Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik di Halaman Rumah

Diposting pada

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik di Halaman Rumah – Bagi orang Indonesia rasanya kurang lengkap jika kalian makan tanpa adanya sambal atau sesuatu yang mempunyai citarasa pedas, citarasa pedas yang ada pada sambal ataupun makanan lainnya tak lain karena bumbu yang dipakai.

Ada banyak sekali jenis bumbu yang dapat mengakibatkan rasa pedas pada makanan seperti merica, bawang merah, paprika, dan cabe, diantara itu semua cabe merupakan salah satu jenis bumbu yang sangat pedas, sehingga tak heran jika di setiap menu masakan dengan citarasa pedas pasti menggunakan cabe.

Cabe sendiri sangat laris dipasaran mengingat bumbu yang satu ini merupakan bumbu wajib di setiap dapur, selain itu banyak sekali orang merintis bisnis makanan pedas, jadi tidak heran lagi jika kebutuhan masyarakat Indonesia akan cabe selalu meningkat dan tidak pernah menurun.

Sayangnya walaupun banya permintaan pasar mengenai cabe selalu meningkat berbeda jika kalian melihat cara Merawat Pohon Alpukat, harga cabe yang ada di pasaran tidak pernah stabil, bukan hanya kondisi cuacanya saja yang menjadi faktor utamanya, tetapi terkait dengan berkurangnya petaniyang menanam cabe.

Untuk itu banyak orang yang mengatasinya dengan cara menyimpan cabe di dalam kulkas, ada banyak cara untuk menyimpan cabe, mulai dari mengolahnya menjadi cabe kering ataupun menaruhnya di lemari es.

Namun tentunya ini tidak dapat bertahan lebih lama, mengingat di lemari es sekalipun cabe hanya mampu bertahan sekitar 1 sampai 2 minggu saja, berbeda dengan cabe kering yang dapat bertahan hingga 1 bulan, walaupun cara ini terbilang cukup baik dan efisien, masih banyak juga orang yang kekurangan cabe.

Untuk itu, kalian dapat mengatasinya dengan cara menanam cabe sendiri, ada banyak sekali jenis cabe yang dapat kalian tanam sendiri, mulai dari jenis cabe yang berukuran kecil seperti cabe rawit hingga cabe yang berukuran besar seperti cabe jalapeno.

Namun dari semua jenis cabe yang ada, jenis cabe rawit merupakan salah satu jenis cabe yang sangat banyak digemari oleh orang, selain itu menanam cabe rawit juga sangat lah mudah dan tidak banyak menghabiskan biaya, ini tentunya sangat cocok berbeda jika kalian melihat Cara Merawat Pohon Bambu Hoki, terutama bagi kalian yang mempunyai  hobi bercocok tanam.

Tak perlu diragukan lagi, cabe rawit (Capsicum annuum) mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan cabe rawit sangatlah besar, beberapa daerah di Indonesia mempunyai ciri khas dari makanannya yang pedas, itulah mengapa permintaan cabe rawit terus meningkat dalam setiap waktunya.

Semakin berkembangnya zaman membuat para petani berpikir untuk membudidayakan cabe rawit dengan menggunakan cara organik, menanam secara organik artinya menanam tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, baik untuk nutrisinya, maupun pestisidanya, semuanya berasal dari bahan-bahan alami.

Menanam cabe rawit, khususnya di dalam pot, selalu menjadi perhatian yang menarik, selain mudah dan tidak memakan banyak tempat, tanaman cabe juga dapat dijadikan dekorasi taman dan bermanfaat untuk dikonsumsi.

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik tidaklah sulit, mengingat betapa banyaknya orang yang menggunakan cabe dalam menu sehari-hari, maka semakin banyak juga yang mencari informasi tentang bagai mana cara menanam cabe rawit secara organik untuk mendapatkan hasil yang bagus, mungkin, ada sebagian dari kalian yang ingin menanam cabe rawit hanya sekedar untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual.


Alat dan Bahan

berikut langkah-langkah cara menanam cabe rawit dengan menggunakan cara organik yang harus ditempuh, diantaranya:

Hal-hal yang harus kalian persiapkan untuk menanam cabe organik, adalah :

  • Polibag dengan ukuran diameter 25-35 cm, atau bisa juga dengan menggunakan pot.
  • Bibit cabe.
  • Siapkan media tanam yaitu campuran pupuk organik dengan tanah, perbandingannya 1 : 1.
  • Pupuk organik cair (Solbi agro atau mikro organisme lokal).
  • Pestisida organik.
  • Ember dan gayung.
  • Handsprayer.

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Dihalaman Rumah Menggunakan Pot

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Dihalaman Rumah Menggunakan Pot

  • Rendam benih cabe ke dalam air, lalu buang benih cabe yang terapung, pasalnya, hanya benih yang tenggelam di dalam air yang dapat digunakan, selanjutnya, bungkus benih didalam kertas atau kain lembab selama 24-36 jam sebelum disemai.
  • Penyemaian benih cabe bisa dilakukan dengan menggunakan polybag dengan dalam berukuran 1-15 cm dengan ukuran idealnya 8 x 10 cm, media semai biasanyanya berupa campuran tanah halus dan pupuk kandang yang telah terdekomposisi baik dengan perbandingan 1:1.
  • Setelah media tanam penyemaian selesai, buat lah lubang dengan menggunakan kayu dan letakkan benih di dalam lubang, taburkan tanah halus di permukaan polybag untuk menutupi benih, baru kemudian polybag ditutup dengan menggunakan karung goni yang basah atau mulsa plastik hitam perak selama 3 hari.
  • Benih akan mulai kelihatan kecambahnyadalam kurun waktu 6 hingga 7 hari setelah disemaikan, lakukan pemeliharaan sampai kecambah berumur 5-6 minggu atau telah berdaun 6-8 helai, pemeliharaan dilakukan dengan cara meyiramnya sebanyak 1-2 kali dalam sehari, gunakan gembor untuk menyiram benih agar tanah tidak memadat.
  • Bibit dalam persemaian tersebut baru dapat dipindah jika sudah berumur 5-6 minggu atau berdaun 6-8 daun, biarkan bibit semai terpapar matahari selama 5 hari sebelum ditanam agar dapat beradaptasi dengan sinar matahari langsung.
  • Setelah semua siap, cara menanam cabe rawit di karangan rumah dengan menggunakan pot adalah dengan memindahkannya ke pot yang sudah disiapkan, masukkan pecahan genting atau bata merah di bagian bawah pot sebagai pengendali drainase, masukkan media tanam yang disiapkan ke dalam pot hingga kurang lebih 5 cm dari bibir pot.
  • Kemudian letakkan pot berisi media tanam di tempat terbuka yang mendapatkan cahaya matahari selama beberapa hari sebelum penanaman, lakukan penanaman di pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore hari setelah pukul 15.30 untuk menghindari tanaman stres.
  • Lakukan perawatan secara rutin dengan menyiramnya setiap hari, agar tanaman cabai dapat tumbuh dengan sempurna.

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Dihalaman Rumah Menggunakan Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Dihalaman Rumah Menggunakan Polybag

Sebelum kalian mempraktikkan cara menanam cabai rawit di karangan rumah dengan menggunakan polybag, alangkah baiknya kalian memperhatikan terlebih dahulu  langkah-langkahnya.


  1. Bibit cabai

Untuk menanam cabe sendiri di rumah, gunakan bibit cabai yang berkualitas, pilihlah bibit cabai yang masih segar, lalu kupas cabe dengan menggunka pisau kemudian ambil bijinya, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering, cara lain untuk mendapatkan bibit cabai adalah dengan membeli bibit cabai di toko.


  1. Menyemai cabai

Langkah selanjutnya cara menanam cabai rawit di halaman rumah dengan menggunakan pot adalah dengan menyemai cabai, gunakan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian,lalu  masukkan tanah dan juga pupuk, campur hingga setinggi polybag, kemudian masukkan bibit cabai pada polybag dan siram setiap hari.

Cara menyemai bibit cabai agar cepat tumbuh, siapkan tempat penyemaian, polybag dan lain sebagainya, kemudian masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, lalu biarkan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.

Rendam bibit cabe yang sudah disiapkan dengan menggunakan air hangat hingga 3 jam, kemudian letakkan benih pada polybag, kemudian tutupi dengan tanah dengan kedalaman 1 cm saja, tunggu hingga benih mulai mengeluakan kecambah, kemudian barulah kalian dapat mulai meletakkan benih tersebut  di area yang mendapat sinar matahari langsung.


  1. Penanaman cabai

Saat umur bibit cabai sudah berumurhingga 4 minggu, bibit cabai sudah bisa dipindahkan pada lahan yang sudah disiapkan, jangan lupa untuk menggemburkan tanah pada lahan dan juga memberikan pupuk, berhati-hatilah saat mengeluarkan benih dari polybag  agar akar tidak rusak.

Gunakan perbandingan 3:2:1, dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam. Cabai dapat ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah, suhu yang optimal pada kisaran 24-27⁰C, tapi masih dapat bertahan terhadap suhu yang lebih dari itu.


  1. Pemupukan cabai

Pada saat waktu penanaman, rajinlah memberikan pupuk, gunakan pupuk kompos, sehingga cabai menjadi lebih organik.


  1. Perawatan cabai

Jangan lupa untuk menyiram cabai setiap hari, sering-seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan cabai, jika ada cabut secara rutin agar cabai dapat tumbuh dengan baik.


  1. Panen

Ketika cabai telah tumbuh sempurna, kalian dapat memanennya. Selain mengetahui langkah-langkah cara menanam cabai rawit di halaman rumah secara organik menggunakan pot, penting juga untuk memahami cara bagai mana merawat tanaman cabai agar cepat berbuah.


Catatan Tambahan

  • Tanah organik mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan tanah biasa pada cabe rawit.
  • Tanaman cabe rawit dewasa menyukai cahaya matahari, ia membutuhkan sedikitnya lima jam cahaya matahari langsung setiap harinya.
  • Berhati-hatilah saat mengeringkan benih, angin dapat menerbangkan benih, sedangkan hewan seperti ayam atau burung bisa saja memakannya.
  • Hati-hati saat mencabut bibit atau seedling yang telah tumbuh, gunakanlah bantuan sendok atau pisau untuk mengorek tanaman dari akarnya, jangan sampai bibitnya patah atau hilang akarnya.
  • Tanamlah satu tanaman cabe rawit dalam satu pot agar cabe rawit tumbuh dengan subur dan tidak berebut nutrisi dan tempat.

Tips Menanam Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah

Tips dan Cara Menanam Cabe Rawit

Menjaga kadar air pada tanaman cabai, jangan sampai tanaman cabai kekurangan air karena bisa berakibat fatal dalam proses pertumbuhannya.

Cara menanam cabai rawit pada halaman rumah secara organik, yaitu dengan cara memperhatikan asupan nutrisi, banyak orang yang sudah salah presepsi dan berpikir bahwa tanaman cabai yang sudah tumbuh tidak membutuhkan air dan asupan nutrisi lagi, presepsi ini salah besar sebab untuk mendapatkan hasil buah yang baik dan cepat harus tetap menjaga asupan air dan nutrisinya.

Mulai saat penanaman hingga ketika mulai tumbuh tetap jaga asupan nutrisi dan air untuk tanaman cabai, pangkas tunas-tunas susulan yang dapat memperlambat kecepatan berbuah pada tanaman cabai, berikan penopang atau menyangga pohon cabai dengan menggunakan bantuan dari papan atau kayu pada pohon cabai yang sudah mulai tumbuh dewasa, hal ini bertujuan agar pohon cabai tetap berdiri kokoh pada saat buah cabai semakin banyak dan akar cabai mulai melemah.

Menjaga tanaman cabai dari serangan hama dan gulma dengan cara penyiangan, sebaiknya cara ini dilakukan dengan manual saja, selain menghemat biaya cara manual juga tidak akan merusak kondisi tanah, selain itu, gunakan pestisida alami untuk membasminya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik di Halaman Rumah semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik di Halaman Rumah
5 (100%) 11 vote[s]