cara merawat cucak rowo

Cara Merawat Burung Cucak Rowo Yang Harus Kalian Ketahui Lengkap!!

Diposting pada

Cara Merawat Burung Cucak Rowo Yang Harus Kalian Ketahui Lengkap!! _Mentimun Marshy, atau dikenal luas sebagai Cucak Rowo, memiliki nada kicauan merdu dengan volume yang keras, tinggi, dan bervariasi. Suara keras dan khas dikenal banyak orang yang sering melakukan kegiatan di hutan. Jika suara khusus kicau dari Pleci sering disebut sebagai Ngalas, burung dari keluarga Pycnonotidae ini memiliki kicau khusus, sering disebut sebagai tali. Ini sesuai dengan konsep keracunan tunas, yang keduanya disebut sebagai burung.

cara merawat cucak rowo

Untuk teman sekelas burung yang disebut Latin (ilmiah), Pycnonotus zeylanicus memang sesuatu yang sangat istimewa. Selain penampilan dan ukuran tubuhnya, mentimun rawa sangat populer karena kicau. Burung ini memang banyak orang yang menyukainya, tetapi karena harganya sangat mahal, hanya orang kelas menengah dan atas yang merawat Cucak Rowo. Cucuk rawa ini memiliki banyak strain dan diklasifikasikan oleh Merbah. Merbah atau Cucak-Pucakan (familia Pycnonotidae) adalah suku burung yang bernyanyi dari Afrika dan Asia tropis.

Burung-burung dari suku ini tidak hanya disebut Merbah, tetapi juga memiliki beberapa nama umum lainnya seperti Cucak (Jawa); tempuruk, empuruk, tempulu, empulu, pampulu, empuloh (berbagai bahasa Melayu di Sumatra dan Kalimantan); dan lainnya. Dalam bahasa Inggris, burung-burung ini dikenal sebagai Bulbul. Baca juga tentang merawat Kacer, yang beralih dari hutan ke memasak cepat. Hasil survei dari berbagai sumber dan burung pengembangbiakan menunjukkan bahwa burung Cucak Rowo yang ditangkap memiliki banyak keunggulan dibandingkan burung tangkapan CR. karena burung lebih jinak dan sangat mudah beradaptasi.

Bagi Anda yang tertarik dengan Rowo Cucak, Anda tidak hanya perlu tidak sedikit uang untuk membelinya, tetapi juga sebuah kandang kotak dengan lebar 45-60 cm dan tinggi 60 cm sehingga Anda bisa mengurus Rowo Cucak menghasilkan suara yang sangat khas dan tidak dapat menyanyikan lagu. Apa yang meniru suara ayam dan burung lain bahkan meniru suara setan. Anda perlu menggunakan teknik dan beberapa metode yang sangat khusus di Memaster. Inilah perawatan yang perlu Anda pelajari. Lebih lanjut nya mari kit abaca artikel dibawah ini dengan seksama yuk sobat.


Cara Mrawat Burung Cucak Rawa

  • Memilih Indukan

 Peternak yang dipilih, baik pria maupun wanita, jelas memiliki kualitas bernyanyi yang baik atau setidaknya telah memenangkan kompetisi. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan: kondisi fisik burung. Burung itu tidak hanya bisa bernyanyi dengan baik, tetapi juga dapat menyehatkan tubuh. Itu bebas dari penyakit dan postur yang sempurna.


  • Pembuatan Kandang Untuk Perkawinan

  1. Buat kandang burung besar dengan lebar sekitar 2 x 1 meter dan tinggi 2,5 meter.
  2. Kandang harus dibuat sedekat mungkin dengan habitat asli mentimun mirip Rowo
  3. Tambahkan pohon atau cabang agar burung merasa aman dan nyaman saat bertelur.
  4. Dapat juga dibuat sebagai sarang buatan dari serabut kelapa dan diletakkan di cabang pohon.
  5. Buat tempat duduk. Agar terlihat seperti aslinya, buatlah dari cabang asli.
  6. Dapatkan cukup sinar matahari.
  7. Jangan lupa tempat makan dan minum yang mudah diakses dan dibersihkan.

  • Jangan Buat Burung Stress

  1. Lebih disukai, kandang dibuat di lokasi yang tidak keras dan jauh dari lalu lintas manusia. Ini karena Rowo Cucak sedikit stres.
  2. Agar lebih aman, tutupi kandang dengan kain atau Anda bisa menempel dinding kandang dan rumah satu kali. Hanya saja atapnya tetap terbuka, meski masih ada gril.
  3. Meskipun ada orang yang mengklaim bahwa tidak ada masalah dengan kandang terbuka, pilih kandang tertutup untuk alasan keamanan. Baca cara memelihara burung blackthroat.

  • Lakukan Perjodohan

Ya, seperti halnya manusia, burung-burung ini perlu diteliti sebelum menikah.


  • Pembuatan Kandang Untuk Anak Cucak Rowo

  1. Telur-telur itu ditetaskan di dalam kandang perkawinan, ibu dari Cucakrowo mengerami telur-telur itu sampai telur-telur itu menetas, dan kemudian memberi makan anak-anaknya (dengan memberi makan berlebihan atau mengeluarkan makanan yang hancur). Dia juga mengajari anaknya cara terbang dan kemudian Rowo Cucak muda dipindahkan ke kandang lain.
  2. Kandang Rowo Cucak muda sama seperti sangkar perkawinan. Besar dan sesuai dengan habitat aslinya.
  3. Tambahkan juga ranting dan ranting ke tempat bertengger dan buat mereka nyaman.
  4. Cobalah untuk menjaga kandang dengan sinar matahari yang cukup.

  • Sebaiknya Ada CCTV Untuk Kandang Tertutup

Dengan kandang tertutup, pengawasan video lebih baik untuk memantau situasi di kandang. Karena induk burung terkadang melemparkan telur atau memakan anak mereka sendiri. CCTV juga diperlukan untuk mencegah pencurian burung oleh pencuri mengingat tingginya harga.


  • Pakan Burung Cucak Rowo

  1. Makanan alami burung ini terdiri dari serangga dan buah-buahan.
  2. Makanan harian Rowo Cucak adalah campuran buah-buahan dan serangga. Contohnya termasuk memberikan pisang dan 3-5 barbekyu atau pepaya dan voer.
  3. Berikan Voer, makanan instan bergizi yang lengkap dan mengandung vitamin sebagai makanan pokok.
  4. Berikan Kroto 1-2 minggu.

  • Pemeliharaan

  1. Cuci dan keringkan mentimun Rowo dua kali sehari.
  2. Memandikan burung berfungsi untuk membersihkan kotoran dan kuman yang menempel di tubuh burung sehingga burung menyerap vitamin D.
  3. Burung ini juga bisa mandi sendiri. Caranya adalah dengan menaruh wadah yang cukup sehingga ia bisa membenamkan diri. Namun, kita harus mandi sendiri.
  4. Pengeringan mencegah burung-burung ini sakit karena sinar matahari dan bakteri serta virus terbunuh
  5. Pengeringan harus dilakukan sebelum jam 10 pagi
  6. Ada kalanya burung melepas bulu mereka atau biasa disebut berkabung. Selama ini, nutrisi burung harus diberi pertimbangan lebih besar dan jumlahnya berlipat ganda.
  7. Pada saat berkabung, yang terbaik adalah menghindari burung-burung ini menjumpai burung-burung yang serupa.
  8. Kandang harus dibersihkan setidaknya setiap 4 hari.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Merawat Burung Cucak Rowo Yang Harus Kalian Ketahui Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: