3 Cara Menanam Bunga Kemuning: Pembuatan Bonsai dan Manfaat!

Diposting pada

3 Cara Menanam Bunga Kemuning: Pembuatan Bonsai dan Manfaat! – Tanaman hias bunga Kemuning merupakan salah satu jenis bunga yang banyak ditemui di perkarangan rumah. Keindahan tanaman kemuning terletak pada bunga serta buahnya. Bunga kemuning memiliki bau yang harum, sedangkan buahnya berjumlah banyak serta berwarna merah.

Daun kemuning sama dengan daun jeruk yang berukuran kecil sehingga pas untuk tanaman hias. Tanaman bunga sangat mudah untuk ditanam serta dirawat. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara menanam serta merawat bunga kemuning, kali ini kita akan membahas selengkapnya. Berikut ini merupakan cara menanam serta merawat bunga kemuning.


Cara Menanam Kemuning

  • Pembibitan

  1. Untuk penanaman biji disemaikan terlebih dahulu di tempat persemaian atau dalam polibag dengan alat tanam berupa campuran tanah serta kompos dengan perbandingan 1:1.
  2. Biji akan berkecambah dalam waktu 1-2 minggu serta siap dipindah ke lahan setelah tumbuh 15-20 cm yaitu pada umur 2-3 bulan.

  • Pengolahan lahan

  1. Tanah dicangkul kemudian tanah dicampur dengan pupuk kandangatau pupupk kompos (1:1).
  2. Campur sampai rata serta selanjutnya tanam bibit yang sudah siap dalam media tanam.

  • Penanaman

  1. Penanaman kemuning dilakukan pada awal musim penghujan, dilahan yang subur serta gembur.
  2. Untuk penanaman awal ke lubang tanam diberi pupuk kandang sebanyak 5 kg/ lubang.

  • Pemupukan

  1. Pemeliharaan selanjutnya memberi pupuk susulan secaraberkala yaitu 6 bulan sekali memakai pupuk NPK dengan dosis 10 g/tanaman.
  2. Panen kemuning sudah bisa dimulai setelah tanaman berumur 2-3 tahun, serta selanjutnya secara berkala setiap 6 bulan sekali.

  • Panen

  1. Agar mendapat kandungan senyawa aktif yang baikl, pemanenan kemuning sebaiknya dilakukan dengan cara memetik daun-daun yang telah tua atau telah tumbuh optimal namun belum mengalami mati fisiologis.
  2. Hasil panen bisa ditampung dalam kantong plastik atau tempat lain.

Jika panen dilakukan terhadap pohon kemuning yang telah tumbuh tinggi (lebih dari 3m), maka dibagian bawah diberi alas terpal serta hasil pemetikan bisa langsung ditampung dibawahnya. Cara ini untuk menghindarkan daun kontak langsung dengan tanah.


Cara Menanam Bunga Kemuing Dari Biji

  • Pembibitannya bisa dilakukan dengan biji dari buah yang telah berwarna merah tua, sebelumnya jemur dulu sampai kering serta disimpan di plastik atau toples untuk tetap terjaga serta kering.
  • Umumnya bunga Kemuning ditanam dalam polybag, pot serta dalam perkarangan rumah, serta bila kamu ingin menanamnya maka yang mesti disediakan yaitu campuran tanah dengan pupuk kompos, atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Aduk dengan rata serta di tempatkan di media tanam.
  • Berikutnya dimasukkan biji “Kemuning” yang tadi ke media tanam, serta tutup dengan tanah serta siram jika dibutuhkan atau tanahnya terlihat mengering.

Cara Menanam Bunga Kemuning Dengan Cangkok

  • Pilih batang yang telah seukuran minimal satu jari telunjuk orang dewasa.
  • Pilih cabang yang arah tumbuhnya ke atas.
  • Lepas kulitnya sepanjang sekitar 3 cm.
  • Kerok bagian kayunya hingga terasa kasar. Ini tandanya bagian kambiumnya sudah terbuang habis. Kemudian biarkan selama 1-2 hari.
  • Siapkan lembaran plastik serta alat tanam berupa tanah halus atau moss.
  • Bungkus bagian batang yang sudah dikerat.
  • Bagian batas keratan harus berada di dalam bungkusan.
  • Disarankan untuk empertahankan kelembaban alat tanam dengan menyiramnya secara rutin.

Kelebihan perbanyakan vegetatif yaitu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh bibit tanaman Kemuning yang berukuran besar. Misalnya yang sudah diketahui bersama, tumbuh kembang batangnya butuh waktu yang sagat lama untuk mendapat ukuran jari telunjuk orang dewasa, bila diperbanyak dengan cara biji bia membutuhkan waktu yang lama.


Cara Pembuatan Bonsai Kemuning

  • Pembibitan Kemuning
  • Pengolahan Media Tanam Bonsai
  • Penanaman Bibit Pada Media Tanam
  • Perawatan Bakalan Bonsai
  • Pembonsaian
  • Perawatan Bonsai

Bila kalian sudah mengetahui proses dalam pembuatan Bonsai Kemuning . Kini kami akan menjelaskan cara pembuata bonsai kemuing secara detail yang bisa kalian baca dibawah ini.


  • Pembibitan Kemuning

Untuk memperoleh Bibit Bonsai Kemuning , kalian bisa melakuan pembibitan dari awal dengan melakukan stek atau memakai tehnik cangkok . Bila kalian merasa tehnik ini cukup sudah untuk kalian kerjakan secara sendiri di rumah kalian tidak usah khawatir karena saat ini sudah banyak sekali yang menjual Bakalan Bonsai Kemuning toko bunga.


  • Pengolahan Media Tanam

Alat tanam dari bonsai kemuning di bagi menjadi beberapa tahapan seperti Pemilihan Pot serta mengisi alat tanam . Untuk pemilihan pot , pilihlah pot yang memiliki ukuran sedang , dika kalian ingin membuat Bonsai Kemuning Micro silahkan pilih pot yang memiliki ukuran yang kecil .

Sedangkan untuk membuat alat pengisi pot kalian bisa mencampurkan beberapa bahan seperti Tanah , Kompos , Arang Sekam . Bahan tersebut ada campurkan secara merata terlebih dahulu dengan perbandingan 2 : 1 : 1 , setelah tercampur secara rata masukan kedalam pot serta diamkan selama 2 hari sebelum penanaman di lakukan .


  • Pembonsaian Tanaman Kemuning

Potong bagian batang tanaman kemuning serta biarkan sampai tunas tanaman baru muncul . Saat proses pemotongan di lakukan kalian juga bisa melilitkan kawat pada bagian batang utama serta di talikan kepada bagian bawah pot supaya pertumbuhan dari tanaman kemuning akan terhambat .

Setalah nanti tunas muda tumbuh dengan ketinggian 20 – 30 Cm kalian kalian bisa memilitkan kawat serta membentuk tanaman sesuai keinginan kalian . Proses pembentukan ini bisa kalian lakukan secara hati – hati , jangan sampai tunas menjadi patah serta mengakibatkan penampakan bonsai kemuning menjadi buruk .


  • Perawatan Bonsai Kemuning

Perawatan bonsai terdiri dari beberapa proses diantaranya adalah pemupukan , penyiraman , penyiangan serta Pemruningan . Untuk pemupukan tanaman , kalian bisa Membuat Sendiri Pupuk Bonsai di rumah dengan tips yang di bagikan maintanam.com di pertemuan yang lalu . Pemupukan ini di berikan 1 X setiap 1 – 2 Bulan .

Untuk penyiraman tanaman bonsai , kalian bisa melakukannya 1 X dalam 2 atau 3 Hari . Sedangkan untuk pemruningan tanaman juga penyiangan bisa di lakukan sesuai dengan kondisi tanaman .Jika di bisa i banyak rumput liar serta pertumbuahan tunas baru yang membuat penampakan tanaman menjadi tidak menarik kalian bisa melakukan proses penyiangan serta pemruningan tersebut.


Manfaat Bunga Kemuning

  • Kandungan Bunga Kemuning

Pada daun tanaman Kemuning terdapat kandungan bisabolene, methylanthranilate, cadinene, Carene-3, P-earyophyllene, geraniol, eugenol, s-guaiazulene, sitronelol, coumurrayin, metil salisilat-, tanin, paniculatin, serta osthole. Kulit kayunya mengandung mexotioin, 5-7-dimetoksi-8- (2.3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Sementara bunga kuning yang mengandung scopeletin, serta buah yang mengandung semi-ec-carotenone. Dengan kandungan anti-biotik yang banyak tanaman ini dipercaya dapat mengobati banyak penyakit. Dibawah ini adalah manfaat bunga kemuing yaitu:

  • Obat Bisul

Kering akar kuning sebanyak 30 g dicuci serta dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air sampai air rebusan tersisa l cangkir. Saring kemudian minum 2 kali dalam sehari, masing-masing 1/2 gelas.


  • Obat Rematik

Kering akar kuning sebanyak 15-30 g dicuci lalu dipotong. Tambahkan anggur serta air masing-masing 1 1/2 gelas, kemudain rebus hingga tinggal 1 gelas. Tunggu samapi dingin kemudian disaring. Setelah itu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.


  • Memar

Bunga “Kemuning” pilih yang masih segar, dicuci serta digiling halus. Tambahkan anggur sedikit sambil diaduk di api. Setelah hangat ditempelkan dibagian yang memar.


  • Obat Nyeri Sendi

Akar kuning serta daun  Lantana camara  dicuci, tambahkan 3 pasang kaki ayam. Semua bahan dipotong lalu tambahkan air secukupnya. Semua bahan kemudian dikukus. Hangat serta airnya diminum sekali.


  • Obat Sakit Gigi

Minyak dari kulit kuning terbakar diteteskan ke gigi berlubang.


  • Pelangsih Tubuh

Daun kuning serta daun noni segar setiap segelintir serta temu giring sebagai 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil aduk rata. Peras dengan sepotong kain, air dikumpulkan diambil sekali di pagi hari sebelum makan.


  • Radang Skrotum

Ambil daun kuning segar sebanyak 60 g serta pahit herbal sebanyak 35 g dicuci serta direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas air. Tunggu sampai dingin lalu disaring, kemudian diminum 2 kali sehari ½ cangkir. Lakukan setiap hari sampai sembuh.


  • Infeksi Saluran Kemih

Daun kuning segar sebanyak 35 g dicuci lalu tambahkan 3 gelas air bersih. Rebus sampai tinggal setengah. Tunggu sampai dingin disaring kemudian diminum 3 kali sehari.


  • Datang Haid Tidak Teratur

Daun kuning serta kuku daun henna temulawak 1 jari, kemudian cuci serta rajang. Lalu tuangkan 3 gelas air bersih kemudain direbus sampai tersisa 1 gelas. Tunggu sampai dingin lalu saring serta minum 2 kali.

  • Kulit Kasar

Daun “Kemuning” segar sebanyak 30 g dicuci lalu ditumbuk lumat. Tambahkan 1 cangkir air, aduk merata. Setelah jadi gosokan pada kulit yang kasar sebelum kalian tidur.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 3 Cara Menanam Bunga Kemuning: Pembuatan Bonsai dan Manfaat! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: