Tips Cara Menanam Labu Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan serta Kecantikan

Diposting pada

Tips Cara Menanam Labu Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan serta Kecantikan-Labu memiliki beberapa jenis seperti labu, labu siam dan labu air. Menanam air labu di Indonesia sangat cocok. Ini karena Indonesia sendiri memiliki iklim tropis. Jika Anda ingin menanam labu, Anda bisa melakukannya.

Menanam air labu tidak jauh berbeda dengan menanam labu dan labu yang terkait. Menanam labu air membutuhkan ketekunan, keseriusan, dan konsentrasi untuk mendapatkan hasil terbaik dari tanaman ini.

Semua perusahaan harus memiliki modal. Ukuran modal tergantung pada jenis dan ukuran perusahaan yang akan dijalankan. Modal untuk menjalankan usaha Menanam air labu tidak besar. Modal utama yang perlu disediakan adalah biji labu air. Mendapatkan biji labu air itu mudah.

Menanam labu air membutuhkan media tanam dalam bentuk tanah yang cukup luas. Jika Anda tidak memiliki tanah sendiri, Anda dapat membeli atau menyewa tanah (juga dikenal sebagai membeli padi subur / tanah subur). Media dari tanah yang ditanami labu harus diolah terlebih dahulu dengan membalik tanah dengan cangkul. Kemudian media tanah ditaburi dengan pupuk kandang dan dibiarkan berdiri selama beberapa minggu sehingga tanah menjadi subur.


Cara Menanam Labu Air

  • Persiapan Bibit

Langkah pertama bagaimana menanam tanaman labu adalah menyiapkan benih. Ada dua jenis benih yang akan diperoleh, yaitu benih hibrida, yang dikemas dalam kemasan dan diproduksi sendiri.

Jika Anda ingin mendapatkan bibit sendiri, bibit diambil dari tanaman buah tua dan dijemur hingga kering, kemudian bibit ditanam di bibit.


  • Proses Penyemaian

Cara menanam labu juga perlu ditabur. Ikuti langkah-langkah ini untuk memulai penyemaian:

  1. Rendam benih dalam saringan air hangat dengan bawang, yang telah dilunakkan dan disaring selama 2 menit. Selain itu, rendam dalam air hangat untuk sayuran berdaun selama 1 jam – 2 jam dan sayuran buah selama 6-12 jam.
  2. Siapkan gelas atau tempat yang bersih dan tertutup.
  3. Basahi saputangan dengan air, lebih disukai air mineral, dan letakkan di bagian bawah wadah. Kemudian letakkan benih di atas sapu tangan dan berikan ruang untuk pengembangan akar.
  4. Tempatkan di tempat yang dingin dan periksa setiap 3-4 hari, tingkat perkecambahan setiap biji biasanya berbeda 2 minggu.
  5. Tunggu sampai panjang akar mencapai 5 mm – 1 cm sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lokasi pembibitan dengan ketinggian 5 hingga 10 cm dan lubang di tanah.
  7. Berikan tanah yang disaring, pasir halus, kulit halus dan pupuk organik.
  8. Gunakan pinset atau benda lain untuk memindahkan bibit, tetapi jangan menyentuhnya langsung dengan jari Anda.
  9. Taruh di tempat teduh dan jaga agar tanah tetap lembab. Semprotkan dengan sprayer untuk menghindari media yang berantakan.
  10. Tutup media tanam dengan penutup langsung tanpa pra-vaksinasi agar lembab. Buka tutupnya setelah dewasa.
  11. Bibit dapat ditempatkan di ruangan yang lebih besar jika mereka memiliki 4 daun.

  • Persiapan Lahan

Untuk menyiapkan tanah bagi tanaman labu pertama, bersihkan area penanaman gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, buat lubang tanam ukuran 25 cm dan kedalaman 20 cm.

Setiap lubang tanam dipupuk dengan 5 kg kompos atau pupuk cair sebagai pupuk dasar. Pupuk tersebut dikombinasikan dengan tanah yang digali hingga terbentuk bukit kecil, yang dibiarkan bertahan sekitar seminggu.


  • Tahap Penanaman

Setelah seminggu bukit terbentuk, kemudian tanam air labu dengan mencelupkan 2 biji labu. Biji labu yang ditanam kemudian ditaburi abu dapur atau mangkuk untuk menghindari hama seperti siput dan cacing.

Abu dapur digunakan sampai perkembangan tanaman mencapai ketinggian 25 cm.

Karena Para-Para diperlukan untuk budidaya tanaman labu air, ini pertama-tama harus dilakukan pada ketinggian kira-kira. Sedangkan panjang dan lebar partai disesuaikan dengan situasi lahan dan jumlah tanaman yang ditanam.

Berharap bahwa setelah tunas tumbuh, pasangan para-tersumbat / dipasang siap untuk digunakan sebagai media perbanyakan tanaman.


  • Langkah Perawatan

Seperti halnya tanaman lain, lonceng perlu dirawat agar hasil yang diperoleh dapat dimaksimalkan. Ikuti langkah-langkah ini untuk menanam labu melalui perawatan berikut:


  1. Penyiraman

Penyiraman atau penyiraman tanaman air labu dilakukan setiap 2 minggu jika tanaman belum menghasilkan buah, dan seminggu sekali jika mereka sudah menghasilkan buah atau jika tanah terlihat kering.


  1. Penyiangan

Untuk cara hebat menanam labu, gulma atau tanaman tidak menyenangkan lainnya di sekitar tanaman. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan untuk tanaman labu tidak tercampur dengan hama ini.


  • Penyediaan Tajuk

Kanopi dipasang pada usia 1 minggu. Pemilihan kanopi wajib besar karena bluebell bisa mencapai 2 kg / buah. Kanopi dibuat di rumah / batang panjang sehingga buah lonceng dapat menggantung / melekat dengan bebas sehingga mereka dapat berkembang segera.

Jika tanaman labu menghasilkan tanaman merambat, itu adalah cara yang baik untuk menanam labu untuk menyebarkan tanaman merambat di atas produk para. Pastikan tanaman merambat berkembang biak dengan baik sehingga para pihak membantu menetralkan beban buah ketika tanaman menghasilkan buah.


  • Pemupukan

Agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman mencukupi, tanaman labu air kemudian bisa ditanam dengan pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan dengan urea atau pupuk organik dan pupuk kandang.


  • Hama dan penyakit

Hama yang menginfeksi air labu dengan cara ini umumnya relatif tidak ada pada jenis lalat putih dan lalat. Cara mengecek: memasukkan kapur barus di kanopi, maka hama akan hilang.

Penyakit menular sering disebabkan oleh jamur. Untuk tindakan memerangi tanaman yang bocor dengan fungisida dan insektisida dosis kecil.


  • Masa Panen

Lonceng dapat diunduh saat tanaman mulai 50 hari setelah tanam. Fitur buah yang tersedia untuk diunduh: bluebell putih pudar, buahnya besar, dan batangnya menyempit. Cara memanen dengan memotong tangkai buah dengan pisau.


Manfaat Labu Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Labu air, atau beberapa orang menyebutnya labu terhubung, mengandung banyak zat dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, polifenol, sponin dan manfaat vitamin C. Buah ini memiliki bentuk oval seperti alpukat dan hijau. Beberapa orang Indonesia menggunakan air labu sebagai sayuran mentah untuk sayuran atau sebagai sayuran matang yang akan dibakar. Apakah mentah atau dimasak, labu ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita, termasuk:


Manfaat Bagi Kesehatan

  • Menyembuhkan Panas Dalam

Senyawa yang terkandung dalam botol air, seperti sepon dan polifenol, dingin sehingga mereka dapat menurunkan suhu tubuh. Air labu dapat menyembuhkan panas internal karena dapat menetralkan panas di tenggorokan dan saluran pencernaan lainnya.


  • Menyembuhkan Sariawan

Plunger ini bekerja dengan cara yang sama seperti mengobati mulas dan mengurangi panas tubuh yang berlebihan, yang juga dapat menyebabkan sariawan. Labu juga mengandung vitamin C, yang digunakan untuk memperkuat pertahanan tubuh sehingga penyakit seperti sariawan dapat dengan mudah diperangi oleh kandungan labu air ini.


  • Memperkuat Tulang

Air labu mengandung 17 miligram kalsium, yang sangat berguna untuk menutupi konsumsi kalsium harian kita. Jika Anda memakannya secara teratur sebagai sayuran, Anda mendapatkan manfaat kalsium dari berkurangnya risiko kalsifikasi pada usia dini.

  • Membangkitkan Tenaga dan Stamina

Air labu mengandung kalium, yang merupakan elektrolit untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Selain itu, air labu mengandung manfaat protein dan karbohidrat, yang mencakup 5% dari kebutuhan kita sehari-hari. Kandungan karbohidrat dan protein dapat meningkatkan energi dan daya tahan tubuh kita untuk aktivitas sehari-hari.


  • Menurunkan Temperatur Pada Anak yang Mengalami Demam Tinggi

Sebagai obat, Anda dapat mengonsumsi air labu dengan mengambil jusnya dan merebusnya. Jus dapat diminum untuk mengurangi panas tubuh dalam waktu singkat.


