Tanaman Tomat: Klasifikasi, Morfologi, Habitat, dan Manfaat!

Diposting pada

Tanaman Tomat: Klasifikasi, Morfologi, Habitat, dan Manfaat! – Tomat (Solanum lycopersicum syn, lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru, tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter, tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses, tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Menanam tomat dapat dilakukan dengan cara menyenyai terlebih dahulu, setelah tumbuh 6 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu), panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari, kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, yaitu “tomatl”.


Asal Usul Tanaman Tomat

Tanaman Tomat

Tomat merupakan tanam yang sudah lama ditanam di kawasan amerika latin, yang membentang dari meksixo sampai peru, tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku inca dan aztek pada tahun 700SM, sementara itu bangsa eropa mulai mengenal tomat sejak Christopher Colombus pulang berlayar dari Amerika dengan membawa berbagai macam biji-bijian seperti jagung, cabe, dan tomat, penyebaran taman ini diasia dilakukan oleh pedagang spanyol dan portugis pada abad ke-16, begitu pula halnya dengan afrika, penyebaran tomat di indonesia dimulai dari philipina dan Negara-negara asia lainnya pada abad ke-18 oleh bangsa portugis.

Pada awalnya tanaman tomat yang ditanam oleh suku inca dan aztek kecil-kecil, namun, sekarang sudah ada buah tomat dengan berat 0,4 kg per buahnya, tanaman ini sudah sangat berkembang dengan munculnya kultivar modern atau hibrida baru yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik  dilingkungan iklim yang jauh berbeda dari tempat asalnya, bahkan ada varietas yang tahan terhadap hama dan penyakit tertentu.


Klasifikasi Tanaman Tomat

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Viridiplantae

Infra Kingdom : Streptophyta

Super Divisi : Embryophyta

Divisi: Tracheophyta

Sub Divisi : Spermatophytina

Kelas : Magnoliopsida

Super Ordo : Asteranae

Ordo :   Solanales

Family : Solanaceae

Genus : Solanum L.

Species : Solanum lycopersicum L.


Morfologi Tanaman Tomat

  • Morfologi Akar Tomat

Tanaman tomat mempunyai akar yang tumbuh menembus ke dalam tanah, dan akar serabut yang tumbuh ke arah samping tetapi tidak tumbuh terlalu jauh, karena sifat sistem perakaran tomat ini, maka akan lebih baik jika tanaman tomat dibudidayakan di tanah yang gembur.


  • Morfologi Batang Tomat

Batang tanaman tomat berbentuk persegi empat hingga bulat, strukturnya lunak tetapi cukup kuat, batang tanaman tomat juga mempunyai bulu atau rambut-rambut halus, dan di antara bulu-bulu itu terdapat rambut kelenjar. Tomat memiliki batang yang berwarna hijau dan pada ruas-ruas batang mengalami penebalan, dan tumbuh akar-akar pendek pada bagian bawah, selain itu, batang tanaman tomat mampu bercabang dan apabila tidak dipangkas, batang akan bercabang banyak yang menyebar secara merata.


  • Morfologi Daun Tomat

Bentuk tanaman tomat adalah oval, bergerigi di bagian tepinya dan membentuk celah-celah menyirip agak melengkung ke dalam, daun tomat merupakan daun majemuk ganjil yang berjumlah 5 – 7, warnanya hijau, ukuran panjangnya sekitar 15 – 30 dan lebar daun 10-25 cm dengan panjang tangkai daun 3-6 cm, daun majemuk tomat tumbuh berselang seling atau tersusun spiral mengelilingi batang tanaman.


  • Morfologi Bunga Tomat

Bunga tanaman tomat mempunyai ukuran kecil, diameter sekitar 2 cm dan berwarna kuing cerah, kelopak bunga yang berjumlah 5 buah dan berwarna hijau terdapat pada bagian bawah atau pangkal bunga. Di bunga tanaman terdapat mahkota bunga, bentuknya indah dan berwarna kuning cerah dengan ukuran sekitar 1 cm, dengan jumlah buah sekitar 6, tomat merupakan bunga sempurna karena benang sari atau tepung sari dan kepala putik terletak pada bunga yang sama, bunga tomat tumbuh dari batang yang masih muda.


  • Morfologi Buah Tomat

Buah tomat mempuyai banyak ragam tergantung dari varietasnya, ada buah tomat yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjang, oval, dan bulat persegi, begitu juga dengan ukurannya, ada tomat yang memiliki ukuran paling kecil dengan berat 5 gram dan berukuran besar dengan berat hingga 200 gram.

Buah tomat yang masih mudah berwarna hijau muda dan berwarna merah jika sudah masak, buah tomat banyak mengandung biji lunak yang licin dan berwarna putih kekuning-kuningan, tersusun secara berkelompok dan dibatasi oleh daging buah, biji tomat saling melekat karena ada lender pada ruang-ruang di mana biji tersusun.

Daging buah tomat bertekstur lunak agak keras, berwarna merah jika sudah matang dan mengandung banyak air, buah tomat juga memiliki selaput kulit tipis yang dapat dikelupas bila sudah matang.


Habitat Tanaman Tomat

Tomat berasal dari amerika tropis yang ditanam sebagai tanaman buah di ladang,  pekarangan, atau ditemukan liar pada ketinggian 1 – 1600 m dpl.


Manfaat Tomat

Tomat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, tomat membantu dalam menghilangkan beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas kalian secara keseluruhan, tomat mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang membantu tubuh kalian dalam beberapa cara.

Tomat juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa, manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah, ini juga memberi kelegaan dari diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih, secara keseluruhan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh kalian, pada artikel ini terdapat sepuluh alasan mengapa kalian harus menambahkan tomat ke dalam makanan kalian setiap hari seperti dikutip dari situs Boldsky.

  • Mengobati Tekanan Darah Tinggi
  • Mengobati Memar Akibat Terbentur.
  • Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari
  • Mengobati Demam.

Cara Budidayakan Tomat di Pot

  • Pilih tomat yang akan ditanam, hindari menggunakan tomat hibrida sebab buah dan bijinya sudah banyak mengandung bahan kimia.
  • Setelah itu belah tomat menjadi dua bagian lalu ambil bijinya dengan sendok dan letakkan ke dalam mangkuk bersih.
  • Selanjutnya cuci bersih biji dengan air segar, tambahkan beberapa tetes cuka dan garam saat mencuci, perhatikan dengan baik, benih buruk akan terapung saat dicuci jadi segera buang mereka, sekarang, keringkan benih tersebut.
  • Simpanlah biji yang kering di dalam plastik dan menaruhnya di lemari es selama 1-2 minggu.
  • Letakan 3-4 biji dalam satu pot, kemudian tutup dengan tanah, biarkan selama seminggu namun tetap siram sedikit air untuk menjaga kelembapan.
  • Simpan ditempat hangat pot yang telah berisi benih tomat, kalian boleh menaruhnya di bawah sinar matahari selama beberapa jam, namun lekas kembalikan di tempat yang teduh.
  • Kalau tomat sudah tumbuh sekitar 4-5 cm, kalian bisa memindahkannya di kebun, jangan lupa untuk tetap menyiramnya secara teratur, dan hindarilah memangkas daun-daun tomat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Tanaman Tomat: Klasifiaksi, Morfologi, Habitat, dan Manfaat! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: