Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Lili Dan Jenis-Jenis Bunga Lili

Diposting pada

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Lili Dan Jenis-Jenis Bunga Lili -Bagi yang memiliki hobi menanam bunga hias, nama Buna Lily tentu bukan hal asing. Bunga lily sering digunakan untuk mempercantik tampilan buket bunga atau dekorasi pernikahan. Karena keindahan bunga lily, plastik atau bunga buatan juga tersedia yang menyerupai bentuk aslinya. Sebelum kita melihat lebih dekat pada bunga lily ini, kita harus terlebih dahulu membiasakan diri dengannya

Bunga lili atau orang Indonesia lebih mengenal bunga lili, adalah bunga dari Eropa, tetapi juga terjadi di Asia. Berasal dari keluarga Liliaceaei, Lily Flower menyandang nama latin Lilium regale. Bunga lily ini memiliki tampilan dengan ketinggian kira-kira. 60-180 cm, dilengkapi dengan batang bunga yang kuat dan ramping.

Seperti bunga hias pada umumnya, bunga lili ini datang dalam berbagai warna seperti putih, merah, oranye, ungu, kuning, dan hitam dengan tambahan bintik-bintik. Bunga lily ini memiliki banyak penggemar penikmat bunga hias, tetapi masih banyak orang yang takut dan ragu menanam bunga lily di rumah. Meski Lily, termasuk bunga, bisa beradaptasi dengan lingkungan tempat ia tinggal.

Contoh habitat bunga Lily misalnya hutan, gunung, rumput, sering ada bunga lily yang tumbuh di rawa-rawa. Jika Anda berencana untuk menanam bunga ini, pastikan tanah yang digunakan memiliki pH seimbang karena bunga ini tumbuh dengan baik saat menggunakan media tanah dengan pH seimbang. Bunga lili ini juga tumbuh subur ketika ditanam di dataran tinggi (1000 – 1200 meter di atas permukaan laut).

Salah satu yang sangat baik dan populer dengan beberapa penikmat bunga hias dan bunga potong adalah bunga lily putih. Bahkan jika bagian putihnya putih dan berwarna, bunga lily putih terlihat elegan dan anggun. Banyak orang menggunakan bunga lili putih sebagai hiasan untuk pernikahan, untuk karangan bunga atau sebagai hiasan bunga yang biasanya diletakkan di vas bunga.

Bentuk bunganya juga besar, terutama jika sudah mekar sehingga tidak harus berbaris dalam jumlah besar. Bunga lily putih juga tidak sedap dipandang. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu cara merawat bunga lili putih dengan benar ketika berada di lantai atau memotong bunga hias. Agar Lebih jelasnya mari kit abaca dengan seksama artikel kami dibawah ini.


Cara Menanam Bunga Lili

  • Pemilihan Umbi Bunga

Setelah panen, benih umbi yang akan ditanam dipilih dan segera ditanam dengan memilih umbi yang tidak memiliki lapisan luar, yang disebut tunik, yang melindungi umbi dari kekeringan. Semakin cepat umbi bunga bakung ditanam, semakin cepat tumbuh.


  • Media Tanam

Bunga bakung menyukai sinar matahari, tetapi umbinya suka dingin sepanjang musim panas. Gali lubang sedalam 10-15 cm, lebih dalam lebih baik karena tidak hanya melindungi umbi dari panas, tetapi juga mendukung batang lily dengan baik. Lily juga bisa ditanam di bukit. Tanam bunga lily di tanah dan tutupi dengan tanah setelah 10-15 cm. Metode ini juga berkontribusi terhadap drainase yang lebih baik. Jaraknya sekitar 15 cm, sehingga matahari tidak terganggu.


  • Pemupukan

Tanah di dasar lubang ditaburi dengan pupuk kandang, lalu umbi bunga bakung ditempatkan dan ditutup dengan tanah atau kompos. Siram bunga lily sampai tanah lembab untuk merangsang pertumbuhan bunga lily.

Saat akar lily mulai tumbuh, tambahkan sedikit pupuk ke tanah. Lily adalah tanaman yang cukup kuat dan tidak membutuhkan banyak pupuk. Faktanya, terlalu banyak nitrogen dapat menyebabkan batang menjadi lemah dan menyebabkan busuk akar pada suhu panas. Untuk hasil terbaik, pilih pupuk untuk umbi-umbian seperti kentang. Gunakan pupuk saat akarnya mulai tumbuh, lalu sebulan lagi.


  • Teknik Penanaman

Saat suhu dingin atau panas, oleskan lapisan mulsa pada tanaman untuk melindungi akarnya. Terompet Lily paling rentan terhadap dingin. Pastikan mulsa yang digunakan bebas dari siput. Hewan ini suka makan lily baru.

 Setelah bibit yang sudah ditabur mulai tumbuh, mereka bisa ditanam. Tanah dapat ditanam langsung di tanah untuk penanaman atau pot dan tas serbaguna dapat digunakan. Campuran tanah, pupuk kandang atau kompos dan pasir dengan rasio pencampuran 1: 1: 1 dapat digunakan sebagai media tanam.

Pemindahan bibit dari pembibitan ke dalam media tanam harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak umbi. Pemindahan harus dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu panas. Siram secara teratur di pagi dan sore hari agar tanaman tidak layu. Sirami tanah agar kelembaban tetap terjaga dan berhati-hatilah agar tidak menumpahkannya, jika tidak umbinya akan membusuk.


  • Perawatan Tanaman

  1. Penyiraman

Lily umumnya tidak membutuhkan terlalu banyak air, jadi berikan saja air jika perlu. Lily Asia, Trumpet dan Orienpet dapat mekar di cuaca panas dan kering, asalkan ada cukup air selama berbunga. Bunga bakung oriental membutuhkan air di musim panas karena jenis lily ini hanya mekar di bulan Agustus. Mulsa selama musim panas membantu mendinginkan umbi dan mengurangi konsumsi air.


  1. Hama dan Penyakit

Hama yang sering menginfeksi spesies seperti kumbang, serangga dan penyakit lain yang sering menjadi masalah, layu dan membunuh. Untuk mengatasi hal ini, fungisida terhadap penyakit dan insektisida terhadap hama sering digunakan.


  • Cara Memanen

Lily dapat ditanam kapan saja sepanjang tanah tidak kencang. Bunga bakung mungkin mekar di akhir tahun pertama, tetapi biasanya mekar sekitar Juni tahun berikutnya.

Pangkas tanaman Anda selama berbunga dan biarkan setidaknya 2/3 batang lily utuh sehingga tanaman Anda dapat terus tumbuh dengan baik di tahun-tahun mendatang. Untuk memangkas tanaman teratai, pertama-tama semprotkan daun dengan fungisida mawar yang bisa Anda beli di pabrik atau toko perangkat keras. Potong 1/3 batang dengan bunga dan biarkan sisanya tumbuh di tanah. Dengan cara ini, umbi bunga bakung akan menerima nutrisi yang mereka butuhkan untuk menghasilkan bunga lagi tahun depan. Bentuk tumpukan bunga dengan pot tanah untuk drainase air yang optimal. Bukit ini harus setidaknya 13 cm di atas tanah dan juga cukup besar untuk menanam umbi bunga lili sesuai instruksi. Metode ini sangat berguna jika Anda menanam bunga lily di daerah yang tidak dapat mengering segera setelah hujan.


Jenis-Jenis Bunga Lili

  • Bunga  Lili Renito

LA Lily Hybrid (Longliflorum-Asiatic) Oranye 24B. Orientasi warna bunga oranye tegak. Tidak mengeluarkan aroma. Tinggi tanaman 100-118 cm. Batang kuat daun secara sporadis. Corymbose adalah jenis tanda. Kehidupan di dataran dari 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Reniti

LA (Longloflorum-Asiatic) lily hybrid orange24B. Tipe tegak. Anggur Umellata. Ukurannya 105-120 cm. Batang yang kuat. Jenis daun yang dikumpulkan. Bola lampu tidak diam. Hotel ini terletak di ketinggian 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Delina

LA (Longliflorum-Asiatic) kuning 7A lily hibrida dan murid abu-abu 185A. Bunganya terlihat seperti mangkuk. Ada dua warna, yaitu kuning dan merah-ungu. Penjajaran tegak lurus. Sayangnya, pria ini tidak berbau. Tinggi tanaman 80-120 cm. Batang kuat sementara umbi tidak beristirahat. Hidup dengan baik di ketinggian 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Delino

Yellow TO (Trumpet-Oriental) lily hybrid 5A dan grey pupil N186D. Bunganya berwarna dua, kuning dan ungu. Penjajaran tegak lurus. Tinggi tanaman 80-90 cm. Tumbuh baik di dataran dari 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • BungaLili Liana

Masukkan Lily Hybrid N155C TO putih (Trumpet-Orientic). Bentuknya seperti orientasi terompet yang tegak dan memancarkan aroma yang sangat harum dan putih. Batangnya kuat sementara umbinya tidak tertidur. Tinggi tanaman 110-125 cm lebih tinggi pada ketinggian 300-1200 m dpl


  • Bunga Lili Liani

Masukkan lily putih hybrid N155C TO (Trumpet-Orientic). Bentuknya adalah tabung putih pendek dengan orientasi horizontal. Tinggi tanaman 150-155 cm. Batangnya kuat, tetapi umbinya tidak bisa mati. Hidup dengan baik di ketinggian 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Arumsari

Lily putih L15 LTA (Longliflorum Terumpet) hibrida. Bunga berwarna putih dan harum. Penjajaran horisontal. Tinggi tanaman 92-110 cm. Umbi kuat tidak tidur. Tumbuh subur di dataran rendah pada 100-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Renita

Spesies hibrida LA Lily (Longliflorum-Asia) Oranye N25D. Warna bunganya oranye. Penjajaran tegak lurus. Tinggi tanaman 88-115 cm. Batangnya kuat sementara umbinya tidak tertidur. Hidup dengan baik di dataran rendah hingga 300-1200 meter di atas permukaan laut. Bulbil sangat produktif.


  • Bunga Lili Renata

Masukkan LA (Lonfliflorum-Asia) Oranye N25B Hybrid Lily. Bentuk bunganya seperti mangkuk berwarna oranye, orientasi bunganya tegak. Batang yang kuat. Bola lampu tidak diam. Umbellate. Ukurannya adalah 92-128 cm. Hidup di ketinggian 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Deloren

LA (Longliflorum-Asia) orange lily hybrid N30B. Warna bunga oranye. Penjajaran tegak lurus. Tinggi tanaman 50-70 cm. Batangnya kuat. Bola lampu tidak diam. Hiduplah dengan baik di dataran dari 300-1200 meter di atas permukaan laut.


  • Bunga Lili Delini

LA (Longliflorum-Asiatic) lily hybrid. Bunganya seperti kulit kuning (kuning 12A dan merah marun (merah ungu 59A)). Tinggi tanaman adalah 70-90 cm. Mereka tumbuh dengan baik di dataran rendah pada 300-1200 meter di atas permukaan laut.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Lili Dan Jenis-Jenis Bunga Lili semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Tips Cara Menanam Pohon Tomat Dengan Benar Dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

8 Cara Menanam Tomat di Pot atau Polybag Agar Cepat Berbuah!

Cara Menanam Bunga Angrek Dan Merawat Bunga Angrek Dengan Benar!

56 Umpan Ikan Mas: Jitu, Galatama, Harian, Babon, Super, Murah

Cara Menanam Bluberry dan Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan