Jenis Burung Pelatuk

Mengenal Jenis Burung Pelatuk Terbaik yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Mengenal Jenis Burung Pelatuk Terbaik yang Perlu Diketahui_ Burung pelatuk merupakan burung yang sering mematuk pepohonan, Oleh karena itu burung ini disebut burung pelatuk karena kebiasaannya mematuk kayu, dan ini juga merupakan tanda wilayah teritorialnya untuk memperingati saingannya. dan saat mematuk pohon, burung pelatuk ini juga mencari rayap atau larva yang ada di dalam kulit pohon atau di luar kulit pohon. bahkan jika mereka membangun sarang dengan mematuknya hingga akhirnya menjadi lubang yang kemudian mereka bangun dari sarang.

Jenis Burung Pelatuk

Oleh karena itu banyak sekali jenis dan nama burung pelatuk di Indonesia, sehingga kita dapat mengenali jenis burung pelatuk dan namanya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini hanya sebagian kecil saja yang saya ketahui dirawat di kalangan pecinta Jenis Burung Kicau, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gambar spesies burung pelatuk beserta namanya. Berikut ringkasannya:

 


Kompetisi Pelatuk (Dinopium rafflesii) atau dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Pelatuk Capped Grey atau Pelatuk Dwarf Capped Grey. Di Indonesia, pulau-pulau di Kep hidup di pulau Sumatera. Riau, Belitung dan Kalimantan. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.


  • Pelatuk Punggung Emas

Pelatuk Punggung Emas

Pelatuk punggung emas (Chrysocolaptes strictus) atau burung pelatuk berbintik besar. Merupakan salah satu burung endemik Indonesia yang hidup di pulau Jawa, Kangean (Jawa Timur), dan Bali.


  • Pelatuk Potong

Pelatuk Pangkas

Burung pelatuk potong (Blythipicus rubiginosus) atau burung pelatuk abu. Di Indonesia hanya terjadi di pulau Sumatera dan Kalimantan. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

Baca Juga: Jenis Burung Kenari Dengan Penjelasan dan Gambar Lengkap!!


  • Pelatuk Merah

Pelatuk Merah

Pelatuk Merah (Chrysophlegma miniaceum) atau Pelatuk Rufous. Wilayah penjualan meliputi Indonesia (Sumatera, Kalimantan dan Jawa), Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Thailand.


  • Pelatuk Kundang

Pelatuk Kundang

Pelatuk Kundang (Chrysocolaptes validus) atau Burung pelatuk berleher penyok. Di Indonesia terjadi di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Belitung. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand.

Baca Juga: Jenis Burung Diberbagai Negara 


  • Pelatuk Kumis kelabu

 

Pelatuk Kumis kelabuPelatuk kumis abu-abu (Chrysophlegma humii) atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai pelatuk jambul merah dan pelatuk abu-abu. Di Indonesia dapat ditemukan di pulau Sumatera, Belitung, dan Kalimantan. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.


  • Caladi Badok

Caladi Badok

Caladi Badok (Meiglyptes tukki) atau Pelatuk Maroon di Indonesia tinggal di Sumatera, Nias, Natuna, Belitung, Kalimantan. Selain Indonesia, persebaran burung pelatuk ini di seluruh dunia adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar dan Thailand.


  • Caladi Batu

Caladi Batu

Caladi Batu (Meiglyptes tristis) atau Javan Flameback berukuran kecil. Burung pelatuk jenis ini merupakan endemik Indonesia yang hanya hidup di pulau Jawa.


  • Caladi Belacan

Caladi Belacan

Caladi Belacan (Picoides canicapillus) atau Burung Pelatuk Jeruk. Di Indonesia mereka tinggal di pulau Sumatera, Nias dan Kalimantan. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, India, Korea, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Rusia, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.


  • Caladi Tikotok

Caladi Tikotok

Caladi Tikotok (Hemicircus concretus) atau Greater Yellownape. Caladi Tikotok merupakan burung endemik Indonesia yang hanya hidup di Pulau Jawa.


  • Pelatuk Ayam

Pelatuk Ayam

Ayam Pelatuk (Dryocopus javensis) atau Checker-throated Yellownape. Di Indonesia dapat ditemukan di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, India, Korea, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.


  • Pelatuk Kuduk kuning

Pelatuk Kuduk kuning

Pelatuk perut kuning (Chrysophlegma flavinucha) atau pelatuk perut putih. Wilayah penjualan meliputi Indonesia (Sumatera), Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam.


  • Pelatuk Kijang

Pelatuk Kijang

Burung pelatuk Kijang (Micropternus brachyurus) atau burung pelatuk punggung zaitun. Di Indonesia mereka tinggal di pulau Sumatera, Nias, Bangka, Belitung, Natuna, Kalimantan dan Jawa. Area penjualan global meliputi Indonesia, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.


  • Pelatuk Kelabu Sulawesi

Pelatuk Kelabu Sulawesi

Burung Pelatuk Sulawesi Abu-abu (Mulleripicus fulvus) atau dalam bahasa Inggris disebut Common Flameback atau Common Goldenback. Burung pelatuk Sulawesi Abu-abu merupakan spesies burung pelatuk endemik Indonesia yang hidup di pulau Sulawesi.

Baca Juga: Jenis Burung Kacer Di Indonesia


  • Pelatuk Kelabu Besar

Pelatuk Kelabu Besar

Pelatuk abu-abu (Mulleripicus pulverulentus) atau burung pelatuk berpita. Di Indonesia mereka tinggal di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Kisaran burung ini meliputi, selain Indonesia, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina, Thailand dan Vietnam.


  • Pelatuk Besi, Pelatuk Bawang

Pelatuk Besi, Pelatuk Bawang

Burung pelatuk disebut juga burung pelatuk bawang atau Javan Yellownape. Nama latin untuk hewan ini adalah Dinopium javanense. Di Indonesia mereka tinggal di pulau Sumatera, Simeulue, Nias, Bangka, Belitung, Kalimantan dan Jawa. Burung pelatuk ini hidup berdampingan dengan Indonesia di Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Jenis Burung Pelatuk Terbaik yang Perlu Diketahui semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: