Jenis Burung kicau

21 Jenis Burung Kicau Terpapuler dan Penjelasannya Lengkap!!

Diposting pada

21 Jenis Burung Kicau Terpapuler dan Penjelasannya Lengkap!! -Merawat burung sudah lama dikenal sebagai hobi yang dicintai banyak orang. Bagi orang-orang di Indonesia khususnya, burung menjadi salah satu hewan yang paling umum digunakan sebagai hewan peliharaan selain kucing dan anjing. Salah satu alasan kuat mengapa burung sering dipelihara adalah karena mereka dapat menghasilkan suara kicau yang indah dan menenangkan.

Jenis Burung kicau

Bahkan, tidak jarang kompetisi kicau burung terjadi di berbagai kota di Indonesia. Hadiah yang dimenangkan dapat menyentuh ratusan juta rupiah. Tidak diragukan lagi, banyak orang bersedia melanjutkan kicau burung untuk memenangkan kejuaraan dalam perlombaan atau hanya untuk hobi.

Namun, tahukah Anda bahwa kicau yang dirawat oleh orang Indonesia memiliki banyak jenis? Setiap jenis burung berbagai negara memiliki kelebihan kicau untuk dimasukkan dalam kompetisi. Harganya bisa mencapai 10 juta per ekor.

Mahalnya harga penyanyi tentu dipengaruhi oleh popularitas dan antusiasme pecinta hobi. Lihatlah burung berkicau paling populer di Indonesia alih-alih penasaran, dan mereka dijual dengan harga fantastis berikut.


Jenis Burung Branjangan

Branjangan adalah salah satu burung favorit bagi para penikmatnya. Gaya bertarungnya membuat orang lebih menyukainya, karena dalam pertempuran burung dedak tidak mengepakkan sayapnya. Selain itu, ia juga bisa meniru suara burung lain, kicunya juga sangat bagus dan enak didengar dan diketahui bahwa ia bisa bernyanyi dengan baik. Burung Branjangan suka hidup di tempat terbuka dan berumput seperti sawah dan ladang. Itu milik keluarga Alaudidae dan Passeriformes. Harga menyesuaikan kualitas. Semakin baik kualitasnya, semakin mahal harganya. Mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 900.000.


  • Burung Panca Warna

Burung Panca Warna

Burung Pancawarna identik dengan warna yang indah dengan kombinasi 5 warna, yaitu kuning, coklat, oranye, biru dan hitam, yang membuatnya menjadi burung yang lucu. Suaranya tidak kalah bagus.


  • Burung Pelatuk

Burung Pelatuk

Jenis kicau ke 3 adalah pelatuk. Pelatuk sebelumnya diremehkan oleh masyarakat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, pelatuk itu menjadi lebih populer dan terkenal karena berkicau. Sehingga saat ini harga pelatuk seperti jenis burung Kecer, jalak hijau suren dan Steinelster semakin meningkat.


  • Jenis Burung Ciblek

Jenis Burung Ciblek

Di Jawa ini disebut Ciblek Prenjak. Burung ini endemik di Sumatra, Jawa dan Bali. Jenis burung Ciblek jarang dirawat, tetapi sekarang diperhitungkan. Mereka mempunyai suara khas yaitu”ci ci ci , ciap ciap, ci ci ci” serta ciklak ciklak”. Jika sudah digoreng, harganya bisa mahal untuk ratusan ribu tablet.


  • Burung Cipoh

Burung Cipoh

Mereka diminati akhir-akhir ini karena mereka memiliki suara yang unik.


  • Burung Lovebird

Burung Lovebird

Jenis burung Lovebird atau umumnya diartikan sebagai love bird. Tipe ini sangat populer di kalangan penggemar dan harga burung lovebird terjangkau, mulai dari Rp. 150.000 juta. Seperti namanya, mereka selalu hidup berdampingan dan dapat menghasilkan suara paduan suara. Selain lovebird, burung juga memiliki bentuk yang sangat bagus. Bahkan burung lovebird juga memiliki jenis yang berbeda.


  • Burung kecer

Burung kecer

Kicau burung tidak kalah terkenal dari Lovebird. Bahkan, orang biasa memelihara lebih banyak burung daripada Lovebird. Ini karena mereka dapat bernyanyi dengan sangat cerdik, terutama jika mereka meniru suara di sekitar mereka. Ketika Anda melihatnya, itu bisa keras dan nyaman untuk telinga.

Jenis Burung kacer adalah yang paling umum di negara-negara Afrika di Jawa dan Kalimantan. Dengan sifat-sifat hitam pekat / kebiru-biruan di seluruh tubuh dan di tempat-tempat tertentu seperti sayap dan ekor, sedikit putih bisa terlihat.  Kalian juga dapat mengetahui cara melatih burung kecer.


  •  Burung Kicau Kenari

 Burung Kicau Kenari

Salah satu spesies burung termahal adalah kenari. Burung jenis twitter ini menjadi pasar burung terbesar di negara ini. Alasan untuk ini adalah kenari sangat mudah tumbuh dan dipelihara dan pada saat yang sama menghasilkan uang dengan sangat cepat. Makanya, sekarang banyak orang yang mencoba peruntungan dan beternak kenari.

Habitat asli burung ini sebenarnya berasal dari Kepulauan Canary. Harga yang dibawa Jenis burung kenari  juga cukup mahal untuk kenari berusia 3 bulan, kisaran harganya adalah Rp. 250.000. Sedangkan kenari jantan berusia 3 bulan memiliki harga sekitar Rp. 300.000 Yang pasti, semakin baik kualitas kicau, semakin mahal harganya.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Kenari.


  • Jenis Burung Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu

Burung penyanyi berikutnya adalah murai. Batuan murai tidak hanya dapat bernyanyi dengan baik, mereka juga memiliki tubuh yang menawan seperti model top. Bagi saya pribadi, Elster Stein adalah burung yang paling indah setelah Lovebird, dan jenis Burung Murai bukan satu, tetapi beragam. Jika Anda ingin membeli murai, Anda harus siap untuk waktu dan uang, karena murai adalah burung dengan pemeliharaan yang sangat sulit. Untuk mendapatkan suara yang lebih baik, perawatannya harus baik. Sedangkan harga magpies adalah jutaan hingga ratusan juta rupiah.


  • Burung Jalak

Burung Jalak

Sebagai negara yang kaya akan binatang, Indonesia adalah negara yang diberkahi berbagai jenis burung jalak. Faktanya, jumlah spesies bintang bertambah dari hari ke hari karena semakin banyak orang yang membudidayakannya. Dan tidak ada keraguan bahwa burung jalak sangat pandai dalam membuat suara dan gacor yang baik, sehingga mereka memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Adapun jenis jalak sebagai berikut: Jalak Bali, Jalak Putih, Jalak Nias, Jalak Suras, Jalak Hitam, Jalak Thailand, dan Jalak Hong Kong.


  • Burung Anis Kembang

Burung Anis Kembang

Jika di depan adas merah, itu adalah kicauan burung bunga adas kali ini. Putih dan hitam menggabungkan tubuhnya dengan pola seperti bintik-bintik. Suaranya tidak kalah nyaring, saya yakin teman saya tidak akan menyesal memelihara bunga adas manis burung ini. Harganya Rp.400.000 atau lebih, bisa lebih rendah tergantung kualitas.


  • Burung Gelatik

Burung Gelatik

Cabai kecil, itulah istilah untuk gelatik ini. Karena posturnya kecil dan warna tubuhnya hanya hitam dan putih, ada banyak penggemar. Kebanyakan orang menggunakan suara melengking dan sobek ini sebagai kombinasi dari suara burung lain untuk membuatnya lebih indah dan bervariasi. Preferensi jenis burung gereja dari banyak orang tidak boleh bingung sampai itu disebut burung master. Harganya juga standar, mulai dari Rp. 75.000 hingga Rp. 200.000. Ada pengecualian untuk harga, jika suara sudah tidak stabil, harganya bisa mencapai Rp. 700.000.


  • Burung Tledekan

Burung Tledekan

Burung Tledekan atau gunung masih jarang dirawat oleh penghobi. Ini karena tempat tinggal mereka di pegunungan sulit ditemukan.

Ciri-ciri burung Tledekan jantan adalah:

  1. Kepala berwarna biru muda dan bagian belakang berwarna biru gelap.
  2. Ada jubah hitam di sekitar mata.
  3. Memiliki apel Adam hitam.
  4. Daerah perut berwarna oranye atau oranye terang.
  5. Ungu kebiruan pada genera tertentu.

Untuk harga yang relatif murah dari Rp. 40.000 hingga Rp. Hanya 200.000.


  • Burung Kolibri Ninja

Burung Kolibri Ninja

Ninja Kolibri adalah burung dari keluarga burung kolibri (Colibri). Untuk jenis kolibri sendiri, ada banyak, dari kolibri ninja, kolibri kelapa, kolibri keriting, kolibri hitam, kolibri laut, kolibri Jawa, kolibri Jawa, kolibri Sepah Raja, kolibri gunung, dan banyak lagi lainnya. Tetapi yang sering diperdebatkan adalah ninja kolibri karena orang ini memiliki suara yang sangat bagus dan enak didengar. Pada dasarnya, kolibri ninja lebih tertarik daripada jenis kolibri lainnya.


  • Jenis Burung Kicau Cucak HijauJenis Burung Kicau Cucak Hijau

 

Ini disebut mentimun hijau karena warnanya identik dengan hijau kecuali paruh berwarna. Itu lebih hijau dan hidup di hutan dan pohon. Meski rasanya liar, tapi cucak masih hijau. Banyak dirawat di rumah burung berkicau. Orang menyebut Green Cucak dengan nama berbeda, ada Green Cucak (Jawa), Cipo, Cipo Cardiac dan Cucumber Kucat. Spesies ini terjadi di pulau Bali, Kalimantan, Sumatra dan Jawa. Jika Anda tertarik menunggu, berikan uang antara Rp. 500.000 dan Rp. 1.000.000.


  • Burung Pleci (Kaca Mata Putih)

Burung Pleci (Kaca Mata Putih)

Berbeda dengan Lovebird, yang memiliki beragam warna dan pola tubuh mulai dari biru, merah, oranye, kuning, hijau, dan lainnya. Warna tubuh Pleci Vogel hanya satu jenis, yaitu lumut kuning hijau dan kacamata agak hitam dan putih. Ukurannya sangat kecil, tetapi tidak masalah bagi pecinta kicau. Karena pleci juga memiliki suara yang bagus, terutama jika Anda ikut serta dalam kompetisi dan memenangkan hadiah, harga Rp 1.000.000 (biasanya Rp 20.000 hingga 200.000).


  • Burung Pentet atau Cendet

Burung Pentet atau Cendet

Di desa Pentet, burung sering diburu dan dirawat di rumah. Karena burung ini memiliki sifat lebih dari yang lain. Dia bisa meniru suara di sekitarnya. Di kota Pentet sendiri ada banyak nama, ada yang menyebut cendet, doet toet. Untuk penduduk kota, Anda biasanya harus membeli toko burung jika ingin memelihara cendet.


  • Burung Anis Merah

Burung Anis Merah

Beberapa tahun yang lalu adas merah itu terkenal dan menjadi kecantikan para pecinta kicau. Daya tarik utama bagi para zookeeper-nya dengan fitur khasnya dalam kicauan jazz. Burung adas merah memiliki nama lain, yaitu bata adas, punglor ra, cacing punglor dan bata punung. Harganya sendiri berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp1.000.


  • Burung Kicau Jalak Suren

Burung Kicau Jalak Suren

Masih keluarga bintang. Stare suren / uren memiliki suara yang tidak kalah keras dengan yang lain. Dia memiliki sikap ramah terhadap pemiliknya. Properti fisik adalah kombinasi warna putih, hitam dan kadang-kadang abu-abu. Ukurannya 24 cm di sekitar bulu mata oranye dan paruh merah.

Tubuh bintang ini memang sangat kuat dan memiliki bentuk paruh yang sangat unik seperti jalak lainnya. Selain itu, Stare Suren juga memiliki kicau atau siulan, yang sangat merdu tetapi sangat keras. Sedangkan makanannya adalah serangga dan jenis buah-buahan tertentu. Harga untuk lagu yang satu ini adalah antara Rp. 700.000 dan jutaan.


  • Burung Cucak Rawa

Burung Cucak Rawa

Rawa Cucak dalam bahasa Inggris Bulbul dengan kepala jerami, Jawa Cucak Rowo dan Cangkurawah (Sunda). Jenis Burung cucak Rawa berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Karena mereka sering diburu, habitat mereka semakin terancam. Seperti namanya, ia menghabiskan lebih banyak waktu di rawa, sungai, hutan, dan danau. Selama berkicau merdu dan melengking.


Ciri ciri fisiknya:

  1. Ukurannya 28 cm.
  2. Mahkota dan penyumbat telinga berwarna oranye jerami.
  3. Bagian belakang berwarna coklat dan ada sedikit warna putih.
  4. Dagu putih.
  5. Dada abu-abu dan paruh hitam.

Makanan favorit burung cucak rawa adalah buah-buahan atau berbagai serangga. Mereka biasanya terbang di dataran rendah. Harga terbaru untuk cucak berawa bisa mencapai 6 juta, bukankah fantastis?


  • Burung Trucukan

Burung Trucukan

Mungkin burung itu adalah jenis kicau termurah karena dapat dibeli seharga Rp. 20.000-Rp.200.000). Penggemar sendiri digolongkan sedikit dan jarang dipertimbangkan dalam kompetisi. Namun, tidak salah juga jika Anda membelinya untuk koleksi tambahan di rumah. Karena burung Trucukan juga memiliki suara yang bagus ketika memotong.


  • Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot

 

Burung terakhir adalah mentimun Jenglot. Dari segi ukuran dan ukuran, mentimun jenggot ini hampir mirip dengan burung trucukan. Lalu apa yang membuatnya istimewa? Perbedaannya hanya satu, yaitu jenggot Cucak memiliki jenggot dan jenggot tidak memiliki jenggot. Burung ini juga banyak pengikut yang kamu kenal orang, suaranya juga tidak kalah bagus, yang penting latih dengan baik dan jaga dirimu. Untuk harga Rp. 150.000 Rp. 250.000, itu harga normal.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 21 Jenis Burung Kicau Terpapuler dan Penjelasannya Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: