Tips dan Trik Cara Menanam Timun Dalam Polybag Dengan Benar

Diposting pada

Tips dan Trik Cara Menanam Timun Dalam Polybag Dengan Benar -Mentimun adalah jenis buah yang sangat digemari banyak orang. Hal ini ditandai dengan tingginya permintaan pasar akan mentimun ini, sehingga budidaya mentimun memiliki perspektif yang memikat.

Tanaman mentimun ini tidak hanya bisa ditanam langsung di ladang, tetapi juga di polybag dan di halaman sekitar rumah Anda.

Menanam mentimun dalam polybag tidak sesulit yang Anda bayangkan, meskipun harus diperhatikan untuk menumbuhkannya.

Jika Anda tertarik untuk menanamnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara menanam mentimun dalam polybag.


Cara Menanam Timun Dalam Poybag

  • Persiapkan Benih

Sebelum Anda mulai menanam mentimun, penting untuk memilih benih dengan kualitas terbaik, karena benih unggul adalah salah satu faktor keberhasilan untuk menanamnya. Benih mentimun berkualitas tinggi sekarang sangat mudah ditemukan di toko pertanian terdekat, baik offline maupun online, seperti SentraTani.com.


  • Tahap Penyemaian

Untuk mendukung keberhasilan budidaya selain benih yang berkualitas, kebutuhan akan teknik menabur tentu saja diperlukan untuk mendapatkan bibit yang baik sehingga bibit tidak tertekan selama penanaman dan dapat tumbuh secara optimal. Selain proses penaburan sebelumnya, bentuk tanaman seragam dan pertumbuhan tanaman kompak dicapai seragam.

Proses pembibitan dimulai dengan produksi media benih dalam bentuk campuran tanah yang disaring, pupuk cair dan kompos dengan perbandingan 1: 1: 1, dengan semua bahan diaduk sampai merata.

Tempatkan media pembibitan dalam wadah yang sedang tumbuh seperti persemaian atau sejenisnya, taburkan sedikit garam Inggris secara merata di permukaan media pembibitan dan campurkan dengan bagian atas media pembibitan sehingga merata.

Garam Inggris ini mengandung banyak magnesium sulfat, yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Ini digunakan untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman, untuk beradaptasi dengan tanaman yang bergerak, untuk melindungi tanaman dari hama, menyuburkan tanaman dan mempercepat pemupukan.

  1. Taburkan biji mentimun secara merata pada media pembibitan sesuai kebutuhan dan tutup dengan media pembibitan yang sama sehingga bibit terlindung dari serangan serangga seperti semut.
  2. Bilas semaian biji mentimun cukup sampai media lembab. Jangan terlalu basah karena ini dapat menyebabkan biji mentimun membusuk.
  3. Tempatkan taman kanak-kanak di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan lebat.
  4. Bibit di persemaian biasanya tumbuh dalam 3-4 hari setelah disemai.
  5. Setelah benih ditanam, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari pagi. Taman kanak-kanak hanya disiram ketika media pembibitan terlihat kering.
  6. Bibit dari pembibitan dapat ditempatkan dalam polybag setelah 4 daun.

  • Tahap Penanaman

Sementara Anda menunggu benih siap untuk dipindahkan, siapkan wadah untuk media pertumbuhan dalam bentuk polybag, asalkan ada lubang kecil di bawahnya sehingga air tidak terkumpul di dalamnya.

Kemudian siapkan media tanam dalam bentuk campuran tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 1: 1: 1, campur semua bahan secara merata dan masukkan media tanam ke dalam polybag.

Tanam biji mentimun dalam polybag dengan menanam 1 biji mentimun di setiap polybag, dan kemudian sirami hingga lembab.


  • Tahap Perawatan

Setelah penanaman, tanaman mentimun membutuhkan kepatuhan terhadap peraturan sehingga dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah. Perawatan tanaman mentimun yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.


  1. Pemasangan Ajir

Tanaman mentimun membutuhkan pati untuk tanaman merambat. Instalasi ini harus dilakukan 4-5 hari setelah tanam. Perbanyakan tanaman harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh optimal setelah digunakan. Perbanyakan dilakukan dengan menempelkan tanaman ke tiang dengan hati-hati dengan tali kulit pohon.

Binding dapat dimulai pada tanaman mentimun berusia 10-15 HST dengan mengikat batang di bawah cabang utama. Pada usia ini, tanaman biasanya setinggi 10-15 cm.


  1. Penyiraman

Siram secara teratur di pagi hari sebelum jam 8 malam. atau pada sore hari lebih dari jam 5 malam.


  1. Pemupukan

Tanaman mentimun ini dibuahi dengan pupuk cair. Pupuk cair adalah pupuk cair yang telah melalui proses fermentasi, atau pupuk cair yang telah matang dan ditandai oleh sifat fisiknya, yang longgar, tidak berbau dan hitam.

Untuk hasil maksimal, semprotkan semua bagian tanaman mentimun dengan larutan garam Inggris. Penyemprotan bisa dilakukan setiap 5 hari. Garam Inggris ini tidak hanya dapat membuahi dan menumbuhkan mentimun, tetapi juga melindungi tanaman mentimun dari hama


  • Waktu Panen Timun

Jika perawatan dilakukan dengan baik pada tanaman mentimun, maka akan mendapat mentimun yang besar dan berlimpah. Secara harga, tentu saja buah mentimun besar memiliki nilai jual yang cenderung lebih tinggi.

Selain itu, perawatan yang tepat juga menargetkan buah sehingga tidak menjadi pahit. Ya, beberapa teknik perawatan yang cocok menghasilkan mentimun yang tidak hanya besar, tetapi juga memiliki kadar air yang melimpah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Tips dan Trik Cara Menanam Timun Dalam Polybag Dengan Benar semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: