Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Angrek Dan Merawatnya!!

Diposting pada

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Angrek Dan Merawatnya!! -Anggrek adalah salah satu Jenis Tanaman Hias paling populer di Indonesia. Banyak orang yang menggunakan waktu luangnya untuk menanam anggrek karena mereka tahu tanaman suku anggrek-anggrek dapat menambah keindahan bagian depan rumah. Anggrek ini dapat ditanam di pot atau dilampirkan. Kami juga menjual berbagai tanaman anggrek yang bisa Anda lihat di sini.

Bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik di negara seperti Indonesia, karena anggrek dapat hidup di daerah tropis yang lembab hingga ke wilayah sirkumpolar. Karena alasan ini, tidak ada yang takut menyimpan anggrek hias di kebun mereka. Jika Anda juga tertarik untuk menanam tanaman hias ini, cari tahu di sini cara menanam dan merawat atau merekatkan anggrek dalam pot.


Cara Menanam Bunga Anggrek

Anggrek yaitu tanaman yang bisa mewakili perasaan seseorang terhadap pasangannya. Itulah sebabnya banyak toko tanaman menjual bunga potong anggrek. Banyaknya pecinta anggrek memicu minat beberapa orang untuk menanam anggrek di rumahnya.

Dalam menjelaskan cara menanam anggrek, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelumnya. Bunga anggrek dapat ditanam dalam pot dan juga dapat ditanam dengan menempel pada papan atau batang pohon. Kami akan membahasnya satu per satu.

Baca Juga: 6 Jenis Bunga Krisan Beserta Gambar dan Sejarahnya Lengkap


  • Menanam Dalam Pot

Anggrek, termasuk tanaman, yang ideal untuk ditanam dalam pot. Sebelum mulai menanam, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pot untuk menanam anggrek terbuat dari pot plastik atau cincang. Disarankan untuk menggunakan pot tanah liat dengan lubang kecil dengan diameter sekitar 2 cm. Kehadiran lubang-lubang ini meningkatkan sirkulasi udara dan memfasilitasi ventilasi dan drainase.

Dengan menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat, air juga dapat diserap ke dalam bahan pot jika kelebihan air disemprotkan. Dengan cara ini, anggrek yang Anda tanam dan rawat akan menghindari busuk akar. Kelebihan lainnya adalah bahwa akar anggrek selalu diawetkan dalam pot tanah liat di bawah kondisi lingkungan yang lembab.

Setelah mendapatkan pot untuk menanam anggrek, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih media tanam yang cocok untuk anggrek. Singkatnya, media tanam yang cocok untuk anggrek dapat terdiri dari campuran beberapa media tanam seperti bata atau ubin yang pecah, pakis, serutan atau potongan kayu, serabut kelapa dan arang.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Bunga Lavender Yang Harus Kalian Ketahui

Jika Anda bingung, disarankan untuk mengisi pot dengan media tumbuh dalam bentuk serat kelapa, potongan pakis, arang dan batu pecah. Setelah pot diisi dengan media tanam, siapkan bibit anggrek yang Anda dapatkan dari toko pertanian dalam kemasan botol 1 cm. Tanam bibit anggrek langsung dalam pot yang sudah mengandung media tanam.


  • Menanam Dengan Ditempel Dibatang Pohon

Jenis Bunga Anggrek epifit bisa mendapatkan penampilan yang lebih menarik dengan kesan alami dengan menempelkannya pada batang pohon. Jenis penanaman ini adalah habitat asli untuk anggrek epifit. Untuk menanam Anggrep pada batang pohon, Anda harus memilih pohon yang cukup teduh sehingga intensitas sinar matahari dipertahankan dalam dosis sedang dan tidak terlalu tinggi.

Anggrek epifit dapat ditanam pada batang pohon yang hidup atau mati. Sebenarnya, itu juga bisa dilakukan pada tiang beton selama tempat anggrek terpasang memenuhi persyaratan kelembaban sehingga pertumbuhannya berjalan dengan baik. Jika Anda menggunakan pohon mati, pilih pohon yang tahan air dan tahan panas matahari sehingga batangnya tidak mudah busuk.

Saat memilih pohon yang hidup, tentukan pohon dengan batang yang tebal agar tidak mudah dikupas. Lebih baik menggunakan pohon dengan permukaan batang yang cukup kasar untuk mendapatkan perlekatan akar yang baik. Beberapa pohon yang memiliki kriteria batang adalah jambu air, mangga, asam, nangka dan rambutan.

Sebelum menempel, batang pohon harus dilampirkan dengan media yang dapat mengikat air, mis. B. tempurung kelapa, potongan pakis atau serat. Anggrek yang menempel dapat berupa tanaman muda (atau dewasa), petani atau kolak. Jika Anda ingin menanam tanaman dewasa, angkat tanaman bersama-sama dengan media nutrisi.

Jika Anda menggunakan tanaman muda dan bibit dari kolak, potong beberapa akar sebelum menempel dan kemudian cuci bersih dengan air. Biji atau akar tanaman muda kemudian direndam dalam larutan fungisida selama satu hingga dua menit. Kemudian celupkan kembali ke dalam pengatur tumbuh pada saat yang sama.

Perendaman juga bisa dilakukan untuk tanaman dengan media tanam tambahan.


Merawat Bunga Anggrek

Di bawah ini kami berikan beberapa tips penting untuk perawatan anggrek agar mekar dengan cepat.


  • Sinar Matahari

Cara merawat anggrek agar mekar dengan cepat. Yang pertama adalah Anda perlu memperhatikan sinar matahari. Mengapa itu penting? Karena sinar matahari penting dalam fotosintesis dan paparan sinar matahari, tanaman anggrek Anda dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Sinar matahari digunakan sebagai sumber energi untuk tanaman anggrek Anda, sehingga sangat berguna untuk semua bagian tanaman anggrek Anda seperti daun, bunga dan biji. Itu juga dapat menggunakan sinar matahari untuk memperbaiki bagian tanaman yang rusak dan juga berfungsi sebagai cadangan makanan. Anda perlu tahu bahwa intensitas dan juga jumlah cahaya yang dibutuhkan antara tanaman anggrek dan tanaman anggrek lainnya relatif berbeda. Ini juga berlaku saat Anda membaca bagaimana nyala bunga Irian ditanam.

Baca Juga: 4 Jenis Bunga Cempaka Beserta Gambar dan Manfaatnya!


  • Tempat Tinggi

Untuk membuat anggrek mekar dengan cepat, ketinggian lokasi harus diperhatikan. Secara umum, tanaman anggrek tumbuh pesat di daerah dengan iklim tropis, dan ketinggian tempat di mana anggrek tumbuh juga dibagi menjadi tiga wilayah:

  1. Tanaman anggrek yang tumbuh di dataran tinggi pada siang hari pada suhu antara 18 dan 21 derajat Celcius, sedangkan suhu malam mencapai 13 hingga 18 derajat Celcius. Jenis-jenis anggrek yang biasanya tumbuh di daerah ini adalah seperti Miltonia, Cymbidium dan juga Paphiopedilum.
  2. Sementara itu, anggrek yang tumbuh di daerah beriklim sedang berada di antara 501 dan 1000 meter di atas permukaan laut.
  3. Sedangkan untuk suhunya adalah ketika suhunya bisa mencapai 19 hingga 32 ° C di siang hari dan juga di sore hari suhunya bisa mencapai 19 hingga 21 ° C. Phalaenopsis dan juga Cattleya.

    Tanaman anggrek berikutnya adalah tanaman anggrek yang tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian kira-kira. 500 m di atas permukaan laut dan memiliki suhu harian 34 – 38 ° C. Jenis tanaman anggrek yang cocok untuk ditanam di sini termasuk Vanda, Arachnis, dan Renanthera.

Adapun hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan, berikut ini adalah:

  1. Sirkulasi udara
  2. Kelembaban
  3. Photoperiodität
  4. Dan juga dengan mempertimbangkan faktor-faktor Kejadian

Sementara itu, cara merawat anggrek berikutnya yang perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti yang akan kami jelaskan di bawah:

  1. Memilih rumah terlindung yang cocok. Anda harus tahu bahwa anggrek harus ditempatkan di rumah dengan intensitas cahaya antara 50 dan 70%, sehingga atap rumah yang dilindungi harus dilengkapi dengan paranet.
  2. Memperhatikan bagaimana penataan anggrek. Agar anggrek dapat berbunga dengan cepat, Anda juga harus memperhatikan cara mengatur tanaman. Kami merekomendasikan untuk meletakkan rak anggrek di ketinggian sekitar 1 m, dan Anda tidak boleh diinstruksikan untuk tidak meletakkan level apa pun, karena ada kekhawatiran sirkulasi udara akan terganggu.
  3. Memperhatikan kelembaban. Agar nantinya anggrek dapat tumbuh dengan cepat, kelembaban udara harus antara 60 – 80%. Sementara itu, untuk menjaga kelembaban, Anda dapat membuat kolam di bawah rak atau membuat kabut di rumah terlindung dengan menggunakan instalasi semprotan.
  4. Media pertumbuhan juga termasuk dalam faktor-faktor yang menentukan apakah anggrek mekar dengan cepat atau tidak. Media nutrisi yang tepat untuk membuat anggrek mekar dengan cepat terdiri dari dua bagian. Anda harus mengisi 1/3 lantai dengan batu bata dan mengisi 2/3 sisanya dengan pakis.
  5. Desain pot juga memiliki dampak besar pada tanaman hias anggrek, sehingga mereka mekar dengan rajin. Pot yang ideal untuk Anda adalah pot tanah liat dengan banyak lubang.
  6. Agar anggrek mekar dengan rajin, Anda benar-benar perlu memperhatikan masalah kadar air media yang digunakan. Jika cuaca sangat panas pada saat ini, Anda perlu menyiram 2 kali. Jika hujan, Anda tidak perlu menyiram.
  7. Selain itu, kadar air media harus diperhatikan. Waktu penyiraman yang benar adalah pukul 7 pagi hingga 9 pagi dan 3 pagi hingga 5 sore.
  8. Saat pemupukan, Anda juga harus memastikan bahwa anggrek mekar dengan rajin dengan memberikan pupuk yang mengandung nutrisi P yang tinggi. Pemupukan dapat dilakukan dengan menyemprotkan atau menyiram dengan pupuk slow release yang ditaburkan di media tanam anggrek.
  9. Untuk membuat anggrek mekar, terkadang perlu diberikan ZPT atau hormon yang disebut. Hal lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan air kelapa dengan konsentrasi 15% (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter)
  10. memperhatikan pengendalian hama dan pengendalian penyakit. Memerangi hama dan penyakit adalah salah satu cara merawat anggrek sehingga bunga rajin. Seperti tanaman hias lainnya, anggrek tidak kebal terhadap hama dan penyakit. Agar anggrek mekar dengan rajin, mereka harus dibersihkan dari kotoran, gulma dan daun busuk. Penggunaan insektisida juga bisa menjadi alternatif jika diserang oleh hama. Anda juga dapat menggunakan fungisida jika tanaman anggrek Anda jamur dan bakterisida jika tanaman Anda terinfeksi bakteri.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Angrek Dan Merawatnya!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: