Jenis Burung Kakatua

13 Jenis Burung Kakatua Beserta Gambar dan Habitat Aslinya

Diposting pada

13 Jenis Burung Kakatua Beserta Gambar dan Habitat Aslinya_ Burung kakatua merupakan burung yang populer di masyarakat Indonesia. Burung ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena kecerdasannya menirukan suara manusia. Hewan ini juga bisa dilatih untuk tampil dalam pertunjukan binatang. Karena wajar saja jika kakatua menjadi inspirasi lagu-lagu yang banyak dinyanyikan anak-anak.

Jenis Burung Kakatua

Burung pintar ini juga dipilih sebagai lambang resmi pemerintahan Soppeng di Sulawesi Selatan. Mitologi lokal menceritakan tentang pembentukan pemerintahan tertib pertama. Burung kakatua ini digambarkan sebagai duta pembawa pesan, sehingga Raja Soppeng yang pertama ditemukan membawa daerah ini menuju keamanan, keadilan dan kemakmuran.

Karena paruhnya yang melengkung dan kuat, ia sering disebut Jenis Burung Beo. Bentuk kaki juga memiliki susunan jari-jari kaki yang bersilang. Susunan jari kaki terdiri dari dua jari mengarah ke depan dan dua jari mengarah ke belakang. Dengan cara ini burung kakatua dapat memegang, meraih dan memanjat. Lidahnya berbentuk kubus, lentur sehingga bisa merasakan makanan yang disantapnya. Singkatnya, kakatua memiliki penampilan yang menggemaskan.


Jenis Burung Kakatua

  • Lesser Sulphur

Lesser Sulphur

Burung ini seperti versi lebih kecil dari kakatua jambul kuning. Ukurannya kira-kira. 34 cm. Namun, mereka terdiri dari dua jenis yang berbeda. Bahkan nama ilmiahnya berbeda.


Habitat Asli Lesser Sulphur

Burung lucu ini asli Sulawesi, Sumba dan pulau-pulau lain di Indonesia. Mereka datang dengan enam subspesies. Semua subspesies dapat kawin silang, tetapi hasilnya cukup sulit untuk tempat penampungan atau kebun binatang. Jadi, Anda tidak dapat menentukan campuran genetiknya.

Baca Juga: Berbagai Jenis Burung Tledekan atau Sulingan Beserta Gambar


Burung Lesser Sulphur Sebagai Hewan Peliharaan

Burung beo ini sudah populer sebagai hewan peliharaan. Mereka dapat mempelajari trik baru, mereka penuh kasih dan cerdas. Kakatua ini bisa menirukan celoteh, meski tidak semulus burung beo. Hanya saja mereka juga haus akan kasih sayang dan sering mengeluarkan suara-suara keras. Terkadang mereka menggigit apa yang mereka temukan.


  • Long-Billed Corella (Cacatua Tenuirostris)

Long-Billed Corella (Cacatua Tenuirostris)

Kakatua ini mudah dikenali dari paruhnya yang unik, panjang, dan runcing. Bulunya berwarna putih sedangkan paruh, tenggorokan, dan matanya berwarna merah muda. Lambangnya sangat kecil dan putih. Akan sulit untuk menentukan kakatua mana yang jantan dan betina, jadi Anda perlu tes DNA untuk memastikannya.


Habitat Asli

Ahli paruh tajam ini berasal dari Australia, tepatnya di pesisir utara. Mereka berkeliaran di luar ruangan atau di padang rumput. Keberadaan mereka juga dikenal di perkotaan.


Long-Billed Corella Sebagai Hewan Perliharaan

Spesies kakatua ini banyak digunakan sebagai hewan peliharaan bagi orang Australia. Di Eropa berbeda lagi, dimana orang jarang merawatnya. Namun keberadaan kakatua ini lumrah di Australia.

Baca Juga: Jenis Burung Langka di indonesia

Mereka juga dikenal penyayang dan suka bermain. Mereka adalah hewan peliharaan yang menyenangkan. Selain itu, kemampuan menirukan suara atau kata burung ini dinilai lebih baik dari burung kakatua lainnya. Tapi mereka sama seperti kakatua lain yang suka mengunyah dan membuat banyak suara.


  • Kakatua Hitam Ekor Merah

Kakatua Hitam Ekor Merah

Spesies ini juga berasal dari Australia. Burung jantan dapat dikenali dari warna hitamnya dengan bintik merah cerah di ekornya. Sedangkan betina memiliki bintik kuning-oranye yang dihiasi garis-garis di bagian dada.

Ukuran kakatua ini sangat besar, mencapai 60 cm. Tapi mereka cukup mudah dijinakkan. Kakatua ini memiliki beberapa subspesies. Sayangnya jumlahnya terus menurun.


Habitat Aslinya

Kakatua ini hidup di Australia, lebih tepatnya di daerah yang lebih kering. Mereka lebih sering ditemukan di hutan eukaliptus. Untuk melihat kawanan besar, Anda bisa pergi ke Australia Utara. Di bagian lain benua sekarang hanya ada kelompok kecil. Karena pengaruh cuaca dan curah hujan, burung ini bisa bermigrasi.

Baca Juga: 12 Jenis Burung Terindah di Dunia Beberapa Ada di Indonesia


Kakatua Hitam Ekor Merah Sebagai Hewan Peliharaan

Mereka tidak digunakan sebagai hewan peliharaan. Harganya naik, terutama di luar Australia. Padahal, burung ini mudah dijinakkan. Namun, masyarakat lebih memilih kakatua putih untuk berteman di rumah.


  • Glossy Black Cockatoo

Glossy Black Cockatoo

Kakatua ini memiliki ketertarikan khusus pada kakatua hitam ekor merah. Namun ukurannya lebih kecil sekitar 50 cm. Kakatua jantan memiliki tubuh berwarna hitam, kepala berwarna coklat, dan bintik-bintik merah pada ekornya. Sedangkan kakatua betina memiliki motif garis-garis di bagian leher dan ekornya. Warna tubuhnya juga tampak cokelat pudar, dihiasi bintik-bintik kuning.


Habitat aslinya

Burung ini hidup di pantai utara Australia. Sebuah subspesies mendiami pulau kanguru. Burung ini lebih suka hidup di hutan terbuka.


Untuk Hewan Peliharaan

Burung ini jarang dijadikan hewan peliharaan. Mungkin karena keberadaannya dan sering ditemukan di Australia. Berbeda jika Anda berada di luar Australia. Harganya bisa sangat tinggi. Burung ini sendiri bisa dipelihara di dalam ruangan karena cukup jinak.


  • Kakatua Raja

Kakatua Raja

Nama lain dari burung ini adalah kakatua Goliath. Kakatua ini sangat terkenal, mungkin yang paling terkenal di antara kakatua hitam / gelap. Tingginya 55 cm dengan wajah merah. Untuk memiliki, membeli, dan mengangkutnya, Anda memerlukan lisensi CITES. Bisa ditebak, harga burung ini tidak murah.


Habitat Asli Kakatua Raja

Makhluk khusus ini berasal dari Australia Timur. Mereka berkumpul dalam kelompok besar dan betah berada di hutan tropis. Dari burung beo, kakatua raja adalah burung yang berkembang biak paling lambat. Mereka hanya menghasilkan telur setiap dua tahun.


Untuk Hewan Peliharaan

Meskipun memungkinkan untuk dipelihara, burung-burung ini tidak banyak digunakan sebagai hewan peliharaan. Sifatnya tidak jinak dan penuh kasih. Anda membutuhkan kontak sosial dengan kakatua lain. Mereka juga menuntut ruangan sebesar itu. Karenanya, burung ini lebih cocok hidup di taman, penangkaran, atau di kebun binatang.


  • Kakatua Galah

Kakatua Galah

Ukuran pemeliharaan kakatua sangat kecil, berukuran sekitar 30 cm. Tapi warna bulunya luar biasa. Anda memiliki bulu dada berwarna merah muda cerah. Lambangnya berwarna pink dengan nuansa putih. Sedangkan sayapnya berwarna abu-abu muda. Orang Australia terkadang menyebut kakatua tiang abu ini atau kakatua merah muda.

Baca Juga: Jenis Burung Kicau Terpopuler


Habitat Asli Kakatua Galah

Kakatua ini hidup di sebagian besar negara terbuka Australia. Mereka bergerak dalam kawanan besar. Jumlahnya cukup melimpah di alam liar. Tapi mereka tidak tinggal di hutan.


Untuk Hewan Pemeliharaan

Tentu saja, jika Anda dapat memberikan ruang dan perawatan yang memadai, burung ini dapat menjadi hewan peliharaan yang hebat. Dari segi ukuran tidak terlalu besar sehingga Anda bisa menyediakan kandang yang Anda butuhkan.

Tapi kakatua raksasa itu seperti kakatua lainnya. Mereka adalah tipikal burung yang berisik. Namun, Anda bisa menggunakan latihan khusus agar kebisingan tidak terlalu besar. Mereka juga lebih nyaman dengan kakatua raksasa lainnya. Burung ini harus punya teman agar tidak kesepian.


  • Kakatua Putih

Kakatua Putih

Inilah salah satu spesies kakatua terbesar dan terindah. Lambang dan bulunya berwarna putih, sedangkan bagian dalam sayap berwarna kuning muda. Kakinya berwarna abu-abu dan paruhnya berwarna hitam. Disebut juga kakatua payung.

Mata kakatua putih jantan berwarna hitam. Lain dengan kakatua muda atau betina yang matanya berwarna coklat. Tingginya bisa mencapai 45 cm. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan kandang atau perangkap burung yang gratis.


Habitat Ssli, Asal Usul Burung Kakatua Putih

Burung ini hidup di Indonesia khususnya di kawasan hutan. Mereka jarang muncul di luar ruangan. Mereka hidup dalam kelompok kecil, sekitar 2-10 anggota.

Baca Juga: Jenis Burung yang Cepat Gacor Wajib Kalian Pelihara Dirumah


Sebagai  Burung Peliharaan

Burung yang sangat berharga ini menjadi hewan peliharaan yang luar biasa. Mereka penurut dan penyayang, tetapi cukup keras karena suka mencicit. Akibatnya kakatua ini sulit dirawat di dalam ruangan.

Sebagian besar burung ini berakhir di suaka burung atau tempat penampungan hewan. Pembeli membawa dalam bentuk bayi yang masih tenang. Mereka tumbuh dengan cepat. Begitu menginjak usia 3 tahun, burung ini menunjukkan karakter aslinya, yaitu tegas dan tangguh. Pekikan mereka sangat keras, dapat merusak furnitur sebagai mainan, dan sedikit agresif.

Burung ini juga bukan tipikal burung yang suka duduk sepanjang hari. Anda sangat hiperaktif. Apalagi saat burung membutuhkan perhatian, mereka akan melakukan apa saja untuk menarik perhatian Anda, termasuk dengan cara yang menyebalkan sekaligus sangat menyenangkan.


  • Kakatua Solomon

Kakatua Solomon

Jika Anda ingin kakatua yang lebih lucu, Anda bisa pergi ke Cacatua ducorpsii. Ukurannya kira-kira. 30 cm. Sisir putih juga relatif lebih kecil. Bulunya sama dengan kakatua putih. Warnanya putih. Namun ada sentuhan warna pink atau pink di area paruhnya. Burung ini juga disebut Ducorps corella.


Habitat Asli Kakatua Solomon

Seperti namanya, spesies kakatua ini hidup di Kepulauan Solomon yang berbatasan dengan Australia. Spesies ini sendiri masih berkerabat dekat dengan Goffin’s Corella. Untuk membedakan antara kakatua jantan dan betina, kakatua jantan memiliki selaput pelangi berwarna hitam. Berbeda dengan burung betina yang iris matanya berwarna coklat.


Sebagai Burung Peliharaan

Tentunya Anda bisa memelihara kakatua yang satu itu di rumah. Tetapi mereka juga hidup nyaman di cagar alam burung. Kakatua ini patuh dan tidak terlalu keras. Tapi saat burung ini terkadang senang, ia juga mengeluarkan suara.

Jika Anda sudah memelihara kakatua sejak usia muda, mereka cenderung merasa sangat penyayang. Anda juga bisa meniru suara atau kata. Namun keahliannya tidak sebaik burung beo.


  • Kakatua Jambul Kuning

Kakatua Jambul Kuning

Seekor kakatua besar pergi dengan tudung kuning ini. Ukurannya 50 cm. Ada beberapa yang mirip dengan mereka tetapi ukurannya lebih kecil. Kakatua ini memiliki jambul kuning yang tajam, bulu berwarna putih dan warna kuning pada sayapnya. Paruh dan kakinya sama-sama berwarna hitam. Kakatua jantan memiliki mata hitam sedangkan betina memiliki mata coklat.

Merawat kakatua ini masih kecil relatif mudah. Namun, kesulitan meningkat seiring bertambahnya usia burung. Tidak heran nilainya begitu tinggi.

Baca Juga: 18 Jenis Burung Nuri DiIndonesia Beserta Gambar Terlengkap!!


Habitat Asli Kakatua Jambul Kuning

Pemilik punggungan kuning belerang ini tinggal di New Guinea dan Australia (timur dan utara). Mereka mendiami hutan dan perkotaan. Burung ini memiliki empat subspesies yang memiliki ciri atau karakter berbeda. Dengan ini, tidak disarankan untuk menerapkan persilangan di antara keduanya.


Sebagai Burung Peliharaan

Merawat kakatua ini tidak semudah itu karena ukuran dan kecerdasannya. Anda membutuhkan kandang yang sangat besar. Suara yang dihasilkan juga sangat mengganggu sisanya. Karena itu, mereka tidak cocok tinggal di apartemen yang menginginkan suasana damai. Spesies ini juga biasanya hidup di kebun binatang atau taman burung.


  • kakatua Tanimbar

kakatua Tanimbar

Kakatua ini juga termasuk spesies kecil dengan ukuran 30 cm. Bulunya berwarna putih dengan sedikit warna oranye dan merah muda. Bagian dalam sayap tampak kuning. Kemudian matanya memiliki lingkaran biru muda.

Burung beo ini sudah populer sebagai hewan peliharaan. Namun, untuk membeli, memiliki, atau memindahkan hewan-hewan ini, Anda harus memiliki lisensi CITES (Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna Langka yang Terancam Punah).


Habitat Asli Kakatua Tanimbar

Burung khusus ini berasal dari Pulau Tanimbal, Maluku Tenggara, Indonesia. Anda akan betah berlama-lama di hutan tropis nusantara.


Sebagai Burung Peliharaan

Anda bisa membuatnya tetap pribadi. Tapi terkadang perawatannya sulit. Pasalnya, burung ini bisa sangat setia kepada orang yang peduli, tetapi sangat agresif terhadap orang lain. Tumbuh akan sulit, terutama jika mereka tidak jinak dan bersosialisasi sejak usia dini.

Mereka mungkin kecil, tetapi pekikan burung dapat memengaruhi pendengaran Anda. Mereka dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda bahkan di malam hari. Namun tentunya setiap burung memiliki karakternya masing-masing. Jika kakatua ini sudah lama tinggal bersama Anda, bukan tidak mungkin ia menjadi hewan peliharaan yang luar biasa. Kakatua ini hiperaktif saat berteriak, menari, berbicara, atau menggigit sesuatu. Mereka juga relatif pandai meniru bahasa atau suara.


  • Kakatua Merah Muda

Kakatua Merah Muda

Penggemar pink akan langsung dibuat takjub dengan penampilan burung ini. Tubuhnya berwarna pink lembut sedangkan bulu di sayapnya tampak putih. Jambulnya sendiri bisa berwarna kuning dan oranye saat tegak. Ada juga tulang kaki dan paruh berwarna putih.

Namun, burung dengan tinggi sekitar 40 cm tidak mudah dikalahkan. Mereka juga diikat dengan biaya tinggi.


Habitat Asli Kakatua Merah Muda

Habitat asli mereka ada di kawasan hutan Australia bagian selatan dan barat.


Kakatua Merah Muda Sebagai Hewan Peliharaan

Padahal, kakatua ini jarang dipelihara di dalam ruangan. Apalagi jika mereka tidak dijinakkan dan belum belajar sosialisasi sejak kecil. Saat mereka dewasa, mereka akan sulit dijinakkan dan berbaur dengan orang lain. Mereka juga membutuhkan banyak ruang. Sehingga kakatua pink ini lebih sering digunakan sebagai penghuni kebun binatang atau taman burung.

Baca Juga: Jenis Burung Kolibri


  • Kakatua Maluku

Kakatua Maluku

Spesies ini dikenal sebagai kakatua yang sangat besar dan penampilannya sangat mengagumkan. Bulunya berwarna putih dan dihiasi dengan warna pink berkilau. Bulu di sayap berwarna kuning. Sedangkan jambulnya bersinar jingga cerah, terutama saat Anda berdiri tegak. Paruh dan kakinya sendiri berwarna hitam.

Ukuran kakatua ini kira-kira. 50 cm. Meski besar, mereka relatif mudah dijinakkan. Hanya saja harga resminya sangat mahal.


Habitat Asli Kakatua Maluku

Dari namanya dapat disimpulkan bahwa kakatua ini adalah asli Maluku – Indonesia, hingga Kepulauan Seram tepatnya. Mereka hidup dalam kelompok kecil di hutan tropis atau subtropis. Sayangnya populasi burung ini terus terkikis seiring dengan berkurangnya habitatnya.


Sebagai Burung Peliharaan

Kakatua ini memiliki reputasi sebagai burung jumbo yang cerdas dan cantik. Mereka juga sering mengadakan pertunjukan burung yang disebut juga pertunjukan burung. Selain itu, burung ini selalu senang mempelajari hal-hal baru dan menunjukkan giginya di depan pemiliknya. Mereka penuh kasih dan mudah dijinakkan.

Namun, Anda perlu bersiap-siap menghadapi mutilasi diri burung itu. Belum lagi teriakan keras dan sikap agresif sesekali terhadap orang-orang. Oleh karena itu, perawatan Kakatua Maluku akan sulit dilakukan. Dibutuhkan kandang yang besar, pelatihan khusus dan curahan kasih sayang untuk membuat burung tersebut bahagia.


  • kakatua Rawa

kakatua Rawa

Dengan ukuran rata-rata sekitar. 36 cm, burung ini adalah kakatua kecil. Itu terlihat seperti kakatua Tanimbar. Ia memiliki bulu putih, bulu kuning di bawah sayap, dan bulu oranye merah muda di sekitar paruhnya. Karena lambangnya sendiri tidak sebesar itu. Namun, lebam di sekitar mata tampak lebih besar dari spesies lain.


Habitat Asli Kakatua Rawa

Mereka adalah salah satu spesies paling umum di alam liar. Kakatua ini hidup di Australia. Mereka tersebar di area terbuka, baik di pertanian maupun di perkotaan. Namun, populasinya tidak terlalu populer di kalangan petani karena kawanan burung ini sering merusak gandum atau tanaman lain.


Sebagai Burung Peliharaan

Di Australia sendiri, tidak heran jika ada masyarakat yang memelihara kaatoa rawa. Selain itu, mereka mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia. Mereka juga mudah dijinakkan, meski sudah tidak tinggal bersama manusia sejak kecil.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 13 Jenis Burung Kakatua Beserta Gambar dan Habitat Aslinya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: