Jenis Burung Nuri di Indonesia

18 Jenis Burung Nuri DiIndonesia Beserta Gambar Terlengkap!!

Diposting pada

18 Jenis Burung Nuri DiIndonesia Beserta Gambar Terlengkap!! -Halo pecinta burung, kali ini kami akan memberi peringkat salah satu keturunan burung nuri (Psittaciformes) paling terkenal di Indonesia, yang merupakan burung nuri atau dapat juga disebut Perkki dan Kasturi. Saya benar-benar tertarik membahasnya karena Burung nuri ini memiliki banyak kelebihan, selain warnanya yang indah, ia juga cerdas dan beragam.

Berdasarkan klasifikasi ilmiah Burung nuri dalam urutan Psittaciformes, keluarga besar kelompok Psittacoidea dan Psittaculidae. Kita patut bangga karena 40% spesies nuri berasal dari Indonesia bagian timur seperti Maluku, Papua, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Dalam sebuah catatan hobi, burung nuri dikenal sangat cerdas, sehingga cerdiknya dapat meniru suara manusia atau suara burung lainnya. Tetapi tidak semua Burung nuri memiliki kemampuan ini karena beberapa jenis Burung nuri dapat berbicara dan yang lain tidak. Meski begitu, ia masih dikenal pintar sehingga pemiliknya dapat dengan mudah menjinakkannya.

Hal ini membuat burung nuri sangat populer di masyarakat dan diburu liar untuk dijual. Akibatnya, keberadaan Burung nuri menjadi semakin langka dan sudah ada beberapa spesies yang dilindungi oleh pemerintah. Mari kita langsung ke pokok permasalahan, berikut adalah jenis Burung nuri dari mereka yang dapat berbicara, yang dilindungi dan yang dapat dijaga.

Jenis Burung Nuri di Indonesia

Seperti dijelaskan di atas, ada beberapa jenis Burung nuri yang dilindungi oleh pemerintah. Pada 11 Juli 2018, pemerintah mengeluarkan berita tentang daftar spesies burung nuri yang dilindungi yang perlu kita lestarikan. Apa pun itu, mari kita lihat.


  • Burung Nuri Kepala Hitam

Burung Nuri Kepala Hitam

Burung nuri berkepala hitam atau ada orang yang menyebutnya katsuri berkepala hitam. Ini adalah sejenis Burung nuri atau paruh bengkok, yang statusnya telah dilindungi oleh pemerintah selama beberapa tahun terakhir. Ini karena populasi burung nuri berkepala hitam menurun di alam liar. Karena itu, kita juga harus berperan dalam menjaga populasi agar burung-burung ini tidak punah.

Burung nuri berkepala hitam memiliki habitat seperti Papua, Ambon dan Ternate di Indonesia timur. Seperti namanya, ciri khas burung ini adalah adanya mahkota hitam atau bulu di bagian atas kepalanya, sedangkan tubuh dan sayapnya bervariasi dengan warna lain seperti kuning, merah, hijau dan putih.

Burung nuri berkepala hitam ini dikenal karena kecerdasannya untuk meniru berbagai suara seperti ucapan manusia, suara burung lain, dan suara binatang lain seperti kucing dan lainnya.


  • Burung Nuri Kepala Merah (Lorius Garnulus)

Burung Nuri Kepala Merah (Lorius Garnulus)

Nuri berkepala merah juga sering disebut sebagai nuri ternate. Ia memiliki warna bulu yang khas, yang didominasi oleh merah dari kepala ke tubuh bagian bawah, sedangkan sayapnya berwarna hijau, kuning dan juga abu-abu matanya. Ukuran tubuhnya cukup besar dan sekitar 30 cm.

Burung  berambut merah juga merupakan tipe burung nuri yang pintar dan dapat meniru berbagai suara. Sayangnya, populasi nuri berkepala merah menjadi langka, membuatnya menjadi spesies burung yang dilindungi pemerintah.


  • Burung Nuri Pelangi

Burung Nuri Pelangi

Parrot pelangi memiliki warna bulu yang sangat bagus, sehingga tidak mengherankan bahwa burung ini diberi nama pelangi, karena warna bulunya sebenarnya seperti pelangi yang merupakan campuran warna biru, kuning, merah dan hijau.

Burung nuri pelangi juga merupakan sejenis Burung nuri yang dapat berbicara dan meniru suara yang berbeda, tetapi sayangnya populasi Burung nuri pelangi di alam tidak begitu besar dan semakin berkurang. Hal ini membuat pelangi nuri, termasuk beberapa jenis burung, dilindungi oleh pemerintah.


  • Burung Nuri Dora

Burung Nuri Dora

Dora parrot memiliki habitat asli di hutan primer, hutan sekunder, dataran tinggi, hutan pantai, hutan rawa, hutan bakau, tepi hutan dan pohon kelapa. Ia berasal dari wilayah Sulawesi tepatnya di beberapa pulau di sekitar Sulawesi seperti Sanghie, Talaud, Bangka, Kepulauan Togian, Menterawu, Batung, Kepulauan Tukangbesi, Muna dan juga Kepulauan Banggai.

Warna nuri Dora sangat berbeda dengan banyak pola seperti hijau, merah, kuning dan biru. Itu juga memiliki mahkota atau warna biru di bagian atas kapal. Ukuran burung ini sekitar. 25 cm dan memiliki ekor runcing. Populasi di alam semakin menurun dan sangat sulit ditemukan. Tidak heran status burung ini dilindungi oleh pemerintah.


  • Burung Nuri Maluku

Burung Nuri Maluku

Burung Maluku memiliki habitat di hutan primer, hutan bakau, hutan sekunder dan juga di dekat perkebunan kelapa. Ia berasal dari Maluku dan beberapa pulau di sekitarnya seperti Haruku, Ambon, Kepulauan Banda, Seram Laut, Watubela dan juga Saparua.

Ciri khas burung ini adalah warna bulunya, yang didominasi warna merah, dan ada beberapa corak hitam dan biru pada sayapnya. Burung ini juga dapat berbicara dan meniru berbagai suara. Tetapi untuk melakukan itu, burung-burung ini harus melakukan latihan yang tidak mudah. Sayangnya, status burung ini dilindungi oleh pemerintah, tetapi Anda dapat memelihara burung ini dalam kondisi tertentu.


  • Burung Nuri Talaud

Burung Nuri Talaud

Burung nuri Talaud adalah burung endemik Sulawasi, tepatnya di Sulawesi Utara. Karakteristik burung ini adalah warna ekor merah-ungu, warna paruh oranye terang, warna sayapnya merah, yang dicat dengan warna hitam dan ungu biru, yang memanjang dari atas kepalanya ke belakang.

Karena habitatnya yang terbatas, burung ini juga merupakan spesies yang dilindungi oleh pemerintah ketika populasinya berkurang


  • Burung Nuri Tanimbar

Burung Nuri Tanimbar

Burung nuri Tanimbar memiliki habitat di hutan primer, hutan sekunder, hutan bakau dan juga hutan terbuka. Makanannya adalah buah dan nektar bunga. Ukuran tubuhnya cukup besar dan sekitar 31 cm. Warna burung ini sangat indah, didominasi merah bercampur garis-garis biru di leher hingga ke belakang. Ada juga warna biru di mata seolah-olah Anda mengenakan topeng.

Hal unik tentang burung ini adalah sering mengepakkan sayap ketika mendengar lonceng dan suara lain yang lebih asing baginya.

Status burung ini dilindungi oleh pemerintah karena populasinya yang menurun. Jika Anda ingin melihat burung ini, Anda bisa pergi ke kebun binatang atau langsung ke habitat aslinya di Kepulauan Tanibar Nusa Tenggara Timur.


  • Burung Nuri Sayap Hitam

Burung Nuri Sayap Hitam

Burung nuri bersayap hitam juga dikenal sebagai nuri merah. Seperti namanya, burung ini memiliki khasiat yaitu warna bulu, yang didominasi warna merah dan hitam pada sayap dan punggung. Burung ini juga memiliki warna ungu di mata, yang membuatnya terlihat seperti mengenakan topeng.

Burung dengan sayap hitam memiliki habitat di pantai pulau reproduksi dan di pulau-pulau di Teluk Cenderawasih (Papua). Populasi sekarang semakin terancam, yang berarti bahwa status perlindungan burung ini tercapai. Jika Anda ingin memelihara burung ini, Anda harus mengikuti aturan dan hukum yang berlaku.


  • Burung Nuri Kalung Ungu

Burung Nuri Kalung Ungu

Seperti namanya, kalung Burung nuri ungu memiliki warna ungu di leher yang terlihat seperti kalung. Burung ini juga memiliki warna merah pada tubuhnya dan warna hitam pada sayapnya.

Sepintas, burung ini terlihat seperti Burung nuri merah, bedanya Burung nuri merah tidak memiliki pola atau lapisan.

Kalung Burung nuri ungu adalah asli Maluku utara dan Papua. Burung ini dilindungi di alam liar karena populasinya yang menurun.


  • Burung Nuri Telinga Biru (Eos Semilarvata)

Burung Nuri Telinga Biru (Eos Semilarvata)

Seperti namanya, nuri dengan telinga biru memiliki warna biru di sisi kepalanya yang terlihat seperti telinga. Selain itu, burung ini memiliki warna merah di kepala hingga setengah dari tubuhnya dan biru tua di separuh tubuhnya ke ekor.

Burung nuri bertelinga biru juga memiliki kecerdasan yang dapat meniru dan berbicara suara yang berbeda. Burung ini juga merupakan spesies nuri kecil dengan panjang tubuh hanya sekitar 24 cm. Burung ini ketika anak-anak anjing memiliki warna paruh merah muda, sedangkan ketika mereka dewasa warna paruh berubah menjadi oranye.

Populasi di alam masih relatif aman, tetapi pemerintah menentukan status burung ini sebagai burung yang dilindungi. Jadi jika Anda ingin menyimpannya, Anda harus mematuhi aturan dan hukum yang berlaku.


  • Burung Nuri Hitam

Burung Nuri Hitam

Seperti namanya, parrot hitam didominasi warna hitam, tetapi tidak sepenuhnya hitam karena beberapa bagian tubuh berwarna kuning atau oranye di ujung sayap dan ekor.

Burung nuri hitam juga bisa berbicara, tetapi pelatihan itu harus sabar. Sayangnya, populasi Burung nuri hitam sekarang terancam punah, menjadikannya bagian dari spesies burung yang dilindungi oleh pemerintah. Jika Anda ingin menunggu, Anda harus memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.


  • Burung Nuri Aru

Burung Nuri Aru

Burung Aru memiliki sifat unik yang berbeda dari kakatua pada umumnya, yaitu bahwa warna didominasi oleh bintik-bintik hijau dan hitam pudar pada tubuhnya. Ia juga memiliki mahkota atau bulu merah di bagian atas kepalanya. Dilihat dari kejauhan, warna burung ini seperti hitam.

Burung Aru tingginya sekitar 32 cm dan memiliki habitat di pulau selatan Papua. Populasinya telah menurun, sehingga burung ini dilindungi oleh pemerintah.


  • Burung Nuri Macan

Burung Nuri Macan

Jenis nuri ini memiliki khasiat yaitu warna bulunya, yang didominasi oleh warna hijau dan ada garis-garis pada kepala dan tubuhnya. Pemerintah baru-baru ini menetapkan bahwa Burung adalah spesies yang dilindungi.

Ada berbagai jenis harimau di dunia, termasuk yang ini

  1. Burung nuri macan lorentz
  2. Burung nuri macan berbiru
  3. Burung nuri macan brehm
  4. Burung nuri macan sederhana
  5. Burung nuri macan madarazi

Masing-masing spesies nuri harimau ini memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri.


  • Burung Nuri Raja Ambon (Alisterus Amboinensis)

Burung Nuri Raja Ambon (Alisterus Amboinensis)

Burung nuri Raja Ambon memiliki warna karakteristik bulu merah di kepala dan tubuh, warna sayap hijau, warna bunga merah dan warna ungu di sekitar mata. Burung ini memiliki habitat di pulau Most, Papua Barat dan Maluku.

Pemerintah menggambarkan raja kakatua Ambon sebagai burung yang dilindungi. Selain raja Ambon, ada beberapa jenis Burung nuri raja yang dikelilingi oleh Burung nuri papua (Aprosmictus erythropterus), bunga burung nuri raja (Aprosmictus jonquillaceus) dan nuri sayap kuning (Alisterus cholopterus).


  • Eclectus Roratius

Eclectus Roratius

Ada perbedaan dengan kakatua kakatua dibandingkan dengan spesies kakatua lainnya, yaitu perbedaan warna antara kakatua jantan dan betet betina. Biasanya, nuri nuri memiliki warna tubuh yang didominasi oleh hijau dan sayapnya merah dan biru, sedangkan pada wanita merah dan biru dan kuning didominasi pada ekor dan sayapnya.

Burung nuri juga dilindungi oleh status pemerintah, jadi Anda akan memerlukan persyaratan khusus jika Anda ingin merawatnya.


  • Burung Nuri Kabare (Psittrichas Fulgidus)

Burung Nuri Kabare (Psittrichas Fulgidus)

Paparan Burung nuri kol atau burung raja katsuri mungkin sangat menakutkan, mirip dengan burung nasar dan elang. Warna bulu juga tidak terlalu menarik, yang hanya hitam dan merah di sayap.

Namun siapa sangka Cabaret Parrot Feathers bisa dijual dengan harga yang cukup mahal. Ini membuat burung-burung ini semakin langka dan status mereka sekarang dilindungi oleh pemerintah.


  • Burung Nuri Tanau (Psittinus Cyanurus)

Burung Nuri Tanau (Psittinus Cyanurus)

Hampir seperti nuri nuri, nuri betina juga memiliki perbedaan antara pria dan wanita. Beo Tanau jantan biasanya memiliki warna abu-abu kebiruan di bagian atas kepala mereka, juga dikenal sebagai mahkota. Warnanya menyebar ke dada, sedangkan punggung, sayap, ekor, dan paha berwarna hijau kehitaman.

Sedangkan untuk burung betina Tanau memiliki warna abu-abu kecoklatan pada mahkota kepala hingga leher. Sayap dan punggung berwarna biru gelap dan kuning di bagian bawah tubuh.

Populasi burung ini menjadi semakin langka dan sulit ditemukan bahkan di alam liar. Karena itu, pemerintah telah mengklasifikasikan burung ini sebagai burung yang dilindungi.


  • Burung Nuri Dusky

Burung Nuri Dusky

Burung nuri dusky atau ada juga orang yang menyebutnya dengan nama Burung nuri gelap, adalah jenis Burung nuri yang paling dirawat oleh publik.

Keunikan burung ini adalah polanya yang berwarna bulu, yang didominasi warna hitam, kuning, dan merah oranye.

Burung ini dirawat dengan baik, tetapi ternyata burung nuri yang gelap juga merupakan burung yang dilindungi oleh pemerintah. Ini kemudian dilakukan pada Juli 2018. Jika Anda ingin memelihara burung ini, Anda harus memenuhi persyaratan hukum.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 18 Jenis Burung Nuri DiIndonesia Beserta Gambar Terlengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: