Jenis Burung Kecil

Jenis Burung Kecil Yang Harus Kalian Ketahui Beserta Gambar Lengkap!!

Diposting pada

Jenis Burung Kecil Yang Harus Kalian Ketahui Beserta Gambar Lengkap!! -Burung adalah salah satu hewan yang biasa digunakan sebagai hewan peliharaan, terutama burung kecil. Burung kecil biasanya tidak lebih besar dari tangan manusia. Mereka umumnya memiliki warna bulu yang bagus dan bervariasi.

Pencinta burung hewan di Indonesia saat ini digemari oleh burung-burung kecil. Selain bentuk tubuh mereka yang imut dan warna bulu yang indah, mereka tidak membutuhkan kandang yang terlalu lebar.

Jenis Burung Kecil

Seperti hewan peliharaan lainnya, burung membutuhkan ruang untuk bergerak. Kandang atau sangkar yang terlalu kecil memberi tekanan pada mereka. Itulah sebabnya banyak pecinta burung membuat pilihan dengan burung-burung kecil.

Apa ini burung kecil? Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan jenis burung perkutut dan penjelasannya. Berikut adalah jenis-jenis burung kecil:


Burung Red-cheeked

Pipi Merah Cordon-Bleu Burung kecil berwarna-warni ini adalah sejenis kutilang Afrika dengan bulu biru langit. Sementara burung Cordon Bleu jantan yang memiliki pipi merah memiliki bintik-bintik merah di pipinya yang membuat mereka terlihat selalu merah dan mempesona. Cheekbird merah ini hanya memiliki panjang 12,7 cm dan berat rata-rata hanya 9,9 gram. Spesies burung kecil ini muncul di alam liar Afrika Tengah dan Timur, tetapi juga merupakan salah satu kutilang eksotis paling populer dalam perdagangan hewan peliharaan.


  • Burung Willow Tit

Burung Willow tit

Tit Willow Ini adalah burung terkecil karena panjang tubuhnya hanya 11,43 cm. Kemudian beratnya mencapai 8,7 g hingga 10,77 g. Tit Willow tersebar luas di Eropa subarctic dan Asia Utara. Sepintas, seekor burung kecil terlihat seperti burung gereja. Namun, kepalanya lebih mirip burung Cendet blangkon, karena sebagian besar ditutupi bulu hitam. Karakteristik lain dari burung ini adalah bahwa tubuhnya didominasi oleh warna putih, coklat dan abu-abu di sayap. Kalian juga dapat membaca cara merawat burung kenari.


  • Burung Verdin

Burung Verdin

Burung Verdin Salah satu burung kecil ini memiliki panjang tubuh kira-kira. 11,4 cm. Ada saudara burung Verdin yang tingginya masih lebih dari 10,9 cm. Burung terkecil ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko. Bibit burung Verdin adalah serangga. Jadi burung kecil ini mudah ditemukan di semak-semak. Biasanya burung ini juga mengambil gula dari pakan burung kolibri.


  • Burung American Goldfinch

Burung American Goldfinch

American goldfinch merupakan burung migran kecil dari negara New Jersey  bagian Lowa, dan Washington. Dengan ukuran sekitar 11 cm, 14 cm dan berat 11 gram, 20 gram. Kebanyakan Goldfinch Amerika memiliki dahi kuning dan hitam cerah. Kemudian sayap dan ekornya berwarna hitam. pada musim dingin, burung tersebut bermigrasi dari perbatasan Kanada ke Amerika Serikat dan Meksiko. Selama musim kawin mereka pindah ke North Carolina, AS. Mereka juga membuat panggilan suara dengan pola yang berbeda, tergantung pada kondisinya.


  • Burung Tropical Parula

Burung Tropical Parula

Tropical Parula Birds Daftar burung kecil lainnya adalah Tropical Parula. Jenis burung kecil ini umum di Meksiko selatan dan Texas. Burung ini memiliki panjang tubuh 11 cm. Parula Tropical Bird sangat mudah dikenali karena warna tubuhnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas berwarna hitam dan bagian bawah berwarna kuning muda.


  • Burung Crimson Chat

Burung Crimson Chat

Burung kecil ini adalah burung endemik dari Australia. Panjang tubuhnya mencapai 10 cm, 13 cm dan berat badan burung Crimson Chat sekitar 13 gram. Burung jantan memiliki mahkota dan dada berwarna merah cerah. Sedangkan burung betina berwarna coklat dan merah muda. Salah satu burung terkecil adalah umum di padang rumput, bukit pasir dan semak-semak di tanah, terutama di Australia barat dan selatan. Makanan burung kecil ini terdiri dari serangga, laba-laba, buah-buahan dan makanan burung cucak rowo.


  • Burung Gold Headed Cisticola

Burung Gold Headed Cisticola

Burung terkecil adalah umum di India dan Australia serta jenis burung diberbagai negara. Panjangnya hanya 10 cm dan berat 10 g. Kepala emas Burung jantan Cisticola memiliki kepala, leher, dan payudara emas. Selama musim kawin, bulu mereka menjadi lebih ringan dari pada musim lainnya. Sedangkan burung betina memiliki bagian atas berwarna coklat tua dan bagian bawah berwarna krem. Mereka tinggal di lahan basah, daerah pertanian dan daerah pesisir. Burung Cisticola yang berkepala emas membangun sarang dari dedaunan, rumput, dan jaring laba-laba sebelum musim kawin. Ini adalah salah satu pembangun sarang terbaik dalam spesies burung. Mereka mencuri jaring laba-laba untuk menjahit daun dan rumput sehingga sarangnya bulat sempurna.


  • Burung Bananaquit

Burung Bananaquit

Jenis burung kecil ini sangat mudah ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Pisang yang keluar dari burung bervariasi panjangnya antara 10 cm dan 13 cm. Selama musim kawin, salah satu burung terkecil membangun sarang bulat dari rumput dan tanaman lainnya. Makanan utama burung kecil ini adalah nektar dan buah-buahan.


  • Burung Lesser goldfinch

Burung Lesser goldfinch

Tahukah Anda bahwa European Goldfinch adalah burung terkecil atau burung Kutilang terkecil di Amerika Utara? Panjang tubuh rata-rata adalah 8,8 cm hingga 11,9 cm. Berapa beratnya? Ukuran Goldfinch kecil sekitar 7,9 hingga 11,6 gram.


  • Burung Goldcrest

Burung Goldcrest

Nama ilmiah burung Goldcrest adalah Regulus regulus. Apa itu regulus? Ternyata regulus adalah “pangeran kecil atau raja”. Burung kecil ini adalah burung terkecil di Eropa. Panjangnya sekitar 8,3 cm, 9,3 cm dan beratnya sangat rendah, 4,5 g, 7 g. Jenis burung ini bisa kecil tapi kuat dan tidak bermain-main saat kawin. Sebanyak 10-12 telur diinkubasi pada waktu yang sama, dan kadang-kadang betina memiliki dua ibu per musim kawin.


  • Burung Brown Gerygone

Burung Brown Gerygone

Cokelat Burung Gerygon, termasuk burung terkecil di dunia, karena panjang tubuhnya hanya 8 cm, 10 cm. Burung ini hidup di pantai dan di hutan hujan Australia. Karakteristik fisik, burung ini memiliki bulu abu-abu zaitun dan bagian bawah berwarna krem. Burung kecil Gerygone menghabiskan lebih banyak waktu di pohon untuk menangkap serangga yang terperangkap.


  • Burung Spotted Pardalote

Burung Spotted pardalote

Ada burung kecil lain yang cukup unik. Burung itu adalah pardalote tutul. Ini adalah salah satu burung terkecil di Australia Timur dan Selatan. Burung ini biasanya terjadi di kawasan hutan kayu putih. Panjang tubuh burung pardalote tutul sekitar 7,8 cm 9,9 cm. Populasi burung yang unik ini mengalami penurunan populasi dan dinyatakan langka. Alasan untuk ini adalah bahwa habitat burung kecil ini digunakan untuk pengembangan kota dan penggembalaan domba. Fitur menarik dari Spotted Pardalote adalah bulunya, yang penuh bintik-bintik putih. Tidak mengherankan, burung ini dijuluki Burung Berlian.


  • Burung Weebill

Burung Weebill

Seperti yang lain, Weebill masuk dalam daftar burung terkecil di dunia karena memiliki panjang tubuh 7,6 cm, 8,8 cm. Burung-burung ini hidup berkelompok dengan kelompok kecil dan hidup di kawasan hutan eucalyptus. Karakteristik burung Weebill adalah bulunya yang kuning kecoklatan. Bagian atas paruh seperti kumis kucing runcing. Mata burung kecil ini sangat menakutkan. Baca juga jenis burung tidak dapat terbang.


  • Burung Costa Hummingbird

Burung Costa Hummingbird

Berbeda dengan kolibri madu, kolibri Costa memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih panjang yaitu 7,6 cm, 8,8 cm. Sementara berat badannya rata-rata hanya 2,8 gram. Burung kolibri Costa berasal dari Amerika Barat Daya dan berkembang di daerah gurun. Burung jantan biasanya memiliki bulu ungu muda di kepalanya. Burung ini cukup mencolok di padang pasir karena bulunya bersinar ketika terkena sinar matahari.


  • Burung Bee Hummingbird atau Kolibri Madu

Burung Bee Hummingbird atau Kolibri Madu

 Jika burung Goldcrest adalah burung terkecil di Eropa, burung kolibri madu adalah burung terkecil di dunia. karna burung kecil ini hanya memiliki panjang 5 cm, 6 cm. Sementara berat badannya burung ini hanya 1,5 gram hingga 2 gram. Lebah Kolibri Lebah tidak lebih besar dari serangga. tapi tubuhnya lebih besar dari seekor lebah. Tidak mengherankan, burung ini sekarang disebut Hummingbirds Bee atau Hummingbirds. Ini adalah burung endemik di Kuba. Tahukah Anda bahwa kolibri madu dapat mengepakkan sayapnya 80 kali per detik dan meningkat menjadi 200 kali per detik? Setiap hari, burung terkecil di dunia dapat menyerap madu dalam 1200-1500 bunga.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Burung Kecil Yang Harus Kalian Ketahui Beserta Gambar Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: