Jenis Kolibri

Mengenal 14 Jenis Burung Kolibri Beserta Gambar Terlengkap

Diposting pada

Mengenal 14 Jenis Burung Kolibri Beserta Gambar Terlengkap_ Indonesia dikenal di seluruh dunia sebagai surganya binatang karena jenis binatangnya sangat banyak. Tak terkecuali jenis burung kecil atau burung madu yang memiliki postur tubuh kecil namun bersuara yang banyak disukai pecinta burung. Spesies burung kolibri sangat bervariasi di Indonesia, namun burung ini sudah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi sehingga kami tidak sembarangan merawatnya.

Jenis Kolibri

Siapa yang tidak kenal kolibri atau burung madu? Jenis burung ini merupakan burung yang terkenal memiliki ragam jenis, warna, dan suara yang indah. Popularitasnya tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di luar negeri dan di seluruh dunia. Jenis burung kolibri juga bermacam-macam.

Untuk lebih memahami seperti apa jenis burung kolibri itu, yuk simak penjelasan detail jenis burung madu berdasarkan warnanya di bawah ini.


Kolibri Gunung (Kolibri Merak)

Burung kolibri gunung atau biasa disebut burung kolibri merak merupakan jenis burung kolibri yang habitat aslinya berada di dataran tinggi.

Burung kolibri jenis merak ini merupakan endemik pulau jawa yang hanya dapat ditemukan di pulau jawa.

Tingginya sekitar 13 cm. Burung kolibri jenis ini suka memakan nektar dari bunga dan serangga kecil seperti laba-laba dan beberapa ulat kecil.


  • Kolibri Matari

Kolibri Matari

Spesies burung kolibri selanjutnya adalah burung kolibri Matari atau Cinnyris Solaris. Matari Kolibri memiliki ukuran tubuh sekitar. 11 cm.

Burung kolibri Matari merupakan jenis burung kolibri endemik yang berasal dari Nusa Tenggara atau Pulau Flores dan hanya ditemukan di kawasan tersebut di alam bebas.

Ciri-ciri burung kolibri jantan berwarna hijau metalik di kepala dan punggungnya serta berwarna kuning dengan garis merah di tengah di bawahnya.

Warna betina sekarang menjadi kusam. Seperti kebanyakan spesies burung kolibri lainnya, burung kolibri Matari juga suka memakan nektar bunga dan beberapa serangga kecil.

Baca Juga: 5 Jenis Burung Kacer Di indonesia Beserta Ganbar Terlengkap!!


  • Kolibri Ekor Merah

Kolibri Ekor Merah

Burung kolibri ekor merah merupakan jenis burung kolibri dengan bulu berwarna merah dan hitam.

Tubuhnya berwarna hitam sedangkan ekornya berwarna merah. Inilah asal muasal nama burung kolibri yang disebut dengan burung kolibri ekor merah.

Untuk yang jantan tingginya sekitar 13 cm, sedangkan betina memiliki tinggi yang lebih kecil, yaitu hanya sekitar 10 cm.


  • Kolibri Lebah

Kolibri Lebah

Lebah burung kolibri merupakan salah satu jenis burung kolibri yang memiliki ukuran tubuh paling kecil, yaitu hanya sekitar 4 cm.

Nama latinnya Mellisuga Helenae, dimana kita hanya bisa membedakan jenis kelamin laki-laki dan perempuan dari bentuk fisiknya.

Untuk Kolibri Lebah jantan berukuran lebih kecil dari pada lebah betina. Meski tingginya lebih kecil, namun jenis kelamin pria memiliki warna bulu yang sangat indah dengan kombinasi warna yang berbeda.

Dimana burung kolibri madu jantan berwarna hijau di kepala dan merah di paruh bawah. Sementara betina hanya memiliki warna biru kehijauan.


  • Kolibri Jawa (Kolibri Jago)

Kolibri Jawa (Kolibri Jago)

Burung kolibri jawa atau burung kolibri jago memiliki nama latin aethopyga mystacalis, salah satu jenis burung kolibri yang banyak ditemukan indonesia. Jangan lupa kunjungi juga  Jenis Burung Diberbagai Negara.

Seperti spesies burung kolibri lainnya, burung kolibri jawa suka memakan nektar dari getah bunga. Hal tersebut dapat dikenali dari bentuk paruhnya yang panjang namun kecil.

Selain itu, Kolibri Iago juga sering memakan serangga kecil. Tingginya juga relatif kecil, hanya sekitar 11 cm.

Di alam liar, mereka biasanya hidup di daerah pegunungan tropis sekitar 100 meter di atas permukaan laut.

Ciri umum burung kolibri jawa adalah memiliki mahkota berwarna ungu di kepalanya, sebagian kepalanya berwarna merah dan berwarna kuning tungsten, dua garis yang terlihat menyebar.

Burung kolibri Jago juga memiliki perut berwarna putih bersih dengan ekor panjang berwarna ungu.


  • Kolibri Black Sunbird

Kolibri Black Sunbird

Burung kolibri tipe Black Sunbird adalah salah satu jenis burung kolibri yang suka makan nektar dan merupakan salah satu burung kolibri yang paling banyak dicari saat kicau mania.

Hal tersebut dikarenakan Black Sunbird Hummingbird merupakan Jenis Burung Langka yang memiliki keunikan tersendiri.

Kolibri Black Sunbird tergolong sebagai burung kecil karena tingginya hanya sekitar 11 cm.

Kita dapat dengan mudah membedakan antara burung kolibri Black Sunbird jantan dan betina hanya dengan melihat warna bulunya.

Jantan memiliki warna hitam-ungu-hitam mengilap sedangkan betina memiliki warna kuning keabuan pada perut bagian bawah.


  • Kolibri Pijantung (Genus Arachnothera)

Kolibri Pijantung (Genus Arachnothera)

Pijantung Kolbri merupakan salah satu spesies burung kolibri yang tersebar di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Secara keseluruhan, Kolibri Pijantung terbagi menjadi 11 spesies yang ada di seluruh dunia. 8 dari 11 spesies kini ada di tanah tercinta kita.


  • Kolibri Ninja

Kolibri Ninja

Meski begitu, burung kolibri ninja merupakan jenis burung kolibri yang paling populer di antara burung kolibri lainnya.

Saking populernya, ninja burung kolibri tak pernah absen dari kompetisi Jenis Burung kicau di berbagai daerah di Indonesia.

Burung kolibri ninja memiliki sifat fisik yang sangat menakutkan, dengan bulu berwarna hitam, ungu, dan kuning, serta kepala dan lehernya yang berkilau berkilau.

Selain itu, burung kolibri ninja juga memiliki kicauan yang lucu dan sangat keras yang dapat membuat orang yang mendengarnya takjub.

Di habitat aslinya, burung ini hidup di taman atau hutan pada ketinggian sekitar 100-200 m dpl.

Ciri fisik lainnya adalah ukurannya yang kecil, hanya sebesar ibu jari orang dewasa, atau hanya sekitar 10 cm.

Perbedaan antara burung jantan dan betina dapat dikenali dari warnanya. Dimana burung kolibri jantan memiliki ciri yaitu terdapat warna topi hijau metalik pada kepalanya, leher berwarna ungu, dan bagian dadanya memiliki bulu coklat / merah kusam.

Baca Juga: Jenis Burung Perkutut dan Perbedaan Perkutut Jantan serta Betina

Kesimpulannya adalah bahwa kolibri ninja jantan sebagian besar berwarna hitam sedangkan betina sebagian besar berwarna abu-abu.


  • Kolibri King Ninja (King Konin)

Kolibri King Ninja (King Konin)

Raja Ninja atau Raja Konin Kolibri merupakan jenis burung kolibri yang memiliki warna bulu yang sangat indah dan bervariasi.

Di antara warna bulu pada tubuh Raja Konin terdapat warna hitam glossy di bagian kepala, sedangkan bagian atas bahu di bagian perut berwarna ungu glossy kehijauan dan kecoklatan.

Beberapa orang menyebut Raja Konin sebagai burung kolibri bakau, yang memiliki nama latin Leptocoma Calcostetha.

Sama seperti Jenis Burung Jalak , burung kolibri ini juga suka memakan nektar atau sari bunga pohon. Burung kolibri jenis ini bisa kita temukan di hutan mangrove.

Ciri-ciri Raja Konin jantan adalah tingginya kurang lebih lima inci dan memiliki bulu kehitaman di badan, sedangkan dada berwarna ungu dengan garis kumis di dada bagian atas dan leher berwarna tembaga mengkilat.

Sementara itu, raja perempuan Konin dibedakan dengan leher keputihan dan punggung hijau zaitun.

Kepala berwarna abu-abu, perut berwarna kuning, dan bagian bawah ekor berwarna putih keabu-abuan.


  • Kolibri Sepah Raja

Kolibri Sepah Raja

Burung Kolibri Sepah Raja merupakan salah satu jenis burung kolibri yang terdapat di Indonesia. Ciri umumnya sama dengan jenis burung kolibri lainnya, misalnya dengan paruh yang kecil dan panjang.

Burung kolibri jenis ini juga sangat gemar meminum nektar bunga sebagai sumber makanannya.

Ciri umum lainnya adalah burung kolibri Sepah Raja memiliki bulu berwarna merah cerah dengan kombinasi warna hitam, ungu, dan kuning.

Khusus untuk burung kolibri Sepah Raja jantan, bagian dahi dan leher berwarna merah muda, ekor berwarna ungu tua dan bagian perut berwarna abu-abu tua.

Sedangkan burung kolibri Sepah Raja betina memiliki ciri khas bulunya berwarna hijau zaitun atau hijau tua.

Tinggi burung kolibri Sepah Raja tidak jauh berbeda dengan burung kolibri lainnya yaitu sekitar 13 cm.

Yang paling membedakan burung kolibri Sepah Raja dari jenis burung kolibri lainnya adalah bahwa burung kolibri Sepah Raja memiliki sistem imun yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis burung kolibri lainnya. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai burung peliharaan.

Di alam bebas, burung kolibri ini bertebaran di pegunungan tropis dimana masih banyak jenis bunganya karena mereka sangat suka menghisap getah dari bunga tersebut.


  • Kolibri Wulung (Kolibri Muncang)

Kolibri Wulung (Kolibri Muncang)

Hampir semua spesies burung kolibri sangat menyukai nektar / madu pada tumbuhan bunga. Kolibri termasuk spesies Bulge atau Kolibri Muncang.

Burung Kolibri Muncang memiliki nama latin Anthreptes Singalensis. Selain itu, burung kolibri ini sering memakan serangga kecil seperti laba-laba, ulat atau kroto.

Kolibri wulung lebih tinggi dari burung kolibri lainnya, sekitar 14-15 cm.

Keunggulan dari burung kolibri jenis ini adalah perkelahiannya lebih agresif dibandingkan jenis burung Perkutut.

Burung kolibri yang menonjol memiliki ciri khas yaitu memiliki warna bulu pada mahkotanya dan bagian atas tubuhnya yang berwarna hijau tua mengilap.

Sedangkan pipi berwarna merah, leher dan dadanya berwarna coklat. Ini adalah ciri-ciri burung kolibri jantan yang menggembung.

Namun burung kolibri wulung betina berwarna hijau zaitun dan pucat bila dibandingkan dengan burung wulung jantan.


  • Kolibri Kelapa

Kolibri Kelapa

Kolibri kelapa merupakan jenis burung kolibri dengan tinggi sekitar 13 cm. Burung kolibri jenis ini memiliki paruh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis burung kolibri lainnya.

Kicau tidak jauh berbeda dari burung kolibri lainnya. Yang paling membedakan adalah bunyi besetan yang lebih padat dan nyaring.

Nama latin untuk burung kolibri kelapa adalah Anthreptes Malacensis. Di habitat aslinya, kita bisa dengan mudah menemukannya di hutan, kebun kelapa, hutan bakau atau di tepi sungai.

Ciri-ciri burung kolibri kelapa jantan adalah memiliki warna mahkota yang cerah pada kepalanya, dan bagian atas sayapnya berwarna ungu muda. Pipi dan dagu berwarna coklat sedangkan bagian bawah kuning.

Kolibri kelapa betina memiliki warna tubuh bagian atas hijau zaitun. Bagian bawahnya sama dengan burung kolibri kelapa jantan yang berwarna kuning.


  • Kolibri Sriganti (Sogok Ontong)

Kolibri Sriganti (Sogok Ontong)

Sekilas, Sogok Ontong memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan burung kolibri kelapa. Yang paling menonjol adalah Sogok Ontong lebih kecil tingginya, hanya sekitar 8-10 cm.

Nectarinia jugularis adalah nama latin dari burung kolibri Sriganti ini. Dimana habitat aslinya ada disekitar taman dekat rumah.

Sogok ontong jantan memiliki ciri warna tubuh bagian bawah yaitu kuning muda, sedangkan dagu dan dada berwarna ungu mengkilap dengan punggung berwarna hijau.

Sedangkan Sogok Ontong betina berwarna kuning muda dan tidak ada warna ungu di bagian dagu atau dada.


  • Kolibri Sangihe

Kolibri Sangihe

Selanjutnya ada Burung Kolibri Sangihe, sejenis burung kolibri yang hanya ada di Sulawesi Utara, tepatnya di Pulau Sangihe.

Kolibri Sangihe memiliki tinggi sekitar 12 cm. Sedangkan makanannya seperti jenis burung kolibri lain yang sangat suka memakan nektar dari bunga atau serangga kecil.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal 14 Jenis Burung Kolibri Beserta Gambar Terlengkap semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: