Jenis Burung Cendrawasih

20 Jenis Burung Cendrawasih Beserta Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

20 Jenis Burung Cendrawasih Beserta Gambar dan Penjelasannya_ Burung Cendrawasih adalah nama yang tepat untuk Cendrawasih. Keindahan bulu dan bentuk tubuhnya menjadikan burung ini burung terindah di dunia. Dominasi warna burung ini selalu dikagumi tidak hanya oleh para pecinta binatang.

Namun burung ini memiliki habitat khusus. Namun pada saat ini habitat Jenis burung ini sangat jarang ditemukan akibat ulah para pemburu yang menyebabkan Jenis Burung ini Langkah dan hampir punah. Oleh karena itu demi menjaga kelestarian burung tersebut maka perlu dilakukan pembudidayaan burung tersebut.Jenis Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih merupakan burung yang habitatnya dilindungi oleh pemerintah. Oleh karena itu, perawatan pribadi sangat dilarang. Pemeliharaan hanya boleh dilakukan oleh pemerintah dalam bentuk penangkaran dan perawatan burung tersebut. Berikut informasi tentang burung cendrawasih yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengetahuan.


Jenis Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih hidup di hutan dataran rendah tropis. Jenis makanan yang mereka makan adalah buah-buahan, serangga, dan juga biji-bijian, Sama dengan Jenis Burung Kacer dan burung lainnya.

Ciri-ciri lain dari burung Cendrawasih adalah ekornya yang melengkung dan tipis dari kawat sepanjang 30 cm.

Burung Cendrawasih memiliki suara melengking yang indah. Ada beberapa jenis burung cendrawasih yang tersebar di seluruh habitat aslinya. Berikut beberapa tipenya.


  • Cendrawasih Belah Rotan

Cendrawasih Belah Rotan

Cendrawasih lucu lainnya adalah rotan Cendrawasih Belah dengan panjang 26 cm. Di Cendrawasih wanita memiliki bulu berwarna coklat dan telur berwarna krem.

Sedangkan burung jantan memiliki bulu berwarna hijau, sayap kuning cerah, leher kuning, dan kaki berwarna biru.

Rotan Cendrawasih Belah memiliki sepasang ekor panjang berwarna biru kehijauan. Habitat asli mereka ada di perbukitan dan hutan wilayah Papua Nugini.


  • Cendrawasih Toowa Viktoria

Cendrawasih Toowa Viktoria

Burung Cendrawasih Toowa Viktoria juga menyandang gelar burung Duwuduwu. Ini menempati habitat di wilayah Queensland di Australia. Toowa Viktoria Temasuk Jenis Burung  Kecil hanya berukuran 23 sampai 25 cm.

Burung jantan dibedakan dengan bulu ungu berkilauan, kotak perunggu, dan kepala biru kehijauan.

Pada burung betina, ciri-ciri alis pucat dan bagian bawah tubuh berwarna coklat tua. Ukuran yang membedakan burung ini adalah ia bisa mengupas kulit buah dengan paruhnya.


  • Princess Stephanie’s Astrapia

Princess Stephanie’s Astrapia

Pada tahun 1884 ahli ontologi Jerman Carl Hunstein menemukan jenis burung ini. Nama burung ini berasal dari nama Putri Stephanie dari Belgia. Burung ini asli hutan pegunungan di timur-tengah Papua Nugini.

Burung ini memiliki ukuran 37 cm. Kepala burung jenis ini berwarna ungu dan hijau kebiruan. Sedangkan betina dari trah ini berwarna coklat tua dan hitam kebiruan di bagian kepalanya.

(Baca Juga: Jenis Burung Kenari Dengan Penjelasan dan Gambar Lengkap!!)


  • Cendrawasih Mati-Kawat

Cendrawasih Mati-Kawat

Burung cendrawasih hitam dan kuning ini memiliki panjang kira-kira. 33 cm. Ciri khas Cendrawasih jantan adalah bermata merah dan berparuh hitam, sedangkan cendrawasih betina berambut coklat dengan bulu hitam di bagian bawah.

Ciri-ciri  Kaki burung cendrawasih jenis ini berwarna pink, dengan ukuran yang besar dan kuat. Pada Cendrawasih Mati-Kawat terdapat 12 filamen yang berwarna kehitaman seperti kawat di bagian ekor.


  • Cendrawasih Gagak

Cendrawasih Gagak

Burung gagak Cendrawasih memiliki panjang 34 cm dengan bulu berwarna gelap dan halus. Paruh burung jenis ini berwarna hitam, suaranya yang khas seperti gonggongan anjing.

Ciri betina dan jantan pada burung ini hampir sama, namun betina memiliki tubuh yang lebih kecil. Mereka tinggal di dataran rendah di Maluku Utara.


  • Glossy-mantled Manucode

Glossy-mantled Manucode

Burung cendrawasih jenis ini memiliki panjang 42 cm. Warna bulunya mengkilap hijau-ungu-biru. Ciri lainnya termasuk paruh hitam, mata merah, dan ekor panjang.

Mereka menghabiskan banyak waktu di cabang untuk mencari makanan. Makanan favoritnya adalah artropoda dan buah-buahan.

(Baca Juga: Jenis Burung Lovebird)


  • Cendrawasih Manucode

Cendrawasih Manucode

Mirip dengan Burung Gagak Cendrawasih, Manucode Jobi juga memiliki penampakan burung gagak dengan warna yang didominasi warna hitam.

Ciri-ciri  Panjang burung ini sekitar 34 cm. Jantan dan betina jenis ini terlihat hampir sama, hanya betina yang lebih kecil dan kusam. Habitat mereka ada di Pulau Jobi di utara Papua Nugini.


  • Manucodia Leher Keriting

Manucodia Leher Keriting

Bird of Paradise yang mendiami dataran rendah Papua Nugini dan Pulau Misool, Papua Barat. Panjang burung cendrawasih kurang lebih 36 cm.

Warna bulu burung ini sangat eksotis dengan ciri khas warna biru. Warnanya teal dengan kombinasi hitam dan ungu mengkilat.

Ciri-ciri lain dari Manukodia Curly Neck, mata merah, ekor panjang dan rambut hijau di bagian dada. Wanita lebih kecil dan warnanya agak ungu dibandingkan pria.


  • Cendrawasih Kerah

Cendrawasih Kerah

Cendrawasih Kerah berasal dari genus Lophorina. Panjang tubuh kerah Cendrawasih sekitar 26 cm.

Bird of Paradise Kerah jantan memiliki rambut hitam dan mahkota hijau kebiruan. Sedangkan burung betina memiliki bulu berwarna coklat kemerahan.

Populasi surga jenis ini relatif sedikit. Ini karena wanita jenis ini sangat pilih-pilih dalam memilih pasangan. Dia bisa menolak 15-20 pria sebelum benar-benar kawin. Ciri khas lainnya adalah pejantan dari jenis ini suka menari untuk menarik perhatian betina.


  • Cendrawasih Raja

Cendrawasih Raja

Cendrawasih Raja memiliki nama latin cicinnurus regius. Panjang tubuh surga jenis ini sekitar 16 cm.

Warna bulu Cendrawasih ini merah tua terang dengan kaki biru muda. Ekornya memiliki bulu berwarna hijau zamrud.

(Baca Juga: Cara Melestarikan Burung Cendawasih)


  • Toowa Cemerlang

Toowa Cemerlang

Lophorina Magnifica adalah nama lain dari Cendrawasih Toowa Cemerlang. Jenis surga ini berasal dari keluarga Paradisaeidae. Habitat burung jenis ini tersebar di bagian barat Papua Nugini. Warna bulu mereka biru kehitaman dan berkilau.


  • Cendawesi Halmahera

Cendawesi Halmahera

Cendrawasih jenis ini merupakan satu-satunya yang memiliki genus Semioptera. Dengan warna coklat zaitunnya, burung ini terlihat sangat cantik.

Ciri-ciri yang paling mencolok dari jenis burung ini adalah adanya dua pasang bulu putih yang memanjang pada sayapnya. Ketinggian Bidadari Halmahera bisa mencapai 28 cm.

(Baca Juga: Jenis Burung Diberbagai Negara)


  • Cendrawasih Kuning Kecil

Cendrawasih Kuning Kecil

Cendrawasih jenis ini berukuran sedang dengan panjang kurang lebih 32 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna merah kecoklatan di bagian depan. Sedangkan bulu punggung berwarna kuning kecoklatan.

Cendrawasih jantan kecil berwarna kuning memiliki bulu berwarna hijau di sekitar leher dan ekor yang panjang memiliki bulu berwarna putih dan kuning. Surga kecil berwarna kuning yang feminin memiliki kepala berwarna coklat dan bulu putih di bagian dada. Makanan mereka terdiri dari serangga dan buah-buahan.


  • Cendrawasih Raggiana

Cendrawasih Raggiana

Burung khas pulau Irlandia Tenggara ini memiliki panjang 2 cm dari panjang 34 cm spesies Cendrawasih Kuning Kecil.

Ciri-ciri Cendrawasih Raggiana adalah bulu berwarna merah kecokelatan keabu-abuan, sedangkan kakinya memiliki bulu berwarna abu-abu kecoklatan dan mata kuning.

Postur betina lebih kecil dari Cendrawasih Raggiana jantan dan berambut cokelat. Sedangkan mahkota berwarna kuning dan rambut hijau di area leher pada pria.


  • Astrapia Ekor Pita

Astrapia Ekor Pita

Jenis burung cendrawasih sangat unik. Bagaimana tidak, ia memiliki ekor yang sangat panjang, tiga kali lebih panjang dari panjang tubuhnya, yaitu sekitar 32 cm. Artinya burung ini memiliki ekor yang panjangnya hampir 1 meter.

Bulu ekornya dikatakan sebagai yang terpanjang di Bird of Paradise. Astrapia Ribbon tailed betina memiliki bulu berwarna coklat sedangkan jantan memiliki bulu hitam kehijauan.


  • Cendrawasih Biru

Cendrawasih Biru

Burung asli Papua ini bisa tumbuh hingga 31 cm. Secara umum Blue Paradise memiliki bulu hitam, kaki coklat, dan mata coklat tua. Perbedaannya terletak pada burung jantan yang memiliki bulu sayap berwarna biru sehingga dijuluki Burung Biru.


  • Cendrawasih Merah

Cendrawasih Merah

Jika jenis sebelumnya adalah Cendrawasih Biru, maka Jenis Cendrawasih Merah. Jenis surga ini bisa mencapai panjang 33 cm.

Seperti namanya, burung ini memiliki bulu berwarna merah.

Ciri-ciri dari burung Cendrawasih merah adalah paruh kuning dan bulu hijau di kedua matanya.

Sedangkan ekor yang panjang juga menjadi ciri khas burung ini. Biasanya Cendrawasih Merah berburu arthropoda dan buah-buahan untuk dimakan.


  • Cendrawasih Panji

Cendrawasih Panji

Berbeda dengan burung cendrawasih lainnya yang biasanya tingginya sekitar 30 cm. Panjang Cendrawasih Panji hanya 22 cm.

Namun, jantan memiliki rambut panjang di atas kepala 42 cm, yang berfungsi untuk menarik perhatian betina.

Ciri-ciria dari Cendrawasih Panji adalah bulu badannya hitam, kaki abu-abu dan mata kuning. Pada wanita, ukuran burung lebih kecil, sekitar 19 cm. Habitatnya ada di Pegunungan Jayawijaya.


  • Cendrawasih Botak

Cendrawasih Botak

Mirip dengan Cendrawasih Panji, tinggi Cendrawasih Gundul juga mungil, sekitar 21 cm dan betina lebih kecil dari 21 cm. Makanan mereka terdiri dari serangga dan buah-buahan.

Ciri-ciri Cendrawasih Gundul adalah memiliki bulu hitam di badan dan garis-garis merah kuning di punggung, kaki biru, paruh hijau, dan sepasang ekor ungu. Perpaduan warna-warna tersebut membuat surga jenis ini terlihat sangat indah.


  • Cendrawasih Goldi

Cendrawasih Goldi

Burung yang berasal dari wilayah Papua Nugini ini memiliki panjang tubuh kira-kira. 33 cm. Warna bulu Cendrawasih Goldi sangat eksotis dan coklat zaitun.

Ciri-cirinya yaitu mulut, paruh, dan kaki berwarna abu-abu sedangkan bagian dada berwarna lavender abu-abu. Mereka makan berbagai jenis buah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 20 Jenis Burung Cendrawasih Beserta Gambar dan Penjelasannya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

8 Jenis Burung Emprit dan Trik Melatih Mengisi Gacor serta Freefly

14 Cara Melatih Mental Burung Kacer Yang Perlu Diketahui Lengkap!!

8 Makanan Favorit Burung Cucak Rowo yang Wajib Kalian Ketahui!!

Makanan Burung Nuri dan Cara Merawat Burung Nuri Dengan Baik Lengkap!!

30 Jenis Burung Lovebird Dengan Warna Yang Cantik Terlengkap!!