Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot: Stek Mawar Dengan Kentan dan Menanam Dengan Stek

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot: Stek Mawar Dengan Kentan dan Menanam Dengan Stek_ Bila mendengar mawar pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian bukan? Bunganya yang bagus serta harum cocok untuk ditaro didepan rumah, supaya rumah menjadi lebih indah, namun apakah kalian sudah tau cara menanamnya? Bila belum kami akan membahasnya cara menanam bunga mawar dalam pot. Agar kalian bisa mengarti dan memahaminya yuk kit abaca artikel dibawah ini denga seksama.


Pengertian Bunga Mawar

Mawar merupakan tanaman hias yang berbunga mempuyai nama sama seperti tanaman dan bunganya, yaitu bunga mawar. Saat ini mawar masih banyak ditanam, karena bunga mawar mudah ditemui, mudah ditanam serta mudah dalam perawatannya. Selain itu bunga mawar masih memiliki daya tarik karena keindahannya serta keharuman aromanya yang khas. Tanaman mawar terdiri dari 100 spesies lebih yang sebagian besar tumbuh di bumi belahan utara yang berhawa sejuk. Walaupun buga mawar  berduri nemun banyak yang menyukai dan banyak yang menanam sebagai tanaman hias yang menarik.


Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

  • Persyaratan Benih Mawar

Pilihlah bibit yang baik serta sehat dengan cara memasukkannya ke dalam air, apabila bibit yang dimasukkan tenggelam, maka artinya bibit tersebut dalam keadaan baik. Begitu pula sebaliknya, apabila bibit itu mengambang, maka bibit tersebut sebaiknya tidak perlu digunakan.

bibit yang baik serta sehat dengan cara memasukkannya ke dalam air, apabila bibit yang dimasukkan tenggelam, maka artinya bibit tersebut dalam keadaan baik. Begitu pula sebaliknya, apabila bibit itu mengambang, maka bibit tersebut sebaiknya tidak perlu digunakan.


  • Mempersiapkan Benih Mawar

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buah bunga mawar:

  1. Buah yang digunakan berasal dari tanaman yang sudah produktif dalam berbunga
  2. Memetik bunga mawar yang sudah matang yang berada di tanaman.

  • Menyemaian Benih Mawar

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyemaian benih:

  1. Ambil biji yang sudah membusuk dari buah mawar yang terdapat di media semai.
  2. Memilih biji terbaik dengan cara menaruhnya di dalam air.
  3. Cucilah biji tanaman mawar tersebut dengan menggunakan air bersih.
  4. Tiris biji mawar yang telah dipilih oleh sahabat kemudian tempatkan biji-biji tersebut di tempat teduh untuk dilakukan penyemaian pada tempatnya.
  5. Taruh dan semaikan biji tanaman mawar dengan jarak antar baris sekitar 5 hingga 10 cm secara merata. Proses tersebut membutuhkan 4 minggu sesudah disemaikan, biji akan mulai berkecambah.

  • Pemeliharaan Pembibitan

Dalam memelihara biji mawar, lakukanlah hal berikut:

  1. Siram tempat penyemaian biji tanaman mawar secara berlanjut dalam kurun waktu 1 hingga 2 kali sehari.
  2. Apabila bibit bunga mawar sudah mulai besar, pindahkan ke dalam polybag/pot bunga yang telah diisi tanah, pupuk organik, dan pasir dengan perbandingan masing-masing 1 (1:1:1). Apabila bibit mawar sudah berumur 22 bulan, maka bibit tersebut sudah siap di tempatkan ke lahan permanen atau kebun.
  • Membuat Pola Penanaman

Lubang tanamn dibuat dengan ukuran 60x60cm, usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan tanaman yang satu dengan lainnya. Hal ini kemudian dikembalikan lagi dengan tipe dan jenis mawar yang akan ditanaman.


  • Membuat Lubang Tanam

Lubang tanam dibuat dengan menggunakan sekop melengkung agar dapat membuat lubang yang berbentuk silinder. Sebaiknya, lubang tersebut berukuran 45x45x45cm. Apabila ingin menanam ke tanah, posisi terbaik untuk bunga mawar itu sendiri adalah diletakkan ke dalam lubang, dengan bagian cabang utama dengan letak yang sejajar dengan permukaan tanah. Walaupun akar mawar tidak bisa menancap tanah terlalu dalam, jadi tanah yang dicangkul tidak usah dalam- dalam. Cukup 45 hingga 55 cm.

Ketika membuat lubang, tanah yang terdapat di permukaan, dan dibawah permukaan harus dikumpulkan secara terpisah. Karena kedua jenis tanah tersebut akan digunakan untuk menutup lubang tersebut kembali. Apabila ketika daerah tersebut tertutup rumput, rumput tersebut wajib untuk diambil dan diletakkan di tempat teduh agar dapat digunakna ulang sebagai pupuk dan dimasukkan ke dalam lubang.


  • Menyiapkan Tanah Untuk Menanam Tanaman Mawar

Tanah yang diperlukan untuk menanam tanaman mawar sudah passti tanah yang gembur, subur, dan terdapat sinar matahari. Kemudian, pada tanah yang ingin ditanamankan harus bersih dari hama-hama pengganggu seperti rumput atau batu kerikil yang dapat menghambat pertumbuhan.


  • Mempersiapkan Media Di Dalam Pot

Hal yang perlu dipersiapkan adalah tanah yang subur, pupuk organik dan pasir. Campuran tanah yang perlukan apabila menggunakan tanah, pupuk kompos dan pasir adalah dengan menggunakan perbandingan 1:1:1. Persiapkan pot dengan ukuran yang sesuai dengan besar maupun kecilnya tanaman mawar yang akan ditanam. Pot yang paling direkomendasikan adalah pot yang terbuat dari tanah serta tidak menggunakan cat atau di cat.

Lainnya adalah bahan untuk penunjang seperti pecahan genteng ataupun arang. Fungsinya dengan mempersiapkan hal tersebut adalah untuk drainase air, serta apabila ingin memindahkan dari pot ke tanah atau media tanam lainnya, kita tidak perlu terlalu kerepotan.


  • Mengisi Media Tanam Di Dalam Pot

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan untuk mengisi komponen media tanam di dalam pot dan hal yang penting dalam cara budidaya bunga mawar:

  1. Dalam penggunaan pot, sebaiknya dasar pot terdapat lubang untuk menghindari kelebihan air.
  2. Kemudian basahi pot yang ingin digunakan.
  3. Masukkan pecahan genting atau arang pada dasar pot dengan tingkat ketebalan sebesar 1cm dari ukuran pot, perhatikan lubang pembuatan untuk tidak tersumbat.
  4. Masukkan humus ke seluruh pot secara merata dengan tingkat ketebalan 1cm diatas lapisan genting atau arang.
  5. Kemudian, masukkan tanah, pasir dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1 dan ditambah dengan abu dapur dengan takaran yang kecil. Lakukan hal ini hingga terisi 90%, kemudian pot siap untuk ditanami mawar.

  • Membuka Lahan Untuk Di Tanam

    Tanah yang dipersiapkan harus dicangkul dengan kedalaman 30cm hingga tanah terlihat gembur.

    Kemudian diamkan tanah selama kurang lebih 15-30 hari dengan tujuan dikeringkan agar tanah terbebas dari gas beracun yang mengendap.


  • Membentuk Bedengan

Bendengan kemudian dibuat dengan tingkat kelebaran 100 hingga 120cm dengan tinggi 30cm dan berjarak sekitar 30 cm antar bedengan. Hal itu tergantung dengan tingkat keluasan tanah yang akan digunakan. Apabila tanaman mawar dirancang untuk asimetris, maka perlu persiapan lebih untuk mempersiapkannya.


  • Memupuk

Pupuk yang diperlukan adalah pupuk organik, cara yang dilakukan hanyalah dengan cara menebarnya secara merata sambil memperbaiki bendengan yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, pupuk organik dimasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 1-2kg/tanaman. Tergantung dari berapa banyak/besar tanaman tersebut.

Layaknya tanaman pada umumnya, dilakukan pemupukan pada tanaman. Biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK dengan takaran 5 gram/tanaman. Apabila tunas sudah terlalu lama untuk dipupuk, sebaiknya ditingkatkan takarannya. Lakukan pemupukan secara berkala selama 3 hingga 4 bulan sekali, hal tersebut tetap diikuti dengan pertumbuhan tanaman itu sendiri.


  • Penyiangan

Teknik ini biasanya dilakukan secara bersamaan dengan pemupukan guna untuk menekan biaya dan tenaga. Hal yang perlu dilakukan adlaah membersihkan rumput yang berada di sekitar tanaman agar tidak terserang hama dan penyakit. Hal ini perlu dilakukan selama satu bulan sekali atau tergantung dari tingkat pertumbuhan hama itu sendiri. Dalam mencabut bunga mawar haruslah hati-hati karena kita tidak ingin merusak akar dari bunga mawar yang sudah kita tanam.


  • Pengairan

Pada awal pertumbuhan, sekitar berumur 1 hingga 2 bulan, lakukan secara rutin selama 1 hingga 2 hari. Kemudian, pengairan dikurangi secara perlahan sambil memperhatikan kondisi cuaca dan tanah dari tempat yang ditanami.

Kemudian, waktu yang paling tepat untuk diberikan air adalah pagi dan sore hari. Ketika dimana suhu udara dan penguapan tidak terlalu tinggi. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan cara disiram secara merata menggunakan alat bantu siram.


Cara Menanam Stek Mawar Dengan Kentang

  • Menanam Stek Mawar dengan Kentang Pertama

Tidak hanya dengan cara biasa yang kami perjelas diatas, sebenarnya masih banyak orang yang menanam stek batang mawar langsung dengan ditancapkan pada umbi kentang. Mengapa harus kentang? Sebab kadar air di dalam kentang sangat cocok, dapat memberi akar tumbuh prima pada pangkal cutting batang mawar yang telah ditancapkan di dalamnya.


  • Menanam Stek Mawar dengan Kentang Kedua

Ketika telah ditancapkan di kentang dan batang tersebut akhirnya bertunas daun baru, maka dapat dikatakan sukses propagasinya, selanjutnya sisa menanam langsung tanaman mawar baru tersebut (beserta umbi kentang di bawahnya) di dalam campuran media tanam yang kita telah siapkan.


Cara Menanam Mawar dari Batang Stek

Lihatlag gambar diatas utuk langkah awal dalam pembahasan menanam mawar dari batang stek, yairu mempersiapkan stek batang mawar yang akan ditanam.

Melihat banyaknya minat akan mawar di tanah air, kami menulis artikel ini. Menanam mawar bisa dibilang gampang-gampang susah. Bunga mawar dapat ditanamkan dari biji ataupun dari stek batang. Cara menanam bunga mawar dari stek lebih mudah dan saya rekomendasikan dibandingkan dari benihnya. Mawar tersebut bisa lebih cepat tumbuh dari ruas-ruas batang, dibandingkan menanam dari biji. Biasanya menanam bunga mawar dari biji membutuhkan waktu paling sebentar 60 hari sampai biji mawar itu berkecambah.


  • Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang kalian butuhkan untuk menanam bunga mawar dengan stek batang yaitu:

  1. Satu toples air.
  2. Pisau atau gunting tanaman.
  3. Pot atau wadah tanam lainnya.
  4. Media tanam (tanah, pupuk kandang, kompos – 1:1:1).
  5. Pensil atau ranting pohon.
  6. Hormon penumbuh akar atau ZPT (opsional).

  • Langkah-langkah Penanaman

Berikut adalah cara menanam stek batang mawar antara lain:

  1. Potong batang pohon mawar sepanjang 15-20 cm menggunakan pisau atau gunting tanaman yang tajam dan steril.
  2. Masukkan batang pohon mawar sesaat sesudah dipotong ke dalam air. Fungsinya agar mawar tetap segar hingga proses penanaman.
  3. Lubangi media tanam dalam pot menggunakan pensil atau ranting pohon. Kedalaman harus kurang dari setengah dari tinggi batang mawar yang sudah dipotong.
  4. Sebelum ditancapkan ke dalam lubang, gunting daun-daun yang berada di bagian bawah batang.
  5. Tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam media tanam. Kalian dapat menambahkan hormon penumbuh akar pada dasar pada lubang tanah untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  6. Siram teratur menggunakan semprotan air sampai tunas daun baru tumbuh. Bila terdapat daun baru yang tumbuh berarti cara kalian sudah bner untuk menanam stek batang mawar dan pastinya batang tersebut sudah berakar di bawahnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot: Stek Mawar Dengan Kentan dan Menanam Dengan Stek semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: