Cara Merawat Ikan Belida di Aquarium

Diposting pada

bertani.co.id – Bagaimana Anda menyimpan ikan Belida di akuarium? Ikan belida (Notopetrus chitala) adalah ikan air tawar yang termasuk keluarga Notopteridae dan biasanya disimpan untuk keperluan hobi dan konsumsi. Ikan ini biasanya hidup di sungai dan rawa dan ditemukan di perairan Indonesia, Malaysia dan Thailand. Di luar negeri, ikan Belida sering disebut sebagai ikan pisau karena bentuk fisiknya yang unik, yang sangat mirip dengan pisau.

Di Indonesia, ikan Belida banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Sebagai hewan nokturnal, ikan Belida adalah ikan predator yang umumnya berburu katak, ikan kecil dan udang. Ada tiga jenis ikan Belida yang dipelihara oleh banyak penggemar, termasuk ikan pisau badut, ikan pisau badut royal dan ikan pisau badut platinum. Apakah Anda ingin menyimpan ikan Belida di akuarium? Temukan panduan dan tips lengkap di sini!

cara merawat ikan belida


Sifat Karakteristik Ikan belida

Ikan belida memiliki bentuk tubuh khas ikan pisau, pipih dan memanjang dengan punggung melengkung. Sirip anal dan ekor bergabung menjadi sirip panjang yang membentang di sepanjang bagian bawah. Sirip bergelombang yang terbuat dari ikan ini dapat bergerak maju atau mundur, membuatnya menjadi perenang yang sangat anggun.

Ikan belida hanya bisa dipelihara oleh aquarists berpengalaman. Membiasakan diri dengan akuarium baru bisa sulit, dan ini sering menyebabkan kematian. Ikan ini bisa mencapai ukuran yang cukup besar dan mencapai sekitar 100 cm di alam liar. Spesimen yang ditemukan di akuarium umumnya tidak tumbuh lebih besar dari 25 hingga 50 cm. Mereka dapat hidup hingga 15 tahun di alam liar, sementara mereka hidup di penangkaran selama 8-15 tahun.

Ikan belida masih ikan besar, tetapi karena mereka tidak terlalu aktif, mereka tidak perlu akuarium sebesar yang Anda pikirkan. Belida dewasa dapat dengan mudah ditempatkan di akuarium 750 liter. Sebagai ikan nokturnal, mereka membutuhkan tempat untuk bersembunyi di siang hari dan area terbuka untuk berenang. Begitu mereka terbiasa, mereka menjadi ikan yang sangat kuat.

ornata termasuk dalam famili Notopteridae, yang mengandung beberapa spesies ikan pisau yang lebih damai. Mereka umumnya damai dan berteman dengan ikan lain yang tidak terlalu agresif atau dengan ikan yang terlalu besar untuk dimakan. Berhati-hatilah karena mereka melihat dengan buruk dan mencoba makan ikan besar yang tidak bisa mereka tangani beberapa kali. Bagaimanapun, mereka dapat melukai atau membunuh ikan yang tidak bisa mereka makan.


Habitat Asli Ikan belida

Ikan belida digambarkan oleh Gray pada tahun 1831. Mereka muncul di Asia Tenggara; Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam. Spesies ini tidak termasuk dalam Daftar Merah IUCN. Ikan ini sangat populer sebagai sumber makanan di banyak daerah.

Ikan-ikan ini hidup di danau, rawa-rawa dan perairan yang tergenang yang bergerak lambat di sungai-sungai sedang hingga besar. Ikan muda hidup di beting antara tanaman terendam dan akar terendam. Ikan dewasa biasanya penyendiri, biasanya ditemukan di dekat pantai di daerah dengan vegetasi gantung. Mereka menggunakan udara untuk bertahan hidup di perairan yang hangat dan stagnan dengan sedikit oksigen.


Tingkah Laku Ikan belida

Ikan belida umumnya tenang, tetapi karena ukurannya, mereka memakan teman-teman tangki ikan yang cukup kecil untuk masuk ke mulut besar mereka. Jangan membiakkan ikan besar yang agresif, tetapi ikan besar yang damai dapat dicampur dengan Belida. Udang, kepiting, dan siput juga harus dihindari, karena di alam liar Belida biasanya berburu cacing, krustasea, serangga, dan siput. Tanaman relatif aman untuk ikan ini.


Persiapan Akuarium

Ukuran akuarium yang digunakan untuk merawat ikan Belida harus cukup besar. Ini karena ikan Belida adalah ikan aktif. Paling tidak Anda bisa menggunakan tangki dengan dimensi 100 x 60 x 45 cm. Akuarium kemudian diisi dengan air untuk mencapai 3/4 dari total volume dan dilengkapi dengan sistem aerator dan filter. Jaga suhu air di kisaran 25-30 derajat Celcius.


Beri Hiasan Tambahan di Dalam Akuarium

Ciptakan suasana lingkungan di akuarium layaknya habitat alami ikan Belida. Anda dapat menambahkan sejumlah tanaman air dan beberapa log. sebagai tempat persembunyian ikan. Berikan juga dasar pasir dan batu sehingga kondisi di akuarium terasa seperti di sungai.


Pemberian Pakan

Sebagai hewan karnivora, ikan Belida hanya ingin makan makanan seperti daging. Anda dapat menyediakan ikan kecil sebagai makanan untuk ikan belida harian seperti ikan gurame dan ikan nila, tetapi hindari memberi mereka ikan lele karena mereka memiliki tumpukan yang sangat tajam. Anda juga bisa menyediakan bahan makanan seperti udang, jangkrik, kelabang, dan katak.


Pencampuran Ikan

Meskipun ikan Belida adalah ikan liar, ikan ini dapat disimpan dalam tangki bersama ikan lainnya. Dengan asumsi ikan memiliki daya cengkeram yang lebih besar daripada ikan Belida dan pembatasnya juga serupa. Misalnya, Anda dapat menyimpan ikan Super Belida dan ikan Arwana di akuarium. Namun, jangan pernah mencampur ikan Belida dengan ikan dengan sifat jinak, karena ikan Belida tidak ragu untuk menggigit sirip ikan, walaupun ukurannya jauh lebih besar.


Penanganan Penyakit

Penyakit paling umum yang mempengaruhi ikan Belida adalah penyakit white spot. Penyakit ini biasanya timbul dari kondisi akuarium yang kotor dan kualitas air yang tidak terkontrol. Anda dapat mencegah bercak putih dengan menggunakan air berkualitas tinggi seperti air ledeng dan memasang perangkat dengan cahaya ultraviolet. Namun, jika ikan Belida Anda terkena penyakit ini, penyembuhan dapat dilakukan dengan menuangkan methlyn biru pada dosis yang disarankan.


Fakta Tentang Ikan Belida

  • Ikan belida remaja dapat terlalu sensitif terhadap kondisi air jika tingginya kurang dari 10 inci. Banyak ikan muda mati segera setelah pembelian, biasanya karena syok atau kondisi air dan akuarium yang tidak sesuai. Mereka adalah ikan yang sangat kuat setelah mereka mencapai ukuran yang lebih besar. Seperti kebanyakan ikan pisau, mereka sangat pemalu dan kadang-kadang sulit makan ketika diperkenalkan ke akuarium baru.
  • Ikan belida menghabiskan sebagian besar waktunya di tengah atau dekat dasar akuarium, tetapi kadang-kadang mereka pergi ke permukaan untuk menghirup udara atau makan.
  • Ikan belida lebih menyukai pH netral dan air yang lebih lembut, tetapi ikan yang lebih besar dapat beradaptasi dengan pH dan air yang lebih tinggi. Beri mereka air yang disaring dengan baik, akuarium gelap dan tempat persembunyian. Suhu ideal di akuarium Belida adalah 24-27 derajat Celcius.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Mudah Merawat Ikan Belida di Aquarium semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: