Cara Merawat Burung Kutilang

Cara Merawat Burung Kutilang: Dewasa, Anakan, Cara Perawatan Kandang dan Memandikan Kutilang

Diposting pada

Cara Merawat Burung Kutilang: Dewasa, Anakan, Cara Perawatan Kandang dan Memandikan Kutilang -Kutilang adalah spesies burung yang umumnya tidak menarik perhatian orang karena suaranya tidak terlalu bagus. Namun, ada banyak pecinta burung yang mencari burung kutilang untuk dirawat sehingga mereka dapat memiliki burung kutilang yang dapat terdengar cantik melalui sejumlah proses pemeliharaan tertentu.Cara Merawat Burung Kutilang

Dengan kata lain, jika Anda merawat burung kutilang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa burung kutilang Anda memiliki suara yang bagus dan sehat serta bebas dari berbagai jenis penyakit.

Di bawah ini Anda akan belajar cara memelihara burung kutilang dewasa dan pergelangan kaki lainnya. Setelah langkah-langkah perawatan ini, burung pipit Anda mudah-mudahan terdengar cantik dan sehat tanpa penyakit.


Contents

A.      Cara Merawat Burung kutilang Dewasa

Cara Merawat Burung kutilang Dewasa

Bagi Anda yang ingin memelihara burung kutilang dewasa, perawatan yang baik dan benar tentu saja diperlukan agar burung selalu sehat. Cara merawat burung kutilang dewasa:


·         Menjaga Kebersihan Kandang

Cara pertama untuk merawat burung kutilang dewasa adalah menjaga kandang tetap bersih. Kebersihan kandang sangat penting, karena kebersihan ini dapat menjaga kesehatan burung. Anda dapat menyikat kandang burung setiap pagi dan sore hari hingga kotoran burung hilang.


·         Memandikan Burung Kutilang

Selanjutnya, kutilang mandi secara teratur. Mandi burung secara teratur dikatakan untuk membersihkan tubuh burung dari kontaminan yang mengandung kuman atau virus dan untuk membersihkan bulu-bulu jamur. Anda bisa memandikan burung di pagi hari.


·         Memberi Makan

Yang paling penting untuk mendapatkan kutilang yang berkualitas adalah menyediakan pakan yang berkualitas. Anda dapat menyediakan voer yang dapat dibeli di toko hewan peliharaan atau dari penjual burung khusus. Selain itu, pemberian multivitamin itu sendiri sangat penting untuk menjaga stamina burung.


·         Penjemuran

Perawatan selanjutnya yang akan diberikan kepada burung kutilang adalah pengeringan. Pengeringan dapat dilakukan setelah memandikan burung, yang membuat burung terkena sinar matahari langsung, yang sangat baik untuk kesehatan Anda.


B.      Cara Merawat Anakan Burung Kutilang

Cara Merawat Anakan Burung Kutilang

Perawatan kutilang tidak dimulai ketika mereka sudah dewasa, tetapi ada juga cara untuk merawat kutilang gila. Begini caranya:


·         Pembuatan Makanan

Para kutilang sendiri juga membutuhkan makanan untuk membuat bubur. Caranya sangat sederhana, Anda bisa mencampur voer dengan air hangat atau panas dan aduk hingga bubur menjadi cair. Jangan terlalu cair, cukup buat bubur yang lembut dan halus.


·         Pemberian Makanan

Untuk memberi makan burung kutilang, Anda membutuhkan tongkat. Tongkat ini sendiri memilih yang cukup besar sehingga dapat dengan mudah mengambil bubur. Masukkan makanan langsung ke mulut sirip anak anjing. Berikan bubur secukupnya, jangan terlalu banyak, agar burung tidak muntah.


·         Adonan Dapat Dicampur Bahan Lain

Anda bisa memberikan bubur Voer untuk kutilang campuran yang berbeda. Anda bisa mencampurkannya dengan pisang tumbuk atau Anda bisa menambahkan remah, ulat, atau jangkrik.


·         Waktu Pemberian Makan

Anda dapat memberi makan kutilang setiap 1 hingga 1,5 jam. Proses ini sendiri dapat juga menjinakkan burung karena bayi burung melihat Anda sebagai induknya sehingga burung tersebut dapat mempercayai Anda.


·         Berikan Siulan

Anda bisa bersiul sambil memberi makan burung kutilang. Gunakan ini untuk bersiul sendiri sehingga anak-anak ayam dapat mengingat suara Anda sehingga mereka dapat dengan cepat menjadi jinak. Ini juga dapat membuat kicauan burung lebih cepat dan menjadi kutilang berkualitas tinggi.


·         Buat Bubur Veor sedikit

Sangat disarankan untuk menyiapkan sedikit bubur daging sapi muda. Ini karena anak anjing kutilang tidak makan dalam jumlah banyak. Selain itu, bubur daging sapi tidak dapat digunakan pada hari berikutnya karena tidak lagi segar dan dapat berjamur karena dicampur dengan beberapa bahan makanan lainnya.


C.      Perawatan Kandang Burung Kutilang

Perawatan Kandang Burung Kutilang

Saat merawat burung kutilang, tentu saja harus diperhatikan bagaimana mereka dirawat, di mana pemeliharaan kandang burung sangat penting. Cara merawat kandang burung sirip dengan benar:


·         Pemilihan Ukuran Kandang

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran kandang. Untuk kutilang, ukuran kandang yang benar adalah sekitar 70 cm x 45 cm. Ukuran ini sangat cocok untuk ukuran tubuh kutilang yang cukup kecil. Dengan ukuran kandang, kutilang masih bisa bergerak bebas dan tidak terbebani.


·         Membersihkan Kotoran Dikandang

Selanjutnya, Anda selalu harus membersihkan kandang. Kotoran burung di kandang harus selalu dibersihkan. Jika tidak dibersihkan secara teratur, itu bisa membentuk jamur dan virus yang bisa membuat burung sakit. Anda bisa membersihkan kotoran di pagi dan sore hari sebelum makan burung.


·         Membersihkan Tempat Makan dan Minum

Kotoran burung tidak hanya harus bersih, mereka juga harus secara teratur membersihkan wadah pakan dan minuman untuk burung. Tempat makan dan minum burung harus bersih, karena jika Anda meninggalkan tempat ini kotor, kemungkinan besar burung akan terkena penyakit. Anda bisa mencuci tempat makan dan minum burung sekali atau dua kali seminggu.


·         Kualitas Bahan Pembuatan Kandang Kutilang

Poin selanjutnya untuk mendapatkan kandang terbaik tentu saja bahan untuk membuat kandang. Bahan bambu dan kayu seringkali mudah rusak jika Anda salah memilih. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa bahannya sangat kuat sehingga tidak mudah rusak dan burung tidak melarikan diri dan aman dari pemangsa.


D.      Cara Memandikan Burung Kutilang

Cara Memandikan Burung Kutilang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kutilang perlu dimandikan secara rutin agar tetap sehat. Mandikan burung kutilang sendiri untuk membersihkan tubuh dari kontaminan yang mungkin mengandung virus, bakteri, dan jamur. Cara mandi burung kutilang dengan benar:


·         waktu Mandi

kutilang sendiri tidak harus dilakukan setiap hari, tetapi waktu yang ideal setidaknya 2 minggu. Semakin banyak burung kutilang mandi dapat membuat burung rentan terhadap virus dan jamur. Tidak hanya itu, jamur dapat membuat burung kehilangan bulunya dan tidak ingin bernyanyi.


·         Peralatan Mandi

kutilang mandi adalah yang paling mudah disemprot. Namun, jika burung sudah bisa mandi dengan baik, ini bukan masalah. Nah, untuk cara menyemprot diri sendiri ini, Anda memerlukan botol semprotan yang bisa Anda temukan di toko hewan peliharaan. Untuk air, berikan air bersih yang tidak tercampur dengan bahan apa pun kecuali burung itu sakit.


·         Kondisi Cuaca

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kondisi cuaca. Kondisi cuaca yang tepat untuk mandi kutilang adalah ketika panas. 8 pagi sampai 9 pagi adalah waktu yang ideal untuk mandi burung kutilang.


·         Menyemprot burung

Setelah peralatan dan cuaca sangat baik, yang harus Anda lakukan adalah memandikan burung. Pertama-tama, sesuaikan kekuatan semprotan, jangan terlalu keras dan hindari area mata. Karena ketika itu sulit dan masuk ke mata, kutilang dapat terkejut dan panik, sehingga mudah trauma ketika stres. Basahi seluruh tubuh burung.


E.       Cara Menjemur Burung Kutilang

Setelah mandi kutilang, burung-burung harus digantung berikutnya. Pengeringan ini sendiri dilakukan agar tubuh burung mengering sempurna, sehingga tidak mudah terinfeksi oleh jamur. Cara menggantung burung sirip:


·         Posisi Kandang

Untuk mengeringkan kutilang setelah mandi, Anda perlu memperhatikan posisi di mana kandang berada. Lebih baik letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Dalam posisi ini air harus benar-benar kering. Pastikan Anda tidak melakukannya saat matahari sangat terik atau sudah terlambat.


·         Waktu Untuk Menjemur

Waktu untuk mengeringkan ikan finfish setelah mandi adalah sekitar 1-2 jam. Kali ini saja lebih baik untuk tidak melebih-lebihkan, karena dapat mengeringkan atau terlalu panas burung. Jika benar-benar rentan pada titik ini, burung itu belum sepenuhnya kering. Lebih baik membawanya ke teras dan memberi ventilasi.


·         Tempat Penjemuran

Poin ketiga ini sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan di mana tempat pengeringan juga perlu Anda ketahui. Pilih tempat yang aman untuk mengeringkan burung agar terhindar dari pemangsa seperti kucing. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa pengeringan dilakukan di tempat yang tenang untuk menghindari stres burung.


F.       Cara Membersihkan Kandang Burung Kutilang

Kebersihan burung kutilang tentu sangat penting untuk menjaga burung tetap sehat. Burung kutilang, yang tidak dibersihkan secara teratur, membuat burung rentan terhadap penyakit dan jamur. Kandang burung, yang jarang dibersihkan, juga bisa mencium bau seluruh rumah. Cara membersihkan kandang burung sebagai berikut:


·         Siapakan Alat Untuk membersihkan Kandang

Untuk membersihkan kutilang, lebih baik menyiapkan beberapa alat seperti sarung tangan, topeng, penggaruk seperti kayu kecil atau sendok dan juga air. Sarung tangan dan topeng itu sendiri menjauhkan Anda dari bakteri di dalam tinja dan juga bau kotoran burung.


·         Pindahkan Burung

Hal berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah memindahkan kutilang ke kandang yang kosong dan bersih terlebih dahulu. Ini dilakukan sendiri untuk menghindari burung yang stres ketika membersihkan kandang.


·         Pembungan Kotoran

Setelah burung dilepaskan, Anda harus menemukan tempat yang tepat untuk menghilangkan kotoran burung. Tempat yang paling cocok tentu saja di dekat selokan, di mana Anda dapat membuang kotoran burung dengan mudah.


·         Buka alas Kandang

Pertama Anda harus membuka bagian bawah kandang terlebih dahulu, maka Anda dapat membersihkan kotoran burung dengan menyapu. Pastikan Anda telah menggunakan sarung tangan untuk menghindari kotoran di tangan Anda.


·         Seprotkan Air

Setelah membersihkan kotoran yang tersisa dan merasa bersih, Anda bisa menyemprotkan air di bagian bawah kandang. Jika masih ada kotoran, Anda bisa mengikisnya lagi dan ulangi metode ini sampai bagian bawah kandang benar-benar bersih. Kebersihan kandang dari kotoran sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit bagi burung.


·         Pengeringan

Jika dasar sangkar burung bebas dari kotoran, Anda bisa mengeringkan sangkar matahari. Jaga agar kandang tetap dijemur di cuaca yang sangat panas sehingga kandang bisa benar-benar kering. Jika kandang masih lembab, Anda sebaiknya jangan meletakkan kutilang di kandang karena ini dapat menyebabkan jamur pada kulit.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Merawat Burung Kutilang: Dewasa, Anakan, Cara Perawatan Kandang dan Memandikan Kutilang semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: