Jeis Burung Tledekan

Berbagai Jenis Burung Tledekan atau Sulingan Beserta Gambar

Diposting pada

Berbagai Jenis Burung Tledekan atau Sulingan Beserta Gambar_ Tledekan atau sulingan diklasifikasikan sebagai burung penyanyi khusus. Meski ketenarannya tidak begitu mencolok seperti di tahun 2000-an, masih ada beberapa penggemar. Di Indonesia, burung kicau yang termasuk dalam famili penangkap lalat terdiri dari beberapa jenis, antara lain tledekan gunung / cacing sikat (Cyornis banyumas), bakau (Cyornis rufigastra), laut / biru dan putih (Cyanoptila cyanomelana), dan selendang biru. Selain Gacor Chirp dan Ngeroll, semua jenis Burung tledekan memiliki tubuh dengan warna bulu yang indah, sehingga sudah sepatutnya tidak semua burung dalam genus Niltava bisa dilupakan oleh setiap penggemar.

Jeis Burung Tledekan

Berbicara tentang Tldekan atau Flybirds, dapat dikatakan bahwa burung ini menyukai semua orang baik dari segi warna maupun gerakan tubuhnya. Mungkin itulah ciri burung diam yang paling mencolok. Burung ini tidak hanya dikenal sebagai burung Nyeklek atau ,menyuling yang agresif, tetapi juga memiliki kecerdasan, artinya dapat menirukan suara yang dikeluarkan oleh burung lain, terutama saat dilatih sejak kecil atau masih muda. Maka tak heran jika semua jenis burung yang lebih dikenal dengan tledekan pernah populer bahkan menjadi raja dalam perlombaan Jenis Burung Kicau pada tahun 2000-an.

Semua spesies burung suling rata-rata memiliki panjang tubuh 8 hingga 10 cm. Daerah favoritnya di alam liar meliputi berbagai lokasi tropis seperti hutan lebat dan petak pohon bambu di dekat sungai. Area penjualan meliputi Nepal, India, Bhutan, Thailand, Kamboja, Cina Barat Daya dan Indonesia. Di Indonesia dapat ditemukan di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Makanan favorit di habitat aslinya adalah berbagai serangga kecil seperti capung, ulat dan kadang buah-buahan. Di bawah ini adalah berbagai jenis cerita dengan gambar yang bisa Anda lihat.


Tledekan Selendang

Jenis Tledekan Selendang Biru masih terbagi menjadi dua bagian yaitu Ninon dan Flycatcher Biru Muda. Namun, jenis Selendang Tledekan Biru yang paling disukai adalah Flycatcher Biru Muda. Kisaran burung ini di Indonesia meliputi Kalimantan, Sumatera dan juga pulau Jawa. Nama burung pekikan biru ini diambil dari warna bulunya yang lebih didominasi oleh warna biru pada tubuh bagian atas. Kicauan burung tledekan selendang tidak kalah dengan kicauwan burung lainnya seperti Jenis Burung Cucak Rawa, nuri dan lainnya

Burung jantan yang disuling dengan selendang biru memiliki warna biru muda pada punggungnya. Sedangkan leher dan dadanya berwarna biru muda. Syal berjenis tledekan biru betina cenderung memiliki warna abu-abu kecokelatan di bagian atas tubuh. Dan warnanya merah kecokelatan di bagian ekor. Khusus untuk jenis kelamin betina burung ini Anda akan menjumpai warna kuning kecoklatan di sekitar mata.

Baca Juga :Jenis Burung Kecil Yang Harus Kalian Ketahui Beserta Gambar Lengkap!!


  • Tledekan Kembang

Tledekan Kembang

Jenis perendaman kedua yang perlu Anda ketahui adalah spanduk bunga. Burung ini dinamakan Tledekan Kembang karena warnanya yang indah seperti bunga. Ukuran tubuh burung ini tergolong kecil dengan paruh dan ekor pendek. Tledekan Kembang memiliki warna hitam pekat khas yang mendominasi tubuh bagian atasnya. Sedangkan warna putih hanya terdapat pada sayap dan sedikit pada bagian atas mata. Bunga Tledekan sekilas terlihat seperti Jenis Burung Kacer atau decu.


  • Tledekan Gunung

Tledekan Gunung

Nama lain dari burung Tledekan Gunung adalah Cacing Flycatcher. Burung yang satu ini akan lebih mudah ditemukan di Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa juga. Kicau khas burung gunung Tledekan adalah suaranya yang pelan. Banyak orang menyukai burung ini karena warna bulunya yang menarik. Perbedaan burung gunung Tledekan jantan dan betina mudah dilihat. Jika kalian ingin mengetahui jenis burung terindah bisa klik disini

Amati warna bulu di punggung burung di gunung. Burung gunung Tledekan jantan memiliki warna biru tua bercampur hitam dari kepala hingga ekor. Pada wanita, warnanya lebih terlihat yaitu abu-abu kuning. Panjang tubuh burung jantan dan betina, yang hanya berbeda warnanya.


  • Tledekan Bakau

Tledekan Bakau

Jenis burung mangrove tledekan ini sering disebut sebagai Kalimantan Mountain Flycatcher. Sebutan tersebut tidak berarti burung ini berasal dari Kalimantan. Jalur mangrove juga bisa Anda temukan di daerah Karimunjawa, Sulawesi, dan Sumatera. Penampakan burung ini hampir sama dengan burung Tledekan Gunung. Meski mirip, Anda tetap bisa membedakan burung ini dengan jenis looting lainnya.

Mangrove betina Tledekan memiliki warna bulu yang lebih pucat. Bentuk setengah bagian atas adalah V dan bagian bawah dagu berwarna kuning. Punggung burung mangrove tledekan sama dengan burung gunung tledekan, berwarna biru tua hingga ekor. Beberapa orang kesulitan membedakan burung ini dengan jenis loot lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah melihat bagian bawah dagu atau dada Anda.

Baca juga : Mengenal 11 Jenis Burung Prajak yang Paling Ramai Dipasaran


  • Tledekan Laut

Tledekan Laut

Jenis tledekan lain yang tidak kalah menarik adalah Tledekan Laut. Burung ini juga dikenal sebagai hasil sulingan laut. Hal ini didasarkan pada habitatnya di sekitar laut atau di kawasan hutan mangrove. Pasang surut bisa Anda temukan di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan juga Karimun Jawa. Penggemar burung Tledekan Laut di Indonesia cukup banyak. Suara burung ini memang tidak istimewa, namun cukup nyaring dan terdengar merdu.

Ciri khas burung laut Tledekan dapat dikenali dari warna bulunya. Tubuh bagian atas berwarna biru mengkilap dengan kombinasi warna hitam di bagian dada, leher, dan wajah. Khusus untuk Tledekan Laut betina, bagian atas tubuhnya berwarna coklat dengan sedikit kombinasi abu-abu. Leher dan perut Seetledean betina berwarna terang, dengan dominasi putih muda.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Berbagai Jenis Burung Tledekan atau Sulingan Beserta Gambar semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: