Jenis Kembang Sepatu

Mengetahui 24 Jenis Kembang Sepatu beserta Gambar Lengkap!!

Diposting pada

Mengetahui 24 Jenis Kembang Sepatu beserta Gambar Lengkap!!_ Bunga cantik ini memiliki warna yang berbeda-beda, ada yang merah, kuning, putih, jingga dan merah jambu dan masih banyak lagi warna lainnya. Bunga ini dikenal dengan nama kembang sepatu atau Wora-Wori dari kata latin Hibiscus rosa sinensis.

Jenis Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu didominasi oleh warna mencolok yang indah dan biasanya ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan seni bunga sepetu yang kami kenal. Untuk lebih jelasnya kita baca artikel berikut ini dengan seksama 🙂


Hibiscus Mutabilis

Varietas kembang sepatu ini juga dikenal sebagai “Confederate Rose” atau “Dixie Rose Mallow”. Bunganya mekar dua kali dan memiliki dedaunan putih atau hijau. Menanam Hibiscus mutabilis pasti menambah keindahan taman Anda.

Bunga-bunga ini, yang mekar dari musim panas hingga musim gugur, memiliki diameter 10 hingga 15 cm. Warna bunga Hibiscus mutabilis didominasi oleh merah muda dan putih, yang dapat berubah menjadi merah tua seiring waktu. Bunga ini tumbuh dengan baik di tanah kering dan lebih menyukai daerah teduh.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Mawar Dari Stek serta Mencangkok Bunga Mawar


  • Hibiscus Coccineus

Hibiscus Coccineus

Hibiscus coccineus juga dikenal sebagai “Texas Star Hibiscus”. Pohon tanaman ini dapat tumbuh setinggi 2 meter dan memiliki bunga berwarna merah cerah yang indah dengan diameter sekitar 7 sampai 10 cm.

Berhati-hatilah jika Anda berencana menggunakan bunga ini untuk menghiasi halaman karena Hibiscus coccineus sangat membutuhkan sinar matahari dan sangat rentan terhadap cuaca yang sangat dingin. Jangan lupa tambahkan pupuk yang cukup agar tumbuh sempurna dengan bunga yang mekar dengan indah. Dan ketika bunga kembang sepatu itu mulai mekar, Anda pasti akan dihibur oleh burung kolibri yang juga sangat menyukai Hibiscus coccineus. Jika kaian ingin tahu cara menanam kembang sepatu bisa liat disini!.


  • Hibiscus Cannabinus

Hibiscus Cannabinus

Di Indonesia tumbuhan ini dikenal dengan sebutan “Jute Jawa” atau “Rami Jawa”. Di Persia, Hibiscus cannabinus dari keluarga Malvaceae dikenal sebagai “Kenaf”. Rami jawa banyak ditanam oleh petani Indonesia. Seratnya banyak digunakan untuk membuat rami.

Bunga kembang sepatu berukuran besar, soliter, berwarna merah dengan diameter atau diameter sekitar 7 sampai 10 cm. Semak ini biasanya tumbuh dengan baik di tanah kering dan bunganya mekar di musim semi atau awal musim panas dalam kondisi cerah.


  • Hibiscus Tiliaceus

Hibiscus Tiliaceus

Di kalangan pecinta kembang sepatu, kembang sepatu dari keluarga Mallow ini lebih dikenal dengan julukan “kembang sepatu laut” atau “kembang sepatu pantai”. Semak ini bisa tumbuh 3 sampai 6 cm. Cabang-cabang semak masih muda, sedangkan pucuk dan bunganya ditutupi rambut pendek yang halus.

Kembang sepatu pantai ini umumnya berwarna kuning pucat dengan inti berwarna merah dan memiliki batang yang panjang dan lentur. Bentuk bunga besar dengan 5 kelopak yang mencolok. Sedangkan daunnya berwarna hijau tua dengan bentuk hati.

Baca Juga: 6 Jenis Bunga Aglaonema Lengkap Dengan Cara Penanamanya


  • Hibiscus Luna Red

Hibiscus Luna Red

Bunga kembang sepatu ini merupakan tumbuhan perdu yang lebat dan lebat serta memiliki bunga yang sangat besar. Dengan lima kelopak dan dedaunan hijau muda, varietas kembang sepatu merah kembang sepatu populer di kalangan pecinta tanaman dan sering kali menjadi pilihan pertama untuk dekorasi taman dan dekorasi acara.

Bunga ini tumbuh subur di tanah subur dengan kelembapan yang cukup. Bunga mencolok dan mencolok berdiameter enam hingga delapan inci dan layu atau mati saat musim dingin tiba dan kemudian mekar lagi di musim panas. Perlu diperhatikan bahwa bagi yang ingin merawatnya di taman sebaiknya ditanam dalam pot atau wadah besar.


  • Mango Liqueur

Mango Liqueur

Hibrida hibrida, atau biasa dikenal sebagai “minuman keras mangga”, memiliki bunga yang lebar sepanjang 6 hingga 8 inci dan kelopak bunga yang terlihat seperti bunga tua yang berantakan.

Tanaman yang bisa tumbuh setinggi 7 meter ini kerap muncul sebagai dekorasi ruangan di acara pernikahan, pesta, atau acara formal maupun non formal lainnya.


  • Exuberance

Exuberance

Bunga kembang sepatu yang sering disebut dengan istilah “riang” ini memiliki bunga berwarna-warni dengan lebar 17 hingga 22 cm. Ada berbagai macam variasi warna bunga termasuk kuning, oranye, merah, dan merah muda.


  • Beach Beauty

Beach Beauty

Bunga jenis ini cukup besar, diameternya sekitar 8 inci. Warna bunganya cantik dengan corak mulai dari kuning keemasan, putih muda hingga merah muda permen.

Kembang Sepatu Cantik Pantai yang dapat tumbuh hingga setinggi 6 meter ini mengandung bunga hibrida (turunan yang berasal dari kombinasi dua spesies berbeda) dengan kombinasi warna lembut dan tajam yang dihasilkan dari persilangan “kedua orang tua” yaitu the “ciuman yang dicuri” dan kembang sepatu “Acapulco Gold”.


  • Secret Heart

Secret Heart

Bunga kembang sepatu, yang tersedia dalam varian dua warna yang indah, menakjubkan dan bekerja dengan baik di tanah alkalin. Yang unik adalah di cuaca dingin “Secret Heart” tumbuh dengan bunga berwarna pink di bagian pinggir dan merah menyala di tengah. Warnanya bisa berubah saat mekar di cuaca yang lebih hangat, yaitu biru di bagian dalam dan merah muda di bagian pinggir.

Warna-warni indah bunga kembang sepatu ini diwarisi dari “sang ayah” yaitu “Rocket Red Glare”. Sedangkan daun yang tampak luar biasa berasal dari ‘ibu’, ‘crème de cacao’.

Baca Juga: 2 Cara Menanam Bunga Kenanga di Dalam Pot dan Manfaatnya!


  • Champagne

Champagne

Kembang sepatu sampanye mekar dengan bunga tunggal besar berdiameter hingga 20 cm. Bunganya didominasi warna kuning dengan inti berwarna merah besar. Tanaman ini merupakan hasil persilangan antara “Muffin Man” dan “Rainbow Christie”.


  • Aphrodite

Aphrodite

Aphrodite sangat populer karena bunganya yang besar berwarna fuchsia yang menawan dengan inti kuning cerah. Bunga yang mekar setiap tahun di bulan Agustus dengan diameter 15 hingga 20 cm ini merupakan bunga hibrida antara ‘Space Oddity’ dan ‘Vin Extraordinaire’.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Anggrek di Pohon dan Perawatannya!


  • Luna Pink Swirl

Luna Pink Swirl

Dengan tanaman tahunan yang bisa berbunga kapan saja, Luna Pink Swirl membutuhkan tanah yang lembab dan subur sebagai media tumbuh. Biasanya bunganya mekar di akhir musim panas dengan diameter sekitar 20 cm.

Jika Anda berencana menanam bunga cantik ini di taman, Anda harus mewaspadai penyakit jamur yang sering menyerang semak belukar. Pasalnya ‘Luna Pink Swirl’ rentan terserang penyakit jamur.


  • Hibiscus Blue River II

Hibiscus Blue River II

Ditanam di bawah sinar matahari dan di tanah yang subur, bunga ini bisa mekar dengan indah. Tinggi pohon bisa mencapai 4 hingga 5 meter. Daunnya berwarna hijau muda, sangat kontras dengan kelopak putihnya.

Hibiscus Blue River mekar dari pertengahan musim panas hingga awal musim gugur setiap tahun. Sayangnya, bunganya tidak berumur panjang karena tidak bisa bertahan lebih dari sehari.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kertas: Macam dan Cara Merawatnya!


  • China Rose

China Rose

Mawar cina dikenal sebagai tumbuhan hitam karena kegunaannya sebagai semir sepatu di daerah tropis. Bunga kembang sepatu ini merupakan semak yang populer di Asia. Mereka dapat tumbuh setinggi 4,5 hingga 7,6 meter dan tahan terhadap cuaca beku musim dingin.

Sedangkan bunganya yang biasanya mekar dengan daun tunggal atau ganda berbentuk lonjong dengan panjang 7-10 cm. Biasanya bunga China Rose berwarna merah, tetapi beberapa varietas berwarna kuning, merah muda, dan oranye.


  • Rock Hibiscus

Rock Hibiscus

Bunga kembang sepatu yang sering disebut sebagai kembang sepatu batu ini memiliki nama latin Hibiscus denudatus dan merupakan tanaman asli Meksiko dan Amerika Serikat. Disebut Kembang Sepatu Batu karena bunga semak ini melekat pada daerah berbatu dan dapat bertahan di ketinggian lebih dari 609 meter.

Daun kembang sepatu ini sangat jarang, kalaupun pernah tampak berwarna abu-abu dan berbentuk segitiga. Sedangkan bunganya memiliki berbagai macam warna mulai dari putih, ungu tua hingga merah muda dengan 5 kelopak masing-masing berdiameter 12 cm.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Angrek Dan Merawat Bunga Angrek Dengan Benar!


  • Hibiscus Trionum

Hibiscus Trionum

Bunga kembang sepatu yang dikenal dengan sebutan “Bunga Jam” ini menyandang nama latin Hibiscus trionum dan tingginya bisa mencapai 1,2 meter. Bunga-bunga indah ini, yang umumnya berwarna krem ​​dan kuning, sering digunakan untuk mempercantik taman dan keperluan dekoratif.


  • Roselle

Roselle

Bunga yang juga dikenal dengan nama Indian rosella ini memiliki bunga tunggal berwarna kuning dan tidak ada batang yang menonjol. Kembang sepatu ini merupakan semak abadi atau abadi yang tumbuh setinggi 2 hingga 2,5 meter. Daunnya memiliki tiga sampai lima cekungan dengan panjang 7 sampai 15 cm. Bunganya berdiameter 10 cm dan berwarna putih sampai kuning muda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Lili Dan Jenis-Jenis Bunga Lili


  • Rose in Sharon

Rose in Sharon
Rose in Sharon

Rose in Sharon adalah nama panggilan Hibiscus syriacus. Kembang sepatu ini adalah semak yang kuat yang mudah tumbuh dan mekar panjang dari akhir musim panas hingga pertengahan musim gugur.

Bunga kembang sepatu ini ditemukan di Korea Selatan. Bunga-bunga indah dalam warna putih, lavender dan ungu dengan panjang kelopak antara 7-15 cm. Pohon tanaman ini bisa mencapai ketinggian 1,5 hingga 4,5 meter dan memiliki daun lonjong dengan gigi tajam dan warna gelap. Pada umumnya bunga kembang sepatu ini mekar dengan sempurna jika dirawat dan dibudidayakan dengan baik. Sementara itu, bunganya akan terlihat lebih kecil jika dibiarkan tumbuh di alam liar.


  • Abelmosk

Abelmosk

Berasal dari India, bunga ini memiliki banyak julukan, mulai dari ‘Musk Mallow’, ‘Kesturi’ hingga ‘Musk Seeds’. Menariknya, di negara asalnya, abelmosk dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berbagai keperluan, dengan campuran bahan wewangian musk, campuran kopi (bijinya) dan pucuknya diolah dan dikonsumsi sebagai lalapan yang nikmat.

Dalam dunia kesehatan dan pengobatan, bunga kembang sepatu yang dapat tumbuh setinggi 0,5 – 2 meter ini sering digunakan dalam metode pengobatan alami homeopati (pengobatan alternatif) untuk mengobati sistitis gonore dan uretritis.


  • Giant Rose Mallow

Giant Rose Mallow

Bunga kembang sepatu yang mirip dengan Hibiscus moscheutos ini memiliki daun yang lebih lebar, halus, berwarna tembaga dan pohon yang cukup tinggi. Bunganya didominasi warna merah jambu, meski ada juga yang putih dengan inti merah tua.

Bunga mallow mawar raksasa dapat tumbuh satu demi satu dari pertengahan musim panas hingga musim gugur. Bunga cantik ini menyukai tanah yang lembab dengan banyak sinar matahari.


  • Rose Mallow

Rose Mallow

Rose Mallow adalah bunga kembang sepatu warna-warni dengan nama latin Hibiscus moscheutos. Semak abadi ini bisa tumbuh setinggi 7 meter. Warna bunganya didominasi oleh merah muda, yang semakin gelap seiring bertambahnya usia. Juga dikenal sebagai “bunga rawa mallow laut” atau “bunga rawa mawar mallow”, kembang sepatu ini ditemukan di daerah dengan cuaca dingin dan umumnya mekar di musim panas.


  • Checkered Hibiscus

Checkered Hibiscus

Daun kembang sepatu dari famili Malvaceae berwarna hijau tua dan tampak berkilau. Sedangkan warna bunganya sangat bervariasi, antara lain merah muda, merah tua, putih, dan krem. Bunganya memiliki diameter kira-kira. 10 cm dan terlihat sangat bagus saat mekar penuh. Agar bisa mekar sempurna, kembang sepatu ini membutuhkan tanah kering yang baik.


  • Hibiscus Hawaii

Hibiscus Hawaii

Kembang sepatu Hawaii terdiri dari tujuh jenis kembang sepatu asli Hawaii. Kelopaknya besar dan cerah. Jenis kembang sepatu ini tumbuh sangat cepat dan bertahan cukup lama dibandingkan jenis kembang sepatu lainnya.


  • Hibiscus Sabdariffa

Hibiscus Sabdariffa

Sering dijadikan tanaman taman karena keindahannya, kembang sepatu ini termasuk salah satu jenis kembang sepatu yang paling digemari. Dikenal juga dengan nama kembang sepatu Roselle, bunga ini memiliki varian warna putih, pink muda hingga kuning muda dan umumnya bercak merah pada setiap kelopaknya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengetahui 24 Jenis Kembang Sepatu beserta Gambar Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: