4 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang

Diposting pada

4 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang – Pohon pisang begitu berbuah batangnya tidak diperlukan lagi karena memang cuma berbuah sekali, biasanya batang pisang dibiarkan roboh sendiri atau diambil daun pisangnya untuk dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, padahal batang pisang bisa diolah menjadi kompos, tentunya akan lebih bernilai daripada dibiarkan begitu saja.

Beberapa memang memanfaatkan batang pisang ini untuk menjadi media ternak belut, namun biasanya kebutuhannya tidak terlalu banyak, dan jarang yang mau memanfaatkan batang pisang untuk keperluan lainnya, bisa juga sih batang pisang digunakan oleh anak-anak untuk bermain getekan, memang batang pisang ini bisa dirakit dan bisa menjadi perahu dan digunakan untuk bermain di sungai.

Namun bila bisa lebih jeli batang pisang akan memberi manfaat lebih bila diolah menjadi kompos, prosesnya sebenarnya tidak terlalu ribet, hanya memang butuh kemauan dan tenaga untuk mengolah batang pisang ini menjadi kompos, memang bila ingin menghasilkan kompos dengan baik, batang pisang ini harus diolah dulu lebih kecil agar proses pengomposan lebih cepat berjalan.

Meskipun bisa saja dibiarkan dalam bentuk gelondongan, hanya akan memakan waktu lebih lama, juga kualitas komposnya akan lebih baik bila dicampur dengan unsur lain sehingga memperkaya komponen kompos yang akan dihasilkan, sedikit ribet tapi akan meningkatkan kualitas kompos nantinya.

Bila mana dilingkungan sekitar rumah anda terdapat banyak sekali tanaman pisang, sebaiknya kalian mengetahui bagaimana cara membuat pupuk organik cair dari limbah batang pisang, sebab gedebog pisang bisa menjadi nilai tambahan serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar apa bila dijadikan pupuk organik cair.

4 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Batang Pisang

4 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang

Dalam pokok bahasan ini admin akan menjelaskan pemanfaatan batang pisang digunakan sebagai bahan pembuat Pupuk Organik Cair, untuk proses pembuatannya sangatlah mudah, untuk langkahnya sebagai berikut:


  1. Menyiapkan bahan-bahan untuk pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang

Bahan yang utama untuk membuat pupuk organik cair dari limbah batang pisang adalah gedebog pisang itu sendiri, selain itu terdapat bahan tambahan untuk membantu proses selanjutnya, adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut :

  • 1 kg batang pisang atau gedebog pisang yang dianjurkan untuk pembuatan pupuk organik cair yaitu bagian dalamnya yang berwarna putih.
  • Sediakan juga 200 gr gula pasir atau bisa menggunakan gula aren.
  • Bahan selanjutnya yaitu 3 liter air tanah.

  1. Menyiapkan alat-alat untuk pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang

Setelah menyiapkan bahan-bahan seperti batang pisang, gula pasir atau gula aren, dan air tanah maka anda harus menyediakan alat-alat seperti :

  • Alat pemotong atau pencacah misalnya pisau, parang, dan lain sebagainya.
  • Sediakan juga tong, ember atau lainya yang bisa ditutup.
  • Jangan lupa siapkan juga karung bekas.

  1. Proses untuk pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang

Setelah bahan-bahan dan juga alat-alat sudah siap, sekarang saatnya menuju pada proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang, berikut adalah prosesnya :

  • Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencincang atau mencacah gedebog pisang.
  • Kemudian masukan kedalam karung.
  • Setelah itu, larutkan gula ke dalam tong yang sudah di isi dengan air, selanjutnya kalian harus mengaduknya hingga merata.
  • Langkah berikutnya, kalian harus memasukkan potongan batang pisang tadi ke dalam larutan air gula, langsung saja masukkan secara bersamaan dengan karungnya, bila sudah dimasukkan, tutup tong selama 10 hari.
  • Agar mendapatkan hasil pupuk organik cair dari limbah batang pisang menjadi maksimal dan untuk mengeluarkan uap yang ada di dalam tong yang berasal dari bahan-bahan tadi maka buka tong setiap satu kali sehari, selanjutnya tutup kembali rapat-rapat.
  • Biasanya dalam jangka waktu 7 samai 10 hari, pupuk organik cair dari limbah batang pisang akan mengeluarkan tanda berupa bau tape pada saat dicium, itu menandakan bila proses pembuatan pupuk organik cair sudah berhasil, bila mana aroma yang timbul adalah bau comberan bisa dipastikan pembuatan pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang gagal dan wajib hukumnya untuk langsung dibuang.
  • Apabila cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang berhasil maka langsung saja angkat karung yang berisi potongan gedebog pisang tadi lalu ambil air bekas rendaman karung tersebut, air tersebut merupakan pupuk organik cair yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman, sedangkan potongannya jangan dibuang sebab dapat digunakan sebagai kompos.

proses pembuatan Pupuk Organik Cair ini berlangsung selama seminggu sampai 10 hari, sesekali dalam sehari buka tong untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan – bahan tersebut, dilakukan dengan di aduk, setelah itu tutup kembali tong dengan rapat.

Biasanya dalam jangka waktu 7 sampai 10 hari, pupuk organik cair buatan ini akan mengeluarkan tanda,apabila tercium bau tape berarti pembuatan pupuk berhasil, sebaliknya bila tercium bau comberan maka pembuatan pupuk gagal dan harus segera dibuang.

Jika kalian rasa waktu 7 hingga 10 hari terlalu lama, kalian bisa melakukan proses penyingkatan waktu, untuk menyingkat waktu saat proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang, maka kalian harus menggunakan gula sebanyak 1 kg kemudian bahan lainnya tinggal kalian mengalikannya sebanyak lima kali. Misalnya 1 kg gula maka anda memerlukan 5 kg batang pisang kemudian 15 iter air sumur maupun air tanah.


  1. Cara untuk pemakaian pupuk organik cair dari limbah batang pisang

Setelah proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang sudah selesai, maka kalian sudah bisa menggunakannya pada tanaman dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Campurkan pupuk organik tadi dengan air sumur atau air tanah, gunakan perbandingan 1 : 15, jika diartikan yaitu satu bagian pupuk cair organik dari limbah batang pisang dicampur dengan 15 bagian air tanah atau air sumur yang akan digunakan.
  • Agar dapat membantu tanaman, gunakan pupuk organik cair tersebut dua kali seminggu, dengan cara langsung disiramkan pada bagian tanah disekeliling tanaman budidaya anda.

Jika kalian belum berhasil untuk membuat pupuk organik cair, disarankan untuk tidak menyerah atau bahkan frustasi, sebab tidak ada keberhasilan yang dilewati tanpa adanya sebuah percobaan yang belum berhasil, perlu diingat, kegagalan merupakan kesuksesan tertunda, maka itu anda perlu mencoba serta selalu bereksperimen hingga pupuk organik cair dapat didapatkan.

Bukan itu saja, bagi anda yang memiliki hobi berkebun serta memiliki banyak tanaman pisang disekitar rumah, cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang merupakan solusi terbaik, sebab anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat tanaman budidaya anda lebih subur, selain itu pembuatannya pun tak membutuhkan modal serta merepotkan anda karena langkah-langkanya yang sudah disebutkan tadi sangat mudah.


Manfaat Pupuk Organik Cair Dari Batang Pisang

Adapun manfaat dari batang pisang ini yang tak bisa dilepaskan dari kandungan Nitrogen yang tinggi dan mempunyai fungsi sebagai berikut, diantranya :

  • Pembentukan vegetatif tanaman terutama pada bagian batang, akar dan juga daun.
  • Bermanfaat sebagai perangsang fotosintesis untuk penghijuan daun.
  • Membentuk persenyawan organik.
  • Mampu merangsang perkembangan mikroorganisme dalam tanah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 4 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

4 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang
5 (100%) 10 vote[s]