Cara Menanam Bunga Kertas: Macam dan Cara Merawatnya!

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Kertas: Macam dan Cara Merawatnya! – Bunga kertas atau bunga bougenville atau bugenvil (bougainvillea) merupakan salah satu tanaman bunga hias yang termasuk dalam famili nyctaginaceae. Tanaman bunga ini berasal dari amerika selatan. Tanaman bunga ini mempunyai bentuk pohon yang kecil dan susah untuk tumbuh tegak. Spatha atau selundang bunga pada tanaman bunga ini memilii ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bagian bunga majemuk sebelum mekar. Spata tersebut berukuran tipis dan mempunyai ciri seperti kertas, warna bunganya beragam ada putih, merah muda, kuning,dan lain-lain. Batang bunga ini mempunyai duri yang tajam dan bercabang.


Klasifikasi Bunga Kertas

Cara Menanam Bunga Kertas : Macam-Macam dan Cara Merawatnya!

  • Kerajaan: plantae
  • Divisi: magnoliophyta
  • Kelas: magnoliopsida
  • Ordo: caryophyllales
  • Famili: nyctaginaceae
  • Genus: bougainvillea
  • Spesies: bougainvillea buttiana

Macam-Macam Bunga Kertas

  • Bunga Kertas California Gold

Bunga kertas jenis ini mempunyai bunga dengan warna emas pucat hingga jingga perunggu.


  • Bunga Kertas After Glow

Bunga kertas jenis ini mempunyai warna bunga merah muda, coral juga ada yang oranye. Bunga kertas dapat berbunga sepanjang tahun dan pada ketika berbunga akan menggugurkan daunnya.


  • Bunga Kertas Bambino Baby Allison

Bunga kertas jenis ini mempunyai bunga dengan warna merah muda.


  • Bunga Kertas Gold Rush

Bunga kertas jenis ini mempunyai bunga dengan warna yang lebih terang dibandingkan varietas lainnya yaitu kuning keemasan.


  • Bunga Kertas Bambino Baby Victoria

Jenis bunga kertas ini mempunyai warna bunga merah muda-ungu atau magenta.


  • Bunga Kertas Cherry Blossom

Jenis bunga kertas ini mempunyai bunga dengan warna merah muda atau merah muda keputihan.


  • Bunga Kertas Coconut Ice

Jenis bunga kertas ini mempunyai warna yang beragam yaitu merah muda, agak putih, pink pucat hingga ungu.


  • Bunga Kertas Bambino Baby Lauren

Bunga kertas jenis ini mempunyai bunga berwarna ungu.


  • Bunga Kertas Barbara Karst

Bunga kertas jenis ini mempunyai warna bunga beragam ada yang berwarna magenta dan merah tua.


  • Bunga Kertas Alexandra

Bunga kertas jenis ini mempunyai bunga berwarna ungu.


  • Bunga Kertas Bambino Majik

Bunga kertas jenis ini mempunyai bunga dengan gradasi warna ungu dengan putih.


  • Bunga Kertas Bambino Pedro

Bunga kertas jenis ini mempunyai warna bunga merah atau merah tua.


Cara Menanam Bunga Kertas

  1. Persiapkan Media Tanam Bunga Kertas

Salah satu karakter dari tanaman hias satu ini merupakan ia menyukai media tanam yang berpori sebagai media sirkulasi udara dan drainase air yang baik. Maka dari itu, media tanam yang dianjurkan untuk menanam bunga kertas merupakan media tanam campuran yang berpasir. Gunakanlah campuran pasir malang dan juga tanah humus sebagai media untuk menanam bunga kertas. Pasir malang yang kasar juga dapat membantu menstabilkan kelembapan dari media tanam, sehingga bunga kertas tumbuh lebih baik.


  1. Menanam Bunga Kertas

Setelah media tanam siap, cara paling mudah untuk memulai merupakan dengan membeli langsung bibit dari bunga kertas. Namun, jika kalian ingin mencoba mengembangbiakkannya dari tanaman yang sudah ada, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya dengan stek batang. Pilih batang tanaman bunga kertas yang cukup dewasa lalu potong dengan potongan menyerong dan meruncing. Kemudian tancapkan batang tersebut pada media tanam sedalam 5 cm.

Teknik menanam bunga kertas selanjutnya populer dan menjadi favorit karena kalian bisa menanam berbagai jenis warna dalam satu batang yang sama. Cara melakukan sambung pucuk merupakan dengan menyambung batang muda dari satu tanaman bunga kertas, ke batang tanaman bunga kertas lain yang telah dewasa. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, metode ini akan lebih mudah berhasil ditangan para ahli.


  1. Memangkas Tanaman Bunga Kertas Dengan Teratur

Setelah menanam tanaman bunga kertas, salah satu perawatan yang harus dilakukan secara rutin merupakan pemangkasan. Memangkas ranting tidak hanya membantu tanaman hias tetap rapih, akan tetapi juga memberi rangsangan untuk tanaman bunga kertas tumbuh dan berbunga. Selain ranting, memangkas akar juga dibutuhkan untuk memastikan akar tanaman bunga kertas tidak melebihi batas kapasitas.


  1. Siram Bunga Kertas Secukupnya

Seperti tanaman hias lainnya, penyiraman merupakan hal wajib yang perlu dilakukan agar bunga kertas bisa terus hidup subur. Namun, perlu kalian ketahui bahwa jenis tanaman hias satu ini memerlukan satu waktu dalam satu tahun tanpa penyiraman sama sekali. Masa ini disebut masa kering. Masa ini biasanya ditandai dengan kemunculan kuncup bunga. Pengeringan ini akan menstimulasi bermekarannya kuncup bunga kertas tersebut. Maka pada waktu ini hentikan penyiraman tanaman selama beberapa hari.


  1. Lakukan Pemupukan Ulang

Untuk memberikan nutrisi tambahan pada bunga kertas, kalian juga perlu memberikan pupuk. Umumnya, pemupukan ini bisa dilakukan sekali dalam satu bulan. Pupuk yang bisa digunakan juga beragam, mulai dari pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk kimiawi.  Karena pada umumnya tanaman bunga kertas mempunyai daya tahan yang tinggi, lakukan pemupukan sewajarnya saja agar media tanam tidak berlebihan nutrisi.


  1. Letakkan di Tempat Yang Banyak Sinar Matahari

Jenis tanaman bunga kertas membutuhkan matahari yang cukup banyak. Tanaman ini lebih cocok berada diluar ruangan yang terkena sinar matahari langsung.


Cara Merawat Bunga Kertas

Ada beberapa situasi yang harus diperhatikan ketika merawat tanaman ini. Supaya dapat hidup tahan lama dan cepat berbunga kalian perlu mengetahui cara merawat bunga kertas yang benar. Berikut beberapa tips merawat bunga bougenville:

  • Sesudah melalui proses penanaman, tindakan berikutnya yang perlu dilakukan yaitu perawatan untuk mendukung pertumbuhannya. Tanaman hias bunga kertas juga membutuhkan asupan air yang cukup. Oleh karena itu lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi dan sore hari. Jangan sampai lupa pula lakukan pemberian pupuk setiap 2 pekan sekali, dan jangan sampai lupa potong tangkai yang mati dan mengganggu
  • Pembungaan pada bougenville dapat dirangsang dengan mengatur pemberian air. Biarkan tanaman bougenville hidup tanpa diberi air selama beberapa hari sampai daun-daunnya mulai gugur. Lalu berikan air dalam jumlah berlebihan sampai tanah menjadi jenuh. Perubahan tiba-tiba itu akan menghasilkan kuncup bunga pada semua cabangnya.
  • Bougenville memerlukan pemangkasan yang teratur untuk mempertahankan bentuk yang cantik. Bougenville dapat berbunga dengan warna, pink, orange, putih, biru, ungu dan kuning.
  • Penampilan bougenville mudah dikreasikan dengan teknik okulasi dengan menempelkan beberapa tunas pada satu tanaman induk. Sehingga bisa dijumpai beberapa jenis bunga dalam satu tanaman.
  • Duri bougenville sedikit mengandung racun. Bila bagian tubuh kita tergores olehnya, maka akan terasa pegal di sekitar kulit yang terluka selama beberapa lama namun rasa pegal itu akan hilang dengan sendirinya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Bunga Kertas: Macam dan Cara Merawatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: