Jenis Bunga Mawar

Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!

Diposting pada

Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!_ Semua orang pasti tahu bunga mawar. Bunga yang merupakan simbol cinta dan kasih sayang ini terlihat anggun dan menawan. Bunga ini sering digunakan untuk momen spesial bersama seseorang yang juga spesial.

Meski batang tanaman ini berduri, namun fakta ini tidak menghalangi orang untuk mengagumi bunga yang satu ini. Bahkan banyak pula orang yang menanam bunga mawar untuk mempercantik rumah atau tamannya.

Jika kalian ingin tahu bagaimana cara menanam bunga mawar dalam pot klik disini.

Jenis Bunga Mawar

Namun, tahukah Anda bahwa mawar tidak semuanya berwarna merah seperti yang sering kita lihat? Bunga mawar juga tersedia dalam berbagai jenis dan warna setiap jenisnya. Dan setiap jenis memiliki keindahannya sendiri.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis-jenis bunga mawar dengan penjelasan sebagai berikut.


Jenis Bunga Mawar

  • Mawar Putri

Mawar Putri

Bunga mawar potong yang memiliki ciri khas warna merah tua ini termasuk dalam jenis bunga ganda karena memiliki alat kelamin jantan (benang sari) dan betina (putik). Diameter corolla bisa mencapai 9,5 hingga 11,5 cm saat mekar penuh. Aroma bunganya yang lebih harum dibanding bunga mawar lainnya membuatnya digemari pembeli seperti kopi.

Selain itu bunga ini bisa bertahan hingga 9 hari untuk kesegaran setelah panen. Tak heran jika Anda bisa menemukan banyak bunga ini di penjual bunga potong.

Anda juga bisa menanam mawar putri di taman rumah Anda sebagai tanaman hias. Merawat mawar juga tidak sulit, asalkan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Jika ingin mengetahui cara menanam bunga mawar yang sudah dipetik klik disini.


  • Mawar Talitha

Mawar Talitha

Tanaman ini merupakan jenis mawar potong dengan bunga ganda. Diameter mahkota berbunga hingga 8 cm dan bisa mencapai tinggi 50-83 cm.

Rose Talitha biasanya dibudidayakan kemudian dipetik untuk dijadikan hiasan bunga potong. Jika bunganya dipetik dalam vas, bisa bertahan 7-9 hari.


  • Mawar Mega Putih

Mawar Mega Putih

Bunga mawar jenis ini memiliki mahkota khas yang melingkar di tepinya. Diameter bunga ini saat mekar bisa mencapai 9-12 cm dan memiliki 104-130 tajuk. Meski corolla berukuran besar, aromanya tidak terlalu menyengat.

Mawar Mega Putih terutama ditanam sebagai bunga potong karena kesegarannya bisa bertahan hingga 9 hari setelah panen. Anda bisa menyimpannya di dalam vas dan menjadikannya sebagai dekorasi ruangan.


  • Mawar Pertiwi

Mawar Pertiwi

Mawar merah muda ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti). Saat bunga ini mekar, diameternya bisa mencapai 8 hingga 9 cm dengan panjang batang 5-7 cm.

Tidak seperti tanaman mawar lainnya, tanaman ini memiliki sedikit duri. Jika Anda ingin menanam mawar induk alam, tidak perlu membeli jaring berwarna hitam karena tanaman ini bisa tumbuh tanpa naungan.


  • Mawar Megawati

Mawar Megawati

Tanaman ini diperkenalkan bersamaan dengan mawar ibu pertiwi dari Puslitbanghorti dan memiliki warna bunga merah jingga. Diameter bunga saat mekar relatif besar yaitu 9 sampai 11 cm dengan panjang batang 50 sampai 57 cm. Bila Kalian ingin tahu cara menanam bunga mawar dengan stek klik disini.

Kesegaran bunga ini dalam vas bisa bertahan cukup lama yaitu 6-8 hari. Tak heran jika Anda sering menjumpai bunga ini sebagai bunga hias potong.


  • Mawar Musk

Mawar Musk

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Rosa moschata dan merupakan bunga mawar yang telah dibudidayakan sejak abad ke-16. Tanaman ini bisa berkembang biak hingga sepanjang 3-10 meter. Biasanya bunga mekar di akhir musim semi hingga musim gugur.

Mawar musk memiliki rambut di sekitar biji di bawah daging buah. Rambut ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit saat dikonsumsi dan masalah pencernaan saat dikonsumsi.

Bunga yang sudah mekar biasanya berbau musk dan bisa tercium dari jauh. Karenanya, bunga ini juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan parfum.


  • Mawar Kubis

Mawar Kubis

Tanaman yang menyandang nama ilmiah Rosa centifolia ini merupakan mawar hibrida yang dikembangkan oleh petani mawar Belanda dari abad ke-17. Bunga ini dikenal dengan aromanya yang kuat dan daun mahkota yang besar. Bentuk mahkota yang bertumpuk seperti kubis membuat tanaman ini dikenal dengan nama kubis mawar.

Meski tanaman ini memiliki bunga yang indah, namun merawatnya terbilang cukup rumit dibanding mawar biasa. Mawar kubis tidak memiliki tempat untuk tumbuh dan rentan terhadap penyakit dan hama.

Namun, Centifolia sebenarnya bisa tumbuh sebagai tanaman pagar asalkan dirawat dengan baik. Dengan syarat ada benda yang bisa dijadikan penopang. Bunga mekar setiap musim semi atau musim panas.


  • Mawar Eden

Mawar Eden

Tanaman ini, juga dikenal sebagai Pierre de Ronsard, diciptakan oleh Marie-Louise Meilland. Eden Eden pertama kali disajikan kepada publik pada tahun 1985 di Meilland International di Prancis. Nama tanaman ini terinspirasi oleh seorang penyair Renaisans, Pierre de Ronsard, serta mengacu pada puisi populernya yang berjudul Mignonne, allons voir si la rose.

Tanaman ini bisa tumbuh di tanah dengan kelembaban dan sinar matahari yang cukup. Mawar Eden bisa mencapai ketinggian 180-330 cm. Bunganya memiliki diameter 10 cm dan batang mahkota dapat menampung hingga 70 helai. Bunga-bunga ini biasanya mekar di akhir musim semi hingga akhir musim panas.

Pada tahun 2006, bunga ini dilantik menjadi Hall of Fame Federasi Masyarakat Mawar Dunia karena keindahannya. Bahkan, bunga ini juga dinobatkan sebagai mawar favorit dunia pada tahun yang sama.


  • Mawar Sunsprite

Mawar Sunsprite

Tanaman yang ditemukan oleh Reimer Kordes dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1973 ini juga dikenal dengan nama Friesia dan KORresia. Friesia sendiri berasal dari nama asal penciptanya yaitu Friesland.

KORresia sekarang menjadi nama kode berdasarkan nama pencipta Kordes. Bunga ini merupakan salah satu bunga mawar pertama yang diberi nama dengan singkatan nama penciptanya.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 40-75 cm dan tidak mudah terserang hama dan penyakit. Bunga yang dihasilkan berdiameter 8 cm dan memiliki aroma yang menyengat. Biasanya bunganya mekar dari bulan Juni hingga September.

Sunsprite adalah mawar Floribunda pertama yang memenangkan Gamble Award for Fragrance pada 1979. Selain itu, Sunsprite telah menerima penghargaan lain termasuk Medali Emas Baden-Baden dari tahun 1972, Medali Memorial James Mason dari tahun 1989, dan Medali Emas RNRS dari tahun 1989.


  • Mawar Double Delight

Mawar Double Delight

Bunga ini merupakan hasil persilangan varietas teh hibrida Granada dan Garden Party. Double Delight pertama kali dibuat oleh Swim & Ellis dan diperlihatkan kepada publik pada tahun 1977.

Tanaman ini tumbuh di tanah dengan kondisi lembab dan agak asam. Tingginya bisa mencapai 90-150cm. Corolla memiliki diameter 10 cm dan kelopaknya mencapai 30 helai. Aroma bunganya merupakan campuran aroma jeruk dan buah pedas.

Warna bunga ini tergantung pada seberapa banyak sinar matahari yang didapatnya. Dengan lebih banyak sinar matahari, putih menjadi merah dari tepi mahkota. Jika Anda meletakkan Double Delight di dalam rumah kaca, tidak akan ada perubahan warna pada mahkota karena kaca filter sinar UV.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: