Jenis Burung Jalak

14 Jenis Burung Jalak Beserta Gambar dan Penjelasannnya Lengkap!!

Diposting pada

14 Jenis Burung Jalak Beserta Gambar dan Penjelasannnya Lengkap!! -Burung Jalak adalah nama sekelompok burung yang bernyanyi tentang Sturnidae. Burung umumnya berukuran sedang, tampan, dan memiliki paruh yang kuat, tajam, dan lurus. Kaki panjang proporsional dengan tubuhnya. Suara bergetar sangat cepat dan keras, kadang-kadang meniru suara burung lain.Jenis Burung Jalak

Burung-burung ini adalah burung Twitter, yang dapat disebut burung cerdas dengan sikap lincah dan menawan, karena panjang tubuh rata-rata bisa mencapai 20 hingga 25 cm. Jadi jangan heran jika kebanyakan orang juga berpikir memegangi jalak adalah suatu kebanggaan.

Perawatan harian untuk semua jenis jalak juga relatif mudah. Burung Jalak tidak hanya memiliki daya tahan fisik yang kuat, mereka juga memakan hampir semua jenis makanan seperti buah, serangga, ulat dan daging.

Meski juga dikenal sebagai burung pemangsa, jenis burung ini mudah dijinakkan. Berikut adalah berbagai jenis jalak dengan ambar. Untuk memperjelas ini, kami membaca artikel berikut dengan seksama.


Jenis Burung Jalak

  • Jalak Eropa

Jalak Eropa

Jenis Jalak Eropa juga dapat disebut sebagai Jalak Eropa Inggris, dengan jenis Jalak burung yang bertuliskan nama Latin Sturnus Vulgaris. Burung Jalak Eropa sangat pintar dan meniru berbagai jenis suara burung, sehingga kicau burung sangat beragam.

Habitat Jalak Eropa sering dapat ditemukan di negara-negara Eropa dan di Asia Barat. Burung Jalak semakin umum di Selandia Baru, Australia, Afrika, Argentina, dan Amerika Utara. Namun, jalak Eropa sering dianggap sebagai hama, karena perkebunan petani rusak parah. Harga jalak Eropa 1,8 juta rupee. Anda dapat membelinya di pasar burung jika masih tersedia.

Karakteristik fisik Jalak Eropa ini memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm, ada bulu hitam mengilat, disertai bintik-bintik putih, paruh hitam, yang berubah, ketika musim panas menguning. Sehingga Jalak – Jalak Eropa mendapat minat besar dari pecinta burung dengan suara yang bervariasi dan mata hitam yang tajam.


  • Jalak Afrika

Jalak Afrika

Spesies jalak Afrika, sering dikenal sebagai Jalak Superb Jalak, burung ini memiliki nama Latin Lamprotornis Superbus. Kicau burung ini memiliki suara yang hampir mirip dengan jalak Hong Kong dan jalak Sura. Habitat asli jalak Afrika berasal dari Afrika Timur seperti Somalia, Ugana, Ethiopia, Kenya, dan negara Tanzania.

Harga jalak Afrika sekitar Rp 2.500.000 cukup baik, yang bisa Anda dapatkan dari penjual burung jika tersedia, karena burung ini jarang dijual di pasar lokal. Jadi Anda harus memesannya di luar negeri, tetapi beberapa penjual burung biasanya sudah memiliki koleksi jalak Afrika.

Ciri-ciri fisik Jalak Afrika ini antara lain memiliki warna yang unik, bahwa dengan tubuh biru mengkilap, bagian bawahnya memiliki warna cokelat. Untuk mata dengan warna dominan putih dan titik hitam kecil dengan paruh hitam.


  • Jalak Filipina

Jalak Filipina

Jenis burung Jalak Filipina, jenis burung ini memiliki nama asli Komukudori, dengan nama Latin Agropsar Philippensis. Habitat asli burung jalak Filipina adalah di Jepang, tetapi burung-burung ini selalu bermigrasi ke Filipina dan Indonesia. Jalak jenis ini di Indonesia sendiri terkenal dengan sebutan Jalak Cina, juga dikenal sebagai Jalak Mirgan.

Harga untuk jalak Filipina adalah Rp. 500.000. Anda dapat membelinya di toko burung tempat Anda berlangganan. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi pasar burung, yang menawarkan jalak Filipina.

Karakteristik fisik burung Jalak Filipina adalah, mereka memiliki panjang tubuh 18 cm, tubuh bagian atas berwarna ungu gelap. Memiliki sayap putih dan ekor hitam, bintik-bintik cokelat di sekitar pipi. Dengan mata hitam dan paruh hitam, kicau burung Jalak Filipina sangat berbeda, sehingga banyak pecinta burung ingin memilikinya.


  • Jalak Thailand

Jalak Thailand

Jenis Jalak Thailand, yang juga bisa kita sebut jalak Hong Kong, memiliki nama Latin Sturnus Nigricollis. Habitat asli jalak Thailand menyukai hutan kering tropis dan hutan kering subtropis. Kita dapat menemukannya di Brunei, Kamboja, Cina, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam.

Harga Thai Jalak sendiri adalah Rp 85.000 hingga Rp 150.000. Tapi jenis Thai Jalak ini cukup sulit didapat di Indonesia. Agar Jalak Thailand tidak memiliki banyak, Anda hanya dapat mengandalkan jari Anda.

Karakteristik fisik jalak Thailand atau jalak Hong Kong memiliki warna tubuh putih dan kombinasi warna hitam, paruh hitam dan mata hitam dengan warna kuning di sekitar kacamata. Kericau Jalak Thailand sangat indah, jadi pecinta tipe Jalak ini sangat menyukainya.


  • Jalak Tiong Emas

Jalak Tiong Emas

Beberapa orang menyebutnya  sebagai Golden Bird tiong dan Mamiang, Jalak ini memiliki nama Latin Gracula Religiosa. Antara lain, Jalak itu cukup cerdas. Habitat Jalak nuri ini selalu berada di lahan basah dan terletak di ketinggian 1000 m – 2000 m di atas permukaan laut.

Harga untuk jalak adalah Rp 1,5 juta – Rp 2 juta, yang cukup terjangkau bagi pecinta burung. Anda bisa membeli nuri ini di toko burung, kicau burung-burung ini sangat bervariasi dan memiliki suara yang unik.

Karakteristik fisik kakatua adalah warna tubuh hitam dominan, kulit kuning di leher, paruh kuning gelap dan mata hitam. Suara burung Jalak sangat unik, sehingga banyak yang tertarik memiliki jenis burung ini.


  • Jalak Bodas

 

 

 

Jalak Bodas

Burung Jalak putih jenis ini, burung ini memiliki nama latin Acridotheres Melanopterus dan juga bisa disebut Jalak Bodas. Burung ini adalah habitat asli burung jalak putih yang hidup di dataran rendah Pulau Jawa. Umumnya ditemukan di hutan dataran rendah. Harga untuk jalak putih adalah Rp 1.500.000 hingga 3.500.000. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi pasar burung.

Ciri-ciri fisik burung jalak putih, memiliki paruh kuning, mata hitam tertutup kacamata putih, seluruh tubuhnya didominasi putih dengan kombinasi sayap dan ekor hitam. Kicau burung ini sangat merdu, dan sudah ada banyak pecinta burung yang menyukai jenis Jalak putih ini, sekarang selain jenis sutera Jalak.


  • Jalak Sutra

Jalak Sutra

Jenis jalak sutra atau, seperti yang sering kita dengar, jalak kapas diberi nama Latin Sturnus Sturninus. Habitat spesies Jalak ini selalu bermigrasi dari Cina, kaki bukit Himayala dan Siberia ke Indonesia pada bulan Maret. Harga untuk jalak sutera sekitar Rp. 80.000 / pasang cukup murah dan dapat ditemukan di toko burung.

Jalak fisik jalak sutra memiliki warna abu-abu di kepala dan di sekitar dada. Bagian belakang, ekor dan cinta berwarna hitam dan ada sedikit putih, paruh dan mata berwarna hitam. Kicau jalak sutra atau jalak kapas sangat enak didengar, sehingga penggemar burung sangat tertarik dengan jalak sutera, dan harganya pun sangat murah. Berikutnya di nomor tujuh adalah jenis jalak mawar yang akan kita ulas di bawah ini.


  • Jalak Mawar

Jalak Mawar

Jenis Jalak Mawar yang bisa di sebut juga Rosy Jalak, yang juga bisa disebut Rosy Jalak. Jenis burung Jalak ini memiliki nama Latin Pastor Roseus, yang juga memiliki twitter yang sangat manis dan indah. Kita dapat menemukan habitat di pegunungan Indonesia, jalak adalah salah satu burung yang bermigrasi. Distribusi di Cina, Ukraina, Turki dan Iran.

Selama musim Kawain, spesies Jalak mawar biasanya bermigrasi ke India, Sri Lanka, dan Indonesia. Jenis Jalak mawar tidak pernah berhenti di daerah Yogyakarta, Bandung dan Bali. Harga jalak mawar sekitar Rp. 600.000, termurah yang bisa Anda dapatkan di toko burung, jika tersedia

Sifat fisik burung jalak mawar memiliki lambang, leher, kepala sayap, tunggul dan ekor hitam. Warna mata hitam yang intens memiliki paruh merah muda pendek dan dapat berubah menjadi cokelat di musim dingin. Ini adalah salah satu keunggulan dari jalak mawar.


  • Jalak Brahmana

Jalak Brahmana

Jalak Brahmin memiliki nama Latin Brahminy Jalak. Habitat asli burung ini sering ditemukan di kelompok kecil di kawasan hutan kering, perkebunan dan area candi di Asia Selatan. Oleh karena itu, jalak Brahma dapat disebut Jalak pagoda karena selalu berada di area candi.

Jalak Brahminy Jalak atau Jalak Brahmin sekitar Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000, tergantung jenis dan penjualnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa mendapatkannya di toko burung jika tersedia. Tentu saja, masalah harga bukanlah tolok ukur bagi pecinta burung, terutama bagi mereka yang tertarik dengan Jalak Brahmana ini.

Sifat-sifat fisik Jalak – Jalak Brahmana memiliki, antara lain, berkicau merdu dengan warna kepala hitam, warna tubuh cokelat muda dan sayap coklat sampai abu-abu. Mata hitam dan kacamata putih, yang merupakan fitur khusus jalak Brahma, memiliki warna paruh kuning dan hitam. Jalak Brahmin adalah buah-buahan manis seperti pepaya, pisang kepok dan sebagainya. Kami terus melihat jenis jalak. Referensi dibuat di bawah ini untuk diskusi berikutnya tentang jenis jalak lainnya.


  • Jalak Rio

Jalak Rio

Burung Jalak Rio, memiliki nama latin Scissirostrum Dubium, kita tahu Jalak ini dengan Jalak merah. Jalak Rio-Rio, spesies endemik dari Sulawesi. Tetapi sekarang karena ada burung Jalak Star Rio, habitat mereka sering dapat ditemukan di area dubb di belakang papan dan di daerah tetesan telinga. Harga untuk Star-Rio adalah Rp 350.000. Anda bisa mendapatkan burung ini di toko burung yang tersedia.

Sifat fisik burung jalak meliputi paruh yang berwarna kuning gelap dan memiliki kombinasi warna antara abu-abu dan hitam. Ekor Jalak dari Jalak merah memiliki bintik merah, itulah sebabnya burung ini juga disebut Jalak merah.


  • Jalak Suren

Jalak Suren

Burung jalak Surah mendapatkan nama Latin Sturnus Contra, juga disebut Urenstare. Jalak suren adalah burung yang habitatnya hidup di dataran rendah. Mereka dapat ditemukan di sekitar lembah. Mengobati jalak suren atau uren cukup mudah. Harga untuk Star Suras mulai dari IDR 400.000 – 1.000.000, yang dapat Anda lihat di berbagai penjual burung di kota masing-masing.

Sifat fisik Staren suren, memiliki tinggi 24 cm, hitam dan putih, memiliki warna antara garis sayap putih, yang bisa Anda lihat pada gambar Staren suren di atas. Selain burung jalak, Uren juga memiliki paruh panjang dan kuning dan oranye, memiliki bola mata hitam dan ada kacamata oranye yang menyatu dengan paruh. Suara sura Jalak sangat keras dan merdu, sehingga pecinta burung suka melabuhkan sura Jalak.


  • Jalak Kerbau

Jalak Kerbau

Kerbau tipe burung memiliki nama Latin Acridotheres Javanicus. Jalak ini memiliki nama berbeda seperti jalak kebo, kura-kura Jalak dan Jalak hitam. Jalak kerbau dan jalak Kebo memiliki penampilan yang menakutkan karena proses perawatan untuk jenis jalak ini cukup sederhana, sehingga banyak penggemar burung membiakkannya. Harga untuk jalak kerbau atau jalak kebo cukup murah, yaitu Rp 100.000 hingga 400.000, yang bisa Anda dapatkan di toko burung atau di pasar burung di kota Anda.

Habitat dan populasi jalak kerbau, mereka hidup di dataran rendah, burung ini juga disebut kebo Jalak karena mereka sering berada di belakang kerbau ketika mencari makanan. Makan Jalak kerbau, termasuk jangkrik, ulat Hong Kong, serangga, buah-buahan, selangkangan, dan kutu kerbau.

Ciri-ciri fisik kerbau Jalak punya, antara lain warna tubuh abu-abu hitam, paruh dan kaki berwarna kuning gelap, memiliki corak sangat tajam dan hitam, ada kacamata putih. Agar burung ini terlihat sangat menyeramkan ketika kita melihatnya, Anda bisa melihat gambar Jalak Kebo di atas. Selanjutnya kita akan berbicara tentang sifat burung jalak.


  • Jalak Nias

Jalak Nias

Jenis jalak dari Nias, yang menyandang nama Latin Acridotheres tristis, dikenal banyak orang sebagai jalak ungu. Jalak dan habitat jenis ini akan ditemukan di Asia Tenggara, Amerika, dan Afrika. Burung jalak laut hidup di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut, tepatnya di wilayah pegunungan. Harga sejenis burung Jalak adalah antara Rp 200.000 dan 600.000. Dan Anda bisa melihatnya di toko burung terdekat jika Anda tertarik dengan jalak.

Sifat fisik burung Jalak jenis ini memiliki warna yang didominasi warna cokelat, dan ada juga warna hitam di sekitar kepalanya. Memiliki paruh dan kaki kuning gelap dan mata hitam tajam dengan kacamata kuning. Di bawah Jalak laut yang ditunjukkan pada gambar adalah bulu berbintik yang dapat Anda bedakan dari jenis jalak lainnya. Kami melanjutkan dengan diskusi berikutnya dan mengikuti detail detail dari jenis jalak Bali.


  • Jalak Bali

Jalak Bali

Jenis Jalak Bali yang menyandang nama Latin Leucopsar Rothschildi, burung ini ada di Indonesia. Habitat dan populasi burung ini terletak di pulau Bali, sehingga jenis burung ini dikenal dan menyandang nama Jalak Bali. Manfaat jalak Bali adalah mereka bisa menari sambil bernyanyi dan bentuk tubuh yang begitu ramping dan halus. Harga untuk jalak Bali antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000 cukup mahal karena jenis Jalak ini sangat indah.

Sifat fisik burung jalak Bali terlihat pada paruh, yang berwarna hitam ke abu-abu. Bali Jalak memiliki mata hitam dan kacamata biru gelap, yang bagian tubuhnya ditutupi bulu putih. Anda bisa melihat pada gambar Jalak Bali di atas apakah burung ini sangat bersih, cantik dan begitu indah di mata. Penggemar Bali Star kini berlimpah, dengan kicau yang begitu merdu dan diminati oleh pecinta burung.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 14 Jenis Burung Jalak Beserta Gambar dan Penjelasannnya Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: