Cara Merawat Ikan Hias Air Laut di Akuarium

Diposting pada

bertani.co.id – Mungkin bagi Anda yang ingin merawat ikan hias, Anda akan bosan dengan ikan hias air tawar, yang mungkin semuanya. Ketika kebosanan ini telah berlalu kepada Anda, Anda dapat mencoba untuk menjaga ikan hias di laut. Mengapa ikan hias air laut? Apa yang spesial?

Kunjungi pasar ikan hias untuk mendapatkan air laut dan saksikan betapa indahnya biota laut yang disimpan di akuarium. Ikan juga terlihat berwarna-warni dan terkadang terlihat cerah. Tidak sama dengan ikan hias air tawar. Bicara tentang ikan air laut hias sehingga ada beberapa pilihan yang sangat menarik.

Anda tidak hanya memelihara ikan, tetapi juga terumbu karang. Ubur-ubur dan kuda laut juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Sayangnya, biaya perawatannya lebih mahal daripada pemeliharaan ikan air tawar. Di bawah ini Anda akan menemukan petunjuk untuk merawat ikan air laut hias untuk Anda.

Ada berbagai jenis ikan hias yang bisa Anda rawat. Tidak hanya untuk hobi atau dekorasi, Anda juga perlu tahu cara merawat ikan air laut hias di akuarium. Tanpa perawatan yang tepat, ikan tidak akan dirawat dan akan mati. Untuk mencegah hal ini terjadi, baca artikel mengenai perawatan ikan air laut hias di akuarium di bawah ini.

Cara Merawat Ikan Hias Air Laut di Akuarium


Buat lingkungan di Akuarium Senyaman Mungkin

Tambahkan air ke akuarium terlebih dahulu dan kemudian sediakan pompa air untuk sirkulasi. Biarkan air selama 3-4 minggu untuk mengkondisikannya sehingga air mendekati aslinya. Pada tahap ini, yang terbaik adalah tidak menaruh ikan langsung ke dalam air karena ikan akan mati, meskipun kadang-kadang ada ikan yang dapat bertahan hidup dalam kondisi air seperti itu.

Setelah itu, letakkan kerikil di bagian bawah akuarium untuk menyimpan kotoran ikan sehingga akuarium tidak menjadi kotor, dan pasang lampu di akuarium untuk menghangatkan air. Jangan lupa untuk menggunakan pendingin di akuarium yang mengandung karang.


Jangan Memelihara Terlalu Banyak Ikan Dalam Akuarium

Jika Anda memiliki akuarium kecil, Anda tidak boleh menyimpan terlalu banyak ikan di akuarium. Jika ada terlalu banyak ikan, kondisi air dapat dikurangi dan ikan dapat dibunuh jika kondisi airnya buruk.


Beri Tanaman Hias Seperti Rumput Laut

Kehadiran tanaman laut juga sangat penting untuk menjaga kondisi air, karena tanaman laut dapat secara signifikan mengurangi kadar nitrat. Ikan juga akan menyukai keberadaan tanaman laut.


Makanan ikan

Memberi makan ikan harus diperhitungkan. Lebih baik bertanya kepada penjual untuk penjelasan ketika membeli pakan, karena jika Anda memberi makan terlalu banyak, itu dapat mempengaruhi kualitas air di akuarium.


Ganti Air Laut Secara Teratur

Mengganti air laut di akuarium harus dilakukan secara rutin, yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu. Anda hanya harus pergi ke laut dan mendapatkan air.


Aklimatisasi Ikan Hias Membutuhkan Perawatan Tambahan Dibandingkan Dengan Ikan Air Tawar

Ikan yang baru dibeli tidak harus ditempatkan di air segera, tetapi pertama-tama sesuaikan suhu dengan suhu air akuarium. Lemparkan ikan dan plastik di permukaan akuarium selama sekitar 20 menit, lalu buka plastik dan tambahkan sedikit air akuarium ke ikan plastik dan biarkan selama 10 menit. Kemudian ikan bisa dilepaskan ke akuarium.


Cara Membersihkan Akuarium Air Laut

Selanjutnya, cara membersihkan akuarium dijelaskan, yaitu, membersihkan air dan mengisi tangki setelah beberapa saat untuk menjadi tempat tinggal bagi ikan. Ini harus dilakukan.

  • Lepaskan bahan dari dasar akuarium dan letakkan di dalam ember. Pastikan ember cukup besar untuk mengisi sepertiga wadah.
  • Tuang bahan ke dalam ember berisi air tawar dan aduk. Jangan gunakan tangan Anda karena mungkin ada benda tajam di pasir laut. Gunakan tongkat atau alat.
  • Saat Anda mengaduk, pasir mengambang muncul, menumpahkan air dan pasir dari ember. Lanjutkan ini beberapa kali sampai air yang tercampur dengan bahan terlihat jernih.
  • Sebarkan bahan sampai rata.
  • Ulangi proses ini sampai semua benda di akuarium dikeluarkan dan dibersihkan. Kemudian bersihkan dinding kaca saat akuarium kering.
  • Isi tangki dengan air laut. Metode ini dimaksudkan untuk pembersihan besar dan tidak perlu sering dilakukan jika Anda ingin membersihkan.
  • Pada dasarnya bersihkan air akuarium jika tidak terlihat jernih dan berbau. Cukup sedot seperempat air ke dalam tangki dan ganti dengan air garam baru.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 6 Cara Merawat Ikan Hias Air Laut di Akuarium Yang Mudah! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: