Jenis Burung Walet

Mengenal 5 Jenis Burung Walet serta Ciri Khas Burung Walet

Diposting pada

Mengenal 5 Jenis Burung Walet serta Ciri Khas Burung Walet_ Di negara kita, Indonesia dan Malaysia, dikenal berbagai jenis burung walet yang dapat menghasilkan sarang. Diperkirakan ada 5 spesies burung walet di Indonesia dan Malaysia.

Beberapa jenis tersebut dapat dibedakan berdasarkan ciri / sifat berdasarkan ukuran tubuh, warna bulu, suara, perilaku pembuatan sarang, dan bahan dasar pembuatan sarang.

Swallow atau Collocalia vestita termasuk burung dengan sayap meruncing, ekor panjang, hitam. Yang berwarna coklat di bagian bawah tubuh.

Burung layang-layang hidup di pantai dan di daerah perkotaan di mana mereka secara alami mendiami gua atau ruang besar seperti atap kosong. Kemudian burung walet bersarang berkelompok atau dalam jumlah banyak dengan sarang air liurnya.


Jenis Burung Walet

  • Burung Layang-layang Besar

Burung layang-layang Besar

Jenis yang pertama adalah burung layang-layang besar. Dimana warna badannya hitam dengan warna bulu bagian bawah yang coklat tua.

Panjang tubuhnya yang sekitar enam inci tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan burung walet spesies lainnya. Karena memiliki tubuh yang besar membuat burung walet ini terbang lebih tinggi dan lebih cepat.

Saat burung terbang, serangga kecil disamarkan agar bisa makan. Hewan ini lebih suka bersarang di lubang dan umumnya sarangnya tidak bisa dimakan.

Sarang burung walet hitam berbentuk seperti cangkang yang terbuat dari campuran akar tanaman, lumut dan berbagai jenis serat. Sarangnya sangat kotor dan berserat sehingga sangat berbeda dengan sarang burung walet lainnya.

Bulu-bulu ekornya sekarang sedikit robek. Suaranya nyaring dan nyaring jadi cukup jelas saat suaranya melayang di langit.

Baca Juga: 20 Jenis Burung Cendrawasih Beserta Gambar dan Penjelasannya


  • Walet Sapi

Walet Sapi

Burung walet sapi (Collocalia esculenta) merupakan salah satu spesies burung dalam famili Apodidae. Burung walet bisa Anda temukan di berbagai negara seperti Indonesia, Filipina, Thailand, Vanuatu, India, Malaysia, Papua Nugini, Singapura, dan Kepulauan Solomon.

Di Indonesia ada burung walet di Jawa dan Bali. Habitat di dataran tinggi, baik di padang rumput pohon terbuka maupun di hutan.

Bulu burung walet berwarna hitam kebiruan. Sedangkan bulu bagian bawah berwarna abu-abu tua dan bagian perut agak putih dengan ekor agak bercelah.

Dibandingkan  jenis Burung Elang, sebenarnya ukurannya paling kecil dengan panjang tubuh hanya sekitar 10 cm. Matanya coklat tua, paruh hitam dan suaranya tinggi.

Burung yang satu ini hidup berkelompok saat terbang, namun sifatnya tidak teratur. Saat terbang, walet sapi hanya berputar-putar di dekat tanah atau di dekat sungai untuk mandi dan minum. Untuk mencari makan, burung ini biasanya mengelilingi pohon besar dan tinggi yang penuh dengan serangga, terutama tawon kecil.

Bentuk sarangnya tidak beraturan dan terdiri dari campuran lumut dan rerumputan yang menempel menyatu dengan air liur. Sarang walet sapi dapat bersarang di celah-celah gua yang terang atau sudut bangunan.

Sapi walet menghasilkan 2 butir telur. Dengan ciri khas warna putih dan agak lonjong. Saat musim kawin, burung ini harus bersarang di tempatnya.


  • Burung Walet Sarang Hitam

Burung Walet Sarang Hitam

Jenis burung walet berikutnya adalah burung walet sarang hitam. Ciri khasnya adalah memiliki warna bulu coklat atau agak kehitaman dan bulu ekor coklat kelapa. Sedangkan pada kakinya rambut tersebar merata dan bulu ekor sedikit dibelah.

Burung layang-layang ini memakan serangga kecil yang ditangkapnya saat terbang. Selain itu, burung walet black nest juga suka bersarang di goa kapur.

Dibandingkan burung walet lainnya, burung walet hitam berukuran sedang. Panjang tubuhnya kira-kira lima inci dan matanya berwarna coklat tua serta paruh dan kakinya berwarna hitam.

Saat burung ini sudah bertelur, biasanya hanya berupa sebutir biji di dalam sarang. Warna telurnya putih, yang memanjang di musim yang sama dengan burung walet putih.

Burung walet sarang hitam menyebar ke Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Indonesia. Habitatnya ada di hutan hujan dan hutan pegunungan tropis. Sarang walet hitam termasuk yang paling mahal harganya, seperti burung walet putih.

Baca Juga: 8 Jenis Burung Emprit dan Trik Melatih Mengisi Gacor serta Freefly


  • Burung Walet Gunung

Burung Walet Gunung

Jenis keempat adalah walet gunung. Seperti namanya, burung walet jenis ini terbang dengan cepat berkelompok di dekat puncak gunung atau tebing.

Makan serangga kecil dengan menangkapnya saat burung sedang terbang. Sarang tersebut sekarang berada di celah-celah atau bekas kawah gunung.

Burung walet hitam memiliki ekor berwarna hitam kelabu. Kakinya agak berbulu dan beberapa tidak memiliki rambut sama sekali. Bulu ekor sekarang dipotong dalam.

Ciri selanjutnya adalah suaranya yang khas yang begitu nyaring. Ukurannya lebih besar dibandingkan burung walet lain, panjangnya sekitar 14 sentimeter. Jika anda ingin mengetahui Jenis Burung Kicau Klik disini.


  • Burung Walet Putih

Burung Walet Putih

Meski disebut walet putih, bukan berarti tubuh hewan didominasi warna putih. Dinamakan burung walet putih karena sarangnya yang putih.

Sedangkan bulu bagian atas berwarna coklat kehitaman dan bagian bawah berwarna coklat. Pada bagian ekor terdapat bulu ekor yang sedikit bercelah.

Fitur khusus lainnya adalah suara yang sangat nyaring. Tingginya sekitar 12 cm dan memiliki mata coklat tua dengan paruh hitam dan kaki hitam.

Dibandingkan spesies burung walet lainnya, burung walet yang satu ini memiliki sayap yang jauh lebih kuat dan cara terbang yang lebih bertenaga. Burung layang-layang ini juga suka melihat-lihat di dekat pepohonan tinggi yang banyak terdapat serangga kecil.

Burung walet putih juga sering terbang ke air untuk membersihkan tubuhnya. Dan airnya juga diminum lalu terbang kembali ke langit. Telur sekarang berwarna putih dan memanjang.

Baca Juga: Mengenal 14 Jenis Burung Kolibri Beserta Gambar Terlengkap

Sarang burung walet semuanya berasal dari air liur. Kalau dijual harganya pasti sangat mahal. Banyak juga sarang burung putih yang mencarinya, terutama di kalangan pecinta burung walet.

Burung walet putih atau burung walet putih adalah salah satu burung yang, seperti kelelawar, memiliki kemampuan ekolokalisasi diri. Di Indonesia, walet putih banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal 5 Jenis Burung Walet serta Ciri Khas Burung Walet semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: