Jenis Bunga Angrek

Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah

Diposting pada

Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah_ Para pecinta tanaman hias pasti sudah sangat familiar dengan bunga yang satu ini yang bernama Bunga Anggrek. Anggrek merupakan salah satu jenis bunga hias yang memiliki daya tarik yang sangat indah.

Jenis Bunga Angrek

Bunga anggrek ini memiliki banyak jenis, yang paling populer di antaranya adalah jenis anggrek. Di Indonesia, anggrek bulan jenis ini sangat digemari anak muda karena pada umumnya mereka menjadikan anggrek bulan ini sebagai hadiah spesial untuk kekasihnya.

Supaya kalian tidak penasaran dengan jenis anggrek yang ada, yuk kita bahas di artikel kami. Berikut tipenya:


Anggrek Ungu

Anggrek ungu memiliki nama ilmiah Phalaenopsis violacea. Anggrek jenis ini memiliki penampilan yang cantik dengan aroma yang harum. Sesuai dengan namanya, bunga ini didominasi oleh warna ungu yang meninggalkan kesan anggun dan indah. Billa kalian ingin mengetahui cara menanam angrek bisa klik disini.


  • Anggrek Jeruk

Anggrek Jeruk

Sesuai dengan namanya, tanaman ini berwarna orange dengan bintik-bintik kecoklatan. Anggrek jeruk memiliki bunga yang lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan dengan saudara kandungnya.


  • Sendok Anggrek

Sendok Anggrek

Nama bunga anggrek ini diambil dari ciri bentuk daunnya yang menyerupai sendok. Anggrek kuning cantik ini memiliki bagian tengah yang terlihat seperti menjulur seperti lidah berbentuk sendok.


  • Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan

Anggrek kebutan atau nama ilmiahnya Ascocentrum miniatum merupakan anggrek yang banyak digunakan dalam dekorasi pernikahan. Anggrek kebutane biasanya berwarna jingga cerah dengan bunga kecil bertumpuk.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer


  • Anggrek Sikat Gigi

Anggrek Sikat Gigi

Anggrek ini disebut anggrek sikat gigi karena bentuknya yang tertata rapi seperti bulu sikat gigi. Tanaman jenis ini tumbuh di dataran rendah dan memiliki warna ungu yang memikat berpadu dengan putih.


  • Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium merupakan salah satu jenis anggrek yang digandrungi banyak orang karena memiliki warna bunganya yang cerah dan terlihat sangat indah.

Tanaman yang mudah ditemukan ini tentu saja menjadi pemanis rumah yang bagus. Biasanya Dendrobium berwarna putih bersih, kombinasi putih dan ungu hingga kuning.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!


  • Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek tebu jenis ini bisa menjadi salah satu jenis anggrek terberat karena beratnya bisa mencapai 1 ton! Anggrek cantik ini tak hanya besar, tingginya juga bisa 3 meter!

Anggrek bernama latin Grammatophyllum speciosum ini memiliki ciri khas warna bunga kecoklatan dan bintik-bintik dengan pola seperti macan. Oleh karena itu anggrek tebu sering disebut sebagai anggrek macan.


  • Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek bulan merupakan salah satu jenis tanaman anggrek yang sangat digemari masyarakat karena bentuknya yang sangat indah dan unik. Ada dua alasan mengapa banyak pecinta anggrek memilih anggrek bulan jenis ini sebagai dekorasi rumah.

Pertama, karena anggrek bulan mudah dirawat. Kedua, anggrek bulan merupakan tumbuhan yang tumbuh dengan mudah menempel pada batang atau pohon.

Baca Juga: 6 Jenis Bunga Aglaonema Lengkap Dengan Cara Penanamanya


  • Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya dibedakan berdasarkan ukurannya dibandingkan dengan anggrek spesies lainnya. Menemukan anggrek yang satu itu memang sangat mudah, karena tersebar luas.


  • Anggrek Monyet

Anggrek Monyet

Seperti namanya, anggrek monyet memiliki bentuk yang menyerupai wajah monyet drakula. Meski terlihat seperti monyet, tumbuhan bernama latin Dracula simia ini juga dikenal dengan sebutan “naga kecil”.

Tanaman anggrek jenis ini dapat tumbuh pada ketinggian 1.000 m hingga 2.000 m dpl dengan suhu antara 27 derajat Celcius dan kelembaban 80 hingga 90 persen.

Baca Juga: Mengetahui 24 Jenis Kembang Sepatu beserta Gambar Lengkap!!


  • Anggrek Kumis Kasut

Anggrek Kumis Kasut

Anggrek sandal kumis atau nama ilmiahnya Paphiopedilum Chamberlainianum merupakan salah satu jenis anggrek dengan bentuk bunga yang sangat unik. Bentuknya lucu seperti bayi dengan kantong tidur. Warnanya hijau di bagian atas dan ungu muda di bagian bawah.

Untuk jenis ini tumbuh di atas tanah dengan ketinggian mencapai 30 centimeter (cm) sampai dengan 45 cm dan sangat cocok tumbuh pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. untuk tumbuh. Namun, untuk mendapatkan tumbuhan ini cukup sulit karena populasinya yang sangat langka.


  • Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah atau Tien Soeharto merupakan salah satu jenis anggrek yang tumbuh di daerah tertentu. Bentuk bunganya menyerupai pita meruncing dan bisa tumbuh hingga 50-60 cm.

Nama bunga yang berasal dari Kabupaten Samosir, Sumatera Utara ini memiliki keunikan tersendiri. Penamaan tanaman ini merupakan penghormatan atas prestasi Tien Soeharto di dunia orkestrasi Indonesia.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias yg Cocok Untuk Ruanagan dan Halaman Rumah


  • Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Anggrek unik lainnya yaitu anggrek hitam dari Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaya. Anggrek dengan nama latin Coelogyne pandurata ini sebenarnya tidak didominasi warna hitam. Bagian yang gelap hanya sedikit di tengah.

Sayangnya, akibat menyusutnya hutan di Kalimantan, anggrek hitam termasuk anggrek langka.


  • Bulan Anggrek Kalimantan Barat

Bulan Anggrek Kalimantan Barat

Anggrek jenis ini merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki bentuk yang sangat indah. Anggrek Kalimantan Barat memiliki corak cerah, perpaduan antara putih, kuning, dan merah.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Anggrek di Pohon dan Perawatannya!


  • Anggrek Bibir Berbulu

Anggrek Bibir Berbulu

Anggrek berbulu adalah bunga indah yang asli Indonesia. Namun, anggrek jenis yang disebut Latin Coelogyne speciosa ini kurang populer. Soal namanya, anggrek berbulu karena bibirnya ditutupi rambut putih seperti jenggot.


  • Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang

Mengapa disebut bintang bulan? Karena jumlah mahkota pada bunga ini ada lima. Sehingga membentuk bintang, sedangkan di tangan bunga membentuk bulan.

Tanaman yang secara ilmiah disebut Paraphalaenopsis denevei ini diketahui berasal dari Kalimantan. Anggrek ini bisa ditemukan di dekat sungai atau menempel di pohon.

Anggrek latin Phalaenopsis violacea merupakan tanaman hias yang sangat diminati karena bentuknya yang tidak biasa dan dapat menebar aroma yang harum. Sayangnya, anggrek ini sudah tergolong terancam punah.


  • Anggrek Vanda

Anggrek Vanda

Anggrek jenis ini memiliki ukuran dan bentuk daun yang berbeda-beda. Ada yang sempit, lebar, tipis, tebal, berbentuk sendok, pita, atau pensil. Anggrek vanda tumbuh sebagai anggrek tanah dan menempel pada tanaman lain.


  • Anggrek Zamrud

Anggrek Zamrud

Dinamakan Dendrobium macrophyllum dalam bahasa latinnya, anggrek ini memiliki ciri-ciri seperti rambut pada bunga yang menyerupai buah rambutan. Memiliki penampilan yang unik dengan dominasi garis-garis kuning kehijauan dan kecoklatan di bagian tengah.


  • Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara berwarna hijau dengan pola seperti kilat. Anggrek yang memiliki nama latin Macodes petol ini berukuran kecil dibandingkan jenis anggrek lainnya.

Anggrek ini sangat berbeda dengan spesies lainnya. Keindahannya dinikmati pada daunnya yang memiliki corak rumit. Ini bisa ditemukan di daerah lembab pada ketinggian 100-800 meter di atas permukaan laut. berkembang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: