Jenis Burung Lovebird

30 Jenis Burung Lovebird Dengan Warna Yang Cantik Terlengkap!!

Diposting pada

30 Jenis Burung Lovebird Dengan Warna Yang Cantik Terlengkap!! -Lovebird atau burung cinta adalah sejenis nuri atau nuri dari genus Agapornis. Dinamai burung cinta karena perilaku burung-burung jenis ini yang berdekatan dan saling mencintai. Spesies asli love bird atau lovebird terutama berasal dari benua Afrika, dan sembilan spesies telah diidentifikasi. Spesies yang tersisa adalah hasil dari kawin silang atau rekayasa genetika.

Jenis Burung Lovebird

Lovebird tidak hanya terkenal dengan kicau, tetapi juga karena variasi warna yang cerah. Bahkan dengan beberapa ras yang ada, Anda dapat menyilangkan dua atau lebih jenis untuk mendapatkan beragam warna. Ada sejumlah penggemar parrot jenis burung kecil di Indonesia dan bahkan komunitas mereka sendiri. Karena alasan ini, ada banyak petani yang memanfaatkan burung mahal ini.


Jenis Burung Lovebird

  • Jenis Burung Lovebird Dakori

Jenis Burung Lovebird Dakori

Ini adalah pria yang memiliki penggemar sendiri. Jika Anda tidak percaya, silakan cari komunitas Lovebird Dakori Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Warnanya hanya terdiri dari tiga warna, yaitu tubuh hijau, dada kuning dan kepala hitam. Harganya jauh lebih mahal daripada Dococan’s, meski warnanya hampir sama. Namun jenis Dakori, tidak ada oranye sama sekali seperti jenis Dakocan. Untuk alasan ini, Dakocan disebut Dakocor atau “kebocoran Dakori”.

Karena Dakocan adalah pria yang memiliki warna seperti Dakori, hanya ada satu warna oranye antara pangkal leher dan bagian tubuh.


  • Jenis Lovebird Euwing

Jenis Lovebird Euwing

Lovebird Euwing atau Ewing ditemukan pada tahun 2004 oleh peternak Lovebird bernama Piet Verhijde.

Pria Belanda ini berhasil mencapai Lovebird Euwing dengan mencocokkan antara induk induk dari tipe Lovebird Lutino Fischeri dan tipe standar Lovebird Greenbird. Itu disebut Euwing karena itu singkatan dari Eumelamin dan Wing.

Poin unik dari jenis Lovebird Euwing ini adalah sayapnya, yang memiliki pola hitam dan kuning. Bagi Anda yang ingin tahu, Euwing ini memiliki fitur: Adanya kombinasi warna yang dominan antara hitam dan kuning.

Warna pada bulu dada jauh lebih terang, bisa kuning atau putih dibandingkan dengan warna garis murni, tipe liar. Warna gelap atau hitam eumelanin meningkat di kedua sayap dan membentuk huruf “V” di bagian belakang di antara kedua sayap.


  • Lovebird Import Holland dan Taiwan

Lovebird Import Holland dan Taiwan

Jenis impor Lovebird yang datang ke Indonesia sering datang dari Belanda dan juga dari Taiwan. Impor Lovebird adalah lemak dibandingkan dengan jenis lokal. Ini karena peternak asing lebih suka burung-burung cantik daripada suara burung cinta / jenis burung berkicau.  Itu sebabnya mereka lebih suka Lovebird, yang memiliki tubuh montok dan warna-warna indah.


  • Jenis Burung Pale Fallow

Jenis Burung Pale Fallow

Kita biasanya hanya melihat jenis burung-burng pada jenis lutinho, albino dan yang terbaru adalah kepala emas. Tidak ada tipe lain dengan mata merah. Namun baru-baru ini jenis boom baru telah muncul, yaitu bera pucat.

burung ini adalah burung baru yang ditemukan kembali – lagi oleh orang asing. Apa bedanya dengan tipe Luthino dengan mata merah? Mata merah albino atau mata emas kepala merah? Jika jenis mutasi lutino atau albino, pengurangan eumelanin mencapai 100%.

Sedangkan pada jenis bera pucat hanya pengurangan eumelanin dengan persentase 90 hingga 95%. Efeknya, warna bulu, kaki, mata, dan kuku, merah cerah. Namun, ada yang mengatakan bahwa jika tanah pucat dan tanah pucat cocok, anak-anak anjing memiliki kelainan dan lebih rentan terhadap kematian.


  • Jenis Burung Lovebird Misty

Jenis Burung Lovebird Misty

Ini adalah mutasi dominan yang dipengaruhi oleh penurunan pigmen eumelanin dalam jumlah kecil. Pola pada jenis mutasi ini, terlihat seperti kabut, lusuh, tetapi memancarkan warna kemerahan saat terkena cahaya / cahaya. Harganya juga mahal. Semua jenis mutasi biasanya memiliki harga khusus.


  • Jenis Burung Lovebird Slaty

Jenis Burung Lovebird Slaty

Jenis Lovebird Slaty masih memasuki jenis paruh putih Levebird. Ada perpaduan warna tipis dan tidak terlalu tebal. Warnanya mirip dengan kobalt, tetapi sedikit memudar.

Ada lagi kemunduran warna, bukan hanya satu jenis. Burung Slaty Lovebird jenis ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu “Slaty Fischery” dan juga “Slaty Perso”.


  • Jenis Burung Lovebird Muka Salem

Jenis Burung Lovebird Muka Salem

Spesies Lovebird dari Salem Face sangat umum di Afrika selatan, Namibia, dan Angola. Sikapnya sangat menarik. Tubuh bagian bawah memiliki warna hijau agak kekuningan.

Bulu di dahi dan bagian belakang mata berwarna merah. Pipi, leher, dan dada berwarna merah muda. Dengan bulu, sayapnya hijau, tapi ujung sayapnya biru.


  • Jenis Burung Lovebird Topeng

Jenis Burung Lovebird Topeng

Jenis burung ini ditemukan untuk pertama kalinya di timur laut Tanzania. Kemudian dibiakkan di sebuah negara Afrika, Kenya. Sejauh ini, penyebarannya sudah sangat luas, juga di Indonesia. Warna tubuh didominasi oleh hijau, sedangkan dada berwarna kuning muda.


  • Jenis Burung Lovebird Nyasa

Jenis Burung Lovebird Nyasa

Pecinta Lovebird sering memanggil orang ini dengan Lovebird Lilian. Burung ini memiliki warna bulu hijau. Menyeberangi orang ini akan memberi Anda warna-warna baru seperti biru dan lutino.

Habitat alami didistribusikan di Tanzania, Mozambik, Malawi, Zimbabwe Utara dan Zambia Tenggara.


  • Jenis Burung Lovebird Pipi Hitam

Jenis Burung Lovebird Pipi Hitam

Jika ada jenis topeng lovebird, ada juga burung lovebird dengan pipi hitam. Warna hitamnya menyerupai kacamata yang hanya bisa ditemukan di pipi. Sementara bagian tubuhnya dipenuhi warna hijau dengan campuran kuning.

Hutan gugur di dekat air menjadi habitat favoritnya. Burung disanylir ini masih umum di daerah Zambia, Victoria dan Zimbabwe. Kalian juga bisa membaca 15 Makanan Burung Lovebird dan Cara Memilih Jenis Makanannya


  • Jenis Burung Lovebird Fischer

Jenis Burung Lovebird Fischer

Nama Fischer berasal dari nama orang yang pertama kali menemukannya. Gustav Fischer adalah ilmuwan burung dari kota tank. Warnanya sangat cantik, lucu dan sangat dicintai, bukan?

Spesies burung Lovebird banyak ditemukan di Indonesia. Sementara habitat aslinya berada di Afrika Timur, di tengah, di selatan, di tenggara dan juga di kawasan Danau Victoria di Tanzania utara.


  • Jenis Lovebird Lutino

Jenis Lovebird Lutino

Lovebird Spesies Luthino adalah yang paling mahal ketika tren Lovebird pertama kali muncul di Indonesia. Harganya mencapai jutaan rupiah. Ini karena warna tubuh yang cantik dan elegan.

Burung Lovebird Lutino dikenal sebagai jenis burung yang memiliki warna bulu didominasi oleh warna kuning dan oranye kemerahan.

Ada dua jenis, mata hitam dan warna merah. Pernahkah Anda mendengar Luthino Ngalung jenis ini? Lovebird Ngalung adalah istilah yang digunakan oleh pecinta Lovebird untuk merujuk pada jenis Lutino yang memiliki warna oranye pekat di kepalanya.

Jadi antara kepala dan pangkal leher dengan tubuh, terlihat jelas pemisahan keduanya. Tentu saja, ini juga berlaku untuk yang lain. Ketika Lovebird Mangsi Ngalung diucapkan, kepala ke akar leher hitam pekat.

Biasanya, jenis Ngalung hanya dapat diperoleh dari galur murni yang belum pernah disilangkan dengan suatu jenis. Jadi anakan sangat bagus, harganya juga jauh lebih mahal.

Anda dapat mencetak jenis luthino dari peternak hijau dan luthino, tetapi anakan burung itu bukan garis murni dan warnanya tidak seindah garis murni.


  • Jenis Burung Lovebird Australian Cinnamon

Jenis Burung Lovebird Australian Cinnamon

Jenis kayu manis Australia Lovebird sangat mirip dengan jenis pastel Lovebird. Warna bulunya cenderung lebih lembut dan lebih tenang. Namun, ketika dibawa lebih dekat bersama-sama, Anda akan melihat warna lembut Lovebird Australian Cinnamon dibandingkan dengan jenis pastel.

Warna bulu Lovebird Australian Cinnamon sangat muda dibandingkan dengan jenis Lovebird lainnya.


  • Jenis Burung Lovebird Violet

Jenis Burung Lovebird Violet

Tentu saja, setelah namanya, burung ini memiliki warna ungu atau ungu. Warna biolet pada tubuh menjadi ciri khas yang bisa diingat dengan tipe ini. Sementara memiliki warna hitam tebal di bagian tepinya.

Perutnya sendiri memiliki warna putih yang agak cerah. Jenis burung Viola Lovebird cukup mahal dan juga stabil karena sulit untuk mencetak jenis ungu.


  • Jenis Burung Lovebird Biola

Jenis Burung Lovebird Biola

Ini adalah jenis burung lovebird yang masih banyak dibicarakan karena warnanya yang eksotis, suara bombastis dan harga yang fantastis. Per ekornya bisa mencapai angka 30 juta. Harga ini mahal karena jenis ini cukup langka dan sulit dikembangkan. Biola biru adalah jenis yang paling langka dan paling mahal.

Bahkan ada cerita yang menarik di masa lalu di mana ada seorang pecinta burung yang menukar rumahnya berukuran 8 x 25 meter persegi dan cukup baik dengan 20 pasang burung Lovebird jenis biola. Jika Anda benar-benar serius membuat burung sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, Lovebird adalah jawabannya.


  • Burung Lovebird Dakocan

Burung Lovebird Dakocan

Ada banyak jenis Lovebird Dakocan, tetapi yang paling terkenal adalah Dococan hijau. Orang sering menyebutnya Dakocor. Mengapa? Silakan baca artikel kami ini.

Warna kuning dan hijau sangat kuat dan mendominasi tubuh. Jenis Lovebird Dakeban berasal dari dataran tinggi di Tanzania utara dan Kenya. Ada warna oranye kecil di bagian antara tubuh dan pangkal leher, seperti oranye yang bocor.


  • Jenis Burung Lovebird Abisinia

Jenis Burung Lovebird Abisinia

Jika Anda seorang pecinta warna Lovebird, pasti sedikit membosankan melihat burung ini. Warnanya sangat mengisi karena hanya terdiri dari hijau tua dan hitam. Namun, jika Anda melihatnya dari ukurannya. Spesies Lovebird telah menjadi spesies berukuran terbesar di antara spesies Lovebird lainnya.

Keunikan lainnya adalah warna oranye dan merah di bagian depan wajahnya. Bagian selatan Eritrea di bagian barat daya Ethiopia adalah asal dari spesies burung ini.


  • Jenis Burung Lovebird Madagaskar

Jenis Burung Lovebird Madagaskar

Burung Lovagird Madagaskar sering kurang dikenal. Alasannya adalah jenis Lovebird ini adalah yang terkecil di antara spesies Lovebird lainnya. Anda dapat melihat bahwa warnanya terdiri dari putih, hijau muda dan hijau tua. Andapun dapat mengetahui bu Paruhnya berwarna abu-abu. Cukup cantik untuk ukuran burung warna, bukan?

Meski begitu, penggemar jenis ini masih kecil di Indonesia. Anda akan menemukan habitat aslinya di Madagaskar, Afrika.


  • Jenis Burung Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Jenis Burung Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Lovebird dari spesies ini memiliki khasiat di wajah. Bagian depan memiliki warna merah yang mencolok. Ketika kita tahu bahwa orang yang wajahnya merah adalah orang yang pemalu. Tapi jangan bandingkan burung ini.

Warna merah di wajah, belum tentu malu. Sebaliknya, burung ini sangat berani, gesit dan gesit. Tubuh rata-rata memiliki warna hijau kekuningan. Populasi terutama tinggal di pantai negara Afrika Tengah di bagian barat negara Ethiopia.


  • Lovebird Kerah Hitam

Lovebird Kerah Hitam

The Black Collar Lovebird adalah burung langka. Keunikannya adalah leher, seolah-olah orang mengenakan kerah, yang menyebabkan burung ini diburu orang. Sementara itu, tidak ada yang mencoba membiakkan jenis burung ini karena pembiakan itu sulit.

Bagian dari garis khatulistiwa di Afrika telah menjadi tempat di mana banyak jenis burung ini telah dikunjungi.


  • Jenis Burung Lovebird Pastel

Jenis Burung Lovebird Pastel

Jenis-jenis pastel ini adalah hasil persilangan. Anda bisa mengingat ini dengan melihat warna tubuhnya. Pasti ada campuran warna lain di tubuhnya. Ada begitu banyak jenis warna pastel.

Pastel hijau (pasjo) = terdiri dari hijau dan kuning, tetapi warna hijau lebih dominan.

Pastel kuning (Paskun) = juga terdiri dari warna hijau dan kuning, tetapi warna kuning lebih dominan. Terkadang warnanya hampir rutin.

Biru pastel (Pasbir) = campuran biru dan putih. Warna biru lebih seperti warna biru laut tua.

Biru pastel (pasblue) = sifat yang sama seperti pasbir, kecuali bahwa warna biru lebih kehijauan.

Biolet Pastel (Pasvio) = terdiri dari warna violet / lilac dan putih.

Pastel putih (pasput) = terdiri dari putih dan beberapa biru. Terkadang warna putih menjadi lebih dominan, banyak pemula yang sering disesatkan karena dipercaya sebagai tipe albino.

Olive pastel = warnanya seperti jenis Lovebird Olive, tapi sedikit muda / tenang.


  • Jenis Burung Lovebird Albino

Jenis Burung Lovebird Albino

Albino adalah suatu kondisi di mana tubuh makhluk hidup mengalami pigmen di kulit. Harga burung ini juga cukup baik karena sulit untuk mencetak warna burung ini.

Bahkan stok induk antara albino dan albino mungkin tidak menghasilkan warna albino. Albino terdiri dari mata albino hitam dan merah. Mata merah Albino mendapat tawaran lebih tinggi dari mata hitam.


  • Jenis Burung Lovebird Olive

Jenis Burung Lovebird Olive

Spesies burung zaitun Lovebird adalah spesies yang memiliki warna dasar hijau. Warna hijau agak gelap dibandingkan dengan hijau standar. Kepalanya juga merupakan warna hitam yang cukup gelap.

Warna kepala hitam meningkatkan harga jual karena nanti ketika dikombinasikan dengan jenis kepala hitam lainnya seperti kobalt dan mangsi itu menciptakan warna batman. Bagian hijau tidak menutupi seluruh tubuh. Warna hijau ini hanya ditemukan di dada, punggung, sayap, dan ujung ekor. Ada campuran warna oranye dan kuning di kepala.


  • Jenis Burung Lovebird Parblue

Jenis Burung Lovebird Parblue

Penampilan awal membuat banyak pecinta Lovebird atau burung lain sangat terkejut dengan jenis ini. Dari mana? Di masa lalu, harga berada di kisaran dua digit juta. Bahkan lebih mahal dari harga kicau burung yang telah mengangkat nama mereka seperti murai yang terbuat dari batu.

Parblue atau singkatannya adalah Partial Blue, burung cantik yang disilangkan oleh peternak Eropa. Pertanyaannya adalah: Mengapa mutasi indah selalu datang dari Eropa atau luar negeri?

Ini disebut Parblue, tetapi warnanya tidak hanya terbatas pada biru, ada warna lain juga. Ada kuning, hijau, oranye dan putih yang sangat mencolok. Semua orang pasti akan kagum dengan warna yang indah.

Meskipun prestise sekarang lebih rendah dari biola dan tipe baru seperti Palle Fellow, harganya masih cukup mahal dibandingkan dengan tipe standar.


  • Jenis Burung Lovebird Blorok

Jenis Burung Lovebird Blorok

Pernahkah Anda memelihara jenis burung merpati atau ayam? Jika demikian, Anda mendengar kata “Blorok”, bukan? Istilah blorok digunakan untuk menggambarkan warna bulu, yang aneh dan unik / eksentrik. Warna Blorok pada Lovebird adalah warna degradasi yang terbentuk secara alami tanpa bantuan manusia.

Misalnya, jika ada burung lovebird yang memiliki warna dasar biru, maka ada nuansa warna lain seperti hijau dan kuning, maka itu disebut Blorok. Dapat diasumsikan bahwa jenis Blorok adalah jenis lovebird yang memiliki lebih dari satu warna dasar.


  • Jenis Burung Lovebird Halfsider

Jenis Burung Lovebird Halfsider

Bisa dibilang, tipe Halfsider adalah tipe Blorok yang memiliki penurunan warna yang sangat berbeda dan sangat unik. Menurut berita dari spesies ini, termasuk spesies langka. Sangat sulit untuk mendapatkan anak anjing Halfsider.

Bagi pecinta aliran warna burung lovebird yang tentunya tertarik dengan jenis yang satu ini Karena keunikannya, harga jenis ini sangat mahal dibandingkan jenis Lovebird lainnya. Bisa dibilang, jenis lovebird ini memiliki gen warna yang unik.


  • Jenis Burung Lovebird Biru Cobalt

Jenis Burung Lovebird Biru Cobalt

Lovebird yang menyerupai kobalt terdiri dari seluruh warna turquoise. Lalu ada bagian putih di wajah dan leher. Warnanya hitam untuk ujung sayap. kemudian di pangkal ekor berwarna biru gelap.


  • Jenis Burung Lovebird Biru Mangsi

Jenis Burung Lovebird Biru Mangsi

Jika sebelumnya ada burung biru kobalt, sekarang ada juga mangsi biru. Warna biru, atau umumnya disebut seri biru oleh Lovebird, sangat mirip dengan jenis GS (Green Series). Seperti namanya, burung ini memiliki warna biru mangsi yang cukup mendominasi tubuh dan sayapnya.

Sementara ada sedikit putih dan kepalanya hitam. Semakin terkonsentrasi warna hitam di kepala atau pecinta sejoli sering menyebutnya dengan melepas helm / kepala terbakar, semakin mahal harganya.


  • Jenis Burung Lovebird Batman

Jenis Burung Lovebird Batman

Ini adalah jenis burung kekasih yang cukup mahal dan harganya cenderung stabil. Alasannya adalah tidak mudah untuk mendapatkan anakan jenis ini. Harus sepenuhnya murni.

Namun, untuk peternak profesional, cukup mudah untuk mendapatkan anak anjing jenis ini dengan mengawinkan spesies kobalt yang memiliki warna hitam pekat di leher, kepala, dan zaitun. Tapi tetap saja, kalau bukan tipe induk Batman, sangat sulit mendapatkan anak anjing yang juga tipe Batman.

Warnanya benar-benar seperti Batman. Di mana warna hitam sangat dominan. Semakin terkonsentrasi warna hitam, semakin mahal harganya.


  • Jenis Burung Lovebird Merah

Jenis Burung Lovebird Merah

Keberadaan jenis lovebird merah ini bisa menjadi kontroversial. Karena sejauh ini sangat sulit untuk mendapatkan lovebird yang berwarna merah di seluruh tubuh. Jenis burung ini mungkin tidak ada. Namun hanya satu bentuk bencana dari peternak, sehingga harga burung ini naik.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 30 Jenis Burung Lovebird Dengan Warna Yang Cantik Terlengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: