Jenis Burung Puyuh

Mengenal 5 Jenis Burung Puyuh Beserta Gambar dan Penjelasan

Diposting pada

Mengenal 5 Jenis Burung Puyuh Beserta Gambar dan Penjelasan_ Burung puyuh adalah salah satu burung dari keluarga Phasianidae. Karena ukurannya yang kecil, burung ini sangat mirip dengan anak ayam.

Burung puyuh masih tergolong unggas darat, meskipun burung puyuh ini disebut burung, namun burung puyuh termasuk Jenis Burung yang Tidak Dapat Terbang, ia lebih banyak menghabiskan waktunya di darat untuk mencari makan.

Makanan utama burung puyuh adalah biji-bijian dan pemakan serangga yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Burung puyuh sering bersarang di darat dan sering dijumpai berkelompok, walaupun kelompok tersebut hanya terdiri dari sedikit jumlahnya.

Jenis Burung Puyuh

Burung ini dikenal tidak hanya untuk unggas terkecil, tetapi juga karena rasanya yang enak. Sering menjadi makanan favorit di restoran atau di pinggir jalan, misalnya di Lamongan. Dengan daging yang kecil dan empuk, ada baiknya mencoba daging puyuh.

Tidak hanya itu, telur puyuh juga dikenal sangat gurih dan sangat kenyal dan sering kita temukan dengan mudah di warung makan atau di Angkringan.

Kami dapat menggunakan hampir semua bagian dari burung puyuh, mulai dari daging dan telur, dan kami juga dapat menggunakannya sebagai peluang bisnis. Oleh karena itu, saat ini banyak pengusaha yang mengadu nasib dengan beternak puyuh. Jika Anda penasaran dengan jenis burung puyuh berikut ini:


Burung Puyuh Gonggong

Jenis asli burung puyuh adalah puyuh salak atau nama lain adalah Arborophila Javonavic. Ia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki burung lain yaitu suaranya yang dikatakan mirip dengan suara kulit kayu.

Faktanya, ini hanya asumsi bahwa suara burung puyuh yang dikategorikan memiliki suara yang nyaring, itu bukan jenis gong yang umum.

Ada pula identitas burung puyuh gonggongan yang memiliki corak bulu yang unik dan bercorak kombinasi warna gelap dan coklat merah dan abu-abu jika Anda dapat dengan mudah bertemu dengan burung gonggong karena identitas tubuhnya yang sangat mudah dilihat.


  • Burung Puyuh Batu

Burung Puyuh Batu

Puyuh batu merupakan salah satu jenis burung yang sering terlihat di dataran dan juga tidak terlalu sering terbang kesana kemari. Ada juga nama latin untuk burung ini, Excalfactoria chinensis.

Identitas burung puyuh batu adalah tingginya minimalis, hanya sekitar enam inci, karena warna tubuhnya bercorak gelap tetapi lehernya berwarna putih.

Baca Juga: Jenis Burung Kecil Yang Harus Kalian Ketahui Beserta Gambar Lengkap!!


  • Burung Puyuh Albino

Burung Puyuh Albino

Jenis puyuh selanjutnya adalah puyuh albino. Ada orang yang mengatakan puyuh ini adalah kelainan genetik padahal sebenarnya ada salah satu gen resesif puyuh yaitu ada albino.

Mayoritas burung puyuh albino memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah pola pikirnya yang sering rabun jauh dan angka kematian burung puyuh albino sangat tinggi karena dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuhnya yang buruk.

Ada juga keuntungan dari puyuh ini yaitu dapat menghasilkan telur yang banyak dibandingkan dengan burung puyuh lainnya.

Baca Juga: 21 Jenis Burung Kicau Terpapuler dan Penjelasannya Lengkap!!


  • Burung Puyuh Rimba Sumatra

Burung Puyuh Rimba Sumatra

Burung puyuh hutan Sumatera merupakan salah satu burung yang termasuk dalam daftar Jenis Burung Peliharaan. Ciri khas dari burung ini adalah dapat mengeluarkan suara yang khas dan sering berkicau di pagi hari.

Sesuai dengan namanya, burung puyuh hutan Sumatera ini dikarenakan burung ini ditemukan lebih awal di kawasan hutan datar, tepatnya di wilayah Sumatera. Burung ini sering makan dan hidup berkelompok setiap kelompok mencapai 2 sampai 5 ekor.


  • Burung Puyuh Mahkota

Burung Puyuh Mahkota

Jenis puyuh yang terakhir adalah puyuh mahkota. Burung ini disebut mahkota karena terdapat semacam jambul atau mahkota yang sangat indah di kepalanya.

Orang sering menyebutnya seperti jengger mahkota, sehingga setelah istilah burung puyuh mahkota juga terdapat pola jengger yang didominasi warna ungu dan kemerahan. Burung puyuh mahkota termasuk dalam burung puyuh hias karena tidak layak untuk dikonsumsi dan untuk pembuatan telur.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal 5 Jenis Burung Puyuh Beserta Gambar dan Penjelasan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: