4 Macam Burung Ciblek dan Makanan terbaik bagi Burung Ciblek

4 Macam Burung Ciblek dan Makanan terbaik bagi Burung Ciblek

Diposting pada

4 Macam Burung Ciblek dan Makanan terbaik bagi Burung Ciblek -Ciblek biasanya memiliki suara yang sempit. Banyak orang menyebut suaranya dengan tembakan atau ngebra, jadi dengan suara unik ini ia sering digunakan sebagai ajang kompetisi atau presentasi. Ada sekitar 7 jenis burung ciblek yang bisa kita jaga untuk jenisnya.

4 Macam Burung Ciblek dan Makanan terbaik bagi Burung Ciblek

Kebanyakan orang merawat gunung ciblek karena suaranya yang khas ciblek. Suara ini digunakan sebagai makna pemastane untuk lebih memprovokasi suara burung lain. Biasanya ini terjadi ketika burung lain menyerang.

Harap dicatat bahwa suara ciblek dapat digunakan sebagai pemancing untuk terapi suara atau audio. Sebenarnya, nama asli burung ciblek bukanlah nama sebenarnya. Ini hanya nama yang sering digunakan orang. Nama asli burung ini adalah ular dari genus prinia. Burung ciblek atau perenjak sangat umum di indonesia dan di seluruh dunia. Untuk alasan ini, kami akan menjelaskan jenis burung ciblek lengkap sebagai berikut:

  1. Burung Ciblek Kristal

Bagi pemula yang sedang belajar merawat ciblek, tentu saja sulit membedakan antara ciblek kristal dan ciblek taman, tetapi jangan bingung dalam penentuannya. Berikut ini adalah ikhtisar dari sifat-sifat crystal ciblek:

  • Crystal ciblek vogel memiliki karakter berkelahi.
  • Ada warna abu-abu hitam mengkilap di bulu belakang.
  • Ketinggian burung kristal ciblek hanya sekitar 15 cm.
  • Di bagian dada hingga ujung ekor memiliki warna putih (seperti tulang putih).
  • Tubuhnya yang dominan lebih panjang dari taman / semi-ciblek.
  • Paruhnya hitam.
  • Saat anda bernyanyi, anda memiliki pengaturan yang cenderung sempit dan suaranya mengkristal atau jernih.
  • Lehernya terlihat seperti kalung abu-abu.
  • Ada bulu putih di perut.

  1. Ciblek Semi (cisem)

Faktanya, semi ciblek tidak jauh berbeda dengan crystal ciblek. Cukup banyak kicau mania yang menganggap semi-ciblek adalah hasil persilangan antara crystal-ciblek dan garden-ciblek. Sifat-sifat semi ciblek adalah sebagai berikut:

  • Burung semi-ciblek memiliki ciri warna kuning di perut.
  • Di dada berwarna putih.
  • Saya memiliki mental yang cukup baik.
  • Bentuk tubuh lebih kecil dari kabel kristal karena hanya berukuran sekitar. 13 cm.
  • Suaranya tidak sejelas cahaya kristal.

  1. Ciblek Alang-Alang

Disebut ciblek alang-alang karena burung ciblek sering terlihat di semak alang-alang. Padahal burung ini sebenarnya sering terlihat di sawah. Karena sering terlihat di alang-alang, itu disebut mania kicau ciblek alang-alang dan telah menjadi populer saat ini.

Secara umum, alang-alang-ciblek memiliki bentuk fisik seperti gunung ciblek, tetapi lebih kecil dan memiliki kaki merah muda agak pucat. Suara ciblek alang-alang ciblek sedikit berbeda dari semi ciblek atau crystal ciblek. Tetapi masih bagus untuk digunakan sebagai master yang berkicau burung lain seperti elsterstein, cendet, kacer, pleci, dll.


  1. Ciblek Gunung

Ciblek gunung atau ada yang menyebutnya tribel tidak sepopuler semi ciblek dan crystal ciblek. Tetapi semakin lama gunung ciblek berjalan, semakin banyak permintaannya sebagai burung induk karena twitternya sempit dan keren.

Kabel gunung dapat dibedakan secara fisik dari jenis kabel lainnya. Berikut ini adalah karakteristiknya:

  • Coklat hingga abu-abu dengan tubuh lebih besar dari jenis ciblek lainnya.
  • Memiliki ekor panjang sekitar 5cm.
  • Berderit disertai dengan tembakan jarak dekat.
  • Kaki merah muda kehitaman.
  • Memiliki alis putih di sekitar mata anda.
  • Paruh hitam.

Makanan Burung Ciblek

  1. Buah mengkudu

Buah noni memiliki hobi berkicau yang mengerikan karena dipercaya dapat meningkatkan stamina ciblek.

Buah-buahan yang memiliki noda pada kulit memang terkandung dalam buah-buahan herbal dan sering digunakan sebagai obat herbal.

Buah mengkudu dulu merupakan salah satu bahan dalam ransum unggas.

Namun sekarang buah ini sering digunakan sebagai suplemen ciblek ketika ditantang karena dapat dengan cepat meningkatkan stamina.

Manfaat buah mengkudu untuk ngemil sendiri bervariasi, seperti: ini termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh, mengatasi peradangan, dan melawan alergi.

Semua manfaat ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi buah noni.

Ada cara khusus untuk membuat buah noni sebagai makanan tambahan untuk ciblek.

Pertama, buah noni yang digunakan harus matang atau jatuh dari pohon. Buah mengkudu matang ditandai oleh tekstur yang sedikit lunak.

Langkah kedua adalah membersihkan buah mengkudu dengan air mengalir. Selanjutnya adalah memasak buah mengkudu, yang bersih sampai matang.

Khasiat buah mengkudu yang matang saat dimasak adalah agar buahnya terlihat lunak dan bercampur dengan air. Jika ditandai demikian, angkat buah noni.

Air rebusan noni kemudian disaring. Air mendidih kemudian didinginkan dan kemudian dapat ditambahkan ke ciblek.

Noni air mendidih tidak boleh diberikan setiap hari, tetapi hanya dalam kondisi tertentu, misalnya dalam hal sakit, sebelum balapan atau sekali atau tiga kali seminggu.


  1. Ulat hongkong

Ulat hong kong umumnya digunakan sebagai aditif ciblek. Ulat ini berdarah panas, sehingga lebih sering digunakan untuk menghangatkan tubuh di musim hujan.

Jika ulat hong kong diberikan terus menerus, ciblek berisiko.

Ini karena sifat ulat hong kong yang panas dapat menyebabkan mata katarak ciblek pecah. Karena itu, ada tips untuk memilih ulat hong kong yang harus diketahui.

Ulat hong kong baik karena pakan tambahan mewakili perubahan kulit baru. Kulit baru yang mengubah ulat di hong kong ditandai dengan warna tubuh putihnya.

Sebelum serah terima ke ciblek, kepala ulat hong kong harus dipotong terlebih dahulu.


  1. Telur puyuh rebus

Memberi makan telur puyuh dimasak sering digunakan pada burung kenari, karena diyakini bahwa ini akan membuat burung lebih sibuk di gacor.

Namun ternyata menyediakan telur puyuh rebus untuk ciblek juga bisa membuat kicau lebih dingin dan lebih rajin.

Beberapa penjaga ciblek telah mencoba, tetapi hasilnya berbeda. Ada yang membuat perubahan signifikan, dan ada yang biasa-biasa saja.

Manfaat telur puyuh yang dimasak diyakini karena kandungan proteinnya yang tinggi, yang mencapai 13,05 gram per 100 gram telur puyuh yang dimasak.

Kandungan proteinnya jauh lebih tinggi daripada telur ayam dan bebek.

Kolin juga banyak digunakan dalam telur puyuh. Kolin sangat penting untuk perkembangan otak. Jadi jika anda memberikan telur puyuh rebus saat menempel, itu akan mempercepat proses menempel.

Tidak hanya itu. Kandungan senyawa lutein dan zeaxsanthin dalam kuning telur burung puyuh juga dapat mempertajam warna kuning dalam alkitab bulu dan memberi makan bulu.

Selain itu, kedua senyawa ciblek juga dapat menjaga kesehatan mata untuk menghindari katarak.

Telur puyuh rebus tidak sangat cocok sebagai camilan harian dari ciblek karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Pemberian lemak yang berlebihan menyebabkan ciblek menjadi gemuk.

Karena itu, dianjurkan untuk memberikan telur puyuh rebus 2 hingga 3 kali seminggu.

Bagian dari hadiah tidak boleh berlebihan. Satu ciblek, cukup dengan 1/2 telur puyuh rebus dan hanya kuning telur.

Tentu saja, ketika ciblek mendapatkan telur puyuh untuk pertama kalinya, burung itu tidak memakannya karena ciblek adalah pemakan biji-bijian.

Ini bisa diatasi dengan mencampurkan kuning telur puyuh rebus dengan voer secara bertahap.

Jika ciblek digunakan, kuning telur tidak harus dicampur lagi dengan voer. Untuk administrasi lebih lanjut, cukup pisahkan kuning telur dan voer.


  1. Jangkrik

Semua jenis serangga mengandung banyak protein, termasuk jangkrik. Jangkrik sangat umum digunakan sebagai aditif makanan atau gangguan bagi ciblek.

Kandungan nutrisi jangkrik juga lengkap, seperti protein, lemak, karbohidrat, asam amino dan berbagai zat lainnya.

Kandungan protein hewani dalam jangkrik sangat besar dan lebih besar dari sumber makanan yang merupakan makanan utama bagi ciblek.

Persentase protein dalam jangkrik adalah 52,9% lebih tinggi daripada di kroto, dengan tingkat protein yang meningkatkan hormon testosteron, membuat ciblek lebih mudah diinginkan.

Ciblek memicu nafsu membuat mereka berkicau memanggil pasangannya.

Manfaat lain, dengan banyaknya nutrisi dalam jangkrik, adalah stamina ciblek akan membuat lebih banyak dupa untuk dilatih setiap hari.


  1. Kroto

Protein di kroto sangat tinggi dan dipercaya membuat ciblek rajin gacor. Namun, pemberian kroto tidak boleh dilakukan setiap hari karena ini dapat membanjiri ciblek.

Selain itu, pemberian kroto yang berlebihan dapat menyebabkan suhu tubuh ciblek menjadi panas dan tidak tepat waktu. Cukup beri kroto 2-3 kali seminggu.

Kroto adalah sumber makanan berprotein tinggi opsional untuk barbecue dengan protein tinggi dan kadar lemak lebih rendah dari barbecue.

Terlalu banyak lemak pada burung pasti mengurangi kinerjanya, begitu banyak kicaumania sangat peduli tentang hal itu sehingga peliharaannya tetap fit.

Harga kroto juga relatif murah dengan fitur yang bisa kita dapatkan jika kita ingin membeli kroto 500 g. Kroto menjual rata-rata rp 100.000.


  1. Voer

Voer adalah makanan sehari-hari yang harus ada di wadah makanan ciblek. Kandungan nutrisi dalam voer dikembangkan khusus untuk ciblek sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Voer sangat mudah ditemukan di toko-toko burung, jadi jangan khawatir, anda tidak akan mendapatkannya.

Namun, tangkapan ciblek alami tidak akan mau langsung makan voer. Karena itu, diperlukan perawatan terlebih dahulu agar burung mau makan voer.

Caranya adalah dengan menyediakan air minum bagi pemilih di dalam kandang


  1. Jahe

Belakangan ini jahe telah menjadi amunisi banyak kicaumania. Diyakini bahwa jahe memiliki banyak khasiat untuk menjadikan juara lebih baik dari sebelumnya.

Jahe memiliki sifat antitusif yang membuat burung yang meminumnya lebih rileks, dan di tenggorokan sambungan jahe membuat saluran udara lebih tenang, sehingga suara burung ciblek menjadi lebih keras dan lebih keras.

Hanya ketika anda memasukkan jahe yang telah digosok ke dalam wadah berisi air, burung-burung akan menjadi lebih energik dan memiliki suara yang keras.

Banyak orang khawatir tentang infeksi di tenggorokan burung, yang sering membuat burung terdengar agak serak. Jahe adalah solusinya.

Bahan tradisional yang murah seperti ini bisa menjadi senjata mematikan bagi lawan. Apakah anda ingin mencobanya?

Makanan ciblek sangat beragam, jadi anda harus berhati-hati saat membuat rencana makan.

Pastikan juga anda menyediakan makanan yang memenuhi kebutuhan anda. Jika anda sudah tahu jenis makanan ciblek dan manfaatnya, lebih mudah untuk membuat rencana makan.

Tetapi jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan disiplin juga, karena jika anda hanya fokus pada makan tanpa perawatan lain, ciblek tentu sulit untuk membuat suara dan mungkin tidak dapat bernyanyi.


Demikian sedikit pembahasan mengenai 4 Macam Burung Ciblek dan Makanan terbaik bagi Burung Ciblek , semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: