10 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Sederhana Minimalis

Diposting pada

10 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Sederhana Minimalis – Kata siapa membuat taman yang indah di rumah kita harus di kerjakan oleh tukang pembuat taman yang ahli atau biasa kita kenal sebagai seorang Lanskaper.

Jika kalian banyak uang tidak masalah jika kalian menggunakan jasa mereka, karena dengan uang segalanya bisa di atur, namun jika uang atau budget kalian pas – pasan, ingin memiliki taman minimalis dan terlihat modern di halaman kosong rumah kalian dengan harga atau biaya yang murah meriah.

Membuat  taman yang indah itu ternyata sangatlah mudah, hanya di butuhkan imajinasi yang di sesuaikan dengan selera kalian, juga informasi dan contoh – contoh yang cukup tentang bagaimana cara mengerjakanya, intinya untuk membuat sebuah taman minimalis, penggunaan rumput sangat perlu agar memiliki kesan sejuk.

Kalian juga bisa menambahkan taman dengan jalan setapak yang di semen atau menggunakan kerikil atau lantai yang  terbentuk dari batu alam, adanya unsur alam yang kalian letakan akan membuat taman minimalis di rumah kalian akan terlihat lebih hidup.

Hari minggu adalah hari libur yang sangat ditunggu-tunggu, hari Minggu biasanya digunakan untuk acara dengan keluarga dan hangout bersama keluarga, namun sebagian lainnya, menghabiskan waktu di rumah, tidak kemana-mana, nah,tidak ada salahnya bila kita menyalurkan hobi, contohnya berkebun atau membuat taman.

Ketika dalam masa liburan biasanya kita menghabiskan waktu bersama keluarga untuk jalan-jalan maupun hangout bersama, namun  sebagian lainnya, menghabiskan waktu di rumah, tak kemana-mana, Nah, tak ada salahnya apabila kalian mencoba sesuatu yang baru, seperti berkebun atau membuat taman sendiri di rumah.


Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Sederhana

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Sederhana Minimalis

Salah satu cara untuk menghadirkan keindahan di lingkungan rumah kita adalah dengan menghadirkan taman di rumah, namun ada beberapa orang masih bingung bagaimana membuat sebuah taman di sekitar rumahnya.

Dalam membuat taman di rumah tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya luas area atau lahan, tata letak taman, tema atau konsep taman yang ingin dibuat, jenis tanaman dan drainase atau saluran air, berikut ini akan diuraikan bagaimana cara membuat taman yang indah berdasarkan hal-hal tersebut.


  1. Menentukan Luas Lahan

Luas area merupakan hal yang pertama dan penting untuk diperhatikan ketika kalian ingin membuat taman, luas area akan berpengaruh pada tema taman dan pemilihan jenis tanaman, jika kalian memiliki area yang cukup luas, kalian bisa meletakkan banyak tanaman maupun hiasan seperti lampu taman di taman kalian.

Keuntungan jika kalian memiliki area yang luas adalah bisa dijadikan taman sebagai area bermain anak – anak ataupun menjadi tempat berkumpul keluarga yang sangat menyenangkan, kalian bisa membuat konsep ruang tamu outdoor dan ruang makan outdoor jika kalian memiliki lahan yang luas, kalian bisa meletakkan kursi santai, meja dan kursi makan maupun ayunan.

Namun jika kalian hanya memiliki area yang sempit, kalian tidak perlu khawatir untuk membuat taman di sekitar rumah kalian, meskipun area yang kalian miliki sempit, kalian tetap bisa membuat taman yang minimalis, cara yang paling mudah untuk mempercantik taman kecil kalian adalah dengan meletakkan beberapa tanaman kecil di area yang akan dijadikan taman.

Kalian tidak dianjurkan untuk meletakkan banyak tanaman di taman kecil kalian, karena hal tersebut bisa membuat taman kalian menjadi sumpek, jadi sebaiknya bagi kalian yang memiliki lahan kecil, pilihlah tanaman – tanaman yang berukuran kecil saja,l ebih baik lagi jika kalian menanam sayuran dengan menggunakan pipa susun, selain mempercantik taman, sayuran juga bisa dikonsumsi untuk kalian dan keluarga.

Contohnya, bila lahan yang ada cukup luas, kalian mungkin bisa mencoba beberapa tema, seperti taman bertema ruang tamu outdoor atau taman bermain anak, nantinya, selain aneka bunga dan tanaman hias cantik.

Kalian juga bisa meletakkan bangku taman atau bahkan ayunan untuk bersantai, sebaliknya, bila lahan yang tersedia cukup sempit, coba terapkan konsep taman minimalis dan manfaatkan media-media berukuran kecil (misalnya pipa-pipa yang sudah dihias dengan cantik) sebagai wadah untuk tanaman kalian.


  1. Perhatikan Tata Letak Taman Yang kalian Inginkan

Tata letak taman di sekitar rumah sangat tergantung pada luas area yang tersisa di sekitar rumah kalian, jika sisa lahan yang kalian miliki berada di samping, maka buatlah taman di samping rumah, namun jika lahan yang tersisa berada di depan atau belakang, sebaiknya buatlah taman di depan atau di belakang rumah.

Umumnya taman rumah dibuat di bagian depan rumah, namun ada juga yang membuat taman di belakang dan samping rumah, selain itu, taman yang diletakkan di lantai dua atau atap sebuah rumah menjadi trend sekarang ini, taman di dalam rumah atau yang biasa disebut sebagai indoor garden juga bisa memperindah interior rumah kalian, selain bisa memperindah interior rumah, bisa juga memberi kesegaran pada mata.


  1. Pilih Tema Taman Yang Sesuai Dengan Tema Rumah

Tema taman sebaiknya disesuaikan dengan tema desain rumah yang ingin dihadirkan pemilik rumah, hal yang harus diperhatikan untuk menentukan tema taman rumah kalian adalah luas area yang akan digunakan sebagai tama.

Jika lahan yang tersedia terbatas, bisa menggunakan tema minimalis modern atau tema minimalis saja, biasanya taman pada lahan sempit menggunakan tanaman gantung ataupun tanaman yang ditanam pada pipa – pipa yang cantik.

Beberapa tema taman di antaranya taman klasik, taman modern, taman tradisional, taman gaya tropis, taman minimalis dan lain-lain, pada dasarnya semua tema taman sebenarnya bisa diaplikasikan di area yang luas maupun kecil.

Namun yang harus diperhatikan adalah tata letak dan jenis tanaman yang akan digunakan, dengan memperhatikan dua hal tersebut, tema taman yang sesuai dengan keinginan kalain akan mudah diterapkan di sekitar rumah kalian.


  1. Perhatikan Kontur Taman Yang Akan Kalian Bentuk

Langkah ke 3 kita akan membuat kontur taman, apa itu kontur taman, jika kalian belum memahami kontur taman silahkan kalian kunjungi link pengertian kontur taman atau kalian juga bisa membaca singkatnya pada halaman ini.

Kontur taman adalah sebuah gundukan tanah yang di bentung dengan mengikuti konsep taman yang digunakan pada area taman yang dimana bentuk tersebut bisa menggunakan pola dasar seperti  bulat, oval, dan sabit.


  • Cara Membuat Kontur Taman

cara membuat kontur taman sangat sederhana kalian tinggal tumpukan tanah di daerah tertentu yang dimana kontur taman harus di atur ukuran dan ketinggiannya, misalkan kalian akan membuat kontur taman di sudut dekat jendela yang dimana kalian ingin membuat kontur dengan ketinggian 50cm dengan lebar 200cm2 dengan kata lain tanah yang di butuhkan untuk membuat kontur tersebut adalah 1 kubik.


  • Langkah – langkah Membuat Kontur Taman

Tumpukanlah tanah di area yang telah kalian tentukan lalu injak gundukan tanah tersebut supaya menjadi padat yang perlu dikatahui adalah jika kalian ingin membuat kontur taman kontur tersebut harus benar benar kokoh, kokoh yang kami maksud adalah kontur taman tersebut tidak mudah rusak jika di terpa air atau pun di tanami tanaman.

Untuk membuat kontur taman yang kokoh kalian harus membuat kontur taman dengan tingkat kepadatan yang tinggi salah satu caranya adalah dengan menekan bagian kontur taman tersebut dengan menggunakan cara di injak, membentuk kontur taman yang dimaksud adalah salah satu proses yang dimana jika sebuah bidang atau gundukan taman yang di buat masih belum memiliki pola maka dari itu pola tersebut harus kalian buat setelah proses gundukan tanah yang telah kalian buat

Caranya sederhana pertama kikislah sebagian tanah yang memang ingin kalian kikis fungsinya sebagai pembentukan kontur contoh bila yang kalian inginkan bentuk kontur segitiga namun bentuk kontur awal masih bulat kalian tinggal mengikisnya dengan perlahan.

Bila kontur taman rusak setelah pengikisan kalian tinggal menambahkan lagi tanah di atasnya ingat hanya sampai padat ulangi seperti itu bila kontur taman rusak cara seperti ini berlaku bila kontur taman belum di tanami tanaman kecil.


  1. Pemilihan Tanaman Yang Bagus

Pemilihan tanaman untuk menghiasi taman rumah kalian menjadi hal yang tidak boleh dilupakan, pemilihan tanaman ini menjadi hal penting, karena tanaman inilah yang akan menghiasi taman rumah kalian, untuk apa kalian capek – capek memikirkan tema, lahan dan tata letak jika kalian tidak memiliki gambaran pemilihan tanaman mana yang nantinya mengisi pekarangan kalian.

Ketika kalian membeli tanaman sebaiknya sesuaikan dengan luas area yang kalian miliki yang akan kalian jadikan taman, jangan membeli tanaman yang terlalu banyak, jika kalian memiliki area kecil, sebelum ke toko tanaman, kalian bisa membuat daftar tanaman yang kalian sukai lalu membelinya, tanaman yang sehat dan bermanfaat bisa menjadi pilihan untuk taman kalian.

Kalian bisa menkombinasikan bunga dan sayuran untuk mengisi taman kalian, jadi kalian tidak bosan jika hanya melihat bunga saja di pekarangan kalain, sayuran bisa menjadi sesuatu tampilan yang menarik, berbeda dan bermanfaat di taman kalian.


  1. Menanami Taman

Begitu langkah kedua selesai, kemudian kalian bisa mulai menanami taman kecil itu dengan aneka tanaman yang kalian inginkan, sebagai tahap awal, mulailah dari tanaman berukuran besar terlebih dulu, sehingga, tanaman hias berukuran kecil tidak terinjak-injak.

Galilah lubang dengan menggunakan cangkul sesuai ukuran akar pohon yang akan ditanam, contohnya, jika pohon yang akan ditanam berdiameter 30 cm, buatlah lubang berdiameter 50 cm, dengan begini, akar pohon lebih mudah dimasukkan dan kalian masih punya space untuk memberikan pupuk organik yang cukup. Oh iya, pastikan juga kalian mengelompokkan tanaman hias secara teratur sesuai jenisnya, untuk menambah estetika taman mungil kalian, ya.


  1. Tentukan Sistem Penyiraman Taman

Mengingat setiap tumbuhan membutuhkan air yang cukup, pikirkan pula sistem penyiraman yang akan diterapkan di taman kamu—apakah kamu hanya akan menerapkan sistem penyiraman manual, atau justru memasang sistem penyiraman otomatis.

Dalam hal ini, kami lebih menganjurkan agar kalian menggunakan sistem penyiraman otomatis, sebab, di samping memastikan tanaman-tanaman cantik di taman kalian senantiasa segar, sistem ini juga membuat kalian tak harus terikat jadwal menyiram taman dua kali sehari.

Untuk membuat sistem penyiraman otomatis, kalian bisa berkonsultasi langsung dengan pakar taman pilihan kalian.


  1. Perhatikan Drainase Atau Saluran Air

Saluran air juga sangat penting untuk membuat sebuah taman, fungsi drainase adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air supaya air tidak menggenang, jika sistem penyerapan air nya bagus, maka tanaman juga akan tumbuh dengan baik dan subur.

Kondisi tanah yang bagus untuk pertumbuhan tanaman adalah kondisi normal, jika tanah terlalu kering, maka tanah kurang memiliki unsur hara sehingga tanaman sulit untuk tumbuh subur, sedangkan jika taman terlalu becek dan melesak ketika diinjak, itu  akan menyebabkan akar tanaman dapat  cepat membusuk.


Tips Memilih Tanaman Hias

Tips Memilih Tanaman Hias

Memilih tanaman hias merupakan salah satu langkah penting dalam proses mewujudkan taman kecil, alasannya, tanaman-tanaman inilah yang akan menentukan bagaimana tampilan akhir taman kalian nantinya.

Sebenarnya, tidak ada syarat dalam memilih tanaman hias, kalian bebas memilih aneka bunga cantik favorit kalian, seperti bunga krisan, anggrek, mawar, melati, kaktus hingga pohon bonsai, untuk taman dengan luas lahan yang terbatas, tanaman hias lebih baik ditanam di dalam pot saja, trik ini sekaligus memudahkan kalian untuk memindahkannya ke dalam atau ke luar rumah bila diperlukan.

Jika kalian lebih menyukai ide taman yang alami ada baiknya kalian menerapkan sentuhan tradisional, jenis tanaman obat bisa menjadi pilihan, sambil tetap menyesuaikan dengan tema taman kecil kalian, pilihlah tanaman seperti jahe, kunyit, kencur dan sebagainya sesuai kebutuhan kalian dan keluarga.


Tanaman Yang Cocok Untuk Taman Minimalis

Ada beberapa jenis pohon dan tanaman yang sering sering di gunakan oleh tukang taman untuk membuat konsep taman minimalis. Jenis tanaman apa saja yang di gunakan untuk taman minimalis?

  • pangkas kuning
  • mirten
  • lantana
  • palem sikas
  • palem bambu
  • pucuk merah
  • maranta bali
  • palem bambu
  • palem kuning
  • kamboja bali
  • palem sikas

Cara Menanam Tanaman Diatas Taman Buatan

jika dirasa kontur tanaman dan tanah sudah selesai di buat kalian tinggal menanam tanaman dan pohon tanaman apa yang harus pertama di tanam:

  • tanaman pertama yang harus kalian tanam adalah pohon besar ini agar tanaman yang kecil tidak terinjak
  • Caranya sama kalian tinggal buat lubang dengan cangkul sesuai dengan ukuran akar pohon MISALKAN: akar pohon berdiameter 50cm2 kalian tinggal buat lombang dengan lebar 70cm2,kenapa? karena sisa yang 20cm2 akan kita berikan pupuk organik dan memudahkan kita memasukan akar pohon kedalam lombang
  • langkah selanjutnya kalian tinggal menanam jenis tanaman yang sudah kalian pilih di bawah pohon yang sudah tertanam
  • buatlah kelompok jenis tanaman yang akan di tanam bagian pengelompokan ini penting karena akan menentukan nilai estetika tanaman yang kalian buat
  • misalkan kalian memilih jenis tanaman puring di area tersebut jangan mencampur secara aduk dengan jenis tanaman yang lainnya
  • usahakan untuk menanam jenis tanaman mulailah dari tanaman yang paling tinggi dan mulailah menanam dari belakang ini di karenakan supaya jenis tanaman yang lainnya tidak terinjak.

jika semua tanaman kalian sudah tertanam dengan rapih maka kalian tinggal menanam rumput, disarankan bagi kalian yang pemula untuk membeli rumput lempeng ini di karenakan bila kalian menanam rumput di tandur harus memiliki ke ahlian khusus:

  • jika rumput lengpeng sudah tersedia kalian tinggal menanamnya
  • menyimpan rumput lalu pukut dengan alat keras atau sejenisnya sederhananya anggaplah lempengan rumput tersebut sebagai kramik rumah simpan satu persatu lempengan tersebut rumput dengan rapih
  • lalu yang terahir pukul rumput itu dengan keras dengan menggunakan balok, tidak usah khawatir itu cara yang di pakai untuk menanam rumput fungsinya agar tanah yang di bawa oleh rumput dan tanah yang ada pada area taman menyatu

Contoh Estimasi Biaya Bibit Untuk Pembuatan Taman Kecil

Selain tips memilih jenis tanaman hias serta langkah-langkah membuat taman kecil, kini Homify akan mengajak kalian menghitung estimasi biaya yang diperlukan, total estimasi biaya diperoleh dengan menjumlahkan biaya pengadaan bibit, rumput, serta perlengkapan penunjang lainnya.

Untuk memudahkan penghitungan, mari kita umpamakan taman kalian memiliki luas area sebesar 10 m2.

  1. Estimasi Bibit Tanaman Kecil

  • Pertama-tama, kita hitung kebutuhan bibit tanaman kecil terlebih dulu, yakni sebesar 50% saja dari seluruh luas taman (dalam hal ini, berarti 5 m2).
  • Umumnya, tanaman hias memiliki diameter antara 16-17 cm, jadi, untuk tiap meter taman kalian, bibit yang diperlukan adalah 100 cm : 16 cm = 6,25 bibit, angka ini kita genapkan menjadi 6 bibit tanaman, dari sini, diketahui bahwa untuk mengisi 1 meter persegi area taman, jumlah bibit yang dibutuhkan berarti 6 x 6 bibit = 36 bibit tanaman hias, sehingga, untuk mengisi 50 persen taman seluas 10 m2, kita akan membutuhkan 5 m2 x 36 bibit = 180 bibit bunga-bungaan.
  • Harga bibit tanaman hias sendiri beragam, namun di toko online, per bibit rata-rata dihargai Rp 1.000,-, dengan menggunakan standar harga ini, maka bujet yang perlu kalian alokasikan untuk membeli bibit adalah 180 bibit x Rp 1.000,- = Rp 180.000,-.

  1. Estimasi Bibit Tanaman Besar

  • Setelah menghitung estimasi bibit tanaman kecil, sekarang kami ajak kalian untuk menghitung bajet yang dibutuhkan untuk bibit tanaman besar, sebagai contoh, kita asumsikan, kalian memakai pohon palem yang memang banyak difavoritkan untuk menghias taman.
  • Mengingat ukurannya berbeda dengan tanaman kecil, jarak tanam antar bibit pohon palem juga berbeda, umumnya, antar bibit pohon palem ditanam dengan jarak sekitar 4 meter, di samping membuat taman tampak indah dan rapi, jarak tanam yang cukup jauh ini juga berfungsi untuk memberi ruang bagi tanaman hias yang ukurannya lebih kecil, berhubung kita hanya akan menanami separuh dari luas lahan keseluruhan, dalam contoh ini hanya seluas 5 meter persegi, maka bibit pohon palem yang kita perlukan yaitu = 5 m2 : 4 meter, sehingga, 5 : 4 = 1,25 pohon, kita genapkan angkanya menjadi 1 pohon.
  • Di toko online, harga bibit pohon palem cukup bervariasi; dengan rata-rata harga sekitar Rp 250.000,- per batang, jadi, biaya pengadaan bibit tanaman besar untuk taman kecil kesayangan kalian adalah Rp 250.000,-.

  1. Estimasi Rumput

  • Juga tidak kalah penting untuk dihitung adalah estimasi biaya penanaman rumput, sebab, rumput juga merupakan elemen utama dari taman, dari luas area taman 10 m2, dan sudah dipakai setengahnya untuk tanaman hias dan pohon, maka kebutuhan rumput adalah untuk sisanya, yaitu 5 m2.
  • Kita asumsikan, rumput yang kita gunakan untuk taman kalian adalah jenis rumput gajah mini, sebagai informasi, 1 m2 rumput gajah mini kini berada di kisaran harga Rp 10.000,-. Jadi, untuk 5 m2 , kita kalikan saja Rp 10.000 x 5 m2 = Rp 50.000.

  1. Estimasi Total Biaya

  • Setelah menghitung estimasi tanaman hias, pohon dan rumput, kini kita bisa menjumlahkan keseluruhan biaya bibit untuk taman kecil kalian.
  • Biaya tanaman hias : Rp 180.000,-
  • Biaya pohon palem: Rp 250.000,-
  • Biaya rumput: Rp 50.000,-
  • Biaya lain-lain: Rp 200.000,-
  • Total biaya = Rp 680.000,-

Itulah banyangan biaya yang kalian perlu keluarkan untuk mewujudkan taman kecil impian di rumah, yang perlu diingat, estimasi di atas berdasarkan asumsi luas taman 10 meter persegi, sehingga, biaya yang kalian keluarkan mungkin lebih sedikit atau lebih banyak dari estimasi di atas, tergantung luas taman kalian.

Akhirnya, semoga info dalam Buku Ide ini cukup bermanfaat dalam membantu kalian mewujudkan area hijau nan cantik di rumah, oh, iya, supaya konsep taman lebih tertata, kalian juga boleh lho menggunakan jasa arsitek lanskap dalam daftar kami.

Jadi, kapan kalian akan mulai melakukan rencana memiliki taman kecil di rumah?

Demikian sedikit pembahasan mengenai 10 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Sederhana Minimalis semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: