2 Cara Menanam Bunga Kenanga di Dalam Pot dan Manfaatnya!

Diposting pada

2 Cara Menanam Bunga Kenanga di Dalam Pot dan Manfaatnya! – Bunga ini terkenang dengan aromanya yang wangi semerbak. Selain itu bunga kenanga pun mempunyai warna bunga yang cantik,gabunga warna putih kekuningan membuat bunga ini semakin indah serta enak dilihat. Tanaman ini mempunyai nama latin cananga odorata, serta masuk ke dalam keluarga annonaceae dengan ciri khas pertumbuhaanya yang cepat.

Selain dipakai untuk tanaman hias, ada potensi pun untuk memperoleh keuntungan dengan menanam bunga kenanga. Bunga ini banyak dicari untuk dijadikan untuk bahan membuat parfum, selain itu di kalangan masyarakat tertentu bunga ini banyak dipakai untuk bunga tabur di pemakaman.


Cara Menanam Bunga Kenanga

  • Persiapan Lahan Tanam

Sebelum kalian mulai menanam bunga kenanga, kalian harus terlebih dahulu menyiapkan lahan tanam seperti Cara Menanam Buga Aster. Untuk menanam bunga kenanga sendiri, kalian bisa menanamnya dalam pot ataupun di pekarangan kalian. Bila kalian menanam di pot kalian bisa menjadikannya untuk tanaman hias ataupun pengharum ruangan alami namun bila kalian menanamnya di pekarangan, ini bisa dijadikan untuk penghias pekarangan kalian serta menyejukan udara di antara rumah kalian. Berikut cara memilih lahan tanam bunga kenanga yaitu :

  1. Untuk menanam bunga kenanga sebenarnya sama dengan cara menanam tanaman pada umumnya.
  2. Tanah lahan haruslah mempunyai tekstur yang gembur serta sedikit lembab namun tidak sampai benar benar kering.
  3. Pilihlah tempat lokasi lahan yang mempunyai pencahayaan cukup.
  4. Bila kalian ingin menanam di pot, pilihlah pot yang berukuran sedang serta tidak terlalu kecil. Karena walaupun ditanam dalam pot, bunga kenanga bisa tumbuh besar.

  • Pembenihan serta Penyemaian Bunga Kenanga

Setelah tanah tanam siap, kalian pun harus mempersiapkan benih. Sangat mudah untuk memperoleh nya, kalian bisa membelinya di toko bunga. Disana pasti menyediakan berbagai benih bunga kenanga pilihan, pastikan bahwa benih yang kalian beli berkualitas baik serta layak tanam. Selain itu kalian pun bisa memperoleh nya dari buah kenanga yang sudah tua serta berasal dari pohon indukan yang subur serta berkualitas ini hampir sama seperti Menanam Durian.

Langkah selanjutnya setelah kalian mempersiapkan tanah serta biji yaitu pembenihan :

  1. Sediakanlah polybag berukuran sedang serta buatlah lubang- lubang kecil pada polibag tersebut.
  2. Siapkanlah tanah untuk menyemai biji bunga kenanga, tanah yang dipakai merupakan tanah dengan tekstur yang gembur.
  3. kalian diharuskan mencampur pupuk, sekam, sedikit arang serta tanah sampai rata terlebih dahulu dengan perbandingan 1: 1: 1 : 2.
  4. Untuk pupuk kalian bisa memakai berbagai macam jenis pupuk, namun kalian lebih dianjurkan untuk memakai pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Selain ramah lingkungan, pupuk ini pun sangat baik untuk pertumbuhan bibit kenanga.
  1. Isilah polybag tersebut dengan tanah campuran kurang lebih hampir memenuhi polibag.
  2. Setelah siap, buatlah lubang- lubang kecil untuk memasukkan biji ke dalam alat semai. Untuk biji pada tiap polybag kalian hanya bisa memasukkannya sebanyak 2 biji saja.
  3. Setelah itu tutuplah dengan tanah campuran yang tersisa serta siramlah dengan metode spray pada tanah alat semai.
  4. Pastikan tanah dalam keadaan lembab namun tidak terlalu basah.
  5. Tunggu sampai muncul tunasnya.

  • Penanaman Bibit Bunga Kenanga

Setelah tunas berumur kurang lebih 5 sampai 6 bulan serta sudah mencapai tinggi kurang lebih antara 30 sampai 50 cm, maka bibit bunga kenanga sudah siap untuk ditanam pada lahan tanam yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

Langkah- langkah tepat pada cara menanam bunga kenanga supaya tanaman bisa tumbuh subur yaitu :

  1. Pertama perhatikan terlebih dahulu kondisi tanah pada lahan tanam yang sudah kalian siapkan kira- kira satu bulan sebelum menanam bibit bunga kenangan.
  2. Bila dirasa tanah sudah mulai mengering, maka kalian bisa menyiramnya dengan air terlebih dahulu. serta ketika akan menanam kalian dianjurkan untuk menggemburkan tanah serta menambahkan pupuk ke dalam tanah supaya tanah lebih ternutrisi.
  3. Setelah itu buatlah lubang memakai sekop ataupun cangkul kecil sedalam kurang lebih 10 sampai 15 cm dengan jarak 60 sampai 100 cm tiap lubang tanam.
  4. Setelah lubang tanam siap, keluarkanlah bibit bunga kenanga dari dalam polibag secara hati- hati.
  5. Pisahkan terlebih dahulu dengan bibit yang lain secara berhati- hati jangan sampai akarnya rusak.
  6. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, berbeda dengan proses penyemaian kali ini kalian hanya bisa memasukkan satu bibit pada tiap lubang tanam.
  7. Timbun serta tutupi lubang dengan tanah campuran pupuk sampai menutupi lubang bisa sedikit padatkan supaya tanaman bisa berdiri dengan kokoh.
  8. Untuk proses penanaman yang baik, kalian bisa menanamnya waktu musim hujan karena cuacanya sangat mendukung pertumbuhan pohon bunga kenanga.
  9. Setelah kalian menanamnya, kalian bisa mulai menyiram tanaman memakai alat penyiram biasa seperti slang ataupun gayung.

  • Perawatan Bunga Kenanga

Sama dengan Menanam timun, supaya bisa tumbuh subur serta berbunga banyak maka kalian perlu melakukan perawatan pada pohon bunga kenanga yang sudah kalian tanam dengan tepat. Mudah sekali untuk merawat bunga kenanga di Indonesia karena ini merupakan tumbuhan tropis serta asli Indonesia.

kalian cuma perlu menyiram, melakukan pemotongan, serta pemupukan serta penyiangan saja supaya bunga kenanga bisa tumbuh subur dengan bunga yang sangat banyak. Untuk lebih jelasnya lagi cara merawat bunga kenanga akan dijelaskan pada langkag berikutnya dalam cara menanam bunga kenanga.


  • Penyiraman Bunga Kenanga

Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam merawat bunga kenanga yaitu kalian perlu melakukan penyiraman sama seperti Menanam Coklat. Penyiraman dilakukan setiap hari secara rutin. serta supaya kalian tidak salah dalam melakukan proses penyiraman, berikut adalah tips serta langkah yang tepat dalam melakukan penyiraman pada bunga kenanga :

  1. Pada usia kurang lebih antara 7 sampai 10 bulan setelah masa tanam selesai, kalian bisa menyiram bunga kenanga memakai air yang dicampur pupuk. Bertujuan untuk membantu pertumbuhan bunga kenanga serta membuatnya menjadi lebih subur.
  2. Bila kalian tidak mempunyai pupuk cair untuk bahan campuran, maka kalian bisa menyiram bunga kenanga memakai air bekas cucian beras yang sudah didiamkan selama 2 sampai 4 hari.
  3. Dengan memakai cucian air beras, ini sama halnya kalian memakai campuran air serta pupuk untuk air siraman.
  4. kalian bisa melakukan penyiraman memakai air biasa setelah tanaman berumur lebih dari 7 bulan ke atas.
  5. Disarankan kalian menyiramnya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Perhatikan kondisi tanah selalu supaya tetap lembab.

  • Pemangkasan

Berbeda, tidak seperi Cara Menanam Bunga Lavender ataupun jenis bunga lain, maka kalian perlu sekali melakukan proses pemotongan. Proses pemotongan ini harus dilakukan secara rutin. berikut adalah langkah- langkah dalam melakukan pemotongan :

  1. Pemotongan sebaiknya dilakukan kurang lebih setiap satu bulan sekali. Ini selain bertujuan untuk merapikan bentuk tanaman pun untuk menjaga supaya bunga kenanga bisa selalu tumbuh subur.
  2. Potonglah dahan dahan serta daun serta ranting pada pohon bunga kenanga yang dirasa cukup mengganggu serta terlalu mencuat dari pohonnya.
  3. Potong daun, ranting serta dahan memakai gergaji ataupun gunting tanaman. Hindari pemotongan dengan cara mematahkan dahan ataupun rantingnya secara langsung.
  4. Karena cara tersebut selain bisa membuat proses pertumbuhan terganggu, ini pun akan merusak tekstur pada pohon.

  • Pemupukan serta Penyiangan Bunga Kenanga

Proses pemupukan serta penyiangan. Ini sangat penting untuk dilakukan supaya bunga kenanga yang kalian tanam selalu subur serta berbunga banyak. Berikut merupakan tips dalam melakukan pemupukan serta penyiangan :

  1. kalian dianjurkan melakukan pemupukan lanjutan setiap 3 minggu sampai sebulan sekali.
  2. Sembari kalian melakukan pemupukan kalian pun diharuskan melakukan penyiangan di antara lahan tanam bunga kenanga.
  3. Pemupukan serta penyiangan ini bertujuan supaya bunga kenanga dapa ternutrisi dengan baik sampai bisa menghasilkan banyak bunga.

Cara Menanam Bunga Kenanga Dalam Pot

  • Pembibitan

Cara menanam tanaman kenanga bisa dilakukan secara generatif dari biji serta secara vegetatif melalui stek serta cangkok.

Untuk memperoleh bibit kenanga secara stek adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah cabang yang tidak terlalu tua serta tidak terlalu muda.
  2. Potong cabangnya lalu potong-potong lagi antara panjang 10 cm untuk setiap batang stek.
  3. Pangkal batang diiris miring supaya permukaannya lebih luas, selanjutnya diolesi perangsang akar sampai akan banyak akar yang terbentuk atau diolesi fungisida.
  4. Kurangi sebagian daunnya supaya mengurangi beban serta penguapan.
  5. Tancapkan batang stek pada alat tumbuh yang terdiri dari campuran pasir serta tanah humus sedalam 3-4 cm.
  6. Lakukan penyiraman rutin pagi serta sore sampai bibit tumbuh subur dengan jumlah daun antara 10-12 helai.
  7. Bibit kenanga sudah siap ditanam di lahan pertanian atau ke dalam pot.

  • Penanaman

Bila akan menanam pohon kenanga dalam pot caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan pot, isi dasar pot dengan pecahan genting atau arang kayu.
  2. Siapkan alat tanam yang terdiri dari campuran tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.
  3. Isikan alat tanam ke dalam pot sebanyak 1/3 bagian pot.
  4. Tanam bibit kenanga dengan posisi tegak pada bagian tengah pot.
  5. Tambahkan lagi alat sambil dipadatkan sampai antara 5 cm dari bibir pot.
  6. Siram sampai air keluar mengalir dari bagian bawah pot.
  7. Bila dilakukan perawatan dengan rutin tanaman kenanga dalam pot akan rajin berbunga, satu pohon kenanga dewasa paling tidak bisa menghasilkan 2-5 kg bunga setiap harinya.
  8. Pada umur 3 bulan lakukan pemupukan tanaman bunga kenanga, serta sebaiknya gunakan pupuk organik atau bisa pula diberi pupuk NPK, Bila ditanam pada pot berikan pupuk NPK setengah sendok teh saja untuk setiap pot, kemudian ulangi lagi pemberian pupuk NPK pada umur 6 bulan sejak tanam dengan dosis dinaikkan menjadi 1 sendok teh per pot.
  9. Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2-3 bulan secara rutin.

  • Pemangkasan

Lakukan pemotongan pada pohon kenanga, supaya pohon tidak terlalu tinggi yaitu pada kisaran 5-8 m saja. pemotongan pohon pada bagian atas ranting perlu dilakukan sampai pohon berumur 3 tahun, dengan demikian pohon kenanga tidak hanya tumbuh ke atas namun ke samping sampai menjadi lebih rindang serta bisa menghasilkan bunga lebih banyak.


  • Pemanenan

Panen bisa dilakukan dengan memilih bunga yang benar-benar sudah mekar sempurna yakni ditandai dengan warna kelopak bunga berwarna kuning tua serta harum yang menyengat. Karena kadar kandungan minyak atsiri yang tinggi dicapai pada malam hari maka sebaiknya panen bunga kenanga dilakukan pada pagi hari, supaya cepat bisa tiba di tangan penyuling minyak atsiri.

Bagi para petani yang menekuni agribisnis bunga kenanga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan yang akan terus menghasilkan. Dengan perawatan yang tidak sulit pohon kenanga produktif berbunga sepanjang tahun serta waktu panen yang melimpah yaitu setiap 3 bulan sekali.

Kandungan minyak atsiri dari bunga kenanga yang dihasilkan akan lebih banyak waktu musim kemarau, dimana pada waktu musim kemarau pohon kenanga berbunga lebih banyak serta helai daunnya lebih besar sampai menghasilkan minyak yang lebih banyak. Harga normal minyak atsiri dari hasil penyulingan bunga kenanga pada pasar luar negeri mencapai kisaran Rp.500-800 ribu/kg, dengan demikian tak heran Bila pasar dunia selalu terbuka luas bagi petani bunga kenanga di Indonesia.


Manfaat Bunga Kenanga

Bunga ini memang mempunyai beragam manfaat, tidak heran bila banyak masyarakat yang menanam bunga kenanga di pekarangan rumahnya. Terutama bagi masyarakat Jawa bunga kenanga mempunyai arti tersendiri, tidak heran bila bunga ini sering tampil dibeberapa upacara adat. Berikut adalah beberapa manfaat bunga kenanga yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

  • Bunga Kenanga untuk Aromaterapi

Kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam bunga kenanga bisa dijadikan untuk salah satu bahan alternatif untuk membuat parfum aroma terapi. Wangi yang dikeluarkan bunga kenanga akan memberikan dampak dalam kemapuan kelenjar adrenalin yang ada pada sistem syaraf. Pada akhirnya aroma tersebut akan memberikan efek yang menimbulkan perasaan tenang, senang, serta menghilangkan perasaan panik, gelisah, maupun marah.


  • Bunga Kenangan Sebagai Bahan Luluran

Sejak zaman dulu bunga ini sudah dimanfaatkan untuk bahan untuk kecantikan. Terutama untuk kalangan bangsawan yang memakai bunga kenanga untuk bahan perawatan tubuh misalnya untuk bahan luluran serta masker wajah. Memanfaatkan minyak yang terkandung dalam bunga ini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kulit. Salah satunya akan membuat kulit semakin mulus, kencang, halus serta cantik berseri.


  • Bunga Kenangan Mencegah Bau Badan

Bagi kalian yang mempunyai masalah bau badan, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan dengan bunga kenanga. Caranya adalah menyiapkan antara 15 gram bunga kenangan, 600 cc air putih serta sedikit gula batu. Rebusa ketiga bahan tersebut sampai air mendidih serta hanya menyisakan sebagian saja. Setelah itu minum air rebusan tersebut secara teratur.


  • Mengobati Batuk dengan Bunga Kenanga

Batuk merupakan penyakit yang sering menyerang ketika terjadi pergantian musim. Meskipun tidak berbahaya bila terkena batuk serta flu akan sangat menganggu aktivitas kalian. Oleh sebab itu kalian bisa mencoba mengobati penyakit tersebut dengan memanfaatkan bunga kenanga. Cara pembuatannya cukup mudah, kalian hanya perlu merebus antara 15 gram bunga kenangan dengan air sampai mendidih. Lalu saring air rebusan tersebut untuk memisahkan ampasnya. Minum air rebusan tersebut secara teratur sampai batuk yang kalian derita sembuh.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 2 Cara Menanam Bunga Kenanga di Dalam Pot dan Manfaatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: