Jenis Burung Langka Diindonesia

Jenis Burung Langka Di Indonesia yang Hampiir Punah Beserta Gambarnya

Diposting pada

Jenis Burung Langka Di Indonesia yang Hampiir Punah Beserta Gambarnya -Kami tidak menyangkal bahwa Indonesia adalah surga bagi sumber daya alam dan biologis. Indonesia memiliki megabiodiversitas yang bukan milik negara dan negara lain di dunia. Spesies flora dan fauna eksotis ditemukan di seluruh negeri. Tidak salah kalau nama “emerald equator” digunakan untuk menganalogikan kekayaan negara kita Indonesia.

Namun kekayaan bangsa ini tidak mudah dipahami untuk semua anak di negara ini. Penghargaan atas kekayaan negara ini masih kurang. Berbagai jenis flora dan fauna menghadapi ancaman serius karena tindakan segera seperti perburuan dan perdagangan, pembalakan liar (penggundulan hutan) dan kerusakan lingkungan lainnya. Ancaman ini membahayakan flora dan fauna kita dan banyak yang menjadi langka.

Jenis Burung Langka Diindonesia

Menurut audit IUCN 2013, ada sekitar 21.286 spesies langka di seluruh dunia, dan hingga 1.206 spesies langka di Indonesia. Data ini menunjukkan bahwa 121 burung Indonesia terancam punah. Jenis-jenis burung Kecil dan besar Indonesia yang akan kita bicarakan berada di bawah tekanan lingkungan yang sangat besar karena aktivitas manusia.

Burung Indonesia dan Ancaman Kepunahan

Banyak spesies burung Indonesia saat ini terancam punah. Spesies yang berbeda telah menjadi sangat langka dan, bahkan baru-baru ini, beberapa ahli burung tidak dapat menyelamatkan mereka atau menyatakan mereka punah. Padahal, kondisi ini menjadi sangat wajar ketika kita melihat tingginya laju deforestasi (deforestasi) di Indonesia.

Spesies burung Indonesia adalah spesies burung tropis dan beberapa spesies burung migran non-tropis. Perubahan lingkungan, terutama karena pembukaan, membuat spesies burung ini tidak dapat bertahan hidup. Burung memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, tetapi ini tidak serta merta membuatnya berkelanjutan. Luasnya habitat burung yang rusak membuatnya di bawah tekanan.

Perubahan kondisi lingkungan secara umum menyebabkan semua aspek lingkungan berubah. Perubahan ini mengurangi makanan dan tempat tinggal dan tingkat ancamannya tinggi.

Jika kemampuan bertahan menurun, angka kematian lebih tinggi dari angka kelahiran

pada jenis burung tertentu. Secara bertahap, populasi spesies burung ini terus menurun ke jumlah terendah. Ini membuat spesies burung Indonesia hampir punah dan langka.

Untuk menggambarkan kondisi spesies burung Indonesia yang langka dan hampir punah, kami melaporkan burung-burung Indonesia yang sangat langka:

Jenis Burung Langkah DiIndonesia

  • Tokhtor Sumatra

Tokhtor Sumatra

Sumatra Tokhtor (Carpococcyx viridis) adalah burung endemik pulau Sumatra. Pada titik ini, burung Tokhtor Sumatera menghadapi risiko kepunahan karena populasinya diperkirakan hanya 300 ekor. Itu masih dianggap punah pada tahun 1916, tetapi kembali pada tahun 1997.


  • Gagak Banggai

Gagak Banggai

Burung ini milik keluarga gagak Banggai. Gagak ini juga dinyatakan punah, tetapi ditemukan kembali pada 2008/2009. Burung ini saat ini juga tergolong sangat terancam punah.


  • Trulek Jawa

Trulek Jawa

Burung ini juga merupakan salah satu burung yang paling langka, Trulek Jawa (Vanellus macropterus) adalah burung yang hanya ada di Jawa. Burung ini juga dinyatakan punah pada tahun 1994, tetapi direvisi pada tahun 2000 menjadi hampir punah. Tapi mungkin burung ini benar-benar mati. Karena sekarang sangat sulit menemukan burung ini.


  • Sikatan Aceh

Sikatan Aceh

Aceh (Cyornis ruckii) adalah seekor burung dalam keluarga Muscicapidae dan merupakan Jenis Burung Keci . Burung ini juga merupakan burung endemik di Pulau Sumatra. Sejauh ini, keberadaan burung Sikatan Aceh sudah sangat sulit ditemukan. Peternakan Aceh juga termasuk dalam kategori burung langka.


  • Merak Hijau

Merak Hijau

Padahal, ada 3 jenis burung merak di dunia, salah satunya adalah jenis burung merak hijau. Salah satu populasi merak hijau berasal dari Indonesia, Pulau Jawa. Menurut Daftar Merah IUCN, merak hijau diklasifikasikan sebagai terancam punah, sehingga merak hijau dimasukkan sebagai burung yang dilindungi.


  • Jalak Bali

Jalak Bali

Seperti namanya, burung ini adalah burung endemik di pulau Bali. Jenis Burung Jalak ini hanya dapat ditemukan. Di hutan bagian barat pulau Bali, burung ini dinamai sebagai simbol untuk fauna di pulau Bali. Pemuliaan dan perdagangan burung juga dilindungi oleh hukum. Jadi tidak bisa diperdagangkan secara bebas.


  • Elang Jawa

Elang Jawa

Nama latin Nisaetus bartelsi, elang Jawa, adalah spesies elang berukuran sedang yang merupakan burung endemik di pulau Jawa. Jenis Burung Elang Jawa telah menjadi maskot spesies langka di Indonesia sejak 1992.


  • Maleo Senkawor

Maleo Senkawor

Maleo Senkawor (Macrocephalon maleo) adalah sejenis burung hangus berukuran sedang. Keunikan burung ini adalah burung ini sudah bisa terbang sejak menetas. Diperkirakan populasi burung ini berjumlah 10.000 burung, sehingga terkandung dalam hewan yang dilindungi agar tidak terancam punah.


  • Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan

Kurcaci Kalimantan Kuau atau Polyplectron Schleiermacheri adalah jenis kurcaci Kuau yang asli dari hutan hujan dataran rendah di pulau Kalimantan. Burung ini memiliki status “terancam punah” (EN), yang berarti bahwa populasinya terancam punah.


  • Kuau Raja

Kuau Raja

Kuau Raja (Argusianus argus) milik suku Phasianidae. Burung ini disebut burung identitas pulau Sumatra. Burung ini dianggap langka dan populasinya hampir punah.

  • Cendrawasih Merah

Cendrawasih Merah

The Red Paradise (Paradisaea rubra) adalah surga berukuran sedang yang berasal dari klan Paradisaea. Burung ini adalah burung asli dari Indonesia dan juga termasuk yang langka dan hampir punah.


  • Kehicap Boano

Kehicap Boano

Tidak banyak orang mengenal Boano Kehicap ini, bahkan tidak banyak yang mengenal Boano, tempat Yaknio yang merupakan habitat asli burung ini. . Ini tidak termasuk dalam kategori populasi langka dan berisiko tinggi.


  • Punai Timor

Punai Timor

Timor Timur atau Dove Hijau Timur, yang menyandang nama Latin Treron psittaceus, milik keluarga Columbidae. Burung ini dapat ditemukan di pulau merah dan pulau Timor. Populasi telah melihat penurunan habitat alami mereka, dengan hanya sekitar 200 yang tersisa

  • Cendrawasih Biru

Cendrawasih Biru

Surga biru (Paradisaea rudolphi) adalah surga berukuran sedang. Burung berbulu indah ini berasal dari pulau Papua. Menurut Daftar Merah IUNCN, burung ini adalah burung langka dan terancam punah. Karena itu, burung ini adalah hewan yang dilindungi.


  • Pleci atau Kacamata Singihe

Pleci atau Kacamata Singihe

Kacamata atau kacamata hitam Ini adalah burung sunghua yang endemik di pulau asli Singihe di Indonesia. Burung ini juga merupakan burung langka dan bahkan terancam punah karena populasinya diperkirakan hanya memiliki 50 ekor.


  • Kasuari Gelambir Ganda

Kasuari Gelambir Ganda

Status Kasuari termasuk dalam status VU (terancam punah) sehingga mencakup hewan yang dilindungi. Bahkan, ada tiga jenis kasuari, kasuari ganda, kasuari tunggal dan kasuari kerdil dan kasturi glambir ganda ini termasuk Jenis Burung Yang Tidak dapat Terbang. Tetapi kasuari gelombang ganda ini masuk sebagai burung yang dilindungi.


  • Gosong Maluku

Gosong Maluku

Maluku Gosong (Eulipoa wallacei) adalah spesies yang terbakar yang kecil dan juga satu-satunya spesies dalam satu-satunya genus Eulipoby. Burung ini juga termasuk dalam kategori (rentan) atau terancam punah.


  • Kakatua Kecil Jambul Kuning

Kakatua Kecil Jambul Kuning

Kakatua kuning (Cacatua sulphurea) adalah burung milik klan Cacatua. Burung ini memiliki bulu putih dengan lambang kuning di kepalanya dan berada dalam kategori kritis sehingga termasuk hewan yang dilindungi.


  • Bangau Tongtong

Bangau Tongtong

Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicu) adalah burung dari keluarga bangau atau Ciconiidae. Distribusi ini menyebar ke seluruh Asia Selatan dari Hindia Timur ke pulau Jawa. Jenis crane ini juga termasuk dalam kategori (hampir punah).


  • Mentok Rimbaa

Mentok Rimbaa

Mentok Rimba (Cairina scutulata) milik keluarga bebek. Ini adalah keluarga itik yang paling langka dan paling terancam punah. Populasi diperkirakan hanya hidup 800 ekor.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Burung Langka Di Indonesia yang Hampiir Punah Beserta Gambarnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: