula niscaya tak akan kesulitan merawatnya.


  1. Bunga Lavender

Bunga lavender sebenarya adalah tanaman hias dan dapat juga menjadi pengusir nyamuk, ini memang sudah banyak tampil dalam iklan lotion anti nyamuk di televisi, bunga lavender sendiri berasal dari kawasan pegunungan Alpen di Swiss, bunga ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang aromanya sangat tidak disukai nyamuk, katanya nyamuk akan langsung pergi ketika mencium aromanya karena merasa pusing.

Bunga ini biasanya dijadikan sebagai lotion anti nyamuk dengan cara menyulingnya terlebih dahulu, akan tetapi kalian juga dapat menggunakannya secara langsung dengan cara menggosokkan bunganya ke area kulit yang terbuka, cara ini sangat cocok dilakukan ketika kalian akan bepergian, sedangkan untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah, maka kalian cukup menanamnya di dalam sebuah pot saja, selain aromanya yang wangi, warna bunganya yang cantik juga dapat memperindah tampilan pekarangan rumah kalian.


  1. Bawang Putih

Sejak dulu tanaman bawang putih sudah dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk, kalian dapat mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah, agar tidak terlalu beraroma menyengat kalian dapat menambahkan minyak esensial lavender atau lainnya sesuai dengan selera.

Bawang putih juga merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, di india ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih, belum sampai di situ, bawang putih ternyata juga dapat untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.


  1. Pennyroyal

Sesuai namanya, pennyroyal mint memiliki ciri khas berupa aroma mint yang lembut, berbeda dari kebanyakan tanaman herbal lainnya, tanaman ini tumbuh merambat di atas tanah, tanaman ini termasuk tangguh karena tak akan mati meskipun terinjak, karena efeknya yang dapat menghalau kutu dan tungau, tanaman ini cocok juga untuk menghias area taman atau kebun kalian.

Sementara itu, tansy merupakan endemik zona kering Eropa yang sejak dahulu dikenal ampuh mengusir serangga, kalian cukup menggantung bagian tanaman yang sudah dikeringkan di tempat yang kalian inginkan, menggantungnya di dalam kandang hewan peliharaan kalian pun dapat menjadi cara jitu untuk mencegah anjing kalian terserang kutu.

Perlu kalian perhatikan bahwa tansy memiliki efek insektisida yang kuat sehingga berbahaya bila termakan, jadi, pastikan hewan peliharaan kalian tak memakannya, lalu, tansy dikenal juga sebagai tanaman yang dibenci oleh kucing, jadi, jauhkan dari kucing kesayangan kalian, ya!


  1. Bunga Rosemary

Rosmarin atau rosemary atau rosmarinus officinalia adalah tumbuhan penghasil rempah dan bumbu masak dengan nama sama, oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, rosemary, tumbuhannya relatif tahan kering, serta memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya.

Tanaman dengan bunga mungil yang cantik selain sebagai hiasan, juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dalam ruangan, tanaman rosemary ini memiliki aroma khas seperti minyak kayu putih, sedikit mirip minyak telon, aroma tersebut ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk yang berada di sekitar rumah, aroma khas tanaman ini mampu mengacaukan efektivitas penciuman nyamuk, sehingga nyamuk akan menghindarinya.


  1. Bunga Geranium

Bunga geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk, tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol, kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin, kalian dapat menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah, selain untuk mengusir nyamuk, bunga geranium juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.


  1. Zodia

Zodia adalah tanaman endemik asal Papua yang sudah banyak dibudidayakan saat ini, masyarakat Papua biasa menggunakan aroma dari tanaman ini untuk mengusir nyamuk, kalian cukup meletakkannya di dalam ruangan untuk mendapatkan manfaatnya, akan tetapi, untuk hasil lebih optimal, kalian juga boleh mengusapkan daunnya ke kulit kalian.

Memiliki tinggi sekitar 70 cm ketika sudah dewasa, tanaman ini tak akan terasa terlalu bongsor diletakkan di dalam ruangan, satu lagi khasiat hebat dari tanaman ini! Hanya dengan mengusapkan daun Zodia ini pada area bekas gigitan nyamuk, bentol dan gatal pun lenyap, cocok bagi kalian yang menginginkan lebih dari sekadar tanaman pengusir nyamuk.


  1. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito adalah bagian dari keluarga geranium, jenis bunga yang sudah cukup dikenal sebagai pengusir nyamuk, bunga ini memiliki zat citronella yang mudah terbang dan memenuhi udara di sekitarnya, zat inilah yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Geranium sering ditanam di luar ruangan, kalian juga dapat menanamnya didalam ruangan dengan menempatkannya di dekat jendela, dengan begitu, embusan angin dari luar dapat menerbangkan zat citronella ke dalam dan mengusir nyamuk pada ruangan, selain citrosa mosquito fighter, yang termasuk kedalam keluarga geranium adalah citrosa lady diana dan citrosa queen of lemon.


  1. Kecombrang

Di indonesia Bunga kecombrang sudah cukup terkenal, tumbuhan yang memiliki nama latin Etlingera eliator memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia, sebut saja kantan atau honje di daerah Sunda serta kincung di daerah Medan, bunga, biji, serta buah kecombrang ini sebenarnya lebih banyak digunakan sebagai rempah pelengkap masakan seperti sambel, pepes, dan lainnya, akan tetapi bunga kecombrang juga bisa difungsikan sebagai tanaman pengusir nyamuk dengan cara menanamnya di pekarangan rumah, warnanya yang bagus juga menjadikannya cocok disandingkan dengan tanaman hias yang lainnya.


  1. Akar Wangi

Akar wangi termasuk ke dalam kategori tanaman pengusir nyamuk terbaik yang hampir sama dengan serai yang tidak cocok bila ditanam pada sebuah pot, jenis tanaman liar ini bisa ditanam di halaman rumah, bau yang dihasilkan oleh tanaman ini cukup menyengat sehingga nyamuk tidak akan berani mendekat saat mencium bau ini, banyak orang yang memercayai bahwa akar wangi adalah tanaman yang dapat mencegah DBD atau demam berdarah karena aroma tanaman ini lebih tidak disukai oleh nyamuk Aedes Aegypti.


  1. Mintrosa of Lady Diana

Mintrosa of lady diana mirip dengan tumbuhan citrosa mosquito,tumbuhan ini juga sangat dibenci nyamuk, perawatannya sangat mudah dan biasanya dijadikan tanaman penghias rumah, tumbuhan ini juga mengeluarkan aroma atau bau yang sangat kuat sehingga ditakuti oleh nyamuk, tumbuhan ini berasal dari belanda, sama seperti citrosa,sulit nemuin bunga import ini.


  1. Suren

Suren termasuk tanaman tahunan berbentuk pohon dengan tinggi hingga mencapai 20 meter, daun dan kulit kayu suren yang beraroma menyengat acap kali dimanfaatkan oleh para petani untuk menghalau hama serangga tanaman.

Sayang, ukurannya yang besar membuatnya kurang praktis bila di tanam di rumah sebagai media pengusir nyamuk, akan tetapi, jika memiliki halaman rumah yang luas, tak ada salahnya untuk menanamnya, tidak hanya dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk pohon suren yang tinggi besar juga dapat dijadikan sebagai peneduh dari sengatan matahari.


  1. Bunga Krisan

Bunga krisan adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai, bentuk bunga dan warnanya yang indah membuat tanaman yang dapat tumbuh hingga setinggi 50 cm ini, seringkali menjadi bagian dari rangkaian buket bunga, aroma yang dihasilkannya pun akan membuat kalian terkesan, tetapi sebaliknya para nyamuk tidak akan berani mendekat.

Bunga krisan ini sangat direkomendasikan untuk memperindah pekarangan rumah, suasana pekarangan lebih hidup, rumah kalian pun akan bebas nyamuk, setelah tanaman ini mulai berbunga, kalian dapat memetik bunganya dan mengeringkannya untuk dijadikan teh, sedap dipandang, mampu mengusir nyamuk, dan dapat dijadikan teh, apalagi yang kurang?


  1. Bunga Kamboja

Bunga kamboja sering dianggap bunga keramat karena pohonnya sering ditemukan di pemakaman, meski begitu, bukan berarti bunga ini tidak dapat ditanam di perkarangan rumah kalian, tanaman ini cukup banyak disukai karena bunganya hadir dalam beberapa macam warna lembut, saat mekar sempurna, kebanyakan orang akan berdecak kagum akan keindahan bunganya.

Untuk mendapatkan efek yang optimal, kalian dapat mengekstraksi minyak bunganya, minyaknya harum dan memiliki efek aromaterapi, sekaligus ampuh dalam mengusir nyamuk, tanaman bunga ini mampu tumbuh hingga setinggi 6 meter dan hidup selama puluhan tahun, tak ingin bolak-balik menanam tanaman pengusir nyamuk? Tanaman kamboja solusinya.


  1. Cengkeh

Cengkeh adalah bumbu rempah yang juga banyak dmianfaatkan sebagai bahan obat, cengkeh atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut cloves ini mempunyai tangkai bunga kering yang mengeluarkan aroma cukup harum, akan tetapi tidak disukai oleh nyamuk, aroma yang cukup khas dari cengkeh tersebut ternyata disukai oleh banyak orang sehingga cengkeh dijadikan bahan dasar pembuatan rokok kretek di Indonesia.


  1. Kayu Putih

Kayu putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang dapat membuat tidur kalian menjadi lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk, akar kayu putih dapat ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan, tanaman kayu putih akan bekerja seharian untuk menangkal nyamuk dengan mengeluarkan aroma yang khas.


  1. Mosquito plant

Salah satu tanaman yang terkenal mampu mengusir nyamuk adalah mosquito plant, menurut laporan penelitian oleh Van Leeni, seorang ahli genetika, mosquito plant mampu menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² (karbondioksida) dan menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.

Mosquito plant yang diteliti oleh Van Leeni adalah citronella dan geranium, kedua tumbuhan ini cukup terkenal, terutama tumbuhan yang termasuk dalam genus geranium, seperti rose geranium dan lemon rose geranium.

Selanjutnya adalah southernwood yang dikenal di Australia sebagai tumbuhan penangkal nyamuk, untuk mendapatkan efeknya, kalian harus mengusap daunnya di kulit, bukan hanya sekadar meletakkannya di sekitar rumah kalian.


  1. Neem leaves

Neem adalah tumbuhan yang tumbuh secara alami di India dan memiliki kemampuan untuk mengusir berbagai jenis hama serangga, termasuk nyamuk, kalian cukup menanamnya untuk mendapatkan manfaatnya, untuk efek yang lebih optimal, kalian dapat mengekstrak daunnya dengan cara direbus, ekstrak tersebut dapat digunakan sebagai semprotan nyamuk.

Meskipun dikenal sebagai insektisida alami, tanaman ini hanya mengusir nyamuk dan bukan membunuhnya, neem juga dapat digunakan sebagai bahan masakan, karena itu, tumbuhan ini dijamin aman untuk manusia.


  1. Tapak dara

Nama ilmiah Bunga tapak dara adalah catharanthus roseus L don, bunga yang masih satu keluarga dengan geranium ini punya banyak khasiat, satu di antaranya yaitu mengusir nyamuk.

Kandungan senyawa pada mahkota bunga (petal) dan daunnya yaitu geraniol atau rhodinol (3,7-dimethyl-2,6-octadien-l-ol) sama seperti terdapat pada minyak atsiri mawar dan sereh, senyawa ini tidak dapat larut air, akan tetapi dapat larut pada pelarut organik umum lainnya.


  1. Kenikir

Disebut juga dengan ulam raja, bunga kenikir merupakan tumbuhan khas Amerika Latin dan Tengah, biasanya tumbuh secara liar di semak-semak Florida, bahkan di Indonesia, bunga Kenikir masuk dalam anggota Asteraceae, batangnya berbentuk seperti pipa yang diselimuti dengan beberapa garis secara membujur.

Tangkai daunnya panjang, sementara duduk daunnya saling bertatapan, dan terbagi menjadi 2 sampai 3 dengan menyirip, jika diremas, aromanya hampir sama dengan bau damar, tinggi kenikir diperkirakan dapat mencapai 1 meter.

Aroma khas kenikir ternyata tidak disukai nyamuk, apalagi daun dan bunga kenikir ini mengandung zat aktif pyrethrum yang akan membuat nyamuk menjauh, tanaman ini mudah dibudidayakan, dapat dijadikan sebagai pagar di halaman rumah, dapat juga ditanam dalam pot.


  1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk dalam suku jeruk-jerukan, buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri, daging buah berwarna putih agak kehijauan, sangat asam dan mengandung banyak vitamin C serta asam sitrat, biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni.

Buah ini dapat difungsikan sebagai penghalau nyamuk, tempatkan pada wadah piring kecil potongan jeruk nipis dengan cengkeh dan tinggalkan di sekitar halaman belakang atau di bagian tengah rumah untuk menghalau nyamuk.


  1. Kemangi

Daun yang biasa dijadikan lalapan ini ternyata memiliki keampuhan untuk mengusir nyamuk, pasalnya, daun kemangi memiliki aroma yang sangat menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk, untuk mendapatkan kemangi segar, kalian dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah, cara menggunakan kemangi sebagai sarana untuk mengusir nyamuk adalah dengan menumbuk daun ini sampai halus, campurkan dengan air pada botol semprot dan diamkan selama seharian agar menghasilkan aroma kemangi, setelah seharian, semprotkan air campuran daun kemangi tersebut ke seluruh tubuh.


  1. Peppermint

Miirip dengan lemon balm, peppermint juga merupakan tanaman mint yang dapat mengusir nyamuk di sekitar tempat tinggal kalian, aroma mint yang sangat pekat akan membuat nyamuk-nyamuk kabur dan tidak kembali, dengan menanam peppermint di pekarangan rumah kalian itu sudah merupakan usaha untuk mengurangi populasi nyamuk.


  1. Seledri

Tanaman pengusir nyamuk yang jenis ini mudah sekali ditemukan pada sajian makanan, selain diolah menjadi sayur, tanaman pencegah nyamuk ini dapat tempatkan di dalam pot atau pekarangan rumah.


  1. Kedelai

Kedelai dapat diolah menjadi minyak kedelai, manfaat minyak kedelai salah satunya adalah menghindari gigitan nyamuk, hasilnya akan lebih maksimal apabila kalian mencampurnya dengan minyak serai.


  1. Jahe

Tanaman jahe dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial jahe menghasilkan aroma yang membuat nyamuk menghindari dari tubuh.


  1. Thyme

Meski tanaman thyme berasal dari tanaman mint, tanaman pengusir nyamuk ini juga dipercaya dapat mengobati jerawat dan digunakan sebagai antibakteri, sementara itu, daun thyme yang dibakar mampu memberikan perlindungan untuk terhindari dari nyamuk.


  1. Citronella

Citronella, tanaman ini mempunyai daun yang bercabang seperti daun pepaya, warna daunnya hijau pekat, biasanya, daun ini diekstrak menjadi minyak, lalu minyaknya menjadi olesan di kulit untuk penangkal nyamuk, banyak produk kosmetik bayi yang menggunakan ekstrak daun Citronella ini, pun, untuk dewasa banyak dipakai untuk lotion penangkal nyamuk yang ampuh dan alami.

Nah, itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang harus kalian tahu, setiap tanaman memiliki perawatan yang berbeda-beda, pelajari bagaimana cara memelihara dan menanam beberapa tanaman hias pengusir nyamuk dan tikus seperti di atas. Selain menanam tanaman pengusir nyamuk, kalian juga harus rutin membersihkan lingkungan dari benda-benda yang dapat menampung air, menaburkan bubuk pembasmi jentik dan menggunakan losion antinyamuk.

Meski beberapa bahan pengusir nyamuk seperti di atas bersumber dari bahan yang alami, sebaiknya kalian juga harus berhati-hati menggunakannya, terutama jika tersaji bentuk minyak, kemungkinan alergi terhadap bahan-bahan tersebut perlu diwaspadai.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman!
5 (100%) 100 vote[s]