4 Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga dan Manfaatnya!

Diposting pada

4 Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga dan Manfaatnya! – Ada banyak sekali jenis bunga hias yang bisa kita temui untuk mempercantik halaman ataupun taman yang ada di rumah. Selain bunga anggrek, ternyata ada satu jenis bunga hias yang memiliki daya tarik cukup besar bagi sebagian besar orang. Bunga tersebut bernama “bunga asoka” yang ternyata juga merupakan salah satu jenis bunga hias yang memiliki banyak sekali penggemar.

Keelokan dan kecantikan bunga asoka mampu memberikan warna tersendiri pada halaman rumah anda karena memang keindahan dari jenis bunga hias yang satu ini tidak kalah dari jenis bunga hias lainnya. Bunga asoka yang di kenal dengan nama latin saraca indica ini merupakan jenbis bunga hias yang sedikit untuk karena umumnya bunga ini tumbuh secara bergerombol.

Selain itu, bunga ini pun memiliki bentuk yang berbeda bila di bandingkan dengan bunga lainnya, dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menjadi obat wasir, obat luka memar, obat keram betis, dan juga dapat melancarkan haid. Hal tersebutlah yang menjadi pemicu banyak orang ingin merawat dan menanamnya karena memang cara menanam bunga asoka ini tergolong sangat mudah.

Dengan semua kelebihan yang di miliki bunga asoka seperti diatas kami sampaikan, ternyata jenis tanaman hias yang satu ini tidak memiliki keharuman seperti bunga hias lain seperti bunga mawar, ataupun bunga melati. Meski begitu di indonesia tetap saja banyak orang yang merawat dan menanamnya. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik membudidayakan bunga asoka, berikut adalah cara menana bunga asoka agar cepat tumbuh lebat.


Ciri-Biri Bunga Asoka

Cara Menanam Bunga Asoka

Apabila kalian belum pernah melihat bunga asoka, memang akan mengira bahwa bunga tersebut bukanlah jenis bunga hias yang dapat kita budidayakan. Akan tetapi bagi sebagian besar orang yang sudah mengetahuinya, tentu saja ini dapat menjadi salah satu mata pencaharian mereka karena nilai jual dari bunga asoka sendiri cukup baik. Untuk itu bagi anda yang belum mengetahui bunga asoka, berikut kami sampaikan beberapa cici-cici bunga asoka:

  • Mempunyai batang tegak serta memiliki pohon bulat berkayu.
  • Kemudian pada sistem percabangannya adalah simpodial dengan warna putih krem.
  • Memiliki daun tunggal dengan bentuk tulang menyirip dan umumnya memiliki daun berbentuk lonjong dengan pangkal yang lebih meruncing.
  • Biasanya jenis bunga asoka ini memiliki warna merah terang, merah muda dan juga oranye.
  • Memiliki akar tunggal dan memiliki warnanya kecoklatan.
  • Bunganya majemuk dan berkelamin dua dengan kelompok hampir berbentuk corong.
  • Alat kelamin jantannya (benang sari) sebanyak empat dengan bagian kepala sarinya melekat di mahkota.

Manfaat Bunga Soka Untuk Kesehatan

  • Memperlancar peredaran darah.
  • Menyembuhkan disentri.
  • Menghentikan diare.
  • Menghentikan mencret.
  • Mencegah anemia.
  • Mengatasi wasir.
  • Mencegah peradangan.
  • Mengatasi kram pada betis.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi.

Cara Menanam Bunga asoka

Persiapan bibit

Ada dua acara mendapatkan bibit pohon bunga asoka, yaitu dengan cara stek dan juga dengan cara cangkok. Indukan pohon asoka yang akan di stek atau cangkok seharusnya yang produktif dan berbunga cantik. Agar sifat yang sama diwariskan juga kepada tanaman yang akan kalian tanam nantinya.


Stek

  • Untuk stek, jenis batang yang bisa anda pilih sebagai bibit stek haruslah batang yang sudah berusia atau batang tua. Biasanya batang tua (rempalan) ini berukuran sekitar 15cm.
  • Apabila sudah menentukan rempalan, potong batang dengan menggunakan gunting tanaman yang tajam atau alat sejenisnya agar hasil potongan rapi. Pastikan alat potong yang anda gunakan adalah alat potong yang bersih dan higienis. Penggunaan alat potong yang kotor dapat menyebabkan pohon terserang penyakit.
  • Segera masukkan rempalan kedalam air agar kesegaran rempalan tidak berkurang sebelum akhirnya nanti dimasukkan kedalam media semai.

Cangkok

  • Sama seperti stek, jenis batang yang bisa anda pilih untuk mencangkok adalah yang sudah berusia.
  • Setelah menentukan area cangkok pada batang, kupas kulit batang area tersebut sampai dengan menyentuh lapisan cambium batang.
  • Setelah dikupas, tutup bagian tersebut dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Tutup campuran tanah dan kompos menggunakan plastik atau sabut kelapa. Apabila menggunakan plastik, pastikan plastik sudah diberikan beberapa lubang untuk tempat akar dan air keluar.
  • Ikat tutupan tersebut dengan tali plastic di sisi-sisinyas.
  • Siram dengan air.

Penyemaian

Bunga asoka termasuk tanaman yang membutuhkan proses penyemaian untuk dapat tumbuh dengan baik. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perawatan serta waktu bagi bibit untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jika bibit yang barus dipindahkan ternyata tumbuh dengan baik, barulah kemudian bibit tersebut dipindahkan ke tempat yang diinginkan.

Siapkan tempat penyemaian seperti, plastik polybag, tanah gembur serta pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Campuran dari pupuk kandang dan tanah gembur adalah 1:1 atau jumlah dari keduanya sama banyak. Berikut beberapa langkah untuk tahap penyemaian bunga asoka:

  • Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang kedalam polybag.
  • Setelah polybag setengah terisi, masukkan bibit yang didapat dari stek.
  • Untuk bibit hasil cangkok, pastikan tali serta plastik atau sabut kelapa yang membungkus tanah dan batang dilepas namun jangan sampai tanah yang sudah membentuk hancur dan rontok sebelum dimasukkan kedalam polybag.
  • Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang sampai pangkal dari stek atau cangkokan tertutup dan tanah mengisi penuh polybag.
  • Pastikan bibit berdiri dengan tegak.
  • Siram dengan air 1 kali dalam sehari untuk menjaga kelembapan tanah. Kelembaban tanah yang terjaga akan menjadikan akar tumbuh lebih cepat.
  • Setelah sekitar 2 minggu atau daun muda sudah mulai tumbuh banyak, pindahkan semaian ke tempat yang diinginkan.

Cara Penanaman

Pohon bunga asoka biasanya dijadikan sebagai tanaman hias yang diletakkan pada halaman rumah. Akan tetapi sebelum dipindahkan, hal yang harus dilakukan adalah membuat lubang tempat pohon bunga asoka nantinya ditempatkan.

Pada lubang-lubang ini, anda bisa memasukkan campuran tanah gembur serta pupuk kandang sebagai media dasar sebelum bibit hasil semaian pohon bunga asoka dimasukkan kedalam lubang. Sama ketika penyemaian, bibit yang baru saja dipindahkan harus berdiri dengan tegak jangan sampai miring karena akan mempengaruhi bentuk dari pohon bunga asoka saat tumbuh nanti.

Waktu penanaman yang tepat adalah pada saat pagi atau sore hari. Jangan memindahkan bibit pada saat siang hari, karena pada saat itu matahari sedang bersinar dengan terik yang akan mempengaruhi kelembapan serta suhu tanah. Pada saat pagi atau sore hari kelembapan serta suhu tanah tidak setinggi pada saat siang hari, sehingga sangat cocok bagi bibit pohon bunga asoka untuk beradaptasi.

Setelah penanaman dilakukan, hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah menyiramnya dengan air. Usahakan air yang digunakan untuk menyiram adalah air yang mengalir atau air yang bersih. Air yang keruh atau kotor mengandung banyak bakteri atau bibit-bibit penyakit yang bisa menulari bibit pohon bunga asoka yang anda tanam sehingga tidak tumbuh secara optimal sesuai keinginan anda.

Satu hal yang harus diperhatikan tentang pohon bunga asoka adalah pasokan dari sinar matahari yang didapatkannya. Pohon bunga asoka harus mendapatkan sinar matahari yang cukup, agar proses fotosintesis dari pohon bunga asoka tidak terganggu dan proses perkembangan, pertumbuhan tanaman dapat berjalan dengan maksimal.


Perawatan

Selain cara menanam bunga asoka yang mudah, perawatan pohon bunga asoka pun termasuk sangat mudah untuk dilakukan. Beberapa hal dibawah ini yang dapat kalian lakukan dalam perawatan pohon bunga asoka:


Pemberian Pupuk

Pohon bunga asoka umumnya diberikan pupuk lanjutan setelah usianya mencapai satu bulan sejak dipindahkan dari media semai ke lahan tanam. Akan tetapi yang harus kalian perhatikan disini adalah jenis pupuk yang akan digunakan sebagai pupuk lanjutan. Usahakan anda menggunakan pupuk daun bukan pupuk buah. Karena apabila salah memberikan pupuk, sudah bisa dipastikan pohon bunga asoka yang kalian tanam tidak akan tumbuh secara optimal.

Pupuk buah adalah pupuk yang biasanya digunakan sebagai pupuk lanjutan pada pohon yang buahnya bisa dimakan. Fungsi dari pupuk ini adalah merangsang tanaman untuk berbuah lebih banyak dan cepat. Mirip dengan pupuk buah, pupuk daun adalah pupuk yang difungsikan untuk merangsang tanaman menumbuhkan banyak daun dan bunga. Biasanya pupuk bunga memang digunakan untuk tanaman hias yang kelebihannya terletak pada daun atau bunga.


Penyiangan

Sama seperti tanaman yang lainnya, kalian juga harus memperhatikan banyaknya gulma yang tumbuh disekitaran pohon bunga asoka. Penyiangan gulma ini sangat penting karena gulma termasuk tanaman liar yang sangat berbahaya bagi tanaman yang anda tanam.

Mereka dapat mengambil nutrisi yang berada di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman yang ditanam dan biasanya hama-hama yang dapat menyerang tanaman selalu bersembunyi dibalik gulma. Karena pohon bunga asoka termasuk tanaman hias, keberadaan gulma secara otomatis akan dapat mengurangi keindahan dari pohon bunga asoka yang kalian tanam. Keberadaan gulma akan mengesankan ketidak rapihan serta kotor.


Masa berbunga

Pohon bunga asoka umumnya mulai berbunga ketika memasuki musim penghujan, dimana salah satu faktornya yaitu kelembapan tanah yang terjaga pada saat itu. Bunga asoka yang telah berkembang dan mekar biasanya dapat bertahan sampai dengan 3 bulan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 4 Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga dan Manfaatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: