Cara Menanam Jagung Manis Bonanza F1 Agar Cepat Panen

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Manis Bonanza F1 Agar Cepat Panen – Tumbuhan Jagung manis saat ini adalah favorit baru petani hortikultura untuk mencari pundi-pundi rupiah. Ini sudah banyak di buktikan oleh petani di berbagai wilayah. Sehingga tidak heran kalau saat ini tumbuha Jagung Manis begitu naik daun dan berkembang pesat dengan di kalangan pembudidaya jagung. Harga jagung manis di pasar pun masih stabil sehingga masih prospektif untuk terus di Budidayakan.

Olahan makanan menggunakan bahan baku dari  jagung Manis pun telah banyak sekali Variasinya mulai dari : Puding Jagung Manis, Kue dari Jagung Manis, Sup Jagung Manis, Jus Jagung Manis, Bubur Jagung Manis atau pun masakan yang sifatnya lama sebagai campuran seperti Jagung manis untuk Dadar Jagung, seperti sayur Asem ataupun langsung di olah menjadi Jagung Manis Bakar. Himpunan resep Jagung Manis pun saat ini sudah banyak di jumpai baik di toko Buku  maupun di Internet.

 


Keunggulan Jagung Manis Bonanza F1

√ Cara Budidaya Tanaman Jagung Manis Bonanza F1 Agar Cepat Panen

Jagung bonanza memiliki beberapa kelebihan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis jagung yang lainnya, seperti produktivitasnya tinggi dan daya tahan terhadap hama cukup kuat, hebatnya, jagung inipun sudah dapat dipanen pada usai tiga bulan setelah ditanam.

 


Deskripsi Jagung Manis Varietas Bonanza F1

Di Indonesia terdapat berbagai jenis jagung manis yang telah dibudidayakan yaitu, jagung manis varietas master manis, jagung manis varietas bicolour manis, jagung manis varietas bonanza, varietas talenta, jagung manis dan jagung manis varietas wanita manis, dari sekian banyaknya jagung manis tersebut, jenis varietas bonanza lah yang paling cocok untuk dibudidayakan.

Varietas bonanza memiliki cita rasa yang sangat manis, dan kapasitas simpannya cukup tinggi, dan memiliki perolehan yang lebih baik dibandingkan dengan jagung manis. Jagung manis varietas bonanza yang sering dan telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia adalah dari galur f1. Jagung manis bonanza f1 banyak diminati oleh petani jagung untuk dibudidayakan karena memiliki beberapa keutamaan, yaitu:

  • Mempunyai tongkol yang besar dengan biaya antara 300-480 gram / tongkol
  • Kapasias panen yang dapat mencapai 14-18 ton / ha
  • Memiliki umur panen yang cukup sedikit yaitu 70-85 HST (Hari Setelah Tanam)

Keunggulan yang dimiliki oleh jagung manis bonanza f1 menjadikannya banyak diminati oleh orang. Jagung manis bonanza f1 biasanya dicari untuk diolah menjadi beragam macam makanan,jangung manis dapat juga dijadikan bahan dasar pembuatan sirup, gula jagung, pati jagung (maizena), minuman sari jagung manis, susu, dan beragam produk lainnya.

 


Cara Budidaya Tanaman Jagung Manis Bonanza F1

Cara Budidaya Tanaman Jagung Manis Bonanza F1

Maupun pada umunya jagung manis dikonsumsi menjadi jagung rebus atau jagung kukus (steam), dengan terus meningkatnya permohonan jagung manis bonanza f1, menjadikan para petani  bersaing menanamnya agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Meski begitu, untuk menghasilkan jagung manis bonanza f1 dengan kualitas terbaik, petani tidak dapat asal-asalan dalam tata cara menanamnya.

 


Gunakan Benih Jagung Unggul Secara Efisien

Dalam hal megerjakan penanaman ini kita juga harus memakai benih yang unggul secara efisien. Jika kita memakai jenis benih jagung unggul secara efisien kepada tanaman jagung manis, maka itu akan menghasilkan kualitas rasa dan tampilan pada tanaman jagung manis akan terlihat menarik lagi.Perhatikan  juga Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung.

Untuk dapat memperoleh benih yang unggul secara efisien kebanyakanbenih tersebut bisa langsung  kamu dapatkan dengan cara membeli benih unggulan tersebut di toko yang menjual bibit tanaman tersebut atau di toko pertanian terdekat.

Lebih bagusnya lagi jika kita bisa membeli benih tanaman jagung manis yang sudah bersertifikat,supaya kualitas yang didapat pun lebih baik lagi. Namu benih yang berkualitas unggulan ini belum tentu bisa di tanam dengan hasil yang lebih baik.

Karena semua ini tergantung dari cara kita melaksanakan penanamannya. Jika teknik penanaman di lakukan dengan benar, maka hasil akhir dari penanaman tanaman jagung manispun akan terlihat baik pula. Demikian juga sebaliknya, jika benih bersifat unggulan namun cara teknik penanamannya tidak baik, maka itu pun tidak akan membuat tanaman jagung manis terlihat seperti tanaman yang unggulan.

 


Pengolahan Lahan

Pada penanaman jagung manis bonanza f1, pengerjaan lahan dilakukan secara manual dengan cara mencangkul. Tanah dibolak-balikan sedalam mata cangkul. Tujuannya adalah supaya terjadi pertukaran aerase udara, peresapan air, dan memudahkan masuknya sinar dari matahari. Selain itu, tanah akan menjadi gembur yang memudahkan akar tanaman dapat menembusnya dan menyerap unsur hara. Mungkin kalian juga ingin tahu bagaimana Cara Menanam Jagung Hibrida.

Kemudian, pada cara pengolahan lahan juga dilakukan proses pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang berupa kotoran sapi. Kotoran sapi biasanya digunakan sebanyak 600 kg untuk lahan seluas 600m², dosis untuk penggunaan pupuk kandang ini sebanyak-banyaknya adalah 5-10 ton per hektarnya.

 


Penanaman Benih

Penanaman jagung dan perlakuan tanam ada beberapa poin:

  • Penanaman benih jagung manis dengan cara ditugal ataupun digarit, taburkan furadan diatas benih sebanyak 0,5
  • 7 – 15 hari setelah ditanam dilakukan penyulaman, pemberian pupuk ZA 150 kg perhektar, SP – 36 300 kg/ ha, bila perlu semprot dengan PPC/ Insektisida nabati.
  • 25 – 30 hari setelah ditanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, jika perlu di taburui lgFuradan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butir kicil per tanaman,
  • Semprot dengan PPC.
  • 40-45 hari setelah bibit ditanam maka lakukan pemupukan dengan meggunakan KCL atau KNOɜ lakukan penyemprotan bila kamu memiliki bahan- bahannya
  • 50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan jika perlu pada ketiak daun.Pada saat ini usahakan kebun jangan terganggu itu dapat mempengaruhi proses persarian.
  • 75 – 80 hari setelah tanam Waktunya pemetikan


Penyulaman dan Penjarangan

Penyulaman dilakukan di saat tanaman berusia 1-2 minggu usai penanaman, namun penjarangan dilakukan saat tanaman berusia 1-3 minggu usai penanaman, maksud dilakukannya penyulaman adalah agar kamu dapat mengganti tanaman yang tidak tumbuh atau jagung yang tumbuh secara abnormal dengan benih tanaman yang baru, akan tetapi penjarangan dilakukan untuk memindahkan tanaman yang tumbuhnya terlalu cepat.

 


Pemupukan

Dosis pemupukan yang digunakan adalah N 180kg/ha (urea 400kg/ha), P = 36kg/ha (sp-36 100kg/ha) dan K sebayak 116Kg/ha ( KCL 200kg/Ha) dibagi tiga kali aplikasi,

  • 7 HST : 200kg Pupuk Urea, 100kg SP-36, 100kg KCL. :4=50 kg urea 25 sp36 25 kcl
  • 30 HST : 100kg Pupuk Urea, 50kg KCL 25 urea 15 kg kcl
  • 45 HST : 100kg Pupuk Urea, 50kg KCL. 25 urea 15 kg kcl

Memanen Jagung manis sebaiknya dikerjakan saat pagi hari. Udara yang panas cenderung dapat mengurangi kandungan gula yang terdapat pada biji jagung manis, agar dapat mempertahankan kadar gula lebih lama.

Setelah panen dari kebun ada baiknya segera di masukan ke ruang pendingin pada temperature 1 – 5 0 C ini akan dapat mempertahankan kemanisan hingga 10 hari, yang paling baik yaitu dengan perlakuan khusus, usai panen, jagung langsung dibawa ke gudang atau ruang pendingin dan langsung dilakukan penyortiran dan pengemasan dengan plastik roping film, plastik ini berperan sebagai penjaga kelembaban, mencegah kehilangan air,dan  memperpanjang kesegaran jagung manis.

 


Penyiraman

Tindakan pengairan ini dilakukan dengan rutin. Cara pengairannya dengan dileb atau disiram dengan menggunakan alat bantu gembor.

 


Penyiangan

Penyiangan dikerjakan untuk membersihkan rumput liar (gulma) yang bisa menghambat pertumbuhan jagung manis bonanza f1. Kegiatan penyiangan ini bisa dilakukan dengan cara :

  • Membersihkan rumput liar (gulma) menggunakan kored ataumencabuti cabut langsung menggunakan tangan, namun dianjurkan agar berhati-hati jangan sampai melukai akar tanaman jagung manis.
  • Membersihkan gulma yang berada di sekitar pagar dengan cara menggunakan cangkul atau parang atau dapat juga dicabut langsung menggunakan tangan.
  • Membumbun tanaman dengan cara menaikkan tanah yang berada di sekitar tanaman dengan menggunakan cangkul, hingga tanaman dapat berdiri tegak sehingga akan membentuk guludan yang kecil.
  • Mengerjakan teknik penyiangan tersebut secara merata pada seluruh tanaman.

Pada tahap ini juga dapat dilakukan penanganan hama dan penyakit dengan menggunakan insektisida. Pemberian insektisida dapat dilakukan dengan cara penyemprotan. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari disaat hama mulai menempel pada tanaman jagung.

 


Pemanenan

Pemanenan bisa kalian lakukan pada saat tanaman sudah berumur 75-78 HST (Hari Setelah Tanam), pemanenan dapat dkerjakan secara manual dengan menggunakan cara yaitu memetik tongkol menggunakan tangan, setelah pemetikan selesai dilakukan, selanjutnya pisahkan tongkol jagung yang berkualitas super dengan jagung kualitas BS, jagung berkualitas super memiliki berat ≥ 3 Ons per tongkolnya, dan tongkol jagung berisi penuh dengan biji yang bagus.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Manis Bonanza F1 Agar Cepat Panen semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Menanam Jagung Manis Bonanza F1 Agar Cepat Panen
5 (100%) 10 vote[s]