Ikan Nemo

Cara Merawat Ikan Badut

Diposting pada

bertani.co.id – Ikan badut, atau sering disebut ikan badut, adalah jenis ikan air asin hias. Namanya terkenal karena film Finding Nemo, karena banyaknya yang peduli dengan ikan badut ini. Berkat filmnya, ikan badut sering disebut sebagai ikan nemo, walaupun film ini telah berlalu beberapa tahun yang lalu dan efek filmnya masih dapat dirasakan sampai sekarang.

Memang, jika sangat menarik dari sudut pandang ikan fisik untuk merawatnya karena memiliki bentuk lucu seperti badut, ternyata banyak anak menjadi orang dewasa yang menyukai ikan hias badut ini.

Clownfish ini memiliki warna-warna cerah seperti oranye, oranye, merah-kuning, putih dan hitam dan panjang tubuh kira-kira. 8-12 cm. Jika habitat asli ikan badut ini tidak dapat dipisahkan dari anemon laut dan terumbu karang yang merupakan rumah mereka, serta perlindungan dari pemangsa.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan badut ini, sekarang mudah mendapatkannya tanpa harus menyelam ke laut untuk mencarinya. Banyak yang menjual badut ini dapat ditemukan di berbagai tempat yang menjual ikan hias di daerah Anda. Dan di sini saya akan memberikan tips bagi Anda yang ingin memelihara ikan badut ini di rumah agar ikan sehat Anda yang selalu baik akan bertahan lebih lama.

Ikan Nemo


Memahami Ikan Badut

Ikan badut dari sekitar. 7,5 hingga 10 cm. Suhu air optimal untuk spesies ini adalah antara 24 dan 27 derajat Celcius. Ikan ini dapat hidup selama 3 hingga 6 tahun dan sebagian besar hidup di Samudra Pasifik dan India. Ikan badut telah berhasil dibudidayakan. Ini karena seseorang yang tertarik dapat merawatnya sebagai binatang peliharaan di akuarium.

Ikan badut liar diketahui sangat sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan ikan badut di penangkaran. Meskipun ikan ini simbiosis di alam liar dengan anemon beracun, Anda tidak perlu menaruhnya di akuarium.


Persiapan Akuarium

Pertama, kita harus menentukan ukuran akuarium yang benar. Ikan badut harus ditempatkan sebesar mungkin di akuarium karena mereka adalah ikan air laut yang membutuhkan ruang lebih besar. Meskipun Anda ingin menggunakan akuarium ukuran terkecil, cobalah untuk menjaga volume air di bawah 113 galon untuk menciptakan lingkungan yang sehat untuk ikan badut ini.

Konsultasikan dengan ahli akuarium yang berpengalaman atau pemilik toko hewan untuk penyaringan dan penerangan untuk menghindari kesalahpahaman saat merawat ikan badut. Beri makan ikan badut dua sampai tiga kali sehari, pastikan makanan dicairkan terlebih dahulu saat dibekukan.

Pastikan suhu di akuarium antara 24 dan 27 derajat Celcius. Salinitas harus antara 1.020 dan 1.026. Hiasi akuarium dengan anemon laut dan karang. Ikan badut memiliki hubungan khusus dengan hewan-hewan laut ini dan merasa seperti berada di laut sungguhan.


Hati-hati Jangan Sampai Mengisi Akuarium Dengan Terlalu Banyak Ikan

Ikan badut membutuhkan banyak ruang untuk merasa baik dan berkembang di lingkungan mereka. Overcapacities hanya menyebabkan stres, penyakit, dan tentu saja sulit untuk menyembuhkan penyakit.


Siapkan Air Laut Untuk Ikan Badut

Seperti yang Anda tahu, ikan badut adalah ikan hias di air laut. Ini menjadi kendala bagi Anda yang ingin menjaganya di rumah, apalagi jauh dari laut. Anda bisa membeli air laut dari penjual ikan hias yang menjual ikan air laut, tetapi harga air lautnya cukup mahal. Pilihan lain adalah membawa air laut Anda sendiri secara gratis di pantai dan pergi berlibur ke sana.


Atur Akuarium Agar Sesuai Dengan Habitat Aslinya

Setelah Anda menyiapkan air laut, Anda sekarang dapat mengatur akuarium sehingga menyerupai habitat aslinya, yang terlihat seperti batu kecil, terumbu karang untuk tempat persembunyian, dll. Teknik penataan akuarium ini disebut aquascape. Juga jaga suhu air di akuarium dalam kisaran 24 hingga 27 derajat Celcius.


Ganti Air Akuarium Secara Rutin

Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengganti air akuarium tergantung pada filter air Anda. Jika filter air Anda baik, Anda dapat mengganti air setiap beberapa bulan. Namun, jika filter air Anda tidak bagus dan baru kotor selama sebulan, Anda perlu mengganti air dengan air laut bersih. Karena itu, ikan badut hidup di air yang selalu bersih.


Ikan Badut Diketahui Rentan Terhadap Stres

Usahakan agar mereka tetap nyaman dan selalu jaga Akurium bersih, karena stres dapat menyebabkan kematian ikan. Anda juga dapat menambahkan anemon laut karena kedua jenis ini simbiotik. Namun, tidak semua anemon cocok untuk hewan peliharaan Anda. Jenis anemon yang salah sebenarnya bisa menyengat badut sampai mati. Anemon juga merupakan spesies yang sulit beradaptasi dengan lingkungan akuarium. Karena itu, perhatian harus diberikan ketika merawat mereka.


Ikan Badut Adalah Omnivora

Anda bisa memberi makanan ikan nemo berupa makanan hidup, makanan beku dan sisa makanan. Jika Anda menawarkan makanan beku, jangan lupa mencairkannya terlebih dahulu. Ikan ini tidak pilih-pilih soal makanan, jadi tidak mengganggu pemiliknya. Ikan badut perlu diberi makan dua hingga tiga kali sehari. Tanda untuk mengetahui apakah Anda makan berlebihan adalah dengan memeriksa lantai Akuriaum. Sisa makanan di bawah ini adalah tanda bahwa Anda memberi makan terlalu banyak.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Memelihara Ikan Badut di Aquarium Agar Tidak Stres! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: