Cara Menanam Pohon Mangga : Ciri, Penyakit, Manfaat, Jenis!

Diposting pada

Cara Menanam Pohon Mangga : Ciri, Penyakit, Manfaat, Jenis! – Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang sering dijumpai di sekitar kita. Terutama jika rumah kita masih terdapat banyak pohon dan jauh dari keramaian kendaraan yang lalu lalang. Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam kingdom plantae. Tanaman ini juga masuk ke dalam kelompok tanaman berbunga. Biji tanaman ini merupakan biji yang berkeping dua atau biasa disebut dengan dikotil.

Tanaman mangga merupakan salah satu tanaman yang berasal dari india, akan tetapi sekarang tanaman mangga ini telah menyebar ke seluruh daratan di dunia. Berbeda dengan tanaman padi yang merupakan makanan pokok, mangga merupakan buah yang mempunyai rasa manis ketika matang dan cukup lezat untuk dijadikan jus maupun dimakan langsung.


Klasifikasi Pohon Mangga

Cara Menanam Pohon Mangga : Ciri-Ciri, Penyakit, Manfaat, Jenis!

  • Kingdom -plantae
  • Sub kingdom -tracheobionta
  • Infra kingdom -streptophyta
  • Super divisi -embryophyta
  • Divisi -tracheophyta
  • Sub divisi -spermatophyta
  • Kelas -magnoliopsida
  • Super ordo -rosanae
  • Ordo -sapindales
  • Famili -anacardiaceae
  • Genus -magnifera l.
  • Spesies -mangifera indica l.

Ciri-Ciri Pohon Mangga

Mungkin kalian sudah tahu bagaimana pohon ciri ciri pohon mangga secara umum. Akan tetapi apakah kalian tahu ciri ciri pohon mangga mulai dari ujung pangkal akar pohon mangga sampai ujung daun pohon mangga. Berikut beberapa ciri ciri mengenai pohon mangga.


  • Akar Pohon Mangga

Akar merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap tumbuhan. Salah satunya adalah pohon mangga. Pohon mangga mempunyai akar yang berjenis tunggang. Akar ini sangat kuat dan panjang. Panjang akar dari pohon mangga ini dapat mencapai kedalaman hingga 6 meter dari permukaan tanah. Akar ini berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara yang terdapat pada tanah.


  • Batang Pohon Mangga

Berbeda dengan batang pohon pisang yang mempunyai batang yang lunak. Batang tanaman ini mempunyai ciri ciri tegak, besar, keras, dan kuat. Hal ini dikarenakan batang pohon mangga mempunyai kambium yang merupakan lapisan jaringan yang selnya aktif membelah. Tekstur kulit pada pohon mangga tebal dan kasar, dan jika kulit ini terluka akan mengeluarkan getah. Warna kulit batang pohon mangga ini adalah coklat muda hingga coklat kehitaman. Pohon mangga juga mempunyai cabang dan ranting yang ditumbuhi banyak daun.


  • Daun Pohon Mangga

Selanjutnya adalah daun pada pohon mangga. Selain dua bagian diatas, daun pada pohon mangga juga merupakan salah satu bagian paling penting pada pohon mangga. Daun ini berfungsi untuk mengolah zat makanan yang disebut dengan fotosintesis. Daun pohon mangga berwarna hijau dan melebar panjang dengan ujung yang runcing tergantung varietasnya. Daun pohon mangga ini mempunyai tulang daun menyirip.


  • Bunga Pohon Mangga

Seperti yang kita ketahui dari klasifikasi di atas. Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam kelompok tanaman berbunga. Bunga pohon mangga ini berbentuk majemuk. Jumlah bunga yang terdapat di setiap tandan tanaman ini berjumlah sekitar 1000 sampai 8000 kuntum. Dan setiap kuntum bunga ini mempunyai ukuran yang kecil, yaitu sekitar 6 sampai 8 mm.


  • Buah Pohon Mangga

Selanjutnya adalah buah mangga. Buah mangga merupakan salah satu buah yang menjadi primadona di masyarakat. Hal ini dikarenakan buah mangga mempunyai rasa yang manis dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat sebuah minuman maupun makanan. Buah mangga mempunyai bentuk yang beragam tergantung jenis dan varietasnya, akan tetapi biasanya buah mangga berbentuk lonjong, bulat, dan sedikit pipih.

Ukuran buah mangga juga ditentukan oleh jenisnya. Bagian bagian buah mangga yang berubah ketika matang adalah warnanya, warna buah mangga ketika belum masak adalah hijau, akan tetapi ketika sudah matang buah mangga akan mempunyai warna kuning kemerah merahan. Akan tetapi ada juga jenis buah mangga yang tetap mempunyai warna hijau ketika sudah matang.

Biasanya umur mangga yang sudah mulai berbuah adalah 4 tahun untuk pohon mangga cangkokan, sedangkan untuk pohon mangga okulasi akan mulai berbuah ketika berumur 5 sampai 6 tahun. Dalam buah mangga mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin c dan vitamin e, selain itu buah mangga juga mengandung karotenoid yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker.


  • Biji Pohon Mangga

Yang terakhir adalah biji pohon mangga. Biji pohon mangga dapat kalian temukan ketika kalian sudah membuka buah mangga. Biji pohon mangga merupakan biji berkeping dua atau disebut dengan dikotil.


Cara Menanam Buah Mangga

  • Persiapan Bibit Pohon Mangga Cangkokan

Pertama-tama hal yang harus kita persiapkan adalah memilih atau membuat bibit buah mangga cangkokan yang tepat dan unggul. Untuk bibit mangga cangkokan, kalian bisa membuatnya sendiri jika kalian sudah cukup ahli serta jika kalian memang mempunyai pohon mangga yang bagus dan baik. Akan tetapi kalian juga bisa membeli bibit mangga tersebut di toko tanaman ataupun secara online. Pastikan ketika kalian membeli ataupun membuat bibit buah mangga, tidak ada hama tanaman ataupun penyakit pada bibit tersebut sehingga nantinya tanaman buah mangga kalian dapat tumbuh dengan baik dan mampu menghasilkan buah yang baik pula.


  • Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam mangga selanjutnya adalah mempersiapkan lahan tanam yang nantinya akan kita gunakan untuk menanam tanaman buah mangga. Kita bisa menggunakan lahan atau pekarangan rumah kita. Sebaiknya memilih lahan atau pekarangan yang sedikit jauh dari rumah karena nantinya bisa saja buah mangga jatuh keatap rumah atau mengenai orang yang ada di bawahnya. Hal-hal yang harus kalian persiapkan antara lain adalah sebagai membuka lahan dengan membersihkan area lahan dari tanaman liar dan juga tanah sebaiknya digemburkan dengan menggunakan cangkul.

Setelah itu buat jarak antara satu pohon dengan yang lain dengan ukuran jarak sekitar 10 meter setiap pohonnya. Kemudian buatlah lubang dengan bentuk segiempat dan berukuran sekitar 40 cm hingga 1 m pada setiap sisinya. Akan tetapi hal itu tergantung dari ukuran bibit mangga cangkokan yang digunakan. Tambahkan pupuk kedalam lubang kemudian tutup dengan tanah sebanyak setengah meter, sehingga menyisakan setengah meter untuk nanti ditanami oleh bibit mangga.


  • Penanaman dan Perawatan

Setelah dibuat lubang tanam, kini saatnya kita memasukan bibit buah mangga kedalam lubang yang telah sebelumnya diberi pupuk. Beri taburan furadan kedalam lubang kemudian keluarkan bibit tanaman mangga dari polybag atau wadah lain dengan hati-hati dan masukan kedalam lubang tanam. Tutup dengan tanah  dan kemudian siram dengan air pada waktu pagi dan sore hari sampai cukup besar. Nantinya kalian hanya perlu menyiram sekali sehari atau tidak perlu disiram jika hari hujan.

Hal ini penting agar tanaman mangga dapat selalu tumbuh dengan baik dan sehat. Lakukan selalu penyiangan dengan membersihkan tumbuhan liar ataupun tumbuhan yang menumpang hidup di dahan pohon mangga. Kemudian lakukan juga penggemburan tanah sebulan sekali agar tanah tidak memadat dan dapat mengalirkan air dengan baik. Pastikan juga kalian menjaga tanaman mangga dari hama dan juga penyakit tanaman yang berpotensi menyerang tanaman mangga.


Penyakit

Seperti pada tanaman lainnya, pohon mangga juga mempunyai penyakit yang dapat menjangkitnya. Ada bermacam macam penyakit yang dapat menjangkit pohon mangga. Berikut beberapa penyakitnya.


  • Penyakit Kulit Batang Mangga

Penyakit kulit batang mangga atau juga biasa disebut dengan penyakit blendok atau diplodia. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menyerang pada batang dan ranting pada pohon mangga. Biasanya penyakit ini dapat disebabkan oleh luka pada batang pohon mangga.

Ketika musim kemarau pohon mangga akan mengeluarkan blendok. Dan luka akan berkembang dan bertambah lebar ketika musim hujan hingga ke jaringan dalam kayu. Pohon mangga yang terserang oleh penyakit ini mempunyai gejala seperti kulit luar tampak pecah pecah. Lalu akan mengeluarkan cairan coklat kehitaman yang makin lama akan melebar dan kulit akan mengelupas. Sehingga bagian tanaman diatasnya bisa mati.


  • Penyakit Cendawan Jelaga

Penyakit cendawan jelaga adalah penyakit pohon mangga yang disebabkan oleh jamur meliola mangifera atau jamur capmodium mangiferum. Penyakit ini menyerang daun pada pohon mangga dan menyebabkan daun tersebut berwarna hitam seperti beledu.


  • Penyakit Bercak Karat Merah

Yang ketiga adalah penyakit bercak karat merah yang disebabkan oleh ganggang cephaleuros sp. Penyakit ini biasanya menyerang bagian daun, ranting, bunga hingga tunas pada pohon mangga. Ciri-ciri penyakit ini adalah terdapat bercak merah pada bagian pohon mangga yang terinfeksi. Penyakit bercak merah ini sangat berpengaruh terhadap proses pembuahan pohon mangga.


  • Jamur Upas

Penyakit pada pohon mangga yang terakhir pada artikel kali ini adalah penyakit jamur upas. Seperti namanya, penyakit ini disebabkan oleh jamur upas yang mempunyai nama latin corticium salmonicolor yang mempunyai warna putih atau merah jambu mengkilat. Jamur ini dapat berkembang pada musim hujan maupun musim kemarau. Gejala yang disebabkan jamur ini adalah terbungkusnya ranting atau cabang oleh jamur tersebut. Sehingga bagian pohon yang terserang tampak tidak sehat.


Manfaat Mangga

Seperti yang kita tahu mangga merupakan salah satu buah yang menjadi primadona di masyarakat. Lalu apa saja manfaat yang terkandung dalam buah mangga ini. Berikut beberapa manfaatnya.


  • Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat mangga yang pertama adalah dapat mengurangi kadar kolesterol. Vitamin c yang tinggi pada mangga dan serat yang terdapat pada mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu dalam mangga terdapat kalium yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan sel dan mengontrol tekanan darah.


  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat mangga selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsinya. Vitamin yang terdapat dalam mangga inilah yang berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsinya.


  • Baik Untuk Penderita Anemia

Di dalam mangga terdapat banyak zat besi. Zat besi tersebut sangat baik untuk penderita anemia. Karena fungsi dari zat besi sendiri adalah meningkatkan produksi sel darah merah.


  • Mencegah Kanker

Menurut penelitian, dalam buah mangga terdapat antioksidan seperti astragalin, asam garlic, quercetin, methylgallat, dan isoquercitrin yang dapat menghambat tumbuhnya segala jenis kanker yang membahayakan untuk tubuh. Manfaat yang satu ini juga terdapat di dalam tanaman kacang panjang.


  • Menyehatkan Mata

Manfaat terakhir mangga yang akan saya jelaskan adalah dapat menyehatkan mata. Seseorang yang rutin mengkonsumsi mangga akan mendapatkan manfaat mangga yang satu ini. Karena dalam mangga terdapat vitamin a yang sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu rutinlah mengkonsumsi mangga, akan tetapi jangan terlalu banyak. Karena hal yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.


Jenis-Jenis Mangga

Mangga merupakan buah yang masuk ke dalam kelompok tumbuhan. Mangga mempunyai berbagai jenis di seluruh dunia. Berikut beberapa jenis mangga yang akan saya jelaskan di bawah ini.


  • Mangga Harum Manis

Pasti kalian sudah tahu gambar buah mangga di atas, ya jenis mangga di atas adalah mangga harum manis. Jenis mangga yang ini adalah mangga harum manis. Biasanya di masyarakat mangga ini juga disebut dengan mangga arumanis. Nama latin mangga harum manis adalah mangifera indica. Pohon dari mangga ini dapat mencapai ketinggian hingga 9 meter.

Buah tanaman ini jika sudah matang tampak hijau kuning keabu abuan karena tertutup oleh lapisan lilin. Seperti namanya buah tanaman jenis ini mempunyai bau yang harum dan rasa yang benar benar manis. Daging buah mangga ini tebal dan mempunyai sedikit serat. Sehingga cocok untuk dimakan langsung.


  • Mangga Golek

Yang ke dua adalah mangga golek. Mangga golek adalah mangga yang mempunyai pohon yang tidak terlalu besar. Mangga ini mempunyai daun yang lonjong dengan ujung daun yang berbentuk meruncing seperti tombak. Buah dari mangga yang satu ini mempunyai ujung yang runcing dan dapat mempunyai panjang sekitar 17 sentimeter dengan berat hingga 500 gram.

Ketika buah mengga golek ini masak, warna kulit buah akan berubah menjadi kuning kecoklatan. Daging buah mangga golek mempunyai rasa yang manis, berdaging buah tebal, dan tidak terlalu keras. Kalian pasti ketagihan jika mencoba jenis mangga ini.


  • Mangga Manalagi

Selanjutnya adalah mangga manalagi. Mangga manalagi adalah mangga yang mempunyai tinggi sekitar 8 meter. Mangga ini merupakan mangga perpaduan antara mangga arumanis dengan mangga golek.

Buah mangga manalagi apabila sudah matang akan tetap berwarna hijau tua. Mangga manalagi mempunyai daging buah lembut akan tetapi mempunyai rasa yang manis dan berdaging tebal. Mangga ini cocok dimakan saat daging buah agak keras tetapi mempunyai daging buah yang sudah masak.


  • Mangga Madu

Mangga madu mempunyai rasa buah seperti namanya, ya seperti madu. Sekilas mangga ini mempunyai tampilan seperti mangga gadung, akan tetapi perbedaannya adalah ketika mangga madu sudah masak. Ciri-ciri mangga madu apabila sudah matang adalah akan berwarna kuning kemerahan dengan daging buah yang lembut dan terasa manis di mulut.


  • Mangga Kweni

Yang terakhir adalah mangga kweni. Mangga kweni mempunyai bentuk buah berbentuk lonjong dengan ujung sedikit membulat. Ketika sidah masak kulit buah tetap berwarna hijau akan tetapi daging buah berwarna kuning. Mangga ini mempunyai serat yang kasar sehingga mangga ini sangat cocok untuk dijadikan jus mangga.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Pohon Mangga : Ciri, Penyakit, Manfaat, Jenis! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: