Kenari Gibber Italicus

Budidaya Ikan Black Ghost

Diposting pada

bertani.co.id – Dari namanya, blackghost atau hantu hitam sudah serem. Tentu saja, namanya sesuai dengan tampilannya, yaitu, hampir sepenuhnya hitam, kadang-kadang abu-abu, kecuali punggung putih bergaris-garis dari kepala ke ekor, perut kecil bermata tetapi bercahaya dan panjang elastis ketika bergerak seperti orang berpakaian, seperti hantu .

Brasil tidak hanya terlihat seperti hantu, tetapi juga seperti hantu yang mencari makanan untuk berkembang biak di malam hari dan bersembunyi di antara bebatuan, akar dan tanaman air. Karena sifat ini, BlackHost disebut hewan malam. Secara alami, panjangnya bisa mencapai 48 cm, sedangkan kolam rata-rata mencapai 26 cm.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika membudidayakan blackghost adalah kualitas air. Kualitas air yang digunakan harus sesuai dengan kehidupan inang hitam. Air yang tidak cocok dapat mempengaruhi kehidupan seseorang, termasuk reproduksi. Karena sebelum dimulainya budidaya Blackghost, uji kualitas air harus dilakukan agar tidak fatal nantinya.

Menurut Pusat Penelitian untuk Budidaya Ikan Hias Air Tawar, Pusat Penelitian Akuakultur, Badan Penelitian untuk Laut dan Perikanan, air yang cocok untuk blackghost adalah air dengan 26-27 ° C, pH 6-7 dan kekerasan 6-10 O dH. Untuk mengetahui kualitas air, bagaimanapun, ini harus diperiksa terlebih dahulu, memakan waktu dan mahal.

Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mempelajari respons ikan terhadap air yang akan digunakan. Caranya adalah dengan memberi 2-3 ekor blackghost. Jika Blackghost tetap di bagian bawah akuarium dan bersembunyi, airnya cocok. Tetapi jika inang hitam naik terengah-engah dan lemah, itu berarti airnya tidak cocok.

ikan black ghost


Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Seperti ikan lainnya, jantan dan betina dapat dibedakan dari tanda-tanda di tubuh atau postur mereka. Pria lebih tinggi, lebih panjang, lebih ramping dari wanita dan lurus. Gerakan pria juga lebih gesit. Sedangkan wanita lebih kecil, lebih pendek, gemuk dan tidak lurus. Selain itu, gerakan wanita tidak sefleksibel gerakan pria. Baik jantan maupun betina dapat diproduksi dengan panjang 20-30 cm setelah satu tahun.


Pemeliharaan Induk

Perbedaan pada ikan jantan dan betina dewasa terutama dapat dilihat pada panjang dagu (jarak antara ujung mulut dan tutup insang). Pada ikan jantan, dagu relatif lebih lama dibandingkan dengan ikan betina. Ikan jantan relatif lebih ramping dibandingkan dengan ikan betina dengan perut berlemak. Pada orang tua jantan dewasa, ada cairan putih (sperma) saat disortir berdasarkan perut. Ibu Hantu Hitam dapat mematangkan telur dengan panjang + 15 cm setelah sekitar satu tahun.

Induk betina dan jantan disimpan dalam wadah dalam bentuk akuarium berukuran 80 x 40 x 50 cm, yang dilengkapi dengan sistem ventilasi dengan pakan berupa “Penghangat Darah”, yang diberikan tiga kali sehari (ad libitum). Air harus ditukar setiap hari untuk menghilangkan kotoran di dasar akuarium dan untuk menjaga kualitas media pemeliharaan.


Pemijahan

Pemijahan berlangsung secara massal di akuarium, yang juga berfungsi sebagai tempat berkembang biak. Perbandingan antara induk betina dan induk jantan adalah 2: 1. Mangkok plastik (30x20x7) cm diisi dengan batu ditempatkan di wadah pemijahan sebagai tempat menempel telur dan di tengah mangkuk dengan mangkuk berlubang (20x15x10) cm untuk melindungi telur sebelum perampokan orang tua. Untuk akuarium, ukuran (80 x 60 x 50) cm dapat dipegang oleh 10 ibu betina dan setidaknya 5 jantan.

Lingkungan untuk perawatan dan pemijahan ikan Hantu Hitam biasanya relatif gelap, dan ikan ini bertelur di malam hari. Di sekitar matahari terbit, tempat untuk menempelkan telur dalam bentuk mangkuk harus segera diambil dan dibawa ke tempat penetasan untuk menghindari telur yang dirampok oleh orang tua. Telur dipanen dari cangkang pemijahan + 200 telur / hari.


Pemijahan Massal

Balackghost juga dapat diproduksi secara massal. Pemijahan terjadi di dinding tub atau fiberglass. Untuk melakukan ini, siapkan sebuah bak fiber glass yang panjangnya 2,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 0,5 m. Biarkan mengering selama 3 hari. Isi air hingga 30 cm. Pasang 6-8 titik ventilasi. Tempatkan 20 lembar paralon 3 inci panjang 30 cm. Masukkan 12 ekor betina. Juga cantumkan 8 pria. Berikan makanan dalam bentuk cacing darah atau larva nyamuk. Tempatkan 10 potong bilah pakis pada dua parlons. Letakkan selusin krikil sebagai telur pelindung dan pemberat.


Penetasan dan Pemeliharaan Larva

Telur blackghost menetas di akuarium lain. Caranya: siapkan akuarium yang panjangnya 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm. Biarkan mengering selama 2 hari; isi air bersih hingga 30 cm. Pasang 4 titik aerasi untuk setiap akuarium dan nyalakan saat menetas. Di pagi hari, ambil pakis yang diisi dengan telur dan letakkan di tempat penetasan. Biarkan tergelincir.

Telur blackghost menetas dalam 3-4 hari. Larva bersembunyi di antara pakis. Warna berubah dari putih menjadi hitam. Tiga hingga empat hari kemudian, Naupli Artemia diberi makan selama dua minggu. Dua minggu berikutnya diberi pakan dalam bentuk larva nyamuk atau cacing cincang untuk membuatnya halus. Penetasan telur dan perawatan membutuhkan waktu sebulan.


Pembesaran

Pembesaran terjadi di akuarium. Caranya: siapkan akuarium yang panjangnya 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm. Biarkan kering selama 2 hari. Isi air bersih hingga 30 cm. Pasang 4 titik ventilasi untuk setiap akuarium dan nyalakan selama pembesaran.

Masukkan 20 paralon sesuai dengan ukuran tubuh benih sebagai area pelindung. Berikan 200-250 biji ukuran 1 – 1,5 inci atau berasal dari pemeliharaan larva. Berikan makanan dalam bentuk cacing darah atau Tubifex dan larva nyamuk. Vakum setiap tiga hari atau ketika air kotor. Perluasan ini memakan waktu 7-8 bulan. Pada saat ini, ikan blackghost berukuran 3-4 inci dan siap dijual.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 6 Cara Budidaya Ikan Black Ghost Yang Benar Untuk Pemula! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: