20 Jenis Cabe Yang Ada di Dunia Pedasnya Luar Biasa WOW!!!

Diposting pada

20 Jenis Cabe Yang Ada di Dunia Pedasnya Luar Biasa WOW!!! – Meskipun akhir-akhir ini harga cabai semakin mahal, namun nyatanya hal tersebut sama sekali tidak mengurangi minat masyarakat terhadap makanan pedas, saya adalah salah satu penggemar berat makanan pedas, saya pun tidak ketinggalan menjadikan cabai sebagai salah satu bahan yang wajib ada di kulkas, memasak apa saja wajib menambahkan cabai, entah dalam bentuk utuh, irisan, atau dalam bentuk halus bersama dengan bumbu lainnya.

Cabai merupakan buah dari tumbuhan dan termasuk salah satu bumbu dasar untuk penyedap rasa masakan, biasanya berwarna merah menyala atau hijau tua. Jika cabai dibelah, maka kita akan melihat tangkai putih didalamnya yang mengandung zat capsaicin seperti minyak yang dapat menyengat sel-sel pengecap lidah, zat inilah yang menyebabkan cabai menjadi pedas dan panas di lidah ketika kita memakanya.

Jenis cabai rawit dan cabai merah merupakan cabai yang menjadi primadona di indonesia, padahal pada kenyataannya cabai memiliki banyak sekali jenis. Salah satu komoditas hortikultura di indonesia yang tinggi permintaanya adalah cabai, hal ini tak lepas dari kegemaran masyarakat indonesia yang menyukai makanan pedas, termasuk saya.

Produksi cabai saat ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai bahan masakan, namun juga untuk memenuhi kebutuhan industri untuk dijadikan bahan saos, sambal kemasan, serta cabai kering untuk industri mie instan nasional.

Cabai mempunyai banyak sekali tipe atau jenisnya, sangatlah variatif mulai dari bentuk buah yang bulat, lonjong, dan panjang, ukuranya yang besar, kecil dan sedang, serta warna cabai yang hijau, merah, kuning, orange, putih dan ungu.

Sedangkan berdasarkan klasifikasi taksonomi, dibagi menjadi beberapa spesies antara lain yang terkenal capsicum annuum, capsicum frutescens dan capsicum chinense. Setelah saya kemarin menerangkan Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik di Halaman Rumah, sekarang tujuan saya menuliskan artikel ini utuk memberi perkenalan berbagi macam cabai yang ada di dunia.


Apa Itu Cabai?

20 Jenis Cabe Pedas Yang Ada di Dunia

Cabai merupakan tumbuhan yang tergabung dalam anggota genus capsicum, bagian dari tumbuhan cabai yang dapat dimanfaatkan adalah buahnya, telah banyak petani yang melakukan budidaya cabai, karena cabai memiliki nilai jual yang tinggi, selain bermanfaat sebagai penguat rasa makanan.

Cabai juga terkenal memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, dalam buah cabai terdapat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, zat capcaisin pada buah cabai bermanfaat untuk mengendalikan penyakit kanker, selain itu, pada buah cabai juga terdapat vitamin C yang cukup tinggi, meskipun bermanfaat untuk tubuh, cabai yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan.


Jenis-Jenis Cabe Yang Ada di Dunia

Untuk menambah pengetahuan tentang cabai, sebaiknya kita mengenal jenis-jenis cabai yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk dibudidayakan, berikut ini jenis-jenis cabai dan sedikit penjelasanya:


  1. Anaheim Pepper

Anaheim Pepper ialah nama cabai yang diambil dari nama sebuah daerah, nama itu diberikan karena ada seorang petani bernama emilio ortega yang membawa benih cabai ini ke daerah anaheim pada awal tahun 1900. Cabai ini terkenal dengan sebutan california chili atau magdalena, jenis cabai yang tumbuh di new mexico memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 4500 sampai 5000 scoville units.


  1. Bishop Crown Pepper

Mungkin ini salah satu cabai yang bentuknya paling aneh yang pernah ada, cabai ini dikenal juga dengan nama peruvian hot pepper.


  1. Bell Pepper atau Paprika

Bell pepper atau biasanya disebut paprika, terdapat dalam 4 warna, yaitu merah, kuning, hijau, oranye, bell pepper kadang dikelompokkan ke dalam cabai yang kurang pedas atau sweet peppers, namun terdapat paprika langka yang berwarna putih dan ungu, tergantung dimana mereka ditanam dan dari varietas apakah mereka, paprika hijau berasa lebih pahit dibandingkan dengan paprika merah, kuning atau oranye.


  1. Pimento atau Cabe cheri

Pimento atau cabai cheri yaitu cabai yang memiliki ukuran besar, merah berbentuk mirip dengan hati, panjang antara 7 – 10 cm lebar 5-7 cm, daging buahnya termasuk manis, berair, dan memiliki aroma yang lebih dibandingkan dengan jenis paprika merah, akan tetapi beberapa varietas dari pimento ini cukup pedas, pimento atau pimentao sendiri adalah bahasa portugis dari bell pepper.


  1. Cabai Gendol / Gendot, Habanero (Capsicum chinense)

Cabai gendot merupakan spesies capsicum, cabai ini berasal dari semenanjung yucatan, cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit, tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala scoville, di indonesia bagian jawa barat jenis cabai ini dinamakan cabai gendot atau cabai bendot sedang di jawa tengah dinamakan cabai gendol, dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung.

Untuk penanaman di pulau jawa sendiri persebaran cabai ini hanya sebatas perkebunan di sekitar bandung dan di sekitar dieng jawa tengah, penghasil cabai gendol yang terbesar di dunia adalah meksiko, yang tumbuh di yucatan, campeche, dan quintana roo, meskipun ada perkebunan komersial di belize, kosta rika, texas dan california.


  1. Cabai Jalapeño ( Capsicum annuum )

Merupakan cabai yang berasal dari negara meksiko, cabai ini memiliki rasa yang begitu pedas, karena itu cabai ini biasanya dijual dalam bentuk acar dengan menggunakan kemasan botol kaca, tiriskan cabai hingga agak kering lalu cincang kasar, cabai jenis ini memiliki tingkat kepedasan 2.500 – 8.000 Skala Scoville, nama Jalapeno ini diambil dari nama ibu kota Veracruz, Meksiko.


  1. Cabai kathur (Capsicum frutescens)

adalah cabai yang buahnya tumbuh menjulang menghadap langit (ngathur, Jawa red), warnanya hijau sewaktu muda dan jika telah masak berwarna merah tua, bila ditekan terasa keras karena jumlah bijinya sangat banyak, kadar airnya rendah sehingga dapat disimpan hingga 12 hari setelah dipetik serta tahan pengangkutan jarak jauh.

Petani akan mulai memanen 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan kalau perawatan intensif masa panen lebih lama lagi, masa panen yang panjang sangat menguntungkan petani karena dapat menikmati hasil penjualan, di tingkat konsumen harganya pernah mencapai Rp20,000/kilogram saat pasokan cabai rawit kosong.


  1. Cabai Keriting

Termasuk salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi, cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia, sun et al, (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penjaga tubuh dari serangan radikal bebas, cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker (Kilham 2006 : Bano & Sivaramakrishnan 1980).


  1. Cabai merah Besar (Capsicum annuum L.)

merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi, cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia, sun et al, (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dari serangan radikal bebas, kandungan antioksidan terbesar terdapat pada cabai merah besar, cabai juga mengandung lasparaginase dan capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker.


  1. Cabai Numex Twilight (Bolivian Rainbow)

Merupakan cabai varietas yang tidak biasa, cabai ini biasanya dikembangkan di new mexico state university yang membuat semua numex ,yang memiliki tinggi sekitar 18 inci, dan berbuah diawali yang berwarna ungu, selanjutnya berubah ke kuning dan oranye, sampai menjadi merah bila sudah masak, menghasilkan efek pelangi diatas daun tanamannya yang hijau.


  1. Cabai Rawit

Merupakan buah dan tumbuhan yang termasuk dalam anggota genus capsicum, selain di indonesia, cabai juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara asia tenggara lainnya, di malaysia dan singapura ia dinamakan chili padi, difilipina siling labuyo, dan dithailand phrik khi nu, dikerala, india, terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu.

Dalam bahasa inggris ia dikenal dengan nama thai pepper atau bird’s eye chili papper, meskipun ukurannya lebih kecil dari pada varietas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 – 100.000 pada skala scoville.


  1. Cabai Setan

Cabai setan adalah jenis cabai terpedas di dunia, cabai ini berasal dari timur laut india asam, nagaland dan manipur dan bangladesh, pada tahun 2006 diumumkan oleh guinness world records sebagai cabai terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan mencapai 1.001.304 skala scoville, hal ini berarti jauh lebih pedas dari cabai rawit, bentuk cabai ini keriput dan ukurannya gemuk kecil.


  1. Cayenne atau Guinea Pepper

Scoville rating:30.000-50.000

Cayenne/bird pepper/guinea pepper, ialah cabai merah yang pedas, sering digunakan untuk bumbu masakan ataupun untuk keperluan medis, namanya berasal dari kota Cayenne di French Guiana, cabai ini digunakan untuk masakan pedas, baik dalam bentuk utuh ataupun bubuk, bahkan cabai ini juga digunakan untuk herbal.


  1. Chilli Tepin

Chilli tepin adalah cabai liar yang tumbuh terutama di amerika tengah, meksiko dan baratdaya USA, kadang disebut sebagai ibu dari semua cabai karena dianggap sebagai spesies capsicum annuum yang tertua, kata tepin berasal dari bahasa nahuatl yang artinya kutu, pada tahun 1997 orang texas menamai tepin sebagai cabai resmi asli dari texas, dua tahun setelah jalapeno menjadi cabai resmi di texas.


  1. Datil Pepper

Cabai jenis ini banyak di produksi di s.t augustine dan florida, yang aslinya dibawa dari cuba pada tahun 1880 oleh seorang pembuat jelly bernama  sb valls, kalau dilihat lihat bentuknya mirip seperti cabai rawit merah yang kadang disebut rawit domba, atau juga cabai tom yum, mungkin memang masih saudara dekat dengan ini, dan memang rawit merah lebih pedas dari rawit biasa.


  1. Peter Pepper

cabai jenis ini tergolong langka, karena bentuk buahnya menyerupai alat kelamin laki-laki, jenis cabai ini ditemukan didaerah texas bagian louisiana dan sebagian di meksico, kemudian dipopulerkan oleh frank x, tolber, karena tanaman cabai ini mempunyai ranting yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk Jenis Cabai Hias, rasanya pun tak kalah dengan cabai-cabai pedas lainnya.


  1. Red Savina Pepper

Scoville rating : 350.000-580.000

Cabai ini termasuk jenis khusus dari cabai habanero, yang dibudidayakan secara khusus agar dapat menghasilkan cabai yang lebih pedas, besar dan berat, frank garcia di walnut, california adalah pengembangan cabai jenis red savina, mempunyai metode yang  masih rahasia dan tidak diketahui umum, cabai ini memegang rekor sebagai cabai terpedas di dunia dari tahun 1994 sampai 2006 dan dicatat oleh guinness world records, namun pada februari 2007, cabai ini harus dikalahkan oleh bhut jolokia.


  1. Rocoto

Cabai jenis ini berbentuk hampir bulat, banyak ditemukan di peru, bolivia, chile, argentina utara dan ecuador, daging cabai ini tebal seperti paprika, akan tetapi cabai ini sangat pedas dengan biji berwarna hitam, rocoto dapat tumbuh baik pada iklim sedang dan bahkan iklim dingin yang tidak memiliki musim panas yang benar benar panas, ini adalah salah satu perbedaanya dengan cabai pedas yang lainya, kebanyakan rocoto berwarna merah, namun terdapat pula yang berwarna kuning dan oranye di Karibia dan meksiko.


  1. Serrano Pepper

Scoville rating : 10.000-23.000

Cabai ini juga dari Meksiko, di daerah pegunungan Meksiko, rasa pedasnya menggigit, lebih pedas dari jalapeno, dan biasanya dimakan mentah – mentah, bentuknya memang mirip dengan cabai rawit dari Indonesia, tapi ini adalah spesies yang berbeda.


  1. Thai Pepper

Scoville rating : 50.000–100.000

Thai pepper dalam bahasa indonesia, cabai rawit, sunda, cengek, thailand thai, cabai ini banyak terdapat di Thailand dan tetangganya seperti Kamboja, Vietnam, Indonesia, dan sekitarnya, ternyata orang indonesia memang kuat pedas, buktinya cabai yang biasa dimakan sehari-hari saja berada di urutan ke-4 cabai terpedas.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 20 Jenis Cabe Yang Ada di Dunia Pedasnya Luar Biasa WOW!!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

20 Jenis Cabe Yang Ada di Dunia Pedasnya Luar Biasa WOW!!!
5 (100%) 100 vote[s]