  • Membuang  Sisa Angin

Jika Anda merasakan perut kembung atau angin yang menempel di perut Anda, air labu dapat mengurangi gangguan tersebut. Air labu mengandung diuretik untuk mengobati perut kembung. Mekanismenya adalah zat diuretik ini menghisap (mengumpulkan) sisa angin yang tidak berasal dari sistem pencernaan, sehingga kembung bisa hilang melalui konsumsi air labu.


  • Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Sebuah studi yang dilakukan di University of North Florida menemukan bahwa air labu berpotensi mengurangi glikogen dalam darah. Hipertensi menyebabkan penyakit keturunan seperti diabetes, batu ginjal dan sebagainya. Peran mineral dalam piston air dapat menghancurkan batu ginjal dalam waktu singkat.


  • Mencegah Penyakit Kolesterol

Air labu tidak mengandung kolesterol sama sekali. Tentu saja, ini membantu Anda mencegah kolesterol. Jika Anda makan makanan yang sehat, Anda bisa menggunakan air labu sebagai menu dengan merebusnya dan tidak membumbui. Buah ini efektif mengurangi konsumsi kolesterol harian.


  • Menurunkan Tekanan Darah

Air labu tidak mengandung kolesterol dan lemak jahat, kecuali bahwa kandungan karbohidratnya juga rendah. Tingkat gula yang rendah pasti untuk mengurangi tingkat glikogen yang terikat pada darah. Pernyataan bahwa air labu dapat menurunkan tekanan darah didukung oleh penelitian di Universitas Purdue. Untuk mengkonsumsi air labu sebagai obat, buahnya bisa dicincang dan disajikan dalam bentuk minuman atau dimakan mentah (intinya adalah jangan direbus).


  • Mengandung Folat Untuk Kesempurnaan Bayi

Untuk wanita hamil, sangat disarankan untuk makan air labu untuk mencapai perkembangan janin yang sempurna di dalam rahim. Air labu mengandung manfaat vitamin B dan asam folat, yang mencakup sekitar 25% dari kebutuhan tubuh. Asam folat berguna untuk mendukung pembelahan sel sehingga bayi dapat berkembang dengan baik dan menghindari cacat lahir.

  • Mencegah Penyakit Sembelit

Sembelit adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya serat di tubuh kita. Kekurangan air dan serat dalam tubuh kita menghambat keluarnya tinja di usus besar ke anus. Labu mengandung serat dan senyawa yang dapat mendinginkan suhu organ pencernaan. Oleh karena itu labu sangat berguna untuk memerangi atau mencegah sembelit, yang dapat menyebabkan wasir.


  • Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Kandungan vitamin C dalam air labu cukup tinggi dan 7,7 miligram dalam 100 gram buah. Air labu sebaiknya tidak direbus terlalu lama sehingga kandungan vitaminnya tidak terlalu menguap. Manfaat vitamin C memicu perkembangan kekebalan tubuh. Selain air labu, itu juga mengandung antioksidan yang membersihkan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel kanker di tubuh kita tidak berfungsi.


  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Vitamin C dan sifat antioksidan dari kandungan labu memiliki efek yang sangat positif pada kesehatan tubuh kita. Radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker dihambat oleh antioksidan dan kekebalan yang kuat. Dengan cara ini, Anda juga dapat menghindari penyakit jantung yang tersembunyi sebagai penyakit bawaan atau sebagai penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan.


  • Membersihkan Paru-paru

Jika Anda seorang perokok, Anda harus mengonsumsi air labu sesering mungkin. Air labu sangat berguna untuk membersihkan paru-paru dari zat nikotin yang sudah ada di organ Anda sejak lama.


  • Menurunkan Berat Tubuh

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, air labu dapat digunakan sebagai referensi untuk menu sayuran dalam program diet Anda. Air labu hanya mengandung 16 kalori per 100 gram dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Selain itu, karena kandungan serat yang tinggi dalam labu ini, Anda akan merasa kenyang lebih lama daripada makan daging.


  • Menghambat Penuaan Dini

Air labu mengandung flavonoid, zat yang berguna melawan zat berbahaya dan reaktif yang membahayakan tubuh. Radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dihambat oleh kehadiran flavanoid ini.


  • Mencegah Penyakit Anemia

Untuk kalian yang mengalami  anemia atau untuk mencegah anemia, Anda dapat memanfaatkan kandungan labu ini, yang mengandung manfaat zat besi dan vitamin B2 dan yang menyebabkan hati memproduksi lebih banyak sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh.


Manfaat Bagi Kecantikan

  • Menghaluskan Dan Meremajakan Kulit

Kedua keunggulan memiliki hasil yang kurang lebih sama, jadi saya telah merangkumnya dalam satu poin. kecantikan yang nyata dari labu air yaitu menghaluskan dan meremajakan kulit, dimana konsumsi air labu sebagai makanan atau minuman dapat membuat kulit tubuh lebih kenyal daripada kulit remaja. Selain itu, orang yang makan labu umumnya memiliki kulit lebih halus daripada orang yang tidak mengkonsumsi air labu.


  • Menutup Pori-pori dan Jerawat Nakal

Ini adalah manfaat kecantikan dari air labu, yang sejajar dengan manfaat kecantikan pertama (atau titik kesembilan) untuk menghaluskan kulit. Kulit halus identik dengan kotoran bebas jerawat dan keras kepala lainnya. Kita sering kehabisan jerawat dan pori-pori yang sering muncul tiba-tiba tanpa diundang. Untuk alasan ini, labu air, yang dapat melakukannya lebih cepat daripada obat jerawat atau penutupan pori lainnya, adalah alternatif yang lebih baik mengingat ada begitu banyak manfaat kecantikan yang berasal dari labu air, serta manfaat kesehatan.


  • Menghindari Keriput

Wanita mana yang tidak ingin wajahnya bebas keriput? Wajah bebas kerut membuat seseorang lebih menarik dan pekerjaan wanita lebih mudah. Air labu dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah keriput pada wajah, sehingga kerutan tidak hanya dapat dicegah, tetapi juga wajah yang kendur (bahasa Suroboyoanic: kaku, kusut, tidak antusias) dapat diantisipasi dengan mengonsumsi labu dengan dosis yang tepat.


  • Mencerahkan Rona Wajah

Ketika saya berbicara tentang warna wajah, saya juga berbicara tentang seluruh aura wajah yang diciptakan seseorang. Orang-orang dengan wajah bahagia tidak hanya memiliki kulit yang lembut, tetapi juga mata yang melihat kehidupan secara positif. Kita juga bisa melihat wajah orang itu dengan cerah, meskipun warna dasar kulitnya hangat atau gelap. Mencerahkan wajah yang memerah seperti itu tidak dapat dilakukan dengan segera tanpa usaha, oleh karena itu diperlukan botol air, yang dapat meringankan perona pipi dalam waktu singkat.


  • Alat Pijat Yang Baik

Siapa yang menyangka ternyata labu air juga bisa dipijat? Kita melihat bentuk labu yang menyerupai pemijat. Yang harus Anda lakukan adalah menggiling labu air yang belum siap (yaitu tidak dipotong, dikukus, dimasak, dll.) Ke area tubuh yang ingin Anda pijat, dan rasakan manfaat revitalisasi yang sangat berguna. untuk kecantikan. Bisa juga dipijat dengan labu air sebagai masker. Apa pun bisa menjadi tukang pijat kecantikan yang baik yang juga bermanfaat bagi keindahan labu air yang perlu Anda ketahui.


  • Bentuk Kontur Tubuh

Mari kita lihat lagi struktur labu: ketika Anda melihatnya, strukturnya menyerupai bentuk tubuh wanita ideal, jam pasir. Selama bertahun-tahun, banyak wanita mendambakan bentuk tubuh ini, hanya saja masih sulit dijangkau jika bukan bentuk dasar tubuh. Metode medis, seperti mengencangkan tubuh dengan produk pelangsing, sudah diberlakukan dan terlalu mahal. Jadi mengapa tidak menggunakan konsumsi air labu? Setidaknya itu bisa membentuk kontur tubuh sehingga tubuh wanita kita lebih baik dibentuk melalui kebugaran.


  • Melangsingkan Badan

Konsumsi air labu sebenarnya sangat efektif atau bermanfaat di dunia kecantikan. Tidak hanya kontur tubuh, tetapi juga orang-orang yang memiliki bentuk tubuh yang baik, tetapi benar-benar kelebihan berat badan menggunakan (seperti saya). Kombinasi seperti itu jelas tidak enak dan tidak membuat Anda percaya. Untungnya, labu juga memiliki sifat melangsingkan tubuh. Beberapa rekan saya yang mengonsumsi air labu dalam bentuk makanan atau minuman dapat menurunkan 2-3 kilogram berat badan dalam sebulan, yang berarti bahwa kinerja air labu saat menurunkan berat badan tidak diragukan lagi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Tips Cara Menanam Labu Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan serta Kecantikan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

32 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Keluarga Jadi Nyaman!

Langkah-Langkah Cara Menanam Padi Organik Dan Manfaat Padi Bagi Manusia

Tips Cara Menanam Sirih Merah dan Manfaat Daun Sirih Merah Serta Hijau

7 Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Murah Banget!

5 Cara Menanam Pohon Mengkudu Dengan Stek