18 Jenis Burung Pleci yang Wajib Kalian Pelihara Di Rumah

Diposting pada

18 Jenis Burung Pleci yang Wajib Kalian Pelihara Di Rumah _ Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung yang biasa hinggap di pepohonan yang rindang, jauh dari keramaian seperti perkotaan, karena habitat asli burung ini adalah di alam liar yang hawa tenang dan sejuk.

Bagi pecinta Jenis Burung Diberbagai Negara , jenis pleci ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena dengan perawatan yang tepat, pleci ini memiliki nada kicau yang indah dan indah. Tak heran jika burung ini sering muncul di perlombaan burung.

Jenis Burung Pleci

Meski burung pleci sangat digemari para pecinta burung, namun masih ada sebagian orang yang tidak tahu sama sekali tentang Jenis Burung Terindah ini, padahal jenis dan jenisnya sangat banyak. Berikut ulasan lengkapnya.


Pleci Salvadori

Pleci Salvadori Enggano atau nama latinnya Zosterops Salvadorii merupakan salah satu jenis pleci yang hidup di pulau Enggano. Burung Enggano Pleci berukuran cukup besar. Ciri-ciri yang terlihat dari burung ini adalah punggungnya yang kekuningan dan dada berwarna abu-abu tua, serta warna kepalanya yang agak kehitaman.


  • Pleci Black Capped

Pleci Black Capped

Pleci Black-Cap atau biasa dikenal dengan Pleci Black-Cap hanya tersedia di Indonesia. Kenapa disebut Black Hat? Karena memiliki dahi berwarna hitam. Jenis Pleci ini sangat agresif dan memiliki postur tubuh yang sama dengan Pleci Dakun.


  • Pleci Papua

Pleci Papua

Pleci Papua atau Pleci Dagu Kuning memiliki nama latin Zosterops Minor dan berukuran kecil dengan panjang sekitar 11 cm. Ciri khas burung ini yaitu memiliki dada berwarna putih cerah dan warna kuning di bagian leher. Lingkaran hitam itu berwarna putih dan lebar, tapi terpotong. Pleci Papua juga memiliki dahi berwarna hitam dan mahkota berwarna hijau kekuningan serta penutup telinga.

Baca Juga: Jenis Burung Kecil Yang Harus Kalian Ketahui Beserta Gambar Lengkap!!


  • Pleci Dahi Hitam

Pleci Dahi Hitam

Pleci Sulawesi atau Pleci Dahi Hitam memiliki nama latin Zosterops Atrifrons yang sifatnya agresif. Topi dahi hitam merupakan salah satu spesies burung dalam famili Zosteropidae yang sangat mirip dengan Pleci Topi Hitam / Pleci Topi Hitam.

Jenis pleci ini banyak terdapat di Indonesia yaitu di Kepulauan Sula, Pulau Seram, dan Pulau Sulawesi. Tinggi Dahi Hitam Pleci adalah 11-12 cm. Burung zosterops atrifrons bercirikan hitam di bagian dahi, abu-abu di bagian dada dan kuning kehijauan di bagian punggung.


  • Zosterops fuscicapilla

Zosterops fuscicapilla

Burung berkacamata arfak atau yang bernama latin Zosterops fuscicapilla ini hanya bisa kita temukan di Papua. Pleci Arfak memiliki tinggi 9,5 senpai 11 cm. Burung kecil ini memiliki lingkaran putih tebal di bawah matanya. Tubuh bagian bawah disapu kuning dengan buah zaitun, sedangkan dahi dan wajah tampak kehitaman.


  • Pleci Zosterops Mysorensis

Pleci Zosterops Mysorensis

Pleci Biak atau nama latinnya Zosterops Mysorensis adalah salah satu jenis Pleci yang tidak memiliki lingkaran hitam. Ukuran tubuh burung ini adalah 10,5 hingga 11 cm. Habitat jenis Pleci ada di Papua dan hanya terdapat di Pulau Biak. Jika Kalian ingin mengetahui jenis burung langka kik disini.


  • Pleci Halmahera

Pleci Halmahera

Pleci Halmahera memiliki tinggi mencapai 12 cm. Sedangkan ciri khas burung ini adalah memiliki perut dan leher berwarna putih, kepala berwarna coklat kehitaman, dan bagian bawah ekor berwarna kuning pucat. Burung Halmahera Pleci hidup di Maluku bagian utara.


  • Pleci Wallacea

Pleci Wallacea

Burung Pleci Wallacea memiliki panjang tubuh 11,5 cm. Sedangkan ciri khas burung ini adalah memiliki leher dan dahi berwarna kuning. Perutnya berwarna putih dan batangnya berwarna kuning. Burung Pleci Wallacea mendiami Rinca, Flores, Sumba, komoditas besar.


  • Pleci Dakun Maput

Pleci Dakun Maput

Pleci Dakun Maput atau yang sering dikenal dengan sebutan Pleci Dada Kuning Mata Putih merupakan salah satu jenis Pleci yang memiliki habitat di Pulau Jawa. Lebih tepatnya dari Gunung Muria kudu. Banyak orang yang mengatakan bahwa Pleci jenis ini tergolong istimewa karena memiliki suara yang jernih dan jernih. Harga Pleci bermata kuning dan dada putih ini lebih mahal dibandingkan jenis Pleci lainnya.

Baca Juga: 37 Harga Burung Lovebird Termahal Mencapai Puluhan Juta!


  • Pleci Dakun Macok

Pleci Dakun Macok

Pleci Dakun Macok atau Yellow Eyes Brown Dakun adalah salah satu jenis Pleci yang dipegang oleh para pleman. Spesies Pleci Dakun Macok menjadi favorit para pecinta burung tontonan karena suaranya yang jernih dan nyaring. Harga Koclat Yellow Eyes Pleci ini tergolong murah baik dalam keadaan mentah maupun bahan baku.

Anda juga bisa mengetahui Jenis Burung Kicau disini.


  • Pleci Dakun Kuning Mata Merah

Pleci Dakun Kuning Mata Merah

Pleci Dakun Marmer atau Mata Merah Kuning Dada Pleci merupakan jenis Pleci yang saat ini banyak diminati oleh Pleman. Burung pleci ini konon memiliki mental yang kuat dan volume yang keras. Habitat Burung Pleci Dakun Marmer ada di sekitar Gunung Merapi. Pleci Merapi rata-rata memiliki iris berwarna merah. Warna merah menandakan bahwa burung ini kejam dan tangguh.


  • Pleci Dakun Bali

Pleci Dakun Bali

Pleci Dakbal atau Dakun Bali secara fisik hampir identik dengan Pleci Macok dan Maput. Namun demikian postur atau tinggi badan dari jenis pleci ini lebih besar dari pada pleci jawa. Perbedaan yang paling mencolok adalah lingkar putih di sekitar mata lebih lebar dan suaranya mirip dengan nyanyian ayam. Karena kelebihan-kelebihan ini, Dakun Bali memiliki mentalitas yang tidak terlalu baik atau terlalu buruk, dan terlalu banyak jeda jika kedengarannya seperti itu.


  • Pleci Dakun Garut

Pleci Dakun Garut

Pleci Dakun Garut Vogel kini menjadi incaran Pleman karena kerap mendominasi kompetisi. Ciri-ciri Pleci Garut adalah memiliki paruh yang panjang dan lebar, warna bulu dada kuning jernih. Lingkaran hitam di bawah mata sekarang berwarna kuning tua. Untuk jenis suara yang dihasilkan Pleci jenis ini yaitu berderak dan keras serta rekaman yang bervariasi, sama seperti Jenis Burung Nuri.


  • Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Burung Pleci Dakun dari Jawa Timur atau nama latinnya Zosterops Flavus di Jawa Timur. Ciri yang paling spesifik dari jenis pleci ini adalah bagian punggung dan dada lebih terang serta tidak ada garis hitam pada mata.


  • Pleci Kecial

Pleci Kecial

Pleci Kecial memiliki nama latin Zosterops Chloris Maxi. Pleci Kecial terletak di dua pulau tetangga yaitu Nusa Penida (Bali) dan Pulau Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Burung Pleci Kuning Lombok atau Lombok Kecial disukai oleh banyak pleman di Indonesia saat ini. Bahkan jenis pleci ini pun sering dilombakan di Pulau Lombok pada sore hari.

Baca Juga: 14 Jenis Burung Jalak Beserta Gambar dan Penjelasannnya Lengkap!!


  • Pleci Buxtoni

Pleci Buxtoni

Buxtoni pleci masih merupakan subspesies mata putih oriental (Zosterops palpebrosus). Jenis Buxtoni Pleci rata-rata memiliki tubuh yang kecil. Meski bertubuh kecil, burung ini memiliki semacam suara yang mengkristal.


  • Pleci Auriventer

Pleci Auriventer

Pleci Auriventer atau nama latinnya Zosterops palpebrosus auriventer sering kita temui di hutan mangrove, bahkan di pantai yang berbeda. Mereka tersebar di berbagai wilayah ASIA seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Indonesia. Di Indonesia banyak kita jumpai di pantai timur Sumatera, Pulau Bangka, Kepulauan Riau, Kalimantan, dan Kepulauan Natuna Selatan.

Pleci Auri memiliki kualitas khusus dalam berkicau. Ngebass membunyikan kicau (lagu) dan nada dering (panggilan).


  • Pleci Montanus

Pleci Montanus

Pleci Montanus merupakan spesies yang berbeda dari Auri dan Buxtoni. Burung Pleci Mouty juga sering disebut sebagai kacamata gunung oleh masyarakat. Jenis Pleci ini memiliki postur tubuh sekitar 11 cm atau lebih dari Buxtoni dan Auri. Ciri-ciri yang terlihat dari pleci ini adalah bulu perut berwarna putih keabuan dan sisi tubuh berwarna kecoklatan. Habitat spesies Pleci Montanus tersebar di Sumatera, Bali, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 18 Jenis Burung Pleci yang Wajib Kalian Pelihara Di Rumah semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: