Jenis Burung Kutilang, keunikan dan Cara Mengawinkan Burung Kutilang

Diposting pada

Jenis Burung Kutilang, keunikan dan Cara Mengawinkan Burung Kutilang -Burung kutilang dengan nama Latin Pycnonotus Aurigaster memiliki banyak jenis dan keunikan.

Di mana burung kutilang sendiri memiliki banyak spesies, Anda dapat memilih untuk menjadi burung peliharaan. Kami mengenal burung ini karena kicunya yang merdu dan unik.

Jika Anda memilih salah satu kutilang terbaik, Anda dapat menemukan burung impian lebih mudah Penentuan kutilang terbaik untuk dipelihara juga sangat kicau.

Karena tidak ketika Anda mengenali jenis-jenis yang berbeda, tentu saja lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan dan mengurus kutilang. Supaya lebih jelas mari baca artikel dibaah ini dengan seksama.


Jenis Burung Kutilang

·         Diamond Firetail

Burung kutilang ini juga merupakan spesies burung kutilang yang populer. Warnanya mungkin terlihat seperti pola anak-anak sekolah dasar, tetapi mereka sangat lucu. Mereka memiliki ekor merah terang.

Di kedua sisi tubuh ada kutub putih bulat di sisi. Mereka berasal dari wilayah Australia Tenggara dan hidup di padang rumput dan hutan.


·         Gouldian

Salah satu kutilang paling indah karena bulunya yang berwarna-warni. Gouldian sangat populer sebagai burung peliharaan. Nama lain untuk burung ini adalah kutilang karena bulunya yang indah.

Meskipun mereka tidak suka dipegang oleh orang-orang, mereka sangat baik untuk dilihat. Keindahan bulu adalah kepuasan bagi mereka yang ingin merawat burung kutilang.

Anda bisa tinggal di kandang bersama beberapa kutilang lainnya. Gouldian dapat hidup hingga 6 hingga 8 tahun.

Panjang tubuh Gouldian sebagai orang dewasa adalah sekitar 5 hingga 6 inci dari kepatuhan ke ekor. Mereka adalah burung dari tanah Australia.

Mereka sangat suka terbang sesekali. Jika Anda ingin mempertahankan jenis ini, pastikan Anda memiliki kandang yang cukup lebar


·         Kutilang Zebra

Jenis kutilang disebut zebra karena memiliki motif zebra di leher hingga dada. Pipinya berwarna oranye dengan bintik-bintik putih-cokelat di sisi sayapnya.

Warna seperti itu biasanya milik pria, sedangkan wanita memiliki pola yang tidak terlalu mencolok.

Kedua jenis kelamin memiliki paruh oranye kemerahan. Jenis ini dapat hidup selama 3 hingga 15 tahun.


·         Kutilang Jawa

Kecil, cantik, dan sedikit pendian adalah ciri kutilang Jawa. Ini termasuk jenis kutilang yang dapat disimpan di kandang. Seperti namanya, kutilang ini berasal dari Jawa.

Saya mengatakan bahwa Java dapat hidup hingga 10 tahun atau bahkan lebih lama, tergantung pada bagaimana perlakuannya. Cowok ini adalah burung kutilang yang mudah bersosialisasi dan bisa dilatih agar tidak khawatir dipegang oleh pemiliknya.

Warna bulunya hitam di kepala dan ekor dan abu-abu di belakang. Bulu di dada dan perut berwarna abu-abu kecoklatan dengan pipi berwarna putih.


·         Kutilang Sutra

Sutra Kutilang terkenal dengan twitternya yang manis, dan itulah sebabnya ia sering digunakan sebagai master. Pesona yang bagus dengan hiasan bulu hijau.

Lebih sempurna dengan warna hitam mengkilap menutupi kepala. Tertarik di dalamnya? Anda harus merogoh kocek dalam.


·         Kutilang Wilis

Kutilang Wilis

Burung pipit wilis populer disebut Rengganis-Cucak, Berg-Cucak dan Wilis-Cucak. Terlampir pada burung endemik, yang habitatnya berada di ketinggian 800 hingga 3000 meter di atas permukaan laut.

Populasi burung pipit Wilis menjadi lebih tipis karena perusakan habitat alami dan kurangnya minat masyarakat dalam pelestariannya.


·         Kutilang Jambul

Burung Thailand ini dicirikan oleh sisir hitam di kepala, yang merah di dekat leher dan yang putih di rambut dada.

Panjang tubuhnya sekitar 20 cm antara kerabatnya, penampilan burung pipit berkerudung cukup baik karena mantel bulunya adalah yang paling menarik. Nama lain untuk burung ini adalah jambul jambul.


·         Lesser Gold kutilang

Merupakan jenis burngg kecil dari kutilng lainnya di Amerika Utara dari jenis (genus) Spinus. Ini juga bisa menjadi salah satu kutilang terkecil di dunia karena hanya tumbuh hingga 3,5 hingga 4,7 inci. Small Gold kutilang hanya memiliki berat sekitar 0,28 hingga 0,41 ons.


·         Kutilang Emas

Dapat dikatakan bahwa kutilang emas adalah yang paling populer di kalangan pecinta kicau. Bagaimana tidak? Warna kuning keemasan mendominasi tubuh burung, yang memiliki suara yang indah ini.

Ada sedikit warna hitam di kepala, yang membuatnya semakin menarik. Memiliki burung yang sering dijadikan masteran relatif murah.


·         Kutilang Gacor

 

 

Burung dari Kutilang Gacor umumnya lebih mahal karena pipanya sudah cantik.


·         Kutilang Biasa

Burung kutilang yang umum dirawat oleh masyarakat Indonesia. Seperti namanya, penampilan burung ini umumnya mirip dengan kutilang.

Abu-abu-cokelat di bagian atas, sedangkan bagian bawah didominasi abu-abu. Kepala dan dahi berwarna hitam.


·         Cordon-bleu Pipi Merah

Jenis burung kecil ini adalah salah satu kutilang, Anda tahu. Pipi Condon-bleu-red adalah aliran kutilang Afrika dengan bulu berwarna indah.

Mereka memiliki bulu biru langit dengan pola bulat merah di pipi untuk jantan.

Warna merah membuatnya terlihat seperti burung berubah menjadi merah. Berat kutilang ini hanya mencapai 5 inci dengan berat rata-rata 35 ons.

Meskipun burung-burung ini awalnya dari Afrika Tengah dan Timur, mereka diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.


Keunikan Burung Kutilang

Beberapa hewan seperti unggas memiliki pesona yang berbeda dan unik. Inilah yang menyebabkan banyak orang memilihnya sebagai hewan peliharaan, salah satunya adalah burung kutilang ini. Burung ini sendiri memiliki banyak keunikan yang mungkin menjadi favorit para pecinta burung.

Berikut ini adalah keunikan kutilang:


·         Bisa Meniru Suara Burung Yang Lain

Keunikan dari kutilang pertama adalah mereka dapat meniru suara burung lain. Biasanya mereka yang bisa meniru suara ini sendiri adalah kutilang jantan. Ini saja memberi para pecinta kutilang perasaan bahwa burung ini sangat cocok untuk mengambil bagian dalam kompetisi Twitter.


·         Dapat Menirukan Lebih dari 4 Suara

Keunikan lain dari burung ini adalah dapat meniru lebih dari 4 suara burung lainnya dan bahkan hingga 8 suara, dimulai dengan burung Prenjek, Triblek, ayam dan bahkan burung Ciblekan. Meskipun kutilang sering diremehkan oleh pecinta burung lain dan sering dianggap sebagai perusak suara, kutilang memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi.


·         Mudah Beradaptasi

Burung kutilang dianggap burung liar, tetapi dalam kenyataannya burung kutilang dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Inilah yang membuat banyak pecinta burung memilih kutilang untuk hewan peliharaan.


Cara Mengawinkan Burung  Kutilang

·         Menjodohkan Burung Kutilang

Hal pertama yang dapat dipasangkan oleh burung kutilang adalah memindahkan kandang lebih dekat ke burung jantan dan betina, bukan untuk menempatkan mereka bersama terlebih dahulu. Anda harus dapat membuat burung menarik satu sama lain. Tanda bahwa burung menarik satu sama lain adalah bahwa kutilang jantan selalu dekat dengan kutilang betina dan kutilang betina mengepakkan sayapnya.


·         Mempersiapkan Kandang Baru

Jika burung sudah tertarik satu sama lain, Anda perlu menyiapkan kandang untuk sepasang burung. Buat atau beli kandang berukuran 75 cm x 75 cm x 100 cm. Di dalam kandang, Anda juga perlu menyiapkan sarang yang hangat, nyaman, dan lembut tempat Anda dapat memasok kain dengan kapas tambahan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Burung Kutilang, keunikan dan Cara Mengawinkan Burung Kutilang semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: