Jenis Burung yang Dilindungi

Mengena Jenis Burung yang Di Lindungi Di Indonesia Lengkap!

Diposting pada

Mengena Jenis Burung yang Di Lindungi Di Indonesia Lengkap!_ Hai pecinta burung, apa kabar kalian semua? Kami berharap kalian semua dalam keadaan baik dan sehat. Di Indonesia banyak sekali jenis burung di berbagai daerah, antara lain Lovebird, Nuri, Kacer, Ciblek dan sebagainya.

Jenis Burung yang Dilindungi

Namun, tahukah Anda spesies burung mana yang saat ini dilindungi? Pasti kamu ingin tahu kan? Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda jenis burung apa saja yang dilindungi. Untuk informasi selengkapnya, lihat artikel berikut untuk memperluas pengetahuan Anda.


Jenis Burung yang Di lindungi

  • Kakatua Jambul Kuning
    Burung Kakatua Jambul Kuning

 

Kakatua kuning (Cacatua sulphurea) terlihat istimewa dari jambul kuningnya. Lambang kuning adalah ciri paling khas dari jenis ini.

Bulunya berwarna putih di seluruh bagian tubuhnya. Sedangkan paruhnya berwarna hitam, bagian atasnya melebihi paruh bawah. Spesies ini tersebar di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Habitatnya berada di hutan primer dan sekunder tinggi dan tepi hutan serta di lahan budidaya dengan pepohonan jarang dan semak hutan yang tinggi. Jenis ini dapat ditemukan mulai dari permukaan laut hingga ketinggian 900 meter di atas permukaan bumi.

Baca Juga: Jenis Burung Langka Di Indonesia


  • Burung Maleo

Burung Maleo

Maleo (Macrocephalon maleo) merupakan hewan endemik diwilayah Sulawesi yang meliputi pulau Sulawesi, Bangka, Lembeh, Butung, dan Sangihe.

Tingginya tidak lebih besar dari ayam hutan. Bulu sayap berwarna hitam, bulu dada agak kemerahan pada jantan dan abu-abu pada wanita.

Maleo tinggal di semak belukar di pantai dan tidur di pepohonan pada malam hari. Maleo juga ditemukan di daerah perbukitan hingga 1200 meter di atas permukaan laut, di vegetasi hutan sekunder, di kebun kelapa dan di habitat buatan.


  • Burung Julang Sulawesi

Burung Julang Sulawesi

Rangkong Sulawesi (Rhyticeros cassidix) diketahui menghuni hutan primer, hutan rawa, hutan sekunder, dan hutan

bakau. Kadang-kadang, rangkong Sulawesi mengunjungi daerah budidaya yang luas.

Spesies ini endemik diwilayah Sulawesi, antara lain Lembeh, Kepulauan Togian, Muna, dan Butung.

Tingginya bisa mencapai 104 cm dan berwarna hitam. Ekornya berwarna putih dan paruhnya besar berwarna kuning. Memiliki tonjolan di kepala (casque) kuning pada wanita dan merah pada pria.


  • Burung Kangkareng Sulawesi

Burung Kangkareng Sulawesi

Burung enggang Sulawesi (Rhabdotorrhinus exarthanus), burung yang bulunya didominasi warna hitam legam. Rambut di wajah dan leher berwarna kuning pada pria dan hitam pada wanita.

Ada penyangga atau langkan di atas paruh. Pada jantan, paruhnya berwarna merah, agak pucat, sedangkan pada betina berwarna hitam agak pucat. Spesies ini mendiami hutan primer, tepi hutan dan hutan rawa, bahkan terkadang hutan sekunder tinggi. Burung enggang tersebar di seluruh sub-wilayah Sulawesi.


  • Burung Nuri Bayan

Burung Nuri Bayan

Jenis Burung Nuri ini memiliki bulu berwarna hijau, bagian bawah dan sisi dada berwarna merah dan biru. Burung betina memiliki bulu berwarna merah, dada dan punggung berwarna biru keunguan.

Paruhnya pendek dan kuat. Ujung paruh atas runcing, paruh jantan berwarna oranye, paruh betina berwarna hitam. Spesies ini tersebar di wilayah seperti Kepulauan Seram, Kei, Watubela, Sulawesi, dan Papua.

Habitatnya di dataran rendah, di hutan tropis dengan banyak tumbuhan, bunga dan buah-buahan.


  • Burung Nuri Merah

Burung Nuri Merah

Burung nuri merah dari Maluku (Eos Borneo) mendiami hutan primer dan sekunder yang tinggi, hutan bakau dan perkebunan kelapa. Spesies ini memiliki paruh berwarna merah atau oranye, kaki berwarna abu-abu, dan iris kuning hingga merah. Jika kalian ingin mengetahui makannan burung nuri dan merawatnya bisa klik disini.

Panjang tubuh kira-kira. 24-31 cm. Warna bulu didominasi oleh warna merah, sedikit hitam dan biru pada bagian sayap. Burung beo merah Maluku tersebar di seluruh Kepulauan Maluku (Ambon dan Saparua) serta Kepulauan Kei.


  • Burung Kakatua Raja

Burung Kakatua Raja

King Parrot (Probosciger aterrimus), burung besar berwarna hitam yang dilindungi, panjangnya sekitar 60 cm.

Burung ini memiliki kulit pipi merah dan paruh besar kehitaman. Di kepalanya ada lambang besar yang menonjol. Tersebar di seluruh pulau Irian dan Australia utara.


  • Burung Kasturi Kepala Hitam

Burung Kasturi Kepala Hitam

Kasturi kepala hitam, burung berukuran sedang. Dada berwarna merah sedangkan paruhnya berwarna kuning. Sayap hijau dan leher hitam.

Sedangkan ubun-ubun kepalanya berwarna hitam. Spesies ini mendiami hutan hujan primer, tepi hutan, daerah rawa, dan hutan kering. Orang ini sering ditemukan di pantai. Dapat digunakan di ketinggian 1000 mdpl. ditemukan dan didistribusikan di seluruh pulau Papua.

Baca Juga: 21 Jenis Burung Kicau Terpapuler dan Penjelasannya Lengkap!!


  • Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih

Jenis Burung Cendrawesi hidup di dataran rendah dan banyak ditemukan di Irian dan Maluku, khususnya Kepulauan Aru. Ciri fisik digolongkan sebagai ciri, misalnya laki-laki dengan bulu coklat dan mahkota kuning. Lehernya berwarna hijau zamrud dan bantalan di dadanya berwarna coklat tua.

Sedangkan yang jantan dihiasi bulu panggul besar berwarna kuning dan memiliki sepasang ekor kawat panjang. Feminin, awet muda, penuh coklat dengan mata kuning cerah dan paruh biru muda. Jika kalian ingin melestarikan burung cendrawesi bisa klik disini.


  • Burung Elang Sulawesi

Burung Elang Sulawesi

Jenis Burung Elang ini merupakan hewan endemik pulau Sulawesi. Jantan memiliki bulu berwarna coklat dan mahkota berwarna kuning. Lehernya berwarna hijau zamrud dan bantalan di dadanya berwarna coklat kehitaman. Habitat spesies ini adalah kawasan hutan dataran rendah di Pulau Sulawesi.


  • Burung Perkici Dora

Burung Perkici Dora

Perkici dora dewasa memiliki panjang tubuh kira-kira. 23 sampai 24 cm. Memiliki mahkota dan ear tag berwarna biru ungu.

Pipi, leher hingga dada berwarna merah. Ada bercak kuning di leher dan ekor yang agak panjang dan runcing.

Habitat spesies ini berada di kawasan hutan sekunder dataran tinggi, hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa, perkebunan kelapa dan juga lahan pertanian dengan jumlah pohon yang sedikit.

Lorikeets tersebar di seluruh sub-wilayah Sulawesi, antara lain Talaud, Sangihe, Bangka, Muna, Butung, Kepulauan Banggai, dan Kepulauan Togian.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengena Jenis Burung yang Di Lindungi Di Indonesia Lengkap! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: