Cara Merawat Ikan Hias Buntal Air Tawar

Diposting pada

bertani.co.id – Ikan buntal air tawar adalah spesies buntal dari Indonesia. Habitat asli ikan buntal air tawar adalah wilayah Kalimantan Barat, tepatnya di Sungai Sambas, dan Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten Banyuasin. Ikan kecil ini dengan ukuran maksimum 4,5 cm hidup di habitat aslinya di tepi sungai dengan vegetasi yang terendam. Jenis ikan buntal air tawar yang biasanya dijual di toko ikan hias adalah ikan buntal green spot.

Karena ukurannya yang kecil, ikan ini tidak membutuhkan akuarium dengan kapasitas jumbo. Cukup sediakan tangki 20 liter. Jika Anda hanya memelihara ikan, cukup taruh di tangki 7,5 liter. Jika komunitasnya kecil, mereka bisa hidup bersama di akuarium 10 liter. Kapasitas persis akuarium tergantung pada jumlah ikan yang akan menghuninya.

Akuarium harus diatur sehingga ikan ini sensitif terhadap kadar nitrat dan amonia. Beberapa menyarankan menambahkan garam ke air akuarium mereka. Namun sebenarnya itu tidak dilanjutkan. Konsekuensinya juga berisiko karena harapan hidup ikan ini dapat dipersingkat.

Siapkan saringan yang kuat, karena ikan ini selalu meninggalkan banyak makanan. Saat Anda makan siput, selalu ada residu di dasar akuarium. Jika siput tidak segera dibersihkan, ia bisa membusuk dan mencemari akuarium. Anda juga harus membayar untuk pembaruan air. Pastikan Anda menekan konten nitrat dan aminium. Kemudian kurangi aliran air yang kuat. Ikan ini lebih suka ketika sungai lambat dan tenang.

Parameter air sendiri tidak terlalu ketat. Mereka cenderung beradaptasi dengan keadaan. Tapi jangan biarkan perubahan dalam air menjadi ekstrem. Perlahan. Suhu ideal berada di kisaran 22-26 derajat Celcius. Sedangkan pH-nya adalah antara 6,0 dan 7,5.

Cara Merawat Ikan buntal Air Tawar


Lepaskan Ikan Buntal Satu Demi Satu

Ikan buntal adalah ikan yang menjaga wilayahnya. Ikan ini sering menyerang ikan lain yang dianggap mengganggu. Oleh karena itu, ikan buntal harus dirawat dengan cara yang sama dengan ikan Betta, yaitu setiap ikan harus ditempatkan di akuarium yang berbeda. Tetapi jika Anda memiliki akuarium besar, Anda bisa melengkapinya dengan banyak tempat persembunyian. Kemudian masukkan ikan puffer ke dalamnya.


Sesuaikan Lingkungan Akuarium Seperti Mendekati Habitatnya Yang Asli

Seperti kita ketahui, setiap makhluk hidup cenderung menyukai ekosistem tertentu. Demikian juga untuk ikan buntal yang menyukai air dengan keasaman 6-7. Ikan ini juga dapat hidup dengan baik di lingkungan air dengan suhu antara 24 dan 28 derajat Celcius. Usahakan akuarium juga harus diisi dengan tanaman air sehingga kondisinya cukup subur.


Berikan Pakan Yang Tepat

Makanan ikan puffer harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung pertumbuhannya. Ikan ini lebih menyukai makanan yang masih hidup daripada yang sudah mati. Anda bisa memberinya makan dalam bentuk cacing darah setiap hari. Kadang-kadang juga disarankan untuk memberi makan siput kecil untuk mencegah ikan buntal menjadi terlalu lama.


Bersihkan Akuarium Secara Teratur

Kebersihan air adalah faktor terpenting bagi keberhasilan Anda memelihara ikan buntal. Akuarium harus dibersihkan setiap 2 minggu sampai benar-benar dibersihkan. Keringkan akuarium bahkan di bawah sinar matahari langsung, sehingga kuman dan bakteri yang terkandung di dalamnya mati.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Mudah Merawat Ikan Hias Buntal Air Tawar di Akuarium semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: