2 Cara Menyemai Bibit Cabe Agar Cepat Tumbuh Dengan Hasil Optimal!

Diposting pada

Cara Menyemai Bibit Cabe – Bisa anda ikuti dan terapkan jika anda ingin membudidayakan tanaman cabai, baik cabai rawit maupun cabai merah. Sebelum kita menanam cabai tentu kalian harus persiapkan terlebih dahulu benih atau bibitnya. Benih atau bibit cabai bisa kalian beli ditoko pertanian terdekat.

Setelah itu kalian semaikan pada lahan khusus tempat penyemaian bibit cabai. Namun jika kalian malas melakukan penyemaian, kalian bias membeli bibit yang sudah siap tanam. Tapi alangkah lebih baik jika kalian melakukan budidaya cabai ini dari awal persiapan benih, pembibitan atau penyemaian hingga penanaman kalian lakukan sendiri, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika anda berhasil dalam memilih dan melakukan penyemaian serta perawatan cabai maka kalian akan mendapatkan hasil cabai yang berkualitas bagus. Berikut admin kasih tips sederhana menyemai biji cabai agar cepat tumbuh, silahkan kalian coba dan praktekkan sendiri dirumah.


Tujuan Persemaian Bibit Cabe

Cara Menyemai Bibit Cabe di Polybag Agar Cepat Tumbuh

Persemaian adalah kegiatan yang mana benih cabe ditanam dalam sebuah media dengan tujuan supaya benih cabe tersebut dapat tumbuh secara maksimal. Umumnya benih yang melewati proses persemaian dapat terlindung dari yang namanya hama penyakit.

Dengan menyemaikan benih cabe yang ditanam bisa terpelihara dengan optimal dibandingkan dengan tanaman yang ditanam langsung. Proses persemaian ini tentunya merupakan bagian yang paling penting, termasuk dalam pembudidayaan tanaman cabe. Adapun tujuan persemaian itu sendiri adalah :


  • Memberikan Pertumbuhan Dengan Maksimal

Melalui unsur hara di dalam lahan yang kumlis dengan media yang baik membuat bibit tanaman sangat didukung dengan adanya persemaian, selain itu tentunya resiko tanaman cabe tidak tumbuh akan semakin sedikit.


  • Pemeliharaan Secara Optimal

Umumnya persemaian lebih mudah dan lebih rapi dalam hal perawatan. Mengingat tanaman cabe penting untuk dilakukan perawatan. Terlebih lagi tujuan persemaian itu sendiri dapat memperudah Anda merawat dan mengontrol tanaman cabe.


  • Tanaman Lebih Mudah Beradaptasi

Tak jauh berbeda dengan manusia, tanaman yang usianya masih terlalu muda tentu merasa kaget jika langsung ditempatkan di lingkungan ekstrim. Akan tetapi lewat proses persemaian tanaman, tentu membuatnya lebih mudah berdaptasi bersama lingkungan luar yang ekstrim.


  • Persemaian Untuk Menggantikan Tanaman Yang Mati

Jika Anda menanam cabe, lalu tanaman tersebut layu atau mati, maka Anda pun bisa dengan mudah mengganti tanaman tersebut dengan yang terdapat di persemaian.


Syarat Persemaian Bibit Cabe Yang Baik

Membudidayakan cabai bisa dikatakan bukan sesuatu yang sulit dilakukan, bahkan Anda dapat melakukannya dengan cara yang simpel dan sederhana. Saat musim penghujan, cabe tak perlu disiram Anda hanya perlu menggunakan air hujan saja.

Akan tetapi bagaimana cara menyemai bibit cabe yang baik dan benar? Anda tentu harus memahami beberapa persyaratan untuk melakukan persemaian bibit cabe yang baik, berikut ini :


  • Cabe Yang di Jadikan Sebagai Benih Harus di Pilih Terlebih Dulu

Sebelum menyemai atau menanam cabe sesuai yang Anda inginkan, pertama kali yang perlu dilakukan yaitu menentukan jenis tanaman cabe apa yang hendak ditanam terlebih dulu. Adapun beberapa pilihan jenis cabe yang saat ini ada di Indonesia yaitu cabe rawit, cabe merah besar, cabe merah, cabe hijau besar dan lain sebagainya.


  • Memilah Tanaman Cabe Yang Layak Untuk di Jadikan Benih

Sesudah Anda memilih jenis tanaman cabe yang hendak ditanam, langkah berikutnya yaitu dengan memilih cabe yang masih segar sebagai bakal benih yang nantinya disemai. Caranya kupas cabe yang masih segar tersebut lalu ambil bijinya. Kemudian biji yang telah dipisahkan dari bagian kulitnya tersebut lalu dijemur sampai kering. Hal tersebut dikarenakan biji cabe yang telah kering termasuk syarat benih tanaman cabe yang benar.


  • Menyemai Benih

Sesudah memperoleh biji cabai berkualitas yang telah kering, maka biji benih cabe tersebut perlu disemai. Adpaun untuk pilihan proses persemaian diantaranya memakai media bedangan ataupun media polybag. Diantara kedua media tersebut memang hampir sama, tapi sebagian besar para petani cenderung lebih memilih memakai media bedengan untuk menyemai benih cabe.


Cara Menyemai Bibit Cabe Dalam Plastik Polybag

Cara Menyemai Cabe di Polybag Agar Cepat Tumbuh

Penyemaian bibit cabe di dalam plastik polybag bisa menjadi pilihan, hal ini bertujuan supaya ketika bibit cabe ditanam pada media polybag maupun pot bisa tumbuh langsung tanpa harus melewati masa penyesuaian. Selain itu, menyemai benih cabe lewat plastik polybag dapat meminimalisir resiko benih cabe rawit tersebut mati sesudah ditanam.

Adapun hasil proses penyemaian benih cabe lewat plastik polybag ini dapat menghasilkan kualitas tumbuh secara maksimal tanpa masa penyesuaian terlebih dulu terhadap iklim di lingkungan sekitarnya. Sebab ketika proses persemaian berlangsung dalam polybag, Anda langsung bisa menempatkan bibit dengan iklim dan situasi yang serupa dengan tempat bibit cabe yang Anda budidayakan.

Untuk mengikuti tahapan-tahapan proses Cara Menyemai Bibit Cabe Dalam Polybag, Anda bisa mencoba cara penyemaian berikut ini :

  • Pertama-tama beli bibit cabe yang diinginkan terlebih dulu, tak ada salahnya untuk mempercayakan toko pertanian untuk mendapatkan benih cabe.
  • Membeli polybag berukuran kecil dengan diameter sekitar 5 cm.
  • Mempersiapkan pupuk kandang lalu ayak atau saring sampai butiran pupuk bertekstur lembut.
  • Mempersiapkan media tanah yang berkualitas lalu diayak atau disaring.
  • Pupuk kandang dan tanah selanjutnya diaduk secara merata lalu masukkan pada polybag yang telah Anda beli dan persiapkan.
  • Polybag yang telah tertata rapi lalu disiram menggunakan air sampai merata, apabila ada bagian isinya yang susut bisa ditambahkan kembali lalu dibiarkan hingga sehari semalam.
  • Sesudah itu bibit biji cabe yang Anda beli dimasukkan satu demi satu pada plastik polybag, supaya mencegah bibi cabe tidak tumbuh maka setiap polybag diisi 2 biji bibit cabe dengan jarak sekitar 2 cm.
  • Berikutnya yaitu membuat persemaian cadangan, apabila nanti di plastik polybag ternyata ada yang mati, maka Anda langsung menggantinya. Untuk media yang dipakai dapat menggunakan kaleng biskuit besar lalu diisi oleh media tanam lalu sebar bibit cabe di atasnya seperlunya.
  • Langkah-langkah di atas dilakukan dengan berurutan, dan Anda pun cukup menunggu hasilnya sembari merawat bibit cabe sampai siap tanam sekitar 4-6 minggu.

Cara Menyemai Bibit Cabe di Bedengan (Tanpa Polybag)

Cara Menyemai Benih Cabai di Bedengan (Tanpa Polybag)

  • Buatlah bedengan sesuai kebutuhan dengan media penyemaian yang telah kalian siapkan.
  • Siram media dengan air secukupnya.
  • Buat lubang benih dengan jarak 3 cm agar benih tidak berhimpitan.
  • Taruh benih yang sudah direndam dengan air hangat dan ZPT pada lubang benih dengan jarak 2 -3 cm, kemudian tutup lubang dengan tanah halus.
  • Semprotkan dengan cairan insektisida guna mencegah munculnya gangguan semut dan serangga lainnya.
  • Setelah itu tutup lubang tersebut dengan mulsa plastik selama 7 hari atau sampai benih tumbuh.
  • Cek kelembaban media tersebut setiap hari, jika kering semprot lagi dengan air.
  • Biasanya benih akan tumbuh secara serentak pada hari ke 6 atau ke 7.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menyemai Bibit Cabe di Polybag Agar Cepat Tumbuh semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi. Kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: