Jenis Bunga Melati

Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer

Diposting pada

Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer_ Ada beberapa bunga yang dikenal memiliki kekuatan mistik, salah satunya adalah bunga melati. Aroma bunga ini bisa membuat rambut berdiri jika tiba-tiba tercium pada hari-hari tertentu. Bahkan ada juga yang menikmatinya mentah-mentah karena dinilai mampu meningkatkan daya tarik bagi orang yang menyukainya.

Jenis Bunga Melati

Meski penuh nuansa horor, bunga Himalaya ini sebenarnya kaya akan makna yang baik. Mulai dari simbol harapan dalam agama Hindu hingga simbolisasi cinta dan kesederhanaan yang menjadi bagian dari tradisi pernikahan di tanah air. Bunga yang secara ilmiah bernama Jasminum officinale ini juga banyak dimanfaatkan karena membuat taman terlihat asri dan mengeluarkan aroma yang harum.

Baca Juga: 7 Cara Menanam Bunga Aster: Jenis dan Cara Merawatnya!

Seperti namanya, jenis melati ini mekar pada malam hari dan mengeluarkan aroma yang sangat kuat yang terkadang menyebabkan alergi pada orang yang sensitif. Bunga dengan nama ilmiah Cestrum nocturnum ini sedikit dibedakan dengan daunnya yang lonjong berwarna hijau tua dan mengkilap.

Kelopaknya berwarna putih kehijauan dengan bentuk seperti bintang dan berkelompok. Merawat tanaman melati ini cukup sederhana karena tahan paparan sinar matahari dan penyiraman yang cukup.

Pada kesempatan kali ini kami akan merangkum beberapa jenis bunga melati yang perlu anda ketahui, dan jenisnya adalah sebagai berikut:


Melati Primrose

Melati primrose biasanya tumbuh di gundukan besar. Bunganya berbentuk setengah ganda, berbentuk corong berwarna kuning. Batangnya melengkung dan seperti sumur. Batangnya berbentuk persegi dan menjadi berkayu seiring bertambahnya usia. Daunnya berbentuk bulat, berwarna hijau muda dan termasuk dalam kelompok daun runcing. Bunga melati ini sangat peka terhadap dingin. Bunga ini dapat bertahan sebentar dalam suhu beku, tetapi tidak mentolerir suhu beku yang berkepanjangan. Bunganya harum dan mekar secara sporadis sepanjang tahun.


  • Melati Musim Dingin

Melati Musim Dingin

Semak melati ini bisa tumbuh dengan warna hijau, pucuk melengkung hingga tinggi dan lebar hingga 3 meter. Daun hijau tua dibagi menjadi 3 daun muda berbentuk oval dengan panjang 3 cm. Semak menghasilkan banyak bunga kuning pucat berbentuk corong di bagian daun yang muncul di depan daun utama. Berbeda dengan bunga melati lainnya, bunga ini memiliki aroma yang sangat ringan. Tumbuh dengan baik di tanah yang kaya nutrisi, kering dan cukup sinar matahari.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Anggrek di Pohon dan Perawatannya!


  • Melati X Stephanense

Melati X Stephanense

Bunga ini adalah jenis melati merah muda unik yang berasal dari Cina barat daya dan merupakan hasil persilangan antara Melati Merah jenis Cina dan Melati Gambir. Tanaman berkayu ditutupi banyak bunga tubular merah muda kecil. Batangnya yang panjang dan hijau memiliki dedaunan berwarna hijau oval dan krem. Jika kalian ingin mengetahui cara menanam bunga mawar telak dipetik bisa klik disini.

membuat tanaman dan bunganya semakin indah. Bunganya tidak terlalu cocok untuk bunga potong. Bunga ini juga mendapat penghargaan RHS dari Garden Merit.


  • Kemboja Merah

Kemboja Merah

Frangipani merah aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Kolombia, dan Venezuela. Cabang-cabangnya tebal dan berdaging, tetapi kemungkinan besar akan patah jika terkena angin kencang. Daunnya besar dan kasar. Bunganya biasanya muncul sebelum daun pada musim panas hingga musim gugur. Bunga ini berbentuk corong, bunga berukuran besar dengan kelopak berbentuk lobed yang saling tumpang tindih. Bunganya terstruktur seperti lilin, beraroma harum dan kuning di tengahnya. Bunga ini membutuhkan tanah kaya nutrisi yang dikeringkan dengan baik dan disiram secara teratur.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menanam Bunga Krokot Dengan Benar Terlengkap!


  • Melati Elongatum

Melati Elongatum

Melati elongatum tergolong bunga melati langka karena warnanya yang indah. memiliki warna putih salju yang indah dan dibawah kelopak ada warna merah muda. Setiap bunga memiliki 6 hingga 9 kelopak kecil yang membuatnya tampak seperti bintang. Ini memiliki daun seperti telinga dan dedaunan berkilau. Anehnya, bunga ini termasuk jenis melati yang tidak memiliki wangi.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia: Ciri, Jenis dan Fakta Unik Tentang Bunga Sakura


  • Cestrum Nocturnum

Cestrum Nocturnum

Melati arum dalu atau biasa disebut melati yang bermekaran malam, termasuk dalam famili Solanaceae. Bunga ini berasal dari bagian tropis Amerika dan India Barat. Semak berbunga ini sederhana, memiliki daun lonjong dan buah anggur, bunganya berwarna putih kehijauan dengan dedaunan hijau yang indah yang hidup sepanjang tahun dari musim semi hingga musim gugur. Jasmine Arum Dalu bekerja dengan baik di bawah sinar matahari dan tanah kering. Aroma bunga ini sangat kuat dan semakin kuat di malam hari. Aromanya cukup kuat untuk menyebabkan reaksi alergi yang parah pada beberapa orang. Bunga ini memiliki daun yang halus dan berkilau dengan panjang sekitar 10 sampai 20 cm. Melati jenis ini relatif mudah perawatannya, namun membutuhkan perhatian khusus pada iklim yang dingin.


  • Melati Kacapiring Cape Jasmine

Melati Kacapiring Cape Jasmine

Cape jasmine adalah tanaman rumahan yang indah yang berasal dari semak belukar dan sangat populer karena bunganya yang lembut dan harum. Gardenia Cape Jasmine berasal dari Jepang, Cina dan India. Daunnya berwarna hijau, kasar dan berkilau. Kelopaknya berwarna putih dan menguning seiring bertambahnya usia. Bunganya bisa tunggal, ganda atau semi-ganda. Seperti bunga melati lainnya, Cape Jasmine memiliki wangi manis yang kuat yang membuat seluruh ruangan tercium harum. Bunga ini membutuhkan cahaya terang dan suhu sedang untuk tumbuh subur.

Baca Juga: 6 Jenis Bunga Aglaonema Lengkap Dengan Cara Penanamanya


  • Melati Kacapiring Candle Light

Melati Kacapiring Candle Light

Candlelight Gardenia Jasmine memiliki bunga putih ganda yang besar dengan dedaunan hijau tua yang menarik. Tinggi semak menjadi sekitar 1,5 meter dan lebar 1,2 meter. Bunga lilin besar ini mekar dari akhir musim semi hingga awal musim gugur. Melati ini membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah penyakit daun.


  • Melati Kacapiring Aimee Yoshida

Melati Kacapiring Aimee Yoshida

Gardenia Jasmine Aimee Yoshida adalah varietas yang sangat harum dengan bunga putih mencolok dan daun hijau tua. Bunga ini lebih menyukai kondisi hangat dengan kelembaban tinggi dan tanah asam. Penyiraman dan nutrisi secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan. Melati ini berfungsi baik sebagai bunga potong sebagai penghias ruangan maupun sebagai bunga taman. Bunga ini asli China, Taiwan, dan Jepang. Bunga ini memiliki aroma yang memabukkan dan mekar setiap tahun pada akhir musim panas atau gugur.


  • Melati Kacapiring August Beauty

Melati Kacapiring August Beauty

August Beauty Gardenia Jasmine adalah bunga yang mekar lebat dengan daun beludru putih dan daun berkilau. Semak hijau berukuran sedang ini berasal dari Cina, Jepang, dan Taiwan. Bunga yang sangat harum ini memiliki semak hijau bulat yang berguna sebagai bunga pagar atau aksen untuk area pintu masuk. Bunganya berwarna putih dan kekuningan seiring bertambahnya usia. Bunga ganda ini memiliki tampilan seperti kincir dan daun lilin. Bunga mekar dengan baik di tempat teduh, di tanah yang lembab dan kering dan dengan sirkulasi udara yang baik. Aroma yang kuat dan manis dapat membuat seluruh ruangan menjadi wangi. Bunga melati ini secara visual menarik dan tahan terhadap kekeringan, penyakit, embun tepung dan panas.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kertas: Macam dan Cara Merawatnya!


  • Melati Kacapiring Glazerii

Melati Kacapiring Glazerii

Melati glazerii gardenia menunjukkan bunga putih mencolok dengan dedaunan hijau muda. Tanaman ini memiliki daun zamrud yang mengkilat dan tumbuh setinggi 2,4 meter dan lebar 1,8 meter. Glazerii gardenia dianggap sebagai salah satu tanaman paling populer untuk taman bunga. Bunga ini tumbuh paling baik di tanah yang lembab dan asam dengan drainase yang baik dan di tempat teduh parsial.


  • Melati Kacapiring Mystery

Melati Kacapiring Mystery

Mystery Garden Jasmine memiliki bunga yang besar dan cerah. Pangkal bunga tetap merah dan kuning bahkan setelah kelopaknya gugur, yang menciptakan pemandangan yang menyenangkan di musim gugur dan musim dingin. Dedaunan hijau mengilap membuat bunga menjadi fokus perhatian di taman atau di dalam pot. Penggunaan media mulsa secara teratur diperlukan untuk melindungi dari hama. Tanam bunga ini di tempat yang tepat agar Anda bisa menikmati aromanya.


  • Melati Kacapiring Shooting Star

Melati Kacapiring Shooting Star

Shooting Star Jasmine adalah bunga melati tunggal dengan enam kelopak dan daun besar. Shooting Star Jasmine lebih lurus dari jenis melati lainnya. Bunga yang sangat harum ini memberikan aksen yang luar biasa indah di taman atau di pot Anda. Bunga ini hanya perlu dirawat saat musim dingin.

Baca Juga: 15 Cara Menanam Bunga Teratai Serta Perawatannya!


  • Melati Kacapiring Variegata

Melati Kacapiring Variegata

Variegata gardenia Jasmine adalah tanaman merambat yang tumbuh subur dari musim semi hingga musim panas setiap tahun. Tanaman ini memiliki daun putih mengkilap, kuning muda, dan hijau tua dengan bunga ganda putih mencolok. Dedaunan putih kremnya menjadikan melati ini sebuah mahakarya. Bunga ini memiliki aroma yang kuat dan harum, dan dengan aromanya dapat mencium seluruh tempat. Variegata dianggap sebagai bunga melati terbaik untuk ditanam karena kekuatan dan keindahannya. Bunga gading juga memancarkan minyak yang biasa digunakan di spa dan ruang resepsi.


  • Melati Kacapiring Veitchii

Melati Kacapiring Veitchii

Veitchiis Gardenia Jasmine sangat mahal karena penampilannya yang luar biasa dan aromanya yang manis. Semak memiliki bunga putih harum dengan daun runcing mengilap dan tetap hijau tua sepanjang musim dingin. Bunga melati ini bagus untuk bunga potong. Bunga ini membutuhkan sedikit perawatan dan hanya perlu dipangkas secara rutin agar tidak membusuk. Bunga ini biasanya menarik perhatian lebah dan kupu-kupu.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Pohon Mengkudu Dengan Stek


  • Melati Kacapiring White Gem

Melati Kacapiring White Gem

Batu permata putih adalah bunga kerdil yang harum dan sangat indah. Tanaman ini memiliki semak hijau dan paling baik untuk iklim hangat. Semak menghasilkan banyak bunga putih tunggal dengan enam kelopak dan daun yang nyaris tidak saling bersentuhan. Dibandingkan jenis melati lainnya, Permata Putih memancarkan aroma yang lembut. Bunga ini membutuhkan kondisi hangat, tanah basa yang melimpah, dan penyiraman yang teratur.


  • Melati Kacapiring Belmont

Melati Kacapiring Belmont

Belmont Gardenia Jasmine dikenal dengan daunnya yang sangat besar dan subur. Belmont Gardenia Jasmine adalah salah satu strain terbaik untuk tanaman dalam ruangan. Melati ini memiliki bunga gading ganda yang, seperti bunga melati lainnya, akan menguning seiring waktu. Bunga-bunga ini mekar dari akhir musim semi hingga musim panas dan bahkan musim gugur setiap tahun.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot: Stek Mawar Dengan Kentan dan Menanam Dengan Stek


  • Melati Kacapiring Chuck Hayes

Melati Kacapiring Chuck Hayes

Chick Hayes ‘Gardenia Jasmine adalah bunga yang sangat harum yang diapit oleh dedaunan hijau yang subur, sehat, mengkilap, hijau tua. Tidak seperti bunga melati lainnya yang mekar selama 3 minggu, melati taman Chuck Hayes mekar sekitar 4 minggu di akhir musim semi hingga awal musim semi. Bunga putih ganda ini mulai tumbuh di awal musim panas begitu cuaca panas tiba. Untuk pemeliharaannya, gardenia Chuck Hayes membutuhkan pemangkasan secara teratur untuk menghilangkan daun-daun mati dan memberikan bentuk yang tepat pada tanaman.


  • Melati Kacapiring Aster

Melati Kacapiring Aster

Daisy melati adalah bunga tunggal berwarna putih pipih dengan daun kecil kaku. Bunga ini memiliki bentuk bukit yang rendah dengan dedaunan hijau yang subur. Bergantung pada kondisi sekitarnya, semak berbunga ini tumbuh dengan ketinggian rata-rata 1 hingga 1,2 meter dan menghasilkan bunga putih yang harum. Bunga ini bekerja dengan baik bila ditanam di tanah berpasir atau tanah liat dengan sinar matahari penuh. Dedaunan hijau muda bisa menguning saat berada di tanah basa. Bunganya menguning seiring waktu. Melati ini bisa bermanfaat di lanskap dan ruang luar ruangan lainnya. Bunga ini menciptakan aroma yang kuat, sehingga cocok untuk tanaman taman dan sebagai bunga potong untuk dekorasi ruangan.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Bunga Sepatu Beserta Manfaatnya!


  • Melati Kacapiring Frostproof

Melati Kacapiring Frostproof

Melati Gardenia anti beku dikenal karena sifat tahan bantingnya. Melati ini disebut anti beku karena ketahanannya yang tinggi terhadap musim semi. Tanaman ini memiliki bentuk simetris tegak yang indah dengan dedaunan yang indah. Tanaman ini merupakan tumbuhan perdu tegak yang memiliki warna hijau tua, daun mengilap dengan bunga berwarna putih berukuran sekitar 5 sampai 7 cm. Bunganya mekar berpasangan di dahan dan memiliki aroma yang sangat sedap. Bahkan bunga ini bisa tumbuh di dalam pot yang tingginya hanya 30 hingga 35 cm dan tumbuh sekitar 7 cm di luar ruangan.


  • Melati Kacapiring Daruma

Melati Kacapiring Daruma

Daruma Jasmin adalah bentuk kerdil dari Melati Hardy Kliem. Melati gardenia Daruma memiliki bunga yang berstruktur seperti lilin. Bunganya kecil di antara daun hijau tua yang mengilap. Bunga ini memiliki bentuk bulat kecil, daun lebat yang sangat menarik. Pinggulnya bisa mencapai tinggi rata-rata 76 cm.


  • Melati Kacapiring Miami Supreme

Melati Kacapiring Miami Supreme

Miami Supreme Gardenia Jasmine adalah bunga putih besar yang sangat harum dan mekar dengan cepat sepanjang tahun. Bunga ini memiliki daun berwarna hijau mengkilap dan dedaunan gelap yang terlihat sangat indah kontras dengan bunga gadingnya.


  • Melati Kacapiring Michael

 

Melati Kacapiring Michael

Gardenia Michael adalah varietas melati yang kuat. Bunga ini mekar setiap tahun di tengah musim panas di tanah basa atau lempung. Daunnya berwarna krem ​​dan hijau serta cukup panjang dan ramping. Jenis melati ini membutuhkan perawatan yang sederhana yaitu hanya membutuhkan penyiraman secara rutin. Seperti bunga melati lainnya, jenis ini juga memancarkan aroma yang sedap dan menenangkan.

Baca Juga: 12 Cara Menanam Bawang Bombay Serta Manfaatnya!


  • Melati Kacapiring Kliem’s Hardy

Melati Kacapiring Kliem’s Hardy

Kliem’s Hardy adalah semak hijau kecil yang berasal dari Cina. Bunga ini tumbuh secara sporadis hingga hari-hari musim gugur yang sejuk. Dedaunan yang mengilap menjadi latar yang sempurna untuk bunganya yang besar dan berwarna krem dengan enam kelopak. Tampak indah di pot, di gundukan tanah dan di depan perbatasan di taman Anda. Bunga memiliki bentuk seperti bintang dan mempunyai aroma yang kuat dan menyenangkan. Bunga ini membutuhkan tempat yang teduh dan tanah yang dikeringkan dengan baik dengan pH netral.


  • Melati Kacapiring Grif’s Select

Melati Kacapiring Grif’s Select

Grif’s Select Jasmine adalah bunga gardenia menakjubkan yang lebih keras dari kebanyakan bunga melati lainnya. Bunga ini memiliki enam kelopak dan berwarna gading di musim semi dan musim panas. Daunnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki tekstur seperti beludru. Bunganya memiliki warna jingga kemerahan yang terlihat sangat menarik. Bunga melati ini terkenal tahan banting di musim dingin. Paling baik ditanam di tanah organik yang kaya akan air dan nutrisi yang tepat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: