8 Cara Budidaya Jagung Manis Beserta Manfaatnya!

Diposting pada

8 Cara Budidaya Jagung Manis Beserta Manfaatnya! – Jagung manis merupakan jenis sayuran jagung berupa bonggol dengan biji atau bulir berwarna kuning yang menempel. Rasa dari jagung ini lebih manis dibandingkan dengan jagung biasa. Jagung manis merupakan varietas perkembangan dari hasil mutasi jagung jenis dent dan flint. Jagung manis lebih tahan dari hama dan cuaca. Dapat dibilang jagung manis mudah ditanam bahkan di berbagai daerah dengan iklim tropis.

Jagung manis mempunyai ciri-ciri biji lebih bulat dan warna kuning yang lebih cerah. Kandungan gula tertahan untuk menjadi pati dalam bulirnya yang mengakibatkan jagung ini terasa manis bahkan ketika dikonsumsi mentah. Jagung manis dapat dibuat menjadi berbagai olahan kuliner, dari masakan asin hingga kue-kue bercita rasa manis.


Manfaat Jagung Manis

Jagung manis mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Jagung manis mengandung karbohidrat dan serat yang bagus untuk dijadikan makanan alternatif dari nasi. Jagung manis dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, membantu melancarkan pencernaan, dan baik untuk kalian yang sedang dalam program diet penurunan berat badan. Jagung manis cocok diberikan untuk bahan bubur tim makanan pengganti asi.

Jagung manis dapat dijadikan berbagai hidangan. Contoh olahan jagung manis antara lain, sup jagung, bakwan, omelet dan lainya. Jagung manis juga dapat dibuat isian untuk risoles, roti sandwich, jagung rebus susu keju, atau roti isi. Jagung manis mempunyai segudang manfaat dan mudah diolah, tak heran jagung manis menjadi primadona di bidang kuliner.

Cara budidaya jagung manis cukup mudah, dapat dilakukan oleh siapa saja. Kalian tentu saja dapat melakukan budidaya jagung manis. Usaha budidaya ini dapat kalian gunakan untuk kegiatan sampingan, bahkan untuk menambah pendapatan keluarga. Hal terpenting yang perlu kalian pahami sebagai langkah awal cara budidaya jagung manis merupakan ketekunan. Sebuah usaha jika dilakukan dengan serius, fokus, serta sungguh-sungguh pasti akan memperoleh hasil yang optimal.


Deskripsi Tanaman Jagung Manis

  • Siklus hidup jagung manis mencapai antara umur 60 hingga 150 hari sejak bibit jagung manis ditanam.
  • Ketinggian dari tanaman jagung manis berkisar antara 1 meter hingga 3 meter tergantung dari varietas bibit jagung manis.
  • Mengalami dua siklus pertumbuhan sekaligus, yaitu vegetatif pada fase pertama dan generatif pada fase berikutnya.
  • Akar jagung manis termasuk jenis akar serabut
  • Batang jagung manis beruas dan tegak.

Cara Budidaya Jagung Manis

Cara Budidaya Jagung Manis : Manfaat dan Deskripsi Jagung Manis!

  1. Mendapatkan Benih Jagung Manis

Tahap pertama dalam cara budidaya jagung manis merupakan pengadaan bibit jagung manis. Usahakan agar menggunakan bibit jagung manis yang berkualitas tinggi, benih merupakan hasil dari indukan varietas unggul. Bebas dari segala jenis penyakit serta cacat fisik dan hasil panen berlimpah.

Untuk mendapatkan benih jagung manis yang berkualitas tersebut, sebaiknya kalian membelinya pada yang sudah sering melakukan budidaya jagung manis. Sebab cara budidaya jagung manis meskipun dilakukan dengan cara yang benar, akan percuma saja jika ternyata bibit yang kalian tanam berkualitas rendah.


  1. Mengolah Lahan Tanam

Cara budidaya jagung manis selanjutnya merupakan mempersiapkan lahan sebagai media untuk budidaya jagung manis.  Berikut cara-cara yang dapat kalian lakukan :

  • Cangkul lahan untuk menghasilkan tanah yang gembur, kemudian diamkan selama 1 minggu untuk dianginkan.
  • Bersihkan pula lahan dari gulma berbarengan dengan waktu mencangkul lahan.
  • Untuk tanah yang mempunyai kadar asam yang tinggi, yaitu ph kurang dari 5, dapat ditambahkan kapur dolomit dengan dosis 1 ton per 2 hektar lahan.
  • Berikan juga pupuk kandang sebagai nutrisi tanah agar lahan mempunyai tingkat kesuburan yang baik untuk cara budidaya jagung manis.
  • Kalian tidak perlu membuat bedengan, cukup buatlah drainase untuk aliran air hujan agar tidak menggenangi lahan setiap jarak 4 meter.
  • Buatkan lubang tanam tugalan dengan kedalaman 4 hingga 5 cm, dengan jarak antar lubang tanam berkisar antara 30 x 60 cm.

  1. Cara Budidaya Jagung Manis

Setelah lahan siap, langkah berikutnya merupakan memasukkan bibit kedalam lubang tanam yang sudah dibuat. Cara budidaya jagung manis yang baik sebaiknya dimulai pada awal musim penghujan, serta setiap satu lubang tanam baiknya hanya diisi satu benih tanaman jagung manis.


  1. Penyulaman Tanaman

Setelah benih ditanam berusia satu minggu, cek pertumbuhan tanaman jagung manis kalian. Gantilah beberapa bibit yang tidak tumbuh sempurna dengan bibit yang baru untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang seragam. Cara budidaya jagung manis pada tahap ini dinamakan sebagai tahap penyulaman tanaman.


  1. Penyiangan dan Pembumbunan Tanaman

Setelah tanaman berusia 2 minggu sejak masa tanam, bersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman dengan cara dicabut menggunakan tangan maupun dengan cangkul kecil. Membersihkan gulma dengan cara alami dan tidak menggunakan pestisida merupakan cara budidaya jagung manis yang lebih dilanjurkan untuk hasil panen yang maksimal.

Lakukan juga penumpukan tanah disekitar tanaman kearah akar tanaman jagung manis hingga terbentuk gundukan. Proses pembumbunan dalam cara budidaya jagung manis dapat dilakukan setelah tanaman berusia kurang lebih 1 bulan setelah ditanam.


  1. Penyiraman

Cara budidaya jagung manis setelah beberapa tahap diatas, juga diperlukan tindakan penyiraman secara rutin terlebih jika menghadapi musim kemarau. Tujuan dari penyiraman itu sendiri merupakan untuk menjaga kelembaban lahan dan agar tanaman tidak kekurangan kadar air yang dibutuhkan tanaman untuk proses pertumbuhan.


  1. Pemupukan Susulan

Lahan juga perlu dilakukan pemupukan sususan dengan menggunakan pupuk kandang maupun bubuk buatan untuk menjaga keadaan tanah tetap subur dan kaya akan unsur hara. Cara budidaya jagung manis untuk tahap pemupukan sususlan tersebut dapat dilakukan pada saat usia tanaman jagung berumur 2 bulan sejak benih ditanam.


  1. Panen Jagung Manis

Tahap pemanenan jagung manis bervariasi tergantung dari jenis varietas jagung manis yang kalian tanam, suhu cuaca lingkungan lahan, serta ketinggian tanah lokasi lahan juga turut menentukan waktu pemanenan. Cara budidaya budidaya jagung manis pada dataran rendah, umumnya dapat dipanen lebih cepat dibandingkan dengan cara budidaya jagung manis pada dataran tinggi.

Dan jika musim hujan, panen jagung manis dapat lebih lama dibandingkan dengan musim kemarau. Namun demikian rata-rata umur tanam jagung manis sampai siap dipanen merupakan berkisar antara 60 hingga 150 hari tergantung berbagai faktor tersebut.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 8 Cara Budidaya Jagung Manis Beserta Manfaatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